Kenali Bahan Dalam Safi Dermasafe Day Moisturizer

safi dermasafe ini hampir semua bahan aktifnya memiliki kemampuan anti inflamasi.Mengandung banyak pelembap yang baik untuk kulit kering...

Menurut Website-nya, Safi Dermasafe Soothe & Hydrate Day Moisturizer ini khusus diformulasikan untuk kulit sensitif, dan telah teruji secara klinis, aman untuk merawat kulit yang iritasi, dengan ekstrak camomile dan Licorice yang mampu menenangkan kulit kemerahan dan meradang.

Safi dermasafe ini cocok untuk segala usia, dan dengan formula gel, ringan dan cepat meresap pasti disukai tipe kulit berminyak yang cenderung menghindari tekstur yang rich.
Dan saya pikir akan cocok juga buat merawat kulit yang breakout, purging, skin-barrier rusak atau habis lepas dari krim dokter, dan sebagainya...

Safi Derma Safe Day Moisturizer. Foto by yolandahernes FD member


Jujur saya penasaran? pertama karena safi dermasafe ini kesan nya eksklusif gitu, trus saya cek harganya ternyata memang benar 'istimewa'😊

Baiklah, saya akan coba membahas ingredients-nya dengan cara 'istimewa' juga
✌️

Ingredients:

Aqua, Niacinamide, Betaine, Glycerin, Butylene Glycol, Biosaccharide Gum-1, Dimethicone, Cyclopentasiloxane, Carbomer, Cyclohexasiloxane, Tricedeth-6, Bisabolol, Sodium Polyacrylate, Aminomethyl Propanol, Xanthan Gum, PEG/PPG-18/18, Dimethicone, Disodium EDTA, Sodium Hyaluronate, Propylene Glycol, Zingiber Officinale Root Extract, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Anthemis Nobilis Flower Extract, Methylparaben, Phenoxyethanol.


Penjelasan Ingredients Safi Dermasafe

Bahan aktif

Niacinamide

Vit B3. Selain memiliki kemampuan yang mumpuni dalam hal mencerahkah kulit, doi juga berperan sebagai cell-comunicator, yang memperkuat skin-barrier sehingga dapat menjaga kelembapan kulit dari dalam serta melindungi kulit dari faktor eksternal seperti polusi, sinar uv, infeksi bakteri, bahan kimia berbahaya dan menjaga kulit dari gesekan dan goresan. Sehingga jika skin-barrier kita kuat, luka pun sembuh lebih cepat. Kabar baiknya lagi, niacinamide ada diurutan ke-2 gaess..konsentrasi paling banyak setelah air,🥰

Sebenarnya manfaat niacinamide ini buanyak banget gaes, termasuk kemampuan anti-inflamasi, anti aging, dan anti acne, kalo dijabarin lagi bisa jadi satu artikel sendiri, ntar✌️

Biosaccharide Gum-1.

Merupakan SMART sugar, bahan menarik yang terbuat dari sorbitol via fermentasi bakteri. Berfungsi sebagai:

  • skin-Soothing. Menurut penelitian 3% biosaccharide gum dapat meringankan tingling sensation yang disebabkan 10% Lactic Acid (AHA). Hasilnya clekit-clekit berkurang 47%.
  • Moisturizing. Biosaccharide Gum-1 juga memiliki efek melembapkan walo tidak se-instan Sodium hyaluronate tapi daya tahan kelembapanya sama kuatnya, bisa bertahan hingga 8 jam setelah aplikasi. 
  • Anti aging. Menurut penelitian ex-vivo (tidak dilakukan ke manusia), doi mampu memicu sintesis protein dalam kulit kita yang disebut sirtuin-1. Hal ini membuat sel kulit kita "berusia lebih lama" dan berfungsi lebih baik.

Bisabolol.

Bunga camomile mengandung bisabolol sebanyak 30%. Senyawa inilah yang memiliki kemampuan anti iritasi, anti-inflamasi, menenangkan dan mendinginkan kulit, juga memiliki aktivitas antibakteri.

Sodium Hyaluronate

skin-identical ingredients merupakan bahan yang harus ada di skincare kita gaes, karena bahan ini bisa membantu memperbaiki kondisi kulit, juga mensupport skin-barrier kita, sehingga perlindungan terhadap faktor eksternal lebih optimal.

Glycyrrhiza Glabra Root Extract.

ekstrak Licorice ini menurut incidekoder, merupakan ingredients superstar gaes, berkat kemampuan 'mejik' yang dimilikinya: 

1. skin-lightening. Komponen utama ekstrak licorice, sebut saja 'glabridin' mampu menghambat pigmentasi akibat UVB. Bahkan hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrak licorice ini lebih efektif dari hydroquinone. Singkatnya ekstrak akar manis dianggap sebagai bahan pencerah paling aman dengan efek samping paling minim.

Nah, tapi ada TAPI nya nih, untuk mencapai tujuan diatas (skin-lightening) konsentrasi glabridin nya juga mesti banyak. Dalam skincare biasa mulai 4% hingga 40%. Nah, semakin tinggi konsentrasi, semakin efektif dan tentu semakin mahal pula harga skincare-nya🤭

2. Skin-soothing. Selain itu, licorice juga mengandung senyawa glycyrrhizin, dia lah yang berperan sebagai skin-soothing dan anti-inflamasi yang potensial. Mampu mengurangi peradangan dan gatal akibat dermatitis atopik, rosacea, dan eczema.
Kedua senyawa diatas juga memiliki aktivitas antioksidan.

Anthemis Nobilis Flower Extract

ekstrak bunga roman camomile.
Selain senyawa bisabolol yang berfungsi skin-soothing dan antiinflmatory, camomile juga mengandung senyawa phenol yang memiliki kemampuan toning atau menyegarkan kulit.


Bahan Pelengkap

Betaine.

diperoleh dari ekstrksi gula beet. memiliki kemampuan osmolyte yaitu molekul yang membantu mengatur keseimbangan air dalam sel. Selain itu, juga memiliki sifat osmoprotectant, artinya dapat melindungi sel dari aktivitas kadar air yang rendah.
intinya, betaine berfungsi sebagai humektan yang mumpuni.

Glycerin.

Merupakan alkohol gula yang diekstrak dari lemak nanabati
Fakta menarik glyserine (dikutip dari incidekoder)

  1. merupakan pelembap yang juga hadir secara alami di kulit kita
  2. sangat populer, aman, efektif, dan bahan yang cukup murah, telah digunakan lebih dari 50tahun.
  3. tak cukup hanya desebut pelembap, tapi juga menjaga kesehatan lipid dalam sel sehingga dapat melindungi kulit terhadap iritasi dan mengembalikan kekuatan skin-barrier kita. 
  4. Pada konsentrasi yang rendah 3% sudah cukup efektif. 
  5. pada konsentrasi yang tinggi glyserine mampu mengatasi kulit dengan kodisi kering parah.

Butylene Glycol

senyawa kompleks berasal dari minyak bumi yang larut air, dibanding propylene glycol, butylene glycol dinilai lebih gentle. Berfungsi sebagai pentration enhancer (membantu penyerapan bahan aktif ke dalam kulit), slip agen (agar formula mudah dibaurkan), humectan, dan pengencer.

Dimethicone

Silikon yang berfungsi sebagi skin-conditioner, film former, dan pelumas.
membuat kulit tampak silky smooth (halus dan licin), melapisi kulit dengan membentuk protektif barrier, juga memiliki efek 'filler' (mengisi kerutan halus). Fungsi lainya adalah sebagai moisturizer-lock.

Cyclopentasiloxane dan Cyclohexasiloxane

Merupakan silikon volatil, silikon yang mudah menguap dan tidak nempel lama di kulit. Berfungsi membuat formula mudah diratakan dan menciptakan kesan halus licin ke kulit.

carbomer

adalah bahan pembentuk gel, yang mengubah air menjadi gel bening yang tidak lengket di kulit, umumnya konsentrasi hanya 1% saja.

Tricedeth-6.

berfungsi sebagai emulsifier, menyatukan bahan larut air dan bahan larut minyak.

Sodium Polyacrylate.

Juga merupakan Bahan pembentuk gel, karena sifatnya mampu menyerap dan mengikat air, selain itu juga berfungsi sebagai penstabil emulsi dan agen pengental.

Aminomethyl Propanol

pH ajdjuster. Bersifat basa.

Xanthan Gum,

Bahan pengental, yang berasal dari gula yang difermentasi oleh sejenis bakteri.

PEG/PPG-18/18 dimethicone.

Bahan pemersatu silikon dalam formula water-based. Silikon itu termasuk bahan yang larut minyak, jadi untuk bisa bercampur dengan air, maka diperlukan bahan ini, Gaess, agar persatuan dan kesatuan antar ingredient tetap terjaga. Xixixixi

Disodium EDTA.

chelating agen, bekerja dengan mengikat ion logam dan membuatnya tidak aktif, hal ini bertujuan untuk mencegah perubahan ph, bau, dan tekstur formula.

Propylene Glycol.

Berasal dari turunan minyak bumi, fungsinya sama dengan butylene glycol.

Methylparaben.

Pengawet yang aman dipakai jika konsentrasinya tidak melebihi 0,4%

Phenoxyethanol.

aman dipakai jika konsentrasinya 2% atau lebih rendah.


Kesimpulan

✔️Hampir semua bahan aktifnya memiliki kemampuan anti inflamasi.
✔️Mengandung banyak pelembap yang baik untuk kulit kering
✔️tidak mengandung alkohol dan fragrance
✔️formula yang ringan dan berbentuk gel
✔️Tidak mengandung bahan iritant dan alergen.
✔️Dilihat dari ingredients-nya, saya rasa bahkan day gel-nya ini pun bisa sekaligus dipakai sebagai night gel..

❗Tidak mengandung agen sunscreen. Jadi tetep perlu pake sunscreen ya, setelah mengaplikasikan gel ini.

Safi dermasafe Soothe & Hydrate Day Moisturizer

50gr

IDR.129.000



 

9 comments

  1. Non comedogenic?aman buat acne prone?
  2. Only day cream ya kak?gabisa buat malam ya?
  3. Kalo menurutku sih bisa untuk am/pm routine..

    karena day Cream ini nggak mengandung agen Sunscreen....
  4. Hanya mengandung dua potensi komedogenik rating rendah.
    Butylene Glycol (1), dimethicone (1),
    Iya harusnya masih kategori aman untuk acne prone...
  5. Kalo abis pake toner eksfoliasi yang ada niacinamide nya boleh kah kak pake moisturizer ini?
  6. Iya gpp kok☺️
  7. Tadinya udah seneng ada kndungan niacinamide di urutan kedua,eh malah ada silicon dan Paraben😭,wajahku over sensitif ka jadi bekas jerawat merah2 tuh bnyk
  8. fungal acne safe kak?
  9. Iya Fungal acnesafe....☺️
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain