Cek Ingredients Teratu Beauty Smoothing & Brightening Lotion

 Teratu Beauty Smoothing & Brightening Lotion merupakan produk eksfoliasi yang bisa digunakan untuk kulit wajah maupun badan. Bertekstur lotion dengan kandungan utama 10% AHA (glycolic acid) yang berfungsi mengangkat sel kulit mati, merangsang regenerasi kulit, dan membersihkan pori-pori. Selain itu, Smoothing & Brightening Lotion juga bergungsi menyamarkan noda hitam, bekas jerawat, dan mencerahkan kulit kusam. Juga dilengkapi dengan kandungan alami seperti Blackcurrant Seed Oil, Sunflower Seed Oil, Rosemary Leaf Extract, dan Vitamin E sebagai antioksidan, menutrisi, dan melembabkan kulit. 

Cara pakai: gunakan tiap malam pada kulit yang sudah dibersihkan. Gunakan hanya pada malam hari. Keesokan paginya, selalu gunakan sunblock atau sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Namun, Untuk kulit wajah, sebaiknya jangan gunakan setiap hari. 




Penjelasan Ingredients Teratu Beauty Smoothing & Brightening Lotion 

Ingredients overview

Aqua Demineralisata, Glycolic Acid, Stearic Acid, Glyceryl Monostearate, Dimethicone, Cetyl Alcohol, Propylene Glycol, Glycerin, Cyclopentasiloxane, Octyldodecanol, Sodium Polyacryloyldimethyl Taurate, Phenoxyethanol, Hydrogenated Polydecene, Triethanolamine, Ribes Nigrum Seed Oil, Disodium EDTA, Helianthus Annuus Seed Oil Unsaponifiables, Trideceth-10, Cardiospermum Halicacabum Flower/Leaf/Vine Extract, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Tocopherol, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract




Key Ingredients 

Glycolic Acid, 

Adalah jenis AHA yang paling banyak diteliti, dan memiliki kemampuan exfo yang paling strong diantara jenis AHA lainya, lantaran memiliki ukuran molekul yang lebih kecil. Namun, kemampuan Exfoliasi nya tergantung pada konsentrasi dan pH dalam formula. Umumnya, Glycolic Acid memiliki kemampuan Exfoliasi setidaknya 3%. Di bawah itu, kemampuan exfo nya berkurang atau tidak ada sama sekali, melainkan hanya sekedar membantu menjaga pH alami kulit. 

Ribes Nigrum Seed Oil,

Mengandung GLA (Gamma Linolenic acid) hingga 15% yang baik untuk anti inflamasi, skin barrier, menjaga elastisitas dan memiliki efek anti aging. Mengandung tinggi antioksidan anthocyanins, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B6, organic acids, phenolic compounds, quercitin-derivatives, dll yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari radikal bebas sekaligus menutrisi kulit.

Helianthus Annuus Seed Oil Unsaponifiables, 

atau sering disingkat HAEOS, adalah bagian dari minyak biji bunga matahari yang tidak dapat diubah menjadi sabun. Bagian ini terdiri dari berbagai molekul, termasuk fitosterol, tokoferol (vitamin E), dan squalene. Bahan ini bermanfaat untuk menutrisi, melembabkan, melindungi skin barrier, dan menyeimbangkan produksi sebum.

 Cardiospermum Halicacabum Flower/Leaf/Vine Extract, 

Ekstrak baloon plant. Mengandung antioksidan, phytosterol, dan triterpenes yang berfungsi sebagai anti inflamasi, mengurangi kemerahan, gatal dan alergi.

Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil,

Mengandung tinggi linoleic acid, sebagai anti inflamasi dan membantu kulit mensintesis lipids dan ceramide sehingga dapat memperbaiki dan menguatkan skin-barrier. 

Tocopherol, 

Vitamin E, antioksidan, membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB.

Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract

Ekstrak Rosemary. Komponen utamanya adalah rosmarinic acid, flavonoids, phenolic acid, dan diterpenes. Berkhasiat antioksidan dan antiinflamasi yang potensial. Serta antibakteri, astringent, serta toning.



Bahan pelengkap 

  • Aqua Demineralisata, 
  • Stearic Acid adalah asam lemak, Emollient, menambah volume formula sekaligus penstabil emulsi. 
  • Glyceryl Monostearate berfungsi sebagai pengemulsi. Dimethicone adalah Silicone Emollient semi-oclusive yang membantu mengunci kelembapan dan memberi sensasi halus pada kulit.
  •  Cetyl Alcohol adalah lemak alkohol , Emollient, menambah volume formula sekaligus penstabil emulsi. 
  • Propylene Glycol adalah pelarut, penetration enhancer, humektan. 
  • Glycerin adalah pelarut skin identical, humektan. 
  • Cyclopentasiloxane adalah Silicone volatil yang mudah menguap, berfungsi sebagai Emollient dan pelicin. 
  • Octyldodecanol berfungsi sebagai pelarut dan Emollient.
  •  Sodium Polyacryloyldimethyl Taurate berfungsi sebagai pengental sintetis. 
  • Phenoxyethanol berfungsi sebagai pengawet. 
  • Hydrogenated Polydecene adalah Emollient dan Pelumas untuk Melembutkan kulit, menciptakan efek glossy pada kulit tanpa rasa greasy. Bahan ini Lembut untuk kulit bahkan aman untuk kulit bayi. 
  •  Triethanolamine berfungsi sebagai pH adjuster yang bersifat basa.
  • Disodium EDTA adalah chelating agen untuk menetralisir ion logam agar tidak menggangu kestabilan formula.
  • Trideceth-10 Berfungsi sebagai pengemulsi.



Kesimpulan 

✔️Teratu Beauty Smoothing & Brightening Lotion mengandung 7 key Ingredients untuk membantu mencerahkan kulit, menghaluskan tekstur kulit, sekaligus menutrisi dan melembabkan.

✔️Dengan kandungan utama 10% Glycolic acid sebagai agen exfolliator nya.

✔️kandungan alami seperti Blackcurrant oil, sunflower oil, Rosemary membantu menutrisi dan melembabkan kulit.

✔️Untuk pm routine. Untuk kulit badan, bisa digunakan setiap hari. Namun untuk kulit wajah, sebaiknya gunakan seperti produk exfolliasi pada umumnya, yaitu bisa dimulai dengan 2-3x seminggu.

✔️Tidak ada keterangan, berapa pH nya. FYI: produk exfolliasi sangat tergantung pada pH formula. Jika pH nya netral atau basa, maka kemampuan exfolliasi nya bisa berkurang atau bahkan tidak efektif sama sekali.

✔️Dalam produk ini mengandung triethanolamine sebagai pH adjuster yang bersifat basa, tujuannya adalah supaya pH nya tidak terlalu asam serta meminimalisir risiko iritasi. Namun, bukan berarti pH formula nya jadi basa. 

✔️No Alcohol 

✔️No Fragrance 

✔️No Paraben

✔️No Essential Oil 

✔️Nggak oil free. Mengandung potensi komedogenik 

  • Stearic Acid (2)
  • Cetyl Alcohol (3)

Untuk kulit badan, bisa abaikan potensi komedogenik nya 

❗Nggak Fungal acne safe. Ada stearic acid, glyseryl monostearate.

✔️Ideal untuk semua tipe kulit.

❗ Glycolic acid 10% mungkin kurang sesuai jika digunakan ibu hamil. Sebaiknya konsultasi ke profesional supaya lebih yakin.

✔️produk lokal, sudah BPOM, halal

✔️Cek harga? 86k per 100ml dan 67k per 60ml

Post a Comment

2 Comments

  1. Hi kak Heruki, Aku tertarik sama blog kaka, klu kaka mau jual aku siap nampung kak klu harga cocok.
    kalau kaka berminat info ya kka 081280379131

    ReplyDelete
  2. Kaak izin request moisturizer cindynal dong kakk, murah murah tpi kata orang bagus kaak, jdi penasarann

    ReplyDelete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏