Jangan Sembarangan! Perhatikan Cara Pakai 8 Bahan Alami Ini untuk Perawatan

Alami bukan berarti tanpa efek samping. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan cara memakai 8 bahan alami berikut ini:

Ladies and Gentlemen yang hobi bereksperimen dengan DIY skincare. Menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan wajah memang tidak salah. Namun, sembarangan dalam memakainya justru akan menimbulkan dampak yang tidak diinginkan.


Alami bukan berarti tanpa efek samping. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan cara memakai 8 bahan alami berikut ini:


1. Bawang Putih

Bawang putih dikenal ampuh melawan bakteri penyebab jerawat karena kandungan antibakteri yang dimilikinya. Namun, kandungan sulfurnya yang tinggi, pemakaian secara langsung dapat menimbulkan rasa pedih, panas, dan iritasi. 

Cara aman : ambil sedikit bawang putih, hancurkan, campur dengan tepung beras, baru dioles sebagai masker. Cukup 10menit saja. Bilas. Jangan tunggu lama-lama. Wajahmu akan aman bebas efeksamping. 

Baca juga: Bawang Hitam untuk Masker Wajah


2. Jeruk Lemon/Nipis

Perlu diperhatikan bahwa jeruk lemon/nipis bersifat asam, dengan PH 2-3. Pemakaian langsung dapat menyebabkan rasa perih dan panas. Jika kulit sensitif bisa menyebabkan iritasi dan kemerah-merahan.  

Cara aman:
🍋 Campur perasan jeruk lemon dengan bahan-bahan lain, seperti timun, lidah buaya, atau tepung beras, karena ketiga bahan ini memiliki sifat mendinginkan kulit.

🍋 Jangan memakai jeruk nipis di pagi/siang hari karena sifatnya yang asam bisa menyebabkan phototoxic (kulit mudah terbakar sinar matahari)


3. Cuka Apel

Seperti halnya jeruk lemon/nipis. Cuka juga bersifat asam. Oleh karena itu, sebelum mengoles cuka apel, sebaiknya diencerkan terlebih dahulu dengan air. 1 sendok cuka diencerkan dengan 3 sendok air putih. Dipakai seperti memakai toner, baca di sini.
Oya. Dipakai sore atau malam hari aja ya...

Cuka apel ini sangat rekomended bila dipakai bareng Bentonite clay untuk maskeran, coba baca di sini.👍👍👍


4. Kayu manis

Kayu manis juga terkenal akan kemampuannya dalam mengontrol minyak berlebih, membersihkan komedo, dan menyembuhkan jerawat. Bagi kulit badak sih nggak masalah pake bahan ini ya...

Tapi untuk jenis kulit sensitif, harus berhati-hati sebab kayu manis dapat menimbulkan rasa panas, selain itu memakai  masker bubuk kayu manis terlalu banyak dan lama akan menyebabkan kulit jadi kering dan perih.

Cara aman: untuk campuran masker, ambil 1 bagian bubuk kayu manis dicampur 3 bagian bahan lainya: tepung beras/susu/santan bubuk/pisang/ alpukat etc. Tergantung selera. Dengan mencampur dengan bahan-bahan lain dapat menetralisir rasa panas yang ditimbulkan bubuk kayu manis. Jadi, nggak perlu khawatir iritasi.


5. Baking Soda

Baking soda bersifat basa, pH sekitar 9, sedangkan pH kulit kita rata-rata  4,5- 5. Jadi penggunaan baking soda justru akan mengganggu kadar pH kulit yang menyebabkan kulit kehilangan imunitasnya. Sehingga kulit malah jadi rawan terkena breakout.

Cara aman: gunakan sebagai scrub  sekali-kali saja jika perlu. Kalo tidak perlu, lebih baik jangan.hehehe


6. Minyak Kelapa

Minyak  kelapa bersifat comedonic, menyumbat pori, dan dapat memperparah jerawat jika dipakai sebagai masker.

Cara aman: minyak kelapa aman jika digunakan untuk double cleanser.  Minyak bertindak sebagai pelarut lipofilik, yang dapat melarutkan minyak wajah juga ingredient minyak dalam skincare/make-up. Jangan lupa bilas dengan air hangat, atau sabun wajah favoritmu.


7. Kulit Jeruk

Seperti halnya buahnya, kulitnya juga kaya akan vitamin C, selain itu juga mengandung senyawa limonene yang berkhasiat untuk kesehatan kulit. 

Menggunakan kulit jeruk untuk masker tidak akan menyebabkan rasa perih dan panas. Namun, untuk menghindari efek phototoxic sebaiknya dipakai di malam hari saja ya, Ladies!

Caution: jangan dipakai untuk scrub wajah. Terlalu kasar!

Baca juga: DIY Masker Kulit Jeruk


8. Kunyit

Bahan yang satu ini juga sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan kulit. Bahan alami kaya nutrisi ini sayang jika dilewatkan. 

Yang perlu diperhatikan adalah: kunyit dapat meninggalkan warna kuning. Pemakaian di pagi/siang hari dapat mengganggu penampilan. Bahkan ada yang berpendapat kunyit juga dapat menimbulkan fotosensitif.

Cara aman: pakai di malam hari saja!


Nah, dengan pemakaian yang benar dan hati-hati, diharapkan pembaca tidak mengalami efek samping ketika menggunakan bahan-bahan alami diatas untuk perawatan kulit.

Jadi, jangan takut mencoba!😉


Post a Comment

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain