Cek Ingredients Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 35 PA+++ (Formula baru)

Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 35 formula baru adalah 100% Sunscreen kimiawi dengan 3 agen Sunscreen (ketiga agen Sunscreen yang digunak

Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel merilis formula baru lagi, Gaes. Produk ini sudah beberapa kali reformula, mungkin ada sekitar 3 kali. Tidak apa-apa, itu tandanya Wardah cukup responsif terhadap kebutuhan pasar. Kemasan juga masih mirip: dominan warna kuning. Bedanya keterangan SPF 35- nya dibikin super gede, biar kita 'ngeh' kalo produk ini reformula lagi. Xixi. Untuk nilai PA nya masih sama, yaitu: PA+++ .

Keunggulan Wardah Sunscreen SPF 35 ini adalah: mengandung 3% Powerful Ingredients yang terdiri dari (glutathione, Niacinamide, Vitamin C, dan Moisture-Boost)

Well, yuk kita kupas ingredient nya satu per satu, ada kemiripan dengan formula lama nggak ya?😉




Penjelasan Ingredients Wardah Sunscreen SPF 35 PA+++

Ingredients: Aqua, ethylhexyl methoxycinnamate, niacinamide, butyl methoxydibenzoylmethane, phenyl trimethicone, octocrylene, cetearyl alcohol, phenoxyethanol, acrylates c10-30 Alkyl Acrylate crosspolymer, aminomethyl propanol, butylene Glycol, cetearyl glucoside, Chlorphenesin, allantoin, xanthan gum, disodium edta, fragrance, lecithin, glyserine, bht, glucose, dextrin palmitate, arbutin, Citric acid, sodium sulfite, acetyl tyrosinase, saxifraga sermentosa extract, paeonia suffruticosa root extract, aminopropyl ascorbyl phosphate, scutellaria baicalensis root extract, glutathione.

*(Ingredient list diambil dari kemasan)




Key Ingredients 

niacinamide,

Vitamin B3. Skin brightening. Antioksidan. Memicu sintesis ceramide. Sebum regulator. Anti inflamasi. Anti acne. Juga bisa melindungi kulit dari efek buruk radiasi UV dan bluelight dengan cara memperkuat pertahanan kulit supaya kulit bisa melindungi dirinya sendiri

allantoin, 

Senyawa natural yang diperoleh dari tanaman Comfrey, memiliki kemampuan skin Soothing, anti inflamasi, dan membantu proses pemulihan luka.

arbutin.

Atau (Beta) arbutin. Adalah senyawa natural yang diperoleh dari tanaman bearberry. Merupakan alternatif hydroquinone yang lebih gentle dan aman. Memiliki kemampuan antioksidan, dan skin Brightening dengan menghambat aktivitas enzym tyrosinase (tyrosinase inhibitor). Konon kemampuan skin brightening nya 1/9-nya alpha arbutin, dan aman digunakan hingga 7%.

saxifraga sermentosa extract.

Ekstrak tanaman begonia strawberry. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan juga senyawa yang dapat mencegah penggelapan kulit.Telah banyak digunakan sebagai bahan aktif skincare sebab kemampuanya sebagai lightening whitening agen, antioksidant, antimikroba dan moisturizer.

paeonia suffruticosa root extract, 

Ekstrak Akar bunga Peony. Mengandung natural antioksidan yang membantu melancarkan peredaran darah dan membantu mencerahkan warna kulit. Juga bersifat anti inflamasi.

aminopropyl ascorbyl phosphate, 

Bentuk derivat Vit C versi terbaru. Larut air dan sangat stabil. Memiliki 3 kemampuan: antioksidan, skin Lightening, collagen booster
Menurut uji in-Vivo pada 33 partisipan, 0,5% AAP mampu mengurangi hiperpigmentasi sebanyak 29-33% setelah 8 Minggu.

scutellaria baicalensis root extract, 

Ekstrak akar Skullcap.  Mengandung Flavonoids seperti baicalin, baicalein, dan wogonin. Yang merupakan antioksidan dam anti-inflamasi yang potensial. Merupakan tanaman herbal tradisional China. Juga diklaim memiliki aktivitas anti mikroba dan anti fungi. Selain itu, juga memiliki sifat astringent, humektan, dan skin brightening.

gluthatione,

Merupakan tripeptide alias gabungan 3 asam amino yaitu glutamic acid, glycine, dan cysteine. Berfungsi sebagai skin-restore (mengembalikan vitalitas kulit/ memperbaiki kerusakan kulit). Juga dikenal sebagai "mother" nya antioksidan sekaligus bahan pencerah alami.




Agen Sunscreen 

ethylhexyl methoxycinnamate, 

UVB filter. Sunscreen kimiawi. Ringan dan mudah diformulasikan. Tidak foto stabil/berkurang nilai SPF nya 10% setelah terpapar sinar matahari langsung selama 35 menit. (1)

butyl methoxydibenzoylmethane,

Avobenzone. Sunscreen kimiawi. UVA absorber. Tidak foto-stabil, berkurang 36% setelah terpapar matahari secara langsung selama 1 jam. Cukup aman karena tidak mempengaruhi aktivitas estrogen. Di Amerika konsentrasi maksimum yang diperbolehkan 3-5%. (2)

octocrylene, 

Sunscreen kimiawi. Melindungi dari UVB dan UVA II. Cukup photo-stable (hanya berkurang 10% dalam 95 menit pemakaian). Dapat membantu menstabilkan agen sunscreen lain seperti Avobenzone. Juga meningkatkan efek water-resistant agar perlindungan tidak mudah luntur karena keringat.




Bahan pelengkap 

  • Aqua,  
  • phenyl trimethicone. Silicone volatil yang mudah menguap. Berfungsi sebagai Emollient dan pelicin. 
  • cetearyl alcohol. Lemak alkohol. Emollient. Menambah kekentalan formula sekaligus penstabil emulsi. 
  • phenoxyethanol. Pengawet dengan konsentrasi  maksimum 1%. 
  • acrylates c10-30 Alkyl Acrylate crosspolymer. Pengental sintetis. 
  • aminomethyl propanol. pH adjuster. Bersifat basa. 
  • butylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • cetearyl glucoside. Pengemulsi . 
  • Chlorphenesin. Pengawet . 
  • xanthan gum. Pengental alami. 
  • disodium edta. Chelating agen untuk menetralisir ion logam agar tidak menggangu kestabilan formula. 
  • fragrance
  • lecithin. Pengemulsi. Membantu penyerapan bahan aktif. Humektan. 
  • glyserine. Pelarut. Skin identical. Humektan. 
  • bht. Antioksidan sintetis untuk melindungi formula agar tidak mudah teroksidasi. 
  • glucose. Molekul gula. Humektan. 
  • dextrin palmitate. Pengental alami sekaligus pengemulsi, 
  • Citric acid. pH adjuster. Bersifat asam. 
  • sodium sulfite. Pengawet



Kesimpulan 

✔️Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 35 formula baru adalah 100% Sunscreen kimiawi dengan 3 agen Sunscreen (ketiga agen Sunscreen yang digunakan masih sama dengan formula lama).

✔️Beda nya, sekarang nilai SPF nya sedikit lebih tinggi, yaitu 35 (melindungi kulit dari UVB hingga 97%) dan PA+++ (melindungi kulit dari UVA 8-16x lebih lama daripada tidak memakai Sunscreen). Untuk nilai PA nya masih sama dengan formula lama

✔️Mengandung 8 key Ingredients yang samasekali berbeda dari formula lama: lebih banyak. Ada niacinamide di urutan ke-3, dong. Lumayan kan...trus diperkaya dengan agen whitening lain (arbutin, saxifraga sermentosa extract, paeonia suffruticosa root extract, Vitamin C, scutellaria baicalensis root extract, glutathione).

Kabar baiknya lagi, Sunscreen Wardah SPF 35 ini tidak mengandung Vit E. Karena beberapa di antara kita, lebih prefer produk yang non-vit E (kulit berminyak acne-prone, biasanya)😅

✔️Menurut salah satu pengguna Wardah Sunscreen SPF 35 ini bertekstur agak Creamy, sedikit lebih ringan daripada SPF 30, warnanya putih solid dan ngga bikin lengket di tangan. Ada white cast sedikit tapi tidak menggangu dan aromanya juga tidak terlalu menyengat.

✔️No alcohol
✔️No Paraben

✔️No 4-MBC (Sunscreen Agent yang kemaren sempet viral di tiktok.😅

✔️No Essential Oil

✔️Oil free.
Mengandung potensi komedogenik rendah

  • Cetearyl Alcohol (2). Diklaim non comedogenic, non acnegenic.
❗Nggak Fungal acne safe. Ada dextrin palmitate yang berupa Ester. Dan Ester yang mengandung palmitic acid ini dapat dimetabolisme oleh jamur malasezia, sehingga untuk kulit yang terinfeksi Fungal acne, sebaiknya hati-hati.

✔️Ideal untuk semua tipe kulit, kecuali yang hypersensitif terhadap fragrance bisa di Test patch dulu.

❗Ada ingredient yang perlu diwaspadai bumil: Sunscreen kimiawi. Sebab Sunscreen kimiawi seperti octinoxate, avobenzone, octocrylene dikhawatirkan dapat mengganggu aktivitas hormon (3). Sebaiknya Konsultasi ke dokter dulu lebih disarankan 😉

✔️Produk skincare lokal yang Sudah bersertifikaf BPOM dan Halal MUI

✔️Cek harga? 31k. 40ml | BELI DISINI

Ingredient Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 35 PA+++(formula baru). Sumber: Wardah Official 




Sumber referensi:
  • Schlumpf, Margret, et al. "In vitro and in vivo estrogenicity of UV screens." Environmental health perspectives 109.3 (2001): 239.

19 comments

  1. No silicone ga ni?
  2. Ada 1 Silicone volatil yang Mudah menguap.
  3. Klo SAP ketemu AAP gmn kak?
  4. Nggak papa, kalo cuma sebagai ingredient pemanis 😉
  5. Kak
    Bahas vit c beserta derivat2 ny dong
    +/- ny apa aja
    Sama contoh2 produk ny
    Thank u
  6. Sudah aq bahas semua, bisa di cek di "menu" (garis 3 di pojok kiri atas) ..nanti ada list 'vitamin C Serum'
  7. perlu double cleanse stlh pake ini?
  8. Kalo aq pribadi nggak perlu double cleanse, cukup pake FW aja,
    AQ double cleanse cuma sesekali, soalnya nggak tahan gesekan kapas...😌
  9. Testimoni pake ini hampir 1 bulan
    Menurut saya, better ini drpd formula lama yg spf 30
    & Lbh cepat meresap jg
    Ada efek instan glow up & tone up jg
  10. Wow. Mantaff .
    Terimakasih sharing nya...🙏

    Aq malah pakai yang formula lama, gara2 dapet vocer😌😅
  11. Beli d official store ny kak klo online
    Klo offline msh belum ada
  12. Wow, jadi excited pengen nyobain kan kalau gini
  13. ini hybrid SS ka?
  14. Di atas sudah aq kasih keterangan, 100% Sunscreen kimiawi
  15. Kak, saya dapat ingredient dari salah satu toko besar seperti ini, berbeda seperti yang di atas


    Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Butyloctyl Salicylate, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Octocrylene, Propylene Glycol, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Tocopheryl Acetate, Phenoxyethanol, Sodium Acrylates Copolymer, Chlorphenesin, Propanediol, Lecithin, Allantoin, Panthenol, Disodium EDTA, Fragrance, Ethylhexylglycerin, Artemisia Capillaris Flower Extract.
  16. Itu ingredient yang SPF 30...

    Kalo yang ku bahas di sini, diambil dari kemasan, jadi lebih valid ya...😉
  17. Kak wardah ngeluarin sunscreen barunya yang warna ijo tosca. Itu khusus buat acne prone dan berminyak. Mau di review sama kakak
  18. Udah aq bahas kok,,di cari aja...😉
  19. Yang ini kan?
    https://gonaturalcare.blogspot.com/2023/10/Ingredient-wardah-uv-shield-airy-smooth-sunscreen-spf-50.html
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏