Rekomendasi Serum untuk Mengatasi Bekas Jerawat PIH

Siapapun mungkin akan merasa kesal dan tidak percaya diri jika bekas jerawat menghitam dan tidak kunjung pudar. Untuk mengatasi jerawat nya saja sudah cukup merepotkan, namun setelah sembuh, masalah baru muncul berupa bekas jerawat menghitam yang sangat menggangu penampilan. Bekas jerawat menghitam ini juga dikenal sebabgai Post inflamatory Hyperpigmentation (PIH) atau hiperpigmentasi paska inflamasi. 

PIH lebih sering terjadi pada orang dengan kulit berwarna gelap (Fitzpatrick skin types III-VI). Hal ini karena orang dengan kulit berwarna gelap memiliki lebih banyak melanosit, yaitu sel-sel kulit yang memproduksi melanin.

Penyebab PIH adalah produksi melanin/pigmen gelap yang berlebihan oleh sel-sel kulit. Ketika kulit mengalami peradangan, sel-sel kulit akan memproduksi melanin lebih banyak untuk melindungi kulit dari kerusakan lebih lanjut. Namun, produksi melanin yang berlebihan ini dapat menyebabkan munculnya noda gelap pada kulit.

Sebenarnya, PIH dapat muncul bukan hanya karena jerawat namun juga bisa diakibatkan oleh luka bakar, infeksi pada kulit, dermatitis, eczema, psoriasis, etc.

Tapi, tenang, Gaes, PIH biasanya tidak berbahaya dan umumnya bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan atau tahun. Pada orang dengan kulit berwarna terang, bekas jerawat biasanya akan menghilang dalam waktu 6-12 bulan. Namun, pada orang dengan kulit berwarna gelap, bekas jerawat dapat membutuhkan waktu hingga 12-24 bulan untuk menghilang. (1)

Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan PIH, antara lain:

  • Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi setiap hari untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sebab paparan sinar matahari dapat memperburuk PIH.
  • Gunakan produk skincare atau serum pencerah kulit yang mengandung bahan-bahan seperti hydroquinone (2), alpha arbutin (3), niacinamide, retinol, vitamin C,vitamin C, tranexamic acid, azelaic acid, atau kojic acid (4)
  • Lakukan chemical peel atau laser treatment.

Namun, jika kalian sedang mencari serum untuk mengatasi bekas jerawat PIH, Skincapedia memiliki beberapa produk yang bisa kalian coba.

Penasaran? simak rekomendasi serum penghilang bekas jerawat berikut ini:

Rekomendasi Serum Untuk Mengatasi Bekas Jerawat PIH 


Rekomendasi Serum untuk Mengatasi Bekas Jerawat PIH

Untuk memudarkan bekas jerawat hitam atau PIH dapat dilakukan dengan cara menggunakan Serum pencerah yang mengandung bahan dengan kemampuan tyrosinase inhibitor (menghambat aktivitas enzym tyrosinase memproduksi melanin), seperti beberapa contoh serum berikut ini:

1. Azarine Marvel Villain 10% Niacinamide

Azarine Niacinamide 10% Serum.
(78k. 20ml) 

Azarine adalah produk lokal yang sedang naik daun beberapa tahun terakhir. Salah satu serum terbaru nya yaitu Azarine Marvel Villain 10% NiacinamideSerum dengan kandungan Niacinamide 10% dikombinasikan  dengan Dipotassium Glycyrrhizate dan Crystalide™ 
untuk mencerahkan kulit, mengatasi PIE/PIH, mencerahkan dan meratakan warna kulit serta membantu mengontrol minyak.  Serum ini dapat digunakan untuk semua tipe kulit dan dapat digunakan mulai usia 17 tahun. 

Salah satu pengguna serum Azarine Niacinamide 10%, Selmaads (tipe kulit kombinasi), menulis di felame daily: "niacinamide ter powerfull punyanya azarine, yang kuat 10% ayo pindah ke punya azarine ini aja. cepet bgt buat ilangin bekas jerawat, muka jadi cerah kurang dari sebulan. jerawatku gak ada muncul sama sekali, please pada cobain ini gesss ini harganya juga ga lebih dari 100rb!!!!"

2. Garnier Bright Complete 10% Pure Vitamin C Overnight Serum 

Garnier 10% pure vitamin C serum.
(145k. 30ml)

Adalah serum pencerah terbaru dari Garnier yang khusus dipakai di malam hari. Diformulasikan dengan 10% Vitamin C murni yang berasal dari bahan natural. Vitamin C murni merupakan pelindung terbaik dari dari zat oxidative untuk kulit tampak lebih cerah, bercahaya, dan terhindar dari penuaan dini. Kandungan vitamin C juga telah terbukti dapat mencegah PIH dan mempercepat pudarnya bekas jerawat (5).
Produk ini diklaim membuat kulit tampak lebih merata +52% dalam 4 minggu +73% kulit lebih cerah dari pagi hari.

Serum terbaru Garnier ini tidak mengandung alkohol serta Fungal acne safe, lho.

3. ElsheSkin Radiant Advance Serum 

ElshéSkin Radiant Advance Serum.
(124k. 20ml)

Serum ini diformulasikan sebagai serum pencerah advance dengan kombinasi dari beberapa kandungan skin brightening unggulan untuk mencerahkan kulit sekaligus mengatasi keluhan kulit kusam, noda bekas jerawat hitam, darkspot, dan flek membandel.

Serum Advance Radiant ini mengandung beberapa whitening agent seperti 5% niacinamide, 3% Tranexamic acid, 2% Sepiwhite MSH, 1% alpha arbutin, 1% kojic acid untuk mengatasi flek membandel dan diklaim efektif mengatasi bekas jerawat PIH.

Serum pencerah ini dapat kalian gunakan setiap hari, namun untuk awal pemakaian kalian bisa gunakan 2-3 hari sekali untuk memberi waktu pada kulit supaya beradaptasi. 

Kelebihan serum ini tidak mengandung alkohol, paraben, dan pewangi, serta aman untuk fungal acne. Serum ini juga diklaim boleh digunakan untuk semua tipe kulit. namun untuk kulit sensitif disarankan untuk melakukan test patch dulu. dan untuk ibu hamil sebaiknya konsultasikan dengan dokter SpOG masing-masing.

4. SKINTIFIC 3 % Tranexamic Acid Advanced Bright Serum

Skintific Tranexamic acid Serum.
(112k. 20ml)
 

Skintific adalah salah satu brand yang populer di kalangan skincare anthusiast, dan telah banyak menuai review positif dari kalangan pengguna.  Salah satu produk nya yaitu Skintific 3% Tranexamic acid serum yang menurut klaimnya, serum ini direkomendasikan untuk menyamarkan noda hitam, bekas jerawat, membantu mencerahkan kulit, menjaga skin barrier, dan menjadikan kulit lebih halus & bersih.

Keunggulan serum ini adalah memadukan beberapa ingredient unggulan seperti tranexamic acid 3%, niacinamide, alpha arbutin sebagai bahan pencerahnya. Serum ini juga diperkaya dengan kandungan 5 jenis ceramide, 4 jenis hyaluronic acid, dan SymCalming untuk merawat skin barrier. Selain itu juga dilengkapi dengan 6 jenis peptide sebagai anti aging. Sehingga secara keseluruhan, serum skintific tidak hanya fokus untuk menangani noda gelap di wajah, namun juga membantu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Serum Skintific tranexamic acid diklaim ideal untuk semua tipe kulit dan boleh digunakan mulai usia 20tahun. Namun, untuk ibu hamil dan menyusui disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

5. Bhumi Luminight Exfoliating serum 

Bhumi Luminight Exfolliating serum.
(210k. 30ml) 

serum untuk mengatasi bekas jerawat PIH selanjutnya adalah serum Exfoliasi dari Bhumi yang ditujukan untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus mencerahkan kulit dengan efek minim iritasi. Serum ini diformulasikan dengan kandungan utama 10 % AHA-BHA Complex untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori tersumbat, serta dilengkapi dengan bahan pencerah 3% Alpha Arbutin yang berfungsi untuk mengatasi warna kulit tidak merata dan bekas jerawat. Serum ini juga mengandung 1% Prickly Pear dan 1% Allantoin yang diklaim dapat membantu menenangkan kulit yang iritasi atau kemerahan serta memiliki kemampuan skin healing dan membantu memperbaiki skin barrier.

Serum ini bisa kalian gunakan 2-3x seminggu pada malam hari.  Produk ini tidak disarankan untuk dikombinasikan dengan skincare berbahan aktif Retinol, AHA, BHA, vitamin C pada waktu bersamaan, karena dapat mengiritasi pada kulit. Serta disarankan untuk melakukan patch-test sebelum menggunakan produk.

6. Avoskin Your Skin Bae Kojic Acid Serum 

Avoskin Kojic acid serum.
(118k. 30ml)

Serum dari Your Skin Bae Series juga bisa menjadi pilihan untuk membantu mencerahkan dan memudarkan bekas jerawatMemiliki kandungan utama Kojic Acid 1%, Glycolic Acid, Soybean, dan Licorice yang berfungsi untuk membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit, membantu mencerahkan area yang tampak lebih gelap akibat paparan sinar matahari, dan menyamarkan bintik hitam pada wajah. 

Kojic Acid terkenal di Jepang untuk membantu mencerahkan kulit. Cara kerja kojic acid adalah menghambat enzim tyrosinase yang dapat memicu pembentukan pigmen warna kulit dan mengurangi akumulasi melanin sehingga bisa membantu mengurangi Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH). (6)


7. Skin Game Spot Guard Serum 

Skin Game Spot Guard Serum.
(149k. 30ml)

Serum lokal satu ini diformulasikan khusus untuk menarget masalah kulit seperti bekas jerawat PIE dan PIH serta memperkuat skin barrier. Kandungan utama serum ini adalah 5% niacinamide dan 2% Tranexamic acid sebagai agen pencerah untuk membantu mengatasi bekas jerawat dan mencerahkan warna kulit.

Serum ini bertekstur kental namun mudah meresap. Serum ini diklaim dapat digunakan untuk semua tipe kulit serta aman untuk kulit sensitif karena mengandung bahan-bahan yang dapat memperkuat skin Barrier. Namun, sayangnya serum ini tidak Fungal acne safe.

Berikut adalah ulasan salah satu pengguna di situs Female Daily: 

SwetrCatzilla (tipe kulit kombinasi): "Udah 2x purchase, karena emang nolong buat mudarin bekas jerawat karena sejauh ini gw berasa cocok bgt sm tranexamic acid. Teksturnya gel yang sedikit thick, mudah dibaurkan di wajah. Ada sedikit banget rasa lengket / seret kalo sblmnya wajah blm terhidrasi dengan baik. Abis pake serum ini, karena teksturnya udah cukup thick menurut aku, aku jarang pake moisturizer lagi di atasnya karena udah terasa cukup di kulit. Untuk jadi holygrail mungkin tidak, but this product will always be my option if it comes to brightening serum".

8. Avoskin Your Skin Bae Azeclair 10% + Niacinamide 2,5% + Kombucha Vaccine 

Avoskin 10% Azeclair Serum.
(89k.30ml) 


Serum dengan kandungan Azeclair 10% ini tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat namun juga membantu mengatasi bekas jerawat. Sebab, Azeclair adalah turunan azelaic acid yang memiliki kemampuan anti inflamasi, skin Lightening dengan cara menghambat enzim tyrosinase, anti acne, dan mild exfolliant. Selain itu serum ini juga diperkaya dengan kandungan niacinamide dan kambucha yang mencerahkan, meratakan tekstur kulit, serta membantu membersihkan pori-pori.

Keunggulan serum ini adalah tidak mengandung alkohol, Paraben, pewangi, sehingga aman digunakan untuk kulit sensitif. Serum ini juga diklaim aman untuk ibu hamil, lho.

Lis nurdiani menulis di beauty haul: "Teksturnya yang gel tapi setelah dibaurin tu yaa pecah gitu aja langsung nyerap. works banget dikulitku buat skin barrier, menyamarkan bekas jerawat, ga bikin iritasi, kemerahan, dan bikin lembab banget. yang paling penting ini aman banget buat aku sebagai busui."


Demikian rekomendasi serum untuk mengatasi bekas jerawat PIH. Gunakan serum tersebut secara teratur dan konsisten agar hasilnya lebih maksimal. Jangan lupa imbangi dengan penggunaan Moisturizer dan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dan perlu diingat bahwa hasil dapat bervariasi tergantung individu dan kondisi kulit masing-masing yang unik. Semoga membantu 🙏



Sumber refernsi:
  • (1) Artikel "Postinflammatory hyperpigmentation: a review of the literature" yang diterbitkan dalam jurnal Dermatology and Therapy pada tahun 2019
  • Hiperpigmentasi pasca inflamasi: Tinjauan epidemiologi, gambaran klinis, dan pilihan pengobatan pada kulit berwarna, 
  • Juli 2010
  • Jurnal Dermatologi Klinis dan Estetika 3(7):20-31. sumber PubMed. Penulis: Erica C Davis, Valerie D Penelepon, Universitas Howard
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2921758/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3673383/

Post a Comment

0 Comments