11 Rekomendasi Serum Vitamin C untuk Remaja dan Pemula

Serum vitamin C menjadi primadona dan banyak digemari baik remaja maupun dewasa karena memiliki berbagai manfaat bagi kulit, antara lain: Mencerahkan kulit, memudarkan noda jerawat PIH dan bekas jerawat PIE,  mencegah penuaan dini, meningkatkan produksi kolagen, dan beberapa jenis vitamin C juga dapat mencegah jerawat.

Selain itu karena trend perawatan kulit yang terus berubah seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga dengan teknologi modern saat ini, terdapat banyak jenis vitamin C yang diformulasikan dengan gentle sehingga dapat menjangkau semua kebutuhan kulit. Apalagi dengan harga yang juga bervariatif sehingga banyak orang yang tertarik untuk menggunakannya tak terkecuali para remaja

Rekomendasi Serum Vitamin C untuk Remaja dan Pemula. Sumber gambar: Freepik 

Lalu, apakah usia remaja boleh menggunakan serum vitamin C?

Ya, secara umum remaja boleh menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin C sebab Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan stres. Sehingga vitamin C dapat digunakan untuk investasi jangka panjang yang bisa digunakan mulai usia remaja. 

Dr. Rouza (B.H.M.S) dilansir dari website dermaessentia menjawab: "Yes, vitamin C serum is good for teenage skin. This substance is a potent antioxidant that shields the skin, aids in fading acne scars and dark spots, and enhances skin regeneration." (1)

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Jenis vitamin C: penting untuk memilih produk skincare yang mengandung vitamin C yang ringan dan tidak mengiritasi kulit remaja. Produk yang mengandung vitamin C murni (ascorbic acid) bisa jadi terlalu keras untuk kulit remaja yang dapat berpotensi iritasi. Sebaiknya pilih produk yang mengandung vitamin C derivatif yang stabil, seperti: ethyl ascorbic acid, ascorbyl glucoside, ascorbyl tetraisopalmitate,  magnesium ascorbyl phosphate, etc.
  • Konsentrasi vitamin C. Remaja sebaiknya menggunakan serum vitamin C dengan konsentrasi yang rendah, yaitu mulai 2-10%. Konsentrasi vitamin C yang lebih tinggi dapat berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit remaja yang sensitif.
  • Jenis kulit. Remaja dengan jenis kulit berminyak atau kombinasi lebih cocok menggunakan serum vitamin C. Sementara itu, remaja dengan jenis kulit kering sebaiknya menggunakan produk vitamin C yang banyak mengandung pelembap.
  • Reaksi alergi. Sebelum menggunakan serum vitamin C, sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu. Caranya, aplikasikan serum vitamin C pada area kecil di belakang telinga atau leher. Tunggu selama 24 jam. Jika tidak ada reaksi alergi, maka serum vitamin C tersebut aman untuk digunakan.
  • Skin barrier. Sebelum mencoba menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin C konsentrasi  tinggi, pastikan skin barrier tidak ada masalah dengan rutin mengaplikasikan basic skincare yang meliputi Facial wash, Moisturizer, Sunscreen.

Jika remaja memiliki masalah kulit tertentu, seperti jerawat, sensitized, atau rosacea, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan serum vitamin C.

Berikut adalah beberapa rekomendasi serum vitamin C untuk remaja dan pemula.


11 Rekomendasi Serum Vitamin C untuk Remaja dan Pemula 

Serum vitamin C adalah serum berbahan aktif yang memiliki kecenderungan untuk mengiritasi kulit. Namun dengan formulasi dan teknologi modern saat ini, sudah banyak serum vitamin C yang aman untuk remaja dan ramah untuk kulit. Berikut adalah contoh produknya:

1. The Originote Hyalu-C Serum


Adalah serum yang diformulasikan dengan kombinasi 3 jenis Vitamin C yang dapat digunakan untuk remaja mulai 14 tahun dan pemula. Serum ini diperkaya dengan 5x Hyaluronic Acid dan campuran bunga (ekstrak Daisy, Marigold dan Sunflower) untuk menjaga kulit tetap kenyal dan terhidrasi pada saat bersamaan. Namun, sayangnya konsentrasi vitamin C nya hanya sedikit yaitu 0,5%. Tapi jangan khawatir karena serum ini juga mengandung niacinamide yang dapat mencerahkan kulit. Serum ini bebas alkohol, pewangi, dan tidak mengandung Essential Oil sehingga aman digunakan untuk semua tipe kulit termasuk aman untuk kulit sensitif.
Harga serum ini tergolong murah, kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar 38 ribu untuk ukuran 20ml.

2. Azarine Marvel Brightening Glow-C serum 

Serum dengan kandungan vitamin C 3%, Tranexamic acid 1%, dan ekstrak Kakadu plum yang dapat mencerahkan kulit wajah. Diformulasikan dengan pH 5 - 5,5, tidak mengandung alkohol dan pewangi sehingga aman untuk kulit sensitif. Serum ini direkomendasikan untuk kulit normal kering dan boleh digunakan mulai usia 13 tahun. Kalian bisa membeli serum Azarine ini di olshop kesayangan kalian dengan harga 56 ribu untuk ukuran 20ml.

3. 2beaute Vit-C Antioxidant & Brightening Serum


2beaute adalah produk lokal yang diproduksi dan didistribusikan oleh PT. Athena Royal Kosmetika, Bogor - Jawa Barat. 2Beaute serum Vitamin C  mengandung 5% Ethyl Ascorbic Acid, 1% Tranexamic acid, ferulic acid dan ekstrak Centella Asiatica yang bermanfaat sebagai Antioxidant,  mencerahkan warna kulit,  menyamarkan noda bekas jerawat, serta membantu memperlambat tanda penuaan dini.

 Serum ini diformulasikan tanpa alkohol, pewarna, dan pewangi sehingga aman untuk kulit sensitif dan boleh digunakan mulai usia 13 tahun. Harga serum ini tergolong ramah kantong, yaitu kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar 67 ribu untuk ukuran 20ml.

4. Dear Me Beauty 10% vitamin C + Orange Serum

Adalah single activator serum yang mengandung vitamin C ethyl ascorbic acid 10% yang stabil. Serum ini juga diperkaya dengan ekstrak Orange yang bekerja sinergis untuk Antioksidan, mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat. Serum ini juga dapat membantu menunda tanda-tanda penuaan dini. Serum ini diformulasikan dengan pH level 4,5-5 sehingga aman dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Serum vitamin C lokal ini direkomendasikan untuk kulit normal, kering, kombinasi, berminyak, acne prone dan boleh digunakan untuk kulit remaja mulai usia 15 tahun. Kalian bisa mendapatkan serum ini dengan harga Rp.51. 600 dengan ukuran 12ml. Serum ini juga Fungal acne safe, lho.
lucy lie, salah satu pengguna, menulis di Soco review: "Salah satu vit c yang bagus. Worth the price. Boleh dicoba. Pas dipakai tidak ada efek cekit cekit. Membantu menyamarkan bekas jerawatku juga. Teksturnya seperti air, for all okay."

5. Whitelab C-Dose+ Brightening Serum  

adalah serum vitamin C  dengan kandungan utama Ethyl Ascorbic Acid  2%, Ferulic Acid,  HyaluComplex-10, dan Marine Collagen yang  membantu mencerahkan warna kulit dan melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas. Kombinasi EAA dan Ferulic Acid sinergis membentuk kompleks antioksidan yang baik agar kulit tampak lebih cerah berseri. Serum ini aman digunakan untuk semua tipe kulit, aman untuk ibu hamil dan menyusui, serta dapat digunakan untuk remaja mulai usia 12 tahun. Untuk mendapatkan serum ini, kalian perlu merogoh kocek sebesar 76 ribu untuk kemasan 20ml.
Lutfiana_gita (jenis kulit Dry) menulis di review female daily: "so happy cocok sama serum yang kandungannya vitamin C! sebelumnya pernah coba brand lain, tapi bikin bruntusan. Nah ini tuh enggak, malah bikin mulus di kulit ku. kalo efek mencerahkan nya bertahap ya. Akupun udah pake botol ke 3 dan udah keliatan bikin cerah dan glowing apalagi di pake sebelum sunscreen. mantap!!


6. SECA Vitamin C 4% Serum 

Seca adalah brand lokal yang sudah terdaftar BPOM yang diproduksi oleh PT Nose Herbalindo. Serum vitamin C dari Seca menggunakan salah satu turunan vitamin C: 2-O-Ethyl Ascorbic Acid yang merupakan salah satu turunan paling stabil dari asam askorbat dan terserap baik oleh kulit dan Epidermal Growth Factor merangsang pembentukan kolagen secara optimal. Serum ini mengandung vitamin C 4% yang cocok untuk permasalahan kulit seperti :Flek Hitam, Kusam, dan Warna Kulit dan Tekstur Tidak Merata. Serum ini bisa digunakan untuk semua tipe kulit dan boleh digunakan usia remaja mulai 14 tahun.

Serum ini juga tergolong murah yang tersedia 2 ukuran yaitu 10ml dengan harga 32 ribu dan 20ml dengan harga 64 ribu rupiah.


7. ANVI CLAIRE Dear C Clear Glow Serum

Siapa bilang kulit Berjerawat tidak boleh memakai serum Vitamin C?

Anvi Claire Dear C Clear Glow Serum menjawab kegalauan kalian yang sedang Berjerawat, gaes. Pasalnya serum vitamin C ini tidak hanya untuk masalah Pigmentasi namun juga sekaligus mengatasi jerawat. Di formulasikan dengan 5% vitamin C (ascorbyl glucoside) dan 2% Tranexamic acid untuk mencerahkan kulit dan  bekas jerawat, serta kandungan  1% Zinc PCA untuk mencegah dan mengobati jerawat/ bruntusan dengan mengurangi sebum berlebih dan mencegah pertumbuhan bakteri pada kulit.

Kelebihan lain serum ini adalah diformulasikan tanpa alkohol, pewangi, serta pH level seimbang sehingga tidak mengiritasi dan aman untuk kulit sensitif. Serum ini juga aman untuk Fungal acne, aman untuk ibu hamil, menyusui dan boleh digunakan mulai usia 13 tahun.

Oiya, buat kalian yang belum kenal dengan anvi Claire, produk ini adalah brand lokal yang diproduksi oleh PT. Nose Herbalindo, Gaes.

Harga serum vitamin C lokal ini juga terjangkau, kalian cukup merogoh kocek sebesar 68 ribu rupiah untuk ukuran 15ml.

AidahNR (Tipe kulit normal) menulis di Female Daily: "Serum ini punya tekstur yang cair banget dan cepat meresap ke kulit. Cocok banget buat skincare sat set tinggal dilanjut pakai moisturizer dan sunscreen. Tingkat hidrasinya cukup banget bahkan buat oily skin pun aman banget. Gaada rasa cekit-cekit ataupun lengket di kulit. Aku udah pakai >1 bulan, serum ini mantep banget buat ngatasin bruntusanku. Kalo untuk efek brighteningnya perlahan tapi pasti dan cukup meratakan warna kulitku. Oiya untuk mengatasi jerawat aku kurang bisa mendeskripsikan lebih banyak ya."


8. Azarine Marvel Villain 10% Vitamin C Serum


Salah satu serum terbaru dari Azarine yang mengandung vitamin C jenis Ascorbyl Glucoside 10% yang dipadukan dengan Resveratrol untuk mencerahkan, mengurangi hiperpigmentasi, dan mencegah penuaan dini. Kandungan Diamond akan membuat kulit tampak berkilau (glowing) sekaligus melembapkan, dan kandungan Guaiazulene akan meredakan kemerahan pada kulit. Serum vitamin C ini direkomendasikan untuk semua jenis kulit: kering, berminyak, berjerawat, sensitif. Dan boleh digunakan mulai usia 17 tahun. Serum yang telah terdaftar BPOM, halal MUI ini bisa dibeli dengan harga 87 ribuan untuk kemasan 20ml.

devitahaerany (jenis kulit dry) menulis di female daily: "Salah satu vitamin c serum yang aku suka karena tidak ada efek negatif di kulit seperti merah-merah atau tingling walaupun kandungan vit c-nya 10%. Malah setelah pake serum ini kulit jadi lembab. Teksturnya gel yang lumayan runny dan warna serumnya biru dari Guaiazulene. Efek soothing dan calming-nya oke banget. Buat efek mencerahkan bisa banget ya, works well di bekas jerawat juga. "


9. True to Skin Glo-C Booster


Adalah serum vitamin C lokal yang unik, sebab bisa konsentrasi vitamin C nya dapat di-costumize 4% atau 8% yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Serum ini mengandung  vitamin C jenis Ethyl ascorbic acid yang stabil dan tidak mengiritasi. Selain itu serum ini juga dilengkapi dengan kandungan aktif seperti Alpha Arbutin, Hyaluronic Acid dan Calendula yang dapat mencerahkan kulit wajah, memudarkan bekas jerawat PIH dan PIE juga membantu merawat elastisitas kulit, merawat kekencangan kulit dan menutrisi kulit sehingga kulit terasa lembut, kenyal dan tampak cerah glowing.  

Serum ini bebas dari bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit yang dapat digunakan untuk semua tipe kulit. Serum ini boleh dipakai mulai usia 13 tahun.  Kalian bisa mendapatkan serum vitamin C unik ini dengan harga 119 ribuan untuk kemasan 20ml.


10. Avoskin Your Skin Bae Vitamin C 3% + Niacinamide 2% + Mandarin Orange Fruit Extract

adalah serum wajah yang memadukan vitamin C ethyl ascorbic acid 3% dan niacinamide 2% untuk kulit tampak lebih cerah maksimal dengan penggunaan rutin dapat memudarkan noda PIH/PIE, serta membantu menyamarkan ukuran pori-pori. Serum ini bekerja dengan cara menghambat produksi melanin dan akumulasi melanin pada kulit, sehingga efektif untuk mencerahkan kulit. Serum ini juga aman digunakan untuk kulit sensitif, Berjerawat serta boleh digunakan remaja mulai usia 14 tahun. Serum ini dibandrol dengan harga Rp.144.530 untuk ukuran 30ml.


11. Innertrue Focus Vitamin C 10% + Peptide 1% Ampoule 

Adalah serum pencerah yang diformulasikan dengan kandungan aktif Vitamin C grade premium (Ethyl Ascorbic Acid 10%) dengan tingkat kestabilan tinggi dan efektif untuk membantu mencerahkan kulit serta menangkal radikal bebas, menghaluskan dan mengembalikan elastisitas kulit. Kandungan Probiotic dan Hyaluronic acid membantu memelihara skin barrier. Kandungan peptide 1% dapat berfungsi sebagai anti aging dan mengembalikan elastisitas kulit. Serum vitamin C lokal ini direkomendasikan untuk jenis kulit normal, kering, sensitif, serta aman digunakan mulai usia 17th. Kalian bisa mendapatkan serum ini dengan harga 95 ribu untuk ukuran 30ml. 

Berikut adalah ulasan dari salah satu pengguna, monicaliyaa (tipe kulit Normal) menulis di female daily: "tekstur serum nya liquid yang cukup kental dan tidak ada warnanya (clear). cepat meresap dan lumayan melembabkan karna dia mengandung peptide, NO FRAGRANCE. selama hampir 2 minggu pake ini hyperpigmentation aku membaik dan mulai rata meskipun masih tipis banget progresnya. tapi aku notice banget ini bikin mukaku glowing cerah sehat gitu."



Itulah rekomendasi serum vitamin C untuk remaja dan pemula yang dapat dipilih sesuai kebutuhan kulit. Gunakan produk skincare yang mengandung vitamin C secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Gunakan produk tersebut setiap pagi dan malam hari setelah membersihkan wajah. Selamat mencoba 😉

Post a Comment

3 Comments

  1. Terima kasih Kak Heruki sudah di buatkan Rekomendasi Vitamin C nya ❤️❤️❤️ So far aku sudah mencoba Dear me beauty yg 10% dan memang bener cocok banget buat acne prone, selama penggunaan serum ini ga bikin jerawatan. Pengen coba Vitamin C yang lainnya, tapi krn kulit mudah berjerawat jadi hati - hati memilih. Setelah baca tulisan ini jadi tertarik pengen cobain azarine yg 10% krn ada tulisan cocok untuk kulit berjerawatnya.

    ReplyDelete
  2. Sama-sama, Alhamdulillah ikut senang bisa membantu🙏

    ReplyDelete
  3. Tolong ka,review serum maxclinic

    Ingredients:
    Water, Propanediol, Glycerin, Caprylic/Capric Triglyceride, Niacinamide, Isopropyl Myristate, 1,2-Hexanediol, Hydrogenated C6-20 Polyolefin Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Butylene Glycol, Hippophae Rhamnoides Fruit Oil, Tromethamine, Panthenol, HDI/Trimethylol Hexyllactone Crosspolymer, Caprylyl Glycol, Xanthan Gum, Citrus Aurantifolia (Lime) Fruit Extract, Malpighia Glabra (Acerola) Fruit Extract, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Fruit Extract, Actinidia Chinensis (Kiwi) Fruit Extract, Tocopherol, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Pyrus Malus (Apple) Fruit Water, Ananas Sativus (Pineapple) Fruit Water, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Fruit Water, Actinidia Chinensis (Kiwi) Fruit Water, Vitis Vinifera (Grape) Fruit Water, Sodium hyaluronate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hyaluronic Acid, Polyglutamic Acid, Riboflavin, Biotin

    ReplyDelete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏