Cek Ingredients Azarine Pure Radiance Barrier Moisturizer

Azarine Moisturizer Pure Radiance adalah salah satu pelembab wajah rilisan terbaru dari Azarine  yang diformulasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Pelembab ini mengandung bahan-bahan aktif seperti Actiwhite™ dan Jeju Green Tea Water yang dapat membantu mencerahkan kulit, mengurangi hiperpigmentasi, dan mengontrol minyak.


Azarine Pure Radiance Barrier Moisturizer. Sumber: Azarine Official 


Penjelasan Ingredients Azarine Moisturizer Pure Radiance 

Ingredient list: Aqua, Glycerin, Camellia Sinensis Leaf Water*, Maltodextrin, Undecylenoyl Phenylalanine, Propanediol*, Sucrose Dilaurate, Panthenol, Ceramide 3, Chlorphenesin, Polyacrylate Crosspolymer-6, Phytol, Isomalt, Sodium Cocoyl Glutamate, Butylene Glycol, Pisum Sativum Extract*, 1,2-Hexanediol.





Key Ingredients 

Camellia Sinensis Leaf Water

air daun teh hijau atau greentea water adalah hidrolat yang diperoleh dari proses destilasi uap daun teh hijau. FYI: Hidrolat adalah air yang telah diresapi dengan senyawa aromatik dan volatil dari tanaman. 

Air daun teh hijau memiliki aroma dan rasa yang khas teh hijau, serta mengandung berbagai macam antioksidan dan komponen aktif yang bermanfaat untuk kulit.

Bedanya dengan Ekstrak greentea adalah ekstraknya mengandung komponen aktif yang lebih terkonsentrasi daripada Greentea water.

Undecylenoyl Phenylalanine

Disingkat UP saja ya. UP Terbuat dari dua senyawa, yaitu undecylenoyl dan phenylalanine. Undecylenoyl adalah asam lemak yang ditemukan dalam minyak kelapa dan minyak sawit, sedangkan phenylalanine adalah asam amino yang ditemukan dalam protein. UP telah terbukti efektif dalam mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk paparan sinar matahari, melasma, bekas jerawat, sekaligus dapat membantu mencegah pembentukan hiperpigmentasi baru. (1)

Bahan ini memiliki 2 mekanisme kerja.
Pertama, dengan menghambat aktivitas enzim tirosinase, yang merupakan enzim yang diperlukan untuk produksi melanin. Mekanisme kerja kedua adalah dengan bertindak sebagai antagonis hormon MSH (Melanocyte-Stimulating Hormone). Hormon ini berfungsi untuk merangsang produksi melanin oleh sel-sel melanosit di kulit. UP bekerja sebagai antagonis hormon MSH dengan cara mengikat diri ke reseptor hormon MSH di sel-sel melanosit. Pengikatan UP dengan reseptor hormon MSH mencegah hormon MSH untuk menempel dan mengaktifkan reseptor tersebut. Akibatnya, produksi melanin oleh sel-sel melanosit berkurang.

Undecylenoyl Phenylalanine ini aman, efektif serta telah diuji secara klinis dan tidak ditemukan adanya efek samping yang berbahaya yang telah disetujui oleh FDA Amerika Serikat untuk digunakan dalam produk perawatan kulit yang dijual bebas dan bisa digunakan oleh masyarakat umum.

Menurut penelitian sejauh ini, konsentrasi minimum UP agar dapat mencerahkan kulit adalah 2%. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi UP yang lebih tinggi dapat memberikan hasil yang lebih baik. Konsentrasi Undecylenoyl Phenylalanine yang umum ditemukan dalam produk perawatan kulit adalah 2%, 4%, dan 6%.

Panthenol

Adalah Pro vit B5 untuk elembapkan kulit dengan cara membantu kulit memproduksi lipids (kelembapan alami) yang penting untuk kekuatan dan kesehatan mantel kulit. Sebagai agen antiinflamasi dan skin-protecting yang dapat mengurangi iritasi yang disebabkan ingredients lain. Serta membantu proses pemulihan luka.

Ceramide 3, 

Adalah salah satu jenis ceramide yang secara alami terdapat di lapisan terluar kulit (stratum corneum). Ceramide merupakan molekul lemak yang berfungsi untuk menjaga kelembapan dan melindungi skin barrier dari faktor eksternal. Ceramide 3 dapat membantu mengunci air di dalam kulit, sehingga kulit terasa lebih lembap dan terhidrasi.

Phytol

Phytol adalah senyawa organik yang ditemukan dalam tumbuhan, terutama dalam minyak esensial. Senyawa ini memiliki berbagai manfaat untuk kulit, termasuk Antioksidan, Antiinflamasi, meningkatkan hidrasi kulit dan meredakan kulit iritasi.  Selain itu, Phytol juga diklaim memiliki efek anti aging dengan cara menghambat aktivitas enzim yang dapat merusak jaringan kolagen dan elastin.

Isomalt,

Isomalt adalah gula alkohol yang terbuat dari tebu atau jagung. Gula alkohol adalah jenis gula yang tidak dicerna oleh tubuh dan tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Isomalt memiliki berbagai manfaat untuk kulit, termasuk: meningkatkan hidrasi, mencegah iritasi, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Pisum Sativum Extract.

pea extract. Memgandung tinggi antioksidan. Mengandung komponen aktif ellagic acid dan beta-sitosterol, gallic acid, dan quercetin yang membantu mengurangi kemerahan dan sensitivitas, serta membantu menenangkan kulit. Memiliki properti anti elastase, anti kolagenase, anti radikal bebas. Melindungi protein epidermis, dan meningkatkan elastisitas kulit.




Bahan pelengkap 

  • Aqua
  • Glycerin. Pelarut yang bersifat skin identical dan memiliki kemampuan humektan. 
  • Maltodextrin. Adalah campuran dari glukosa, maltosa, oligosakarida, dan dekstrin, yang merupakan karbohidrat yang berasal dari jagung, beras, kentang, atau gandum. Maltodextrin sering digunakan sebagai food additif untuk meningkatkan volume, tekstur, dan rasa.  Dalam produk skincare maltodextrin membantu mengentalkan formula,  menstabilkan Emulsi sekaligus menjaga supaya formula tidak misah. Bahan ini juga memiliki kemampuan dapat membantu menyerap minyak pada kulit. 
  • Propanediol. Pelarut  yang membantu penyerapan formula sekaligus memiliki kemampuan humektan. 
  • Sucrose Dilaurate.  Adalah ester dari asam lemak lauric acid dan sukrosa. Bahan ini bersifat emolien yang dapat melembabkan kulit dan  emulgator, yang berarti dapat membantu menggabungkan air dan minyak. Bahan ini juga bersifat non comedogenic 
  • . Chlorphenesin. Pengawet yang aman dengan konsentrasi maksimum 0,25%. 
  • Polyacrylate Crosspolymer-6. Bahan ini berfungsi sebagai pengental sintetis sekaligus menstabilkan Emulsi. 
  • Sodium Cocoyl Glutamate. Adalah surfaktan gentle yang berbahan dasar asam amino glutamic acid. Bahan ini juga berfungsi sebagai pengemulsi dalam produk leave-on. Bahan ini dianggap tidak menyebabkan iritasi dalam konsentrasi hingga 10%. 
  • Butylene Glycol. Adalah pelarut dan pengencer yang membantu penyerapan formula ke lapisan kulit juga memiliki kemampuan humektan. 
  • 1,2-Hexanediol. Bahan ini berfungsi sebagai pelarut dan Preservatives booster sekaligus memiliki kemampuan Humektan.




Kesimpulan 

✔️Azarine Moisturizer Pure Radiance mengandung 7 key Ingredients yang membantu merawat kulit berminyak dan Berjerawat, serta membantu mencerahkan bekas jerawat.

✔️ Ingredient yang dapat mencerahkan kulit adalah Undecylenoyl Phenylalanine.

✔️ Ingredient yang dapat membantu mengontrol minyak adalah Green Tea water yang mengandung polifenol yang dapat membantu menghambat aktivitas enzim 5-alpha-reductase (Enzim ini berperan dalam produksi minyak) serta membantu menyamarkan ukuran pori-pori.

✔️ Kombinasi panthenol, ceramide, Phytol, isomalt, Pisum Sativum Extract membantu melindungi skin Barrier, menenangkan, mengurangi sensitivitas, serta menjaga elastisitas kulit.

✔️Azarine Moisturizer Pure Radiance adalah jenis pelembab yang dapat dikombinasikan dengan skincare lain. Kandungan aktif Undecylenoyl Phenylalanine bisa dicampur dengan bahan aktif lain seperti: Niacinamide, Azelaic acid, Tranexamic acid, Hyaluronic acid, Vitamin C, Retinol. Moisturizer ini juga bisa digunakan setelah melakukan eksfoliasi AHA BHA. 

Undecylenoyl Phenylalanine adalah bahan yang aman dan efektif untuk digunakan setelah eksfoliasi AHA BHA. Bahan ini tidak akan mengiritasi kulit yang sedang mengalami proses pemulihan.

Namun, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki kulit yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk melakukan test patch terlebih dahulu sebelum mencampur produk yang mengandung undecylenoyl phenylalanine dan AHA BHA.

✔️ Pelembab ini dapat digunakan untuk pagi dan malam hari.

✔️No Alcohol
✔️No fragrance
✔️No paraben
✔️No Essential Oil
✔️No Silicone 

✔️Oil free. Non comedogenic 

❗Nggak Fungal acne safe. Ada Sucrose Dilaurate yang merupakan Ester dengan kandungan asam lemak (lauric acid) rantai panjang, sehingga dapat dimetabolisme oleh jamur malasezia (jamur penyebab Fungal acne).

✔️ Menurut pengguna di tiktok yang telah mencoba produk Azarine Moisturizer Pure Radiance, pelembap ini memiliki tekstur watery gel yang ringan dan mudah meresap ke kulit. Yaitu paling ringan dibanding dua varian lainya: ungu dan biru. 

Pelembab ini juga terasa fresh, tidak lengket dan Greasy, namun melembabkan dan pada saat bersamaan dapat membantu  mengontrol minyak di kulit, sehingga aman digunakan di siang hari tanpa membuat kukit jadi berminyak. 

Memiliki hasil finished yang Matte yang tidak pilling meski ditimpa dengan Sunscreen. Serta beberapa pengguna merasa bekas jerawat nya menjadi lebih pudar setelah beberapa minggu pemakaian.

Tekstur Azarine Pure Radiance Moisturizer 

✔️Pelembab ini direkomendasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat yang ingin mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Dan boleh digunakan mulai usia 14 tahun.

✔️Secara umum, Azarine Moisturizer Pure Radiance tidak mengandung ingredients yang perlu diwaspadai bumil busui.

✔️Produk skincare lokal. Sudah BPOM. Halal

✔️Cek harga? 60k. 30ml | BELI DISINI



Sumber referensi: 

  • A double-blind vehicle-controlled study of a preparation containing undecylenoyl phenylalanine 2% in the treatment of melasma in females. Alexander Katoulis et al. J Cosmet Dermatol. 2014 Jun.

Post a Comment

12 Comments

  1. Kak aku pernah fungal acne dan sembuh pakai salep ketoconazole (kalau tdk salah ketik). Karna aku mau coba retinol smooth azarine jadi aku beli moist pure radiance ini. Sebelumnya aku pakai benton aloe propolis. Setelah aku pakai 1x azarine moist di kening semalaman, bangun pagi mlah tumbuh bruntus merah beberapa biji di kening 🥺. Aku blm bener2 tau penyebabnya apakah ga cocok moist ini atau karna kemarin aku pakai shampo pantene. Tp seandainya ga cocok pake moist ini kira2 apakah aman pakai benton aloe propplis setelah retinol? Aku kesulitan nyari moist yg bener2 cocok di wajah oily acne prone

    ReplyDelete
  2. Kalo moisturizer ini seharusnya bisa dikombinasikan dengan retinol...

    Bisa jadi Fungal acne nya ketrigger lagi, karena moist ini kan nggak Fungal acne safe...
    Tapi bisa juga dari sampoo nya ..
    Coba dihentikan dulu mois nya, dan dilihat nanti apakah ada perubahan atau tidak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ganti lagi shampoo, udah exfo pake BHA 2% tetep aja kak ga hilang2 malah nambah bruntusan, kecil2 dan ga bisa dipencet. Ini lg musim hujan kak jadi ga begitu keringetan.

      Delete
    2. Konsultasi ke dokter saja...biar lebih tepat penanganan nya😉

      Delete
  3. kak moisturizer ini bisa gak menghilangkan jerawat?

    ReplyDelete
  4. Mungkin bisa membantu merawat jerawat nya...
    Kalo menghilangkan, tergantung jenis jerawat nya, kalo bandel ya perlu produk tambahan seperti acne totol atau acne serum...

    ReplyDelete
  5. kak bener ga si kalau kulit berminyak gabisa pakai moisturizer yang mengandung ceramide?

    ReplyDelete
  6. Kurang tepat juga sih, karena ceramide itu skin identical, jadi bisa kompatibel untuk semua jenis kulit. Cuman formulasi nya aja yang harus disesuaikan.
    Misalnya, kalo buat kulit berminyak pilih kandungan ceramide yang lebih rendah, dengan formula gel yang ringan dan mudah meresap...
    Jadi tidak semua Moisturizer ceramide pasti tidak cocok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau azarine pure radiance ini gimana kak banyak ga kandungan ceramidenya bakal cocok ga ya di kulit berminyak?

      Delete
    2. Iya seharusnya aman, karena Moisturizer ini memang diformulasikan untuk kulit berminyak

      Delete
  7. kak, aku kan pake yg azarine moist oil free sama yg ini juga, tpi kan kalo yg ink kata kakanya ga fungal acne safe, trus aku pake yg oil free jadinya. nah yg moist oil free boleh ga ya aku pake setelah serum brightening atau abis exfo serum?

    ReplyDelete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏