Rekomendasi Serum Untuk memudarkan Bekas jerawat Merah (PIE)

Bekas jerawat merah adalah jenis bekas jerawat yang berwarna merah muda, merah tua, hingga merah keunguan. Bekas jerawat ini disebabkan oleh peradangan pada kulit yang terjadi saat jerawat masih meradang.

Peradangan ini menyebabkan pelebaran dan kerusakan pembuluh darah di bawah kulit. Kemudian munculah spot berwarna merah yang juga dikenal dengan istilah PIE atau Post Inflamatory Erythema (eritema paska inflamasi). Istilah eritema sendiri refers to "kemerahan pada kulit", baik di area tertentu atau seluruh tubuh yang dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Contohnya termasuk terbakar sinar matahari, gesekan, atau terlalu banyak tekanan pada area.

Rekomendasi Serum Untuk masalah PIE

Bekas jerawat merah biasanya terlihat di area wajah yang sering berjerawat, seperti pipi, dahi, dan dagu. Bekas jerawat ini juga lebih sering terjadi pada orang dengan kulit sensitif atau kulit yang mudah berjerawat terutama yang memiliki warna kulit cerah, sebab kulit cerah memiliki lebih sedikit melanin dan lebih sensitif terkena sinar matahari.

Sebenarnya bekas jerawat merah dapat memudar seiring waktu. Umumnya dapat bertahan hingga beberapa bulan hingga 1 tahun tergantung dari beberapa faktor seperti: Tingkat keparahan peradangan, kedalaman bekas jerawat merah, jenis kulit, hingga faktor genetik.

Namun, tidak semua bekas jerawat merah dapat hilang sepenuhnya dengan sendirinya. Beberapa bekas jerawat merah mungkin akan tetap terlihat, bahkan setelah waktu yang lama.

Untuk mempercepat proses pemulihan bekas jerawat merah ini , kalian bisa menggunakan skin care dengan kandungan vitamin C yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi bekas jerawat PIE (1). Vitamin C dapat meningkatkan sintesis kolagen sehingga dapat membantu mempercepat proses pemulihan. 

Selain vitamin C, terdapat beberapa bahan aktif lain yang juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat, seperti: Retinol (2), Niacinamide (3), Tranexamic acid (4).

Lalu yang paling penting, jangan skip Moisturizer dan sunscreen! Kalian harus tetap memakai Moisturizer dan sunscreen di pagi hari untuk merawat skin barrier serta mencegah lebih banyak kemerahan, iritasi, dan pigmentasi pada kulit.

Menurut dr. Lauren Levy, PIE dapat memudar 4-8 Minggu. Dengan melakukan treatment, PIE dapat memudar lebih cepat. Jangan lupa gunakan Sunscreen!

Berikut adalah beberapa rekomendasi serum untuk membantu memudarkan bekas jerawat merah. Kalian bisa memilih salah satu atau sesuai kebutuhan masing-masing.


Rekomendasi Serum Untuk Bekas Jerawat PIE

Untuk menghilangkan bekas jerawat PIE, diperlukan serum yang mengandung bahan-bahan yang dapat membantu meredakan peradangan dan memperbaiki kerusakan pembuluh darah kapiler. Berikut adalah beberapa rekomendasi serum untuk bekas jerawat PIE:

1. Hanasui Power Post Acne Serum


Serum yang diformulasikan dengan Powerful Skin Repairing Agent yang diklaim dapat membantu menyamarkan noda bekas jerawat dalam 7 hari, mencerahkan dan menutrisi kulit wajah, serta membantu meratakan tekstur kulit. Serum yang diformulasikan dengan niacinamide, Azeclair, dan salicylic acid yang membantu noda bekas jerawat.

Berikut adalah review dari 1 pengguna di female daily, tikusbersayap (tipe kulit kombinasi) menulis: 

"Jujur, aku ini sebenarnya salah beli serum. Harusnya aku beli serumnya hanasui yang pink, bukan yang ungu karena buat jerawat, lain bekasnya, tapi yaudahlah ya. Untuk mengecilkan/mengempeskan ini enggak ngaruh sama sekali, tapi untuk bekasnya? Wuih bagus banget. Kalau ada jerawat yang "pecah", dia lumayan ngeringin bagian yang pecah dan berair. Terus dia bisa banget buat ngurangin kemerahan di kulit. Selain itu dia juga bisa mengurangi bekas jerawat asal harus rajin makainya. Aku pakai ini bersamaan dengan serum skin barrier nya dan ini bagus banget untuk harga 25rban."


2. Skintific 10% Vitamin C Brightening Glow Serum


Adalah serum terbaru dari Skintific, serum ini diformulasikan khusus untuk menghempaskan permasalahan kulit kusam, susah Glowing, serta bekas jerawat PIE & PIH. Kandungan utamanya yaitu 10% Vitamin C jenis L-Ascorbic Acid (LAA), dikombinasikan dengan vitamin E dan ferulic acid yang memiliki tiga kali antioksidan untuk mencerahkan kulit. Selain itu serum ini diformulasikan dengan bahan-bahan terbaik menggunakan advanced technology yang dipadukan dengan kandungan ceramide, hyaluronic acid, cholesterol sehingga serum ini diklaim tidak akan menimbulkan iritasi dan dapat digunakan oleh semua jenis kulit untuk memberikan hasil yang maksimal sekaligus kenyamanan saat menggunakannya.


3. Skin 1004 Centella Intensive Brightening Ampoule

Serum dari negri gingseng ini memiliki beberapa ingredient yang baik untuk merawat masalah kulit PIE, yaitu 77% Centella Asiatica extract yang membantu menenangkan kulit kemerahan dan meringankan peradangan. 

Niacinamide 4% untuk mencerahkan kulit, anti-inflammatory, serta membantu mensintesis ceramide yang baik untuk skin barrier. Serum ini juga dilengkapi dengan 2% Tranexamic acid untuk mencerahkan kulit kusam, bekas jerawat, sekaligus memiliki kemampuan anti inflamatory.

Tak hanya itu, serum ini juga mengandung MadeWhite 2%, yaitu  Madecassoside yang diperoleh Madagascar Centella Asiatica yang memiliki manfaat mencerahkan kulit sekaligus mampu mengurangi redness, kulit ngelupas pada penderita dermatitis atopik serta mengurangi rasa gatal pada kulit psoriasis-prone.


4. Avoskin Your Skin Bae 3% Tranexamic Acid + Glycolic Acid + Cranberry + Licorice 

Adalah serum yang diformulasikan untuk  membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Serum lokal satu ini diperkaya dengan kandungan utama Tranexamic Acid 3%, Glycolic Acid, Cranberry, dan Licorice yang berfungsi untuk menyamarkan bintik hitam, membantu menyamarkan PIH, PIE, serta membantu menenangkan kulit yang teriritasi ringan.

Tranexamic acid merupakan brightening agent yang minim iritasi dan memiliki sifat anti-inflammatory, sehingga bisa digunakan untuk membantu mencerahkan serta mengurangi kemerahan pada wajah.

5. Azarine MARVEL Brightening C Glow Serum

Adalah serum wajah dengan kandungan vitamin C 3% yang dipadukan dengan Tranexamic Acid, dan Ferulic Acid bekerja secara sinergis untuk memudarkan bekas jerawat serta membantu mencerahkan warna kulit. Serum ini diformulasikan dengan teknologi oxymoist agar kulit selalu segar, lembab dan kenyal. Kandungan Vitamin C 3% juga mampu memperlambat penuaan dini dan memudarkan garis halus, selain itu kandungan vitamin C yang gentle dapat digunakan untuk pemula dan kulit sensitif.

Dindahppy (tipe kulit kombinasi) menulis di female daily: "Aku pake produk ini buat mudarin bekas jerawat + bikin kulit glowing. Biasanya kupake pagi hari trus ditimpa moisturizer & sunscreen beneran jadi glowing gtu. Untuk efek mencerahkan nya sih ga instan ya, perlu proses. But this is recommended👍."

6. Glowinc Potion Dark Spot SOS Ampoule

Adalah ampoule bertekstur gel ringan, mudah meresap, dan mudah diaplikasikan. Dengan kandungan utama hexylresorcinol, tranEx-1, brown algae yang membantu memudarkan PIH dan PIE. Dark spot Ampoule ini bisa digunakan 2x sehari pagi dan malam, dengan mengaplikasikan nya pada area yang mengalami masalah/hiperpigmentasi. Serum ini diformulasikan tanpa alkohol, Fungal acne friendly, dan vegan friendly.


7. ElshéSkin Retinol Rejuvenating Night Serum 

Retinol adalah ingredient skincare yang memiliki banyak manfaat untuk kulit, termasuk membantu mengatasi masalah post inflamatory erythema (PIE). ElshéSkin Retinol Rejuvenating Night Serum adalah serum wajah dengan 1% Encapsulated Retinol yang dipadukan dengan Multi-Peptide Complex, niacinamide, dan Hyaluronic acid yang membantu meregenerasi, meremajakan kulit, hingga mengoptimalkan skin barrier. Dengan perpaduan kandungan aktif terbaik, serum ini menjadikan kulit tampak lebih muda, lembap, cerah merata, dan bercahaya.

Retinol dapat membantu masalah PIE dengan cara mengurangi peradangan, meningkatkan sintesis kolagen, serta meningkatkan pergantian sel kulit.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology pada tahun 2021 menemukan bahwa penggunaan retinol 0,1% selama 12 minggu secara signifikan mengurangi kemerahan, ukuran bercak, dan keparahan PIE.

Studi ini menunjukkan bahwa retinol dapat menjadi pilihan yang efektif untuk mengatasi PIE. Namun, penting untuk dicatat bahwa studi ini dilakukan dalam jangka waktu yang relatif singkat. Efek jangka panjang penggunaan retinol untuk mengatasi PIE masih perlu diteliti lebih lanjut.


Well, itu tadi adalah beberapa serum yang dapat membantu merawat dan memudarkan bekas jerawat PIE. Untuk hasil yang optimal, gunakanlah serum secara rutin, sabar dan konsisten, serta tetap melakukan perawatan basic skincare yang meliputi pembersihan, melembabkan dan melindungi kulit. Dengan begitu skin barrier dan kesehatan kulit secara keseluruhan dapat terjaga dengan baik.

Namun, apabila serum tersebut tidak memberikan hasil dan bekas jerawat merah tak kunjung pudar, ada baiknya menghubungi dokter atau dermatologis untuk menjalani perawatan lanjutan. Selain itu, kalian  juga dapat melakukan perawatan lain untuk membantu menghilangkan bekas jerawat PIE, seperti:

  • Peeling. Peeling dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit.
  • Microdermabrasi. Microdermabrasi dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan meratakan warna kulit.
  • Laser. Laser dapat membantu menyamarkan bekas jerawat PIE secara permanen.

Sumber referensi:

  • Effect of a Cosmetic Use with 2% Isostearyl-L-Ascorbic Acid Gel for Postinflammatory Hyperpigmentation and Postinflammatory Erythema in Acne Vulgaris. January 2020Journal of Cosmetics Dermatological Sciences and Applications 10(01):28-32
  • Topical 5% Tranexamic acid for acne-related post inflammatory erythema. October 2019Journal of the American Academy of Dermatology 82(6)
  • https://www.buoyhealth.com/learn/post-inflammatory-erythema
  • https://www.byrdie.com/post-inflammatory-erythema-5209465
  • Tiwari, S., Patel, M., Bhandari, R., & Shah, V. (2021). Efficacy and safety of 0.1% retinol cream in the treatment of post-inflammatory erythema: A randomized, double-blind, placebo-controlled trial. Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, 14(11), 27-35.

Post a Comment

1 Comments

  1. kalo serum viva acne itu apakah juga efektif untuk mengurangi bekas jerawat merah kak?

    ReplyDelete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏