Mengulas Ingredients Pond's White Beauty Serum Burst Cream

Pond's white beauty serum burst Cream memiliki tekstur yang unik, mirip seperti Viva waterdrop sleeping mask, yang mencair ketika dioles...

Sudah lebih dari 30 tahun Pond's telah mewarnai kecantikan wanita Indonesia. Brand ini pertama kali diluncurkan sejak tahun 1846 di Amerika Serikat oleh seorang pakar farmasi Theron T. Pond. Awalnya blio menemukan 'golden treasure' berupa teh herbal yang di ekstrak dari tanaman Hamamelis .sp (hayo tebak, ekstrak tanaman apa ini?)

Teh ini memiliki kemampuan menguatkan kulit dari dalam dan membantu memperbaiki luka kecil dll. Yang kemudian si golden treasure (harta Karun emas) dijuluki dengan Pond's Extract. Hingga akhirnya sekarang lebih populer di sebut sebagai Pond's yang berarti 'kepunyaan Pond' dengan logo bunga tulip yang khas. Dan,  pada akhirnya brand ini dimiliki oleh perusahaan multinasional Unilever.

Oya. Hamamelis itu witch Hazel, Gaess...

Begitulah sejarah singkat Pond's, hehehe. Saya sendiri juga sudah pernah mencoba beberapa produk dari Pond's ini, sebut saja: Pond's Dewy rose day Cream, Pond's white beauty night Cream, Pond's anti aging versi lama dan baru, sabun cuci mukanya juga udah pernah. Namun, sayangnya waktu itu belum punya blog, jadi review-nya lewaaaatttt...🤭

Namun demikian, setelah saya punya blog, saya ingin mempersembahkan sebuah penjelasan Ingredients dari produk terbaru Pond's, yaitu:
Pond's white beauty serum burst Cream. Saya lihat produk ini telah banyak menghiasi rak-rak Alfamart. Maklum, saya kalo belanja lebih sering ke Alfamart, karena Deket dari rumah. Hihi..walopun kalo belinya di Alfamart jatohnya lebih mahal. 🤭.

Ponds serum burst cream


Dan saya yakin beberapa dari kalian mungkin sudah mencobanya. Atau masih penasaran dengan produk satu ini.

Cream yang bertekstur seperti serum, jadi awalnya seperti Cream tapi ketika di usap ke kulit jadi mencair. Hampir mirip Viva waterdrop kalo gitu ya. Serum Cream ini bisa dipakai siang dan malam. Produk ini diklaim dapat mencerahkan dan melembapkan kulit, dengan kandungan aktif VIT B3 dan 4D Hyaluronic Acid.

Oke. Langsung saja kepoin Ingredients-nya...


Ingredients:

Water, cyclopentasiloxane, Butylene Glycol, glycerin, niacinamide, dimethicone/PEG-10/15 Crospolymer, phenoxyethanol, Fragrance, peg-9 Polydimethylsiloxyethyl dimethicone, Disodium Edta, peg-4 laurate, peg-4 dilaurate, dipropylene Glycol, peg-4, Iodopropynil butylcaebamate, potassium hydroxide, sodium Citrate, cystine, glycine, tocopherol, sodium PCA, pentylene Glycol, sodium Acetylated Hyaluronate, sodium Hyaluronate, sodium Hyaluronate Crospolymer, hydrolized sodium Hyaluronate, Ethylhexyl glyserine.


Penjelasan Ingredients Pond's White Beauty Serum Burst Cream

Active Ingredients

niacinamide. Vit B 3 yang multifungsional. Mencerahkan. Melembabkan. Menguatkan. Anti-acne. Anti-aging. Baik untuk kulit sensitif.

cystine, glycine. Sejenis asam amino non-essential yang juga diproduksi oleh tubuh. Namun, berkurang seiring bertambahnya usia. Jika dioles ke kulit akan memberi efek skin-restore (mengembalikan elastisitas dan vitalitas kulit) juga mempercepat kesembuhan luka. 

tocopherol. Vitamin E murni. Antioksidan, Skin Moisturizing, dan melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Sodium Acetylated Hyaluronate. Merupakan HA (Hyaluronic Acid) yang telah dimodifikasi sehingga memiliki daya tahan kelembapan yang lebih lama dari HA biasa.

Sodium Hyaluronate. HA yang paling sering dijumpai dalam skincare. Berbentuk garam, lebih stabil, lebih mudah diformulasikan dan mudah meresap ke kulit. 

Sodium Hyaluronate Crosspolymer (SHC) HA yang satu ini adalah yang paling special. Memiliki kapasitas water-binding 5x lipat dari HA biasa. Jika HA biasa mampu mengikat air 1000 kali, SHC bisa mengikat 5000x dari beratnya sendiri di dalam air. Sehingga memberi efek kelembapan lebih lamaaa lagi. Ibaratnya jika HA cuma bisa tahan 2 jam, SHC bisa tahan 10 jam. Hehe. HA jenis yang satu ini merupakan yang paling superior diantara HA yang lain. 

Hydrolyzed Sodium Hyaluronate. Merupakan HA dengan molekul yang lebih kecil. Disebut juga mini-HA. Nah karena molekulnya lebih kecil, otomatis daya serapnya ke kulit juga jauh lebih baik lagi. Selain itu juga memiliki aktivitas antioksidan yang lebih baik sehingga memberi perlindungan ke kulit juga jauh lebih baik.


Ingredients pelengkap

Solvent/pelarut. Aqua. Glycerin. Butylene Glycol. Dipropylene Glycol. Pentylene Glycol. PEG-4.

Skin conditioning (emollient, humectant, Moisturizing). Glycerin, Butylene Glycol, pentylene Glycol. PEG-4. Sodium PCA.

Emulsifier. 

  • 1) cyclopentasiloxane. Silikon volatil yang menguap beberapa saat setelah di aplikasikan. Bahan ini berperan membantu formula agar mudah diratakan ke kulit.
  •  2). Dimethicone/PEG-10/15 Crospolymer. Merupakan campuran antara silikon (dimethicone) dengan PEG-10 dan PEG-15..
  • ...dan 3). Peg-9 Polydimethylsiloxyethyl dimethicone. Mereka berdua berfungsi membantu air bercampur dengan silikon, sehingga menciptakan formula "water drop" seperti krim yang mencair ketika dioles ke kulit. Nah, iyakan, tekstur nya mirip sama Viva waterdrop sleeping mask berarti.
  • 4). peg-4 laurate. 
  • 5). peg-4 dilaurate

Viscosity Controller. Potassium Chloride. Dipropylene Glycol.

Chelating agen. Disodium Edta. Mengikat ion logam dan me-non-aktif-kan-nya. Sehingga mencegah perubahan pH, bau, tekstur formula.

pH adjuster.
potassium hydroxide. sodium Citrate.

Preservatives. Phenoxythanol,Iodopropynil butylcaebamate, Ethylhexyl glyserine


Ada bahan yang bersifat skin-identical: Glycerin, cystine, glycine, sodium PCA, Hyaluronic Acid. Skin-identical maksudnya struktur molekul nya hampir sama dengan sel kulit manusia. Sehingga, bahan-bahan tersebut bisa memberikan manfaat maksimal tanpa efek samping, dan baik untuk kulit sensitif.


Bahan yang kemungkinan menyumbat pori:
Butylene Glycol (1), dimethicone (1), tocopherol (0-3). Levelnya rendah, asal kita sudah melaksanan protokol facial-cleansing dengan benar, Saya kira nggak masalah.😁

Kabar baiknya. Tidak mengandung bahan yang bisa jadi santapan jamur malassezia..horaayy!! Mengingat menemukan skincare bebas fungal-acne feeding ini memang agak-agak syusye...hihihiihi


Kesimpulan

Yang saya jelaskan tersebut di atas hanya berdasarkan teori. Saya hanya memaparkan fungsi tiap-tiap Ingredients saja. Supaya kalian paham, dan nggak kayak arwah penasaran, gentayangan di google cuma mau ngepoin Ingredients. 

Adapun efeknya tentu dipengaruhi oleh banyak faktor seperti: formulasi dari keseluruhan Ingredients produk, skincare-routine yang sedang kalian pake, dan juga kondisi/tipe kulit masingmasing, dll. Itulah sebabnya reaksi nya mungkin tidak akan sama. Satu orang mungkin nggak cocok, tapi orang lain justru bagus buat kulit nya.

Where to buy?
Pond's White Beauty serum burst Cream ini Mudah dijumpai dimana-mana, tapi bukan pasar loak tentunya.
Nggak terkecuali olshop kecintaan kalian semua. 

20gr

IDR. 25K

15 comments

  1. Sukaa bngt sm penjelasan ingredientsnyaaa🥺 gaperluuu nyarii satu persatu manfaatnya apaa, gangertii lg:( sngtt membantuuu, trimakaasiiii🤍🤍🤍
  2. Mantap ni penjelasannya, terima kasih yaa
  3. Hallo kak
    Mau tanya, klo pke moisturizer dari pond's ini terus serum nya dari implora yg louminus brightening aman ga ya?
  4. Iy, insyaallah nggak ada masalah...nggak ada Ingredients yang kontra indikasi ..^^
  5. Wahhh🤩terimakasih jawabannya, sangat membantu bangett.. Sukses dan sehat selalu
  6. Kak ini moisturizer apa serum ya
  7. Lebih tepat moisturizer sebenarnya...^^
  8. Kak, aku tuh dr SMA sampe kuliah, kerja, nikah, punya anak pake ponds. Cocok. Tekstur kulit bagus, wajah ga pernah kering. Semenjak hype SC korea, aku nyoba2 beralih.. sekarang kulitku sering kering, ketarik, ngelupas2 sampai gatel, dan yg paling sedih, tekstur kulit wajah ga halus. 😭. Kurang lebih udah 4th aku beralih ke SC korea. Nyesel sih.. udah mahal, hasilnya ga memuaskan. Pokoknya gonta-ganti produk apapun jatohnya ke kulitku tetep aja kering. Ingin balik lg ke ponds, tapi skrg udah banyak variannya dan aku bingung. Kulit aku cenderung normal to dry, ga ada jerawat. Kira2 kalo mau balik lagi ke ponds, pakai cream yg mana ya kak? Makasih sebelumnya... (maaf curhatnya kepanjangan 🙏🏻)
  9. Berarti udah 20+ kan ya?
    Kenapa nggak coba yang Ponds anti aging?
    Yang ada hyaluronic acid dan retinol Ester nya,, Essence nya juga ada yang baru Lo, ada retinolmdan hylau nya juga, cuma yang ini belum aq bahas 😉
  10. Hallo ka ini klo buat kulit fungal acne ga akan apa" kah?
  11. Yups, Insha Alloh
  12. Kak tolong bantu ulas sunscren pond spf 35 🙏
  13. Yang SPF 35 dan SPF 50 sudah semua ...bisa di search lewat menu di pojok kiri atas, pada list "Skincare under 50k"
  14. Kak, ini klo untuk bumil aman ga ya? Sebelumnya pakai yg age miracle tp krn ada kandungan retinolnya jd stop sementara. Mau ganti merk lain yg katanya aman buat bumil tp takut ga cocok. Dr dulu cocok pakai ponds soalnya. Kakak ada rekomendasi produk ponds yg aman buat bumil?
  15. Iya insya Allah produk Pond's aman semua, karena tidak mengandung propylparaben 😉
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain