Ulasan Ingredients Pond's White Beauty Perfect Potion Essence

Banyak review positif dari produk baru Pond's ini, namun ada pula yang merasa kecewa karena tidak cocok dengan kondisi kulitnya. Saya intip di review


Pond's mengeluarkan produk baru lagi yaitu Pond's White Beauty Perfect Option Essence. Produk ini bekerja 3 in one, yaitu sebagai Toner, Essense sekaligus Serum. Dengan bahan aktif 4D Hyaluronic Acid, dan Niacinamide yang diklaim mampu melembapkan, memperbaiki tekstur dan mencerahkan kulit.

Banyak review positif dari produk baru Pond's ini, namun ada pula yang merasa kecewa karena tidak cocok dengan kondisi kulitnya.

Saya intip di review FemaleDaily, doi dapet bintang 4,2 yaitu 91% dari 164 pengguna merekomendasikan produk ini. Artinya belum begitu banyak penggunanya tapi hampir semua cocok. Apalagi harganya terjangkau: 110ml dibandrol 60 ribuan, dan 30 rb-an yang 50ml.

Tertarik mencoba?
Sebaiknya cek dulu Ingredients-nya, cocok nggak buat kondisi kulit mu...
Cekidot ya...

Ponds perfect potion essence. Foto by zulka FD member


Ingredients:

Water, Glycerin, Niacinamide, Polysorbate 20, Phenoxyethanol, Fragrance, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Hydroxypropyl Cyclodextrin, Disodium EDTA, Pentylene Glycol, Sodium Hydroxide, Sodium Acetylated Hyaluronate, Allantoin, Tocopheryl Acetate, Sodium Hyaluronate, Iodopropynyl Butylcarbamate, Sodium Hyaluronate Crosspolymer, Hydrolyzed Sodium Hyaluronate, Cystine, Glycine, Sodium Ascorbyl Phosphate, Ethylhexylglycerin, Sodium Carbonate, Sodium PCA, Sodium Chloride

Ulasan Ingredients Pond's white beauty Perfect Potion Essence

Oke. Tapi saya hanya ingin mengulas beberapa Ingredients yang sekiranya bermanfaat dan Ingredients yang memicu masalah bagi sebagian kondisi kulit.

Active Ingredients

Niacinamide. Sudah tau semua ya keunggulan dari VIT B3 ini. Juara. Dapat berfungsi sebagai anti aging dengan konsentrasi 4-5%. Memudarkan pigmentasi. Memicu sintesis ceramide sehingga kulit menjadi sehat dan kuat sekaligus terhidrasi dengan baik. Sangat baik untuk merawat kulit sensitif, kering, dan berjerawat. Singkatnya Ingredients ini adalah superstar. Tapi sayangnya di Pond's Essence ini nggak dijelasin berapa banyak konsentrasinya ya.🤭

4D Hyaluronic Acid (HA). Hyaluronic Acid (HA) nya sampe ada 4 jenis. HA sebenarnya juga diproduksi sendiri oleh tubuh, sebagai pelumas sendi dan menahan kelembapan kulit dan rambut. Nah, disini ada 4 jenis HA yang molekulnya telah dimodifikasi. 

  • 1).Sodium Acetylated Hyaluronate. Merupakan HA yang telah dimodifikasi sehingga memiliki daya tahan kelembapan yang lebih lama dari HA biasa.
  • 2).Sodium Hyaluronate. HA yang paling sering dijumpai dalam skincare. Berbentuk garam, lebih stabil, lebih mudah diformulasikan dan inexpensive. 
  • 3). Sodium Hyaluronate Crosspolymer (SHC). HA yang satu ini adalah yang paling special. Memiliki kapasitas water-binding 5x lipat dari HA biasa. Jika HA biasa mampu mengikat air 1000 kali, SHC bisa mengikat 5000x dari beratnya sendiri di dalam air. Sehingga memberi efek kelembapan lebih lamaaa lagi. Ibaratnya jika HA cuma bisa tahan 2 jam, SHC bisa tahan 10 jam. Hehe. HA jenis yang satu ini merupakan yang paling superior diantara HA yang lain.
  •  4). Hydrolyzed Sodium Hyaluronate. Merupakan HA dengan molekul yang lebih kecil. Disebut juga mini-HA. Nah karena molekulnya lebih kecil, otomatis daya serapnya ke kulit juga jauh lebih baik lagi. Selain itu juga memiliki aktivitas antioksidan yang lebih baik. Better skin-protector dan better after-sun repair abilities. #opo kui? Makanya belajar bahasa Inggris itu penting, Gaess..🤭intinya lebih kece badai daripada HA biasa. 

Allantoin. Merupakan natural-based Ingredients berasal dari daun/akar tanaman 'comfrey' bisa juga sintetis. Bersifat menenangkan kulit. Allantoin juga melembutkan kulit, melindungi, dan bikin luka cepet sembuh.

Tocopheryl Acetate. VIT E. Antioksidan dan moisturizing.

Cysteine, Glycine.  Merupakan asam amino non-essential yang juga diproduksi oleh tubuh, namun produksinya berkurang seiring bertambahnya usia. Dalam kosmetik doi berfungsi sebagai Moisturizer, membantu menyembuhkan luka, dan memperbaiki jaringan.

Sodium Ascorbyl Phosphate. Bentuk turunan dari Vit C murni (Ascorbic Acid) lebih stabil. Karena letaknya juga di akhir-akhir, konsentrasinya paling juga cuma dikit. Heheh.

Ingredients Pelengkap yang perlu diperhatikan

❗Ada polysarbate 20. Merupakan Ester yang dapat memperparah kondisi fungal acne. Apalagi doi ada di urutan ke 4. Semakin atas urutanya semakin tinggi konsentrasinya. 

✔️Hydroxypropyl Cyclodextrin. Merupakan firming agent (agen pengencang) Disebut juga "phytodermina lifting". Menurut manufacturer-nya Ingredients ini memberi efek kencang di kulit, melembapkan, memberi kesan halus dan lembut dan mencerahkan kulit. Aman digunakan karena terbuat dari materi organik (tumbuhan)

Sodium Chloride. A.k.a garam. Garam disini berfungsi meningkatkan tekstur agar lebih kental gitu maksudnya. Awas aja, ternyata potensi komedogenic nya tergolong tinggi yaitu 5. Untung Ingredients ini ditaruh paling bawah. Jadi mungkin konsentrasi nya kecil saja.

Fragrance. Yang biasa dihindari kulit sensitif.  

Sodium Hydroxide. Bersifat basa. Biasa digunakan dalam pembuatan sabun. Dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kulit iritasi. Namun, fungsinya di Pond's Essence ini sebagai pH adjuster sehingga konsentrasinya mungkin kecil saja. Di paula's choice, Sodium Hydroxide diberi rating: average.

❗Tidak memakai Paraben sebagai pengawet. Melainkan phenoxyethanol, Iodopropynyl Butylcarbamate, dan Ethylhexylglycerin. Keamanan phenoxyethanol ini sendiri sebenarnya juga masih diperdebatkan. Dikatakan bahwa penggunaan phenoxyethanol dalam jumlah banyak dapat menganggu kesehatan dan menimbulkan reaksi alergi. 

Phenoxyethanol aman pada konsentrasi maksimum 2%. Disini ada di urutan ke 5, Gaes. Tapi mudah-mudahan konsentrasinya nggak lebih dari 2%.

✔️Sodium PCA. Merupakan skin-identical Ingredient bersifat water-binding. Menjaga agar kulit tetap terhidrasi.

Kesimpulan

✔️Ada 14 Ingredients yang bersifat melembapkan. Cocok untuk kulit kering, dehidrasi dan 'aging'. Glycerin, Hydroxypropyl Cyclodextrin,Pentylene Glycol, Sodium Acetylated Hyaluronate, Allantoin, Tocopheryl Acetate, Sodium Hyaluronate, Sodium Hyaluronate, Sodium Hyaluronate Crosspolymer, Hydrolyzed Sodium Hyaluronate,cystine, Glycine, Sodium PCA.
❗Mungkin kurang cocok untuk kulit yang super-oily. Bisa dibayangkan kalo kulit yang sangat berminyak dikasih pelembap sebanyak itu. Bukanya tambah lengket ya?! 
❗Yang punya fungal acne, harus hati-hati. Fungal acne itu ciri-cirinya kurang lebih: kecil-kecil bergerombol di satu tempat terutama di area yang sering keluar keringat, seperti jidat yang Deket rambut. Rasanya gatel sekali.

Baca juga: 

Update....

[Review Pond's Perfect Potion Essense]

Akhirnya saya nyobain dong, Gaes.
Teksturnya cair, tapi lebih kentel dari toner, dan lebih encer dari essence. Medium. haha
Aroma wangi nya lumayan kuat, tapi begitu di oles ke kulit pudar sendiri.

Pond's Perfect Potion ini saya pake pagi dan malam. Kalo pagi saya pakainya sehabis cuci muka dan sebelum pelembap. Kalo malam saya pakai sebelum serum. Kalau saya pakainya langsung seperti pakai essence, tanpa pakai kapas. 

Efeknya?
Lumayan lembap dan tidak meninggalkan kesan lengket sama sekali, efeknya persis seperti setelah memakai toner, cuma Pond's ini setingkat lebih lembap. Pokoknya lembap nya ringan. Jadi saya pikir dipakai kulit berminyak pun, nggak masalah..Nggak bikin kulit lengket.

Setelah 2 minggu pemakaian, tidak menunjukan reaksi negatif. So far so good lah...

Ada efek mencerahkan?
Nggak begitu keliatan. Ah. Saya mah nggak ngarep bikin cerah sih. Menjaga warna kulit tetep rata aja udah seneng. Yang penting nggak keliatan kusam atau belang aja udah seneng. hehehe
Ponds perfect potion. encer tapi kentel. kentel tapi encer🤭


Oya, saya belinya di almfamart terdekat. 35 rebu ukuran 50ml.😊

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan produk ini bisa kalian purchase di toko kesayangan kalian semua, tak terkecuali ShopeeTokopediaLazada,  dan Bukalapak. Dan temukan harga yang cocok di kantong mu😊



12 comments

  1. Terimakasih banyak infonya sangat-sangat membantu.
    1. Iya, sama-sama...terimakasih banyak sudah mampir🙏🙏
  2. Pantesan pake ini muka kok tambah kusem berminyak..
  3. Oh berarti nggak cocok buat kulitnya,
    Lebih cocok buat kulit kering kek nya😅
  4. Abis pake ini terus lanjut pake cooling sleepingmask bakal over hidrasi ga ya kira kira menurut Kaka?
  5. Abis pake ini terus pake cooling sleepingmask azarine bakal over hidrasi ga ya kira kira menurut Kaka?
  6. Nggak kok, aq sampe sekarang masih pake ini soalnya..ku layer pake serum, Cream malam, dan sleeping mask Wardah...masih oke..👍
  7. Kak bahas tentang bahan castor oil dong,
    Kok selalu ada dalam toner ya?
    Padahal itukan bisa memicu pertumbuhan bulu2 halus di wajah
  8. Maksudnya PEG-40 Hydrogenated Castor oil ya?
    Itu bahan pengemulsi. (Untuk menyatukan minyak dan air).

    Biasanya dipake untuk melarutkan komponen fragrance dalam formula water-based.

    Castor oil nggak memicu pertumbuhan rambut kok, belum ada penelitian yang mengkonfirmasi. Jadi cuma mitos saja itu...

    Aq udah bolak balik pake skincare yang ada bahan peg-40 hydrogenated Castor oil tapi bulu halus di wajah ya segitu-gitu aja...☺️
  9. Sebulan terakhir ini mantengin blog ini, keren banget Kaaak.. Makasih banyak yaa sudah berbagi ilmu.. tapi ada satu inceran aku belum ada hehe La Luna Haple, kira2 ada rencana mau revieu gak kak? makasih sebelumnya Kak
  10. Iya bisa kok☺️
  11. Kak
    Tlng review pond's bright beauty brightening toner dong
    Thank u
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain