Cek Ingredients The Originote Cica B5 Soothing Moisturizer

The Originote Cica B5 Soothing Moisturizer mengandung 19 key Ingredients yang fokus untuk Soothing dan Hydrating. ✔️Dengan ingredient utama Centella

The Originote Cica B5 Soothing Moisturizer adalah Moisturizer terbaru dari the Originote yang diformulasikan dengan bahan utama Centella Asiatica dan Pro-vit B5 yang telah terbukti  membantu merawat kulit iritasi, menenangkan kulit kemerahan  akibat jerawat dan melembabkan kulit. Diformulasikan tanpa kandungan alkohol, fragrance, Paraben, sehingga aman untuk semua tipe kulit, aman dikombinasikan dengan seluruh produk The Originote.

BPOM NA 18230103836


Penjelasan Ingredients The Originote Cica-B5 Soothing Moisturizer 

Ingredient: Centella Asiatica leaf extract, glyserine, butylene Glycol, water, 1,2 hexanediol, hydroxyacetophenone, acrylates/c10-30 Alkyl Acrylate crosspolymer, triethanolamine, diglycerine, panthenol, propanediol, paeonia suffruticosa root extract, allantoin, adenosine, tremella Fuciformis polysaccharides, glycyrrhiza uralensis root extract, portulaca Oleracea flower/leaf/Stem extract, paeonia lactiflora extract, chrysanthemum parthenoum (fever few) extract, Camelia sinensis extract, pentylene Glycol, artemisia argyi leaf extract, glucose, Centella Asiatica extract, sodium hyaluronate, caprylhydroxamic acid, maltodextrin, phenoxyethanol, caprylic/capric triglyceride, peg-40 hydrogenated Castor oil, lecithin, magnolol, madecassoside, hexylene Glycol, stearic acid, cholesterol, ceramide NP, bisabolol, houttuynia cordata extract.

*(Ingredient list diambil dari Official Store-nya)



Key Ingredients 

  • Centella Asiatica leaf extract,
  • Centella Asiatica extract,
Ekstrak cica. Mengandung senyawa aktif madecassoside: membantu proses pemulihan luka (1) dan sintetis kolagen. Asiaticoside: anti acne, antiinflamasi, antioksidan, anti mikroba, menstimulasi kolagen. Madecassic acid: menstimulasi NMF (natural moisturizing faktor) dan hyaluronic acid sehingga meningkatkan level kelembapan kulit. (2)

panthenol, 

Pro vit B5. Melembapkan kulit dengan cara membantu kulit memproduksi lipids (kelembapan alami) yang penting untuk kekuatan dan kesehatan mantel kulit. Sebagai agen antiinflamasi dan skin-protecting yang dapat mengurangi iritasi yang disebabkan ingredients lain. Serta membantu proses pemulihan luka.

paeonia suffruticosa root extract, 

Ekstrak akar bunga Peony. Mengandung natural antioksidan yang membantu melancarkan peredaran darah dan membantu mencerahkan warna kulit. Juga bersifat anti inflamasi.

allantoin, 

Senyawa natural yang diperoleh dari tanaman Comfrey. Memiliki kemampuan skin Soothing, anti inflamatory, dan membantu proses pemulihan luka 

adenosine.

Merupakan cell-communicating ingredient. Adalah senyawa organik yang bisa ditemukan dalam tubuh manusia. tugasnya adalah membantu sel saling "berkomunikasi". Manfaat untuk kulit: mempercepat penyembuhan luka, antiinflamasi yang baik, melindungi kulit dan memperlambat penuaan dini.

tremella Fuciformis polysaccharides,

a.k.a snow mushroom. Mengandung tinggi polisakarida yang memiliki kapasitas water-binding dan bekerja sebagai amazing humektan/skin Moisturizing, menjaga elastisitas kulit dan menyamarkan kerutan halus. Juga mengandung antioksidan untuk mencegah stres oksidatif, anti inflamasi sekaligus memiliki efek anti aging.

glycyrrhiza uralensis root extract, 

Ektrak akar manis. Populer sebagai bahan pencerah yang aman. Komponen utamanya adalah glabridin yang dapat menghambat pigmentasi akibat radiasi UV. dan glycyrrhizin yang bersifat anti inflamasi yang potensial.

portulaca Oleracea flower/leaf/Stem extract,

Ekstrak krokot. Mengandung Vit A, C, dan E, mineral, asam amino, dan antioksidan yang potensial termasuk senyawa antioksidan seperti gluthatione yang dapat menutrisi kulit sekaligus bersifat anti inflamasi dan skin-soothing yang baik.

paeonia lactiflora extract, 

Ekstrak white Peony. Mengandung antioksidan Paeoniflorin yang memiliki efek seperti Vit E, membantu melindungi kulit, skin moisturizing, dan men-support skin barrier. Mencerahkan warna kulit. Juga bersifat anti inflamasi.

chrysanthemum parthenoum (feverfew) extract,

Ekstrak feverfew memiliki kemampuan anti inflamatory dan Soothing yang membantu mengurangi kemerahan, bengkak, dan gatal-gatal.

Camelia sinensis extract, 

Komponen utama greentea adalah polyphenol terutama chatecin. Yang memiliki kemampuan antioksidan, UV protectant, Anti karsinogenik dan antiinflamasi. Senyawa ini mampu menghambat kerusakan DNA dan dapat mengaktivasi enzym yang membantu memperbaiki kerusakan DNA.

artemisia argyi leaf extract, 

Ekstrak Mugwort. Memiliki properti strong anti-inflamatory yang dapat membantu menenangkan kulit jerawatan, bruntusan, kemerahan, bengkak, iritasi, kering, dan gatal. Baik juga untuk kulit sensi dan rewelan. Mugwort juga memiliki aktivitas antioksidan sekuat vit C, antibakteri, dan juga mengandung vit E.

sodium hyaluronate, 

Bentuk garam dari hyaluronic acid. Memiliki Memiliki ukuran molekul yang besar (High molecular weight) Bekerja di permukaan dan membentuk lapisan protective barrier yang melindungi kulit, mencegah dehidrasi, dan baik untuk skin barrier.

magnolol,

Adalah senyawa natural yang diextraksi dari bunga/daun atau pohon Magnolia. Senyawa ini memiliki kemampuan powerful antioksidan yang menghambat aktivitas radikal bebas serta menghambat Lipid peroxidation (yakni proses oksidasi lipid yang diduga menjadi trigger calon jerawat). Selain itu juga bermanfaat sebagai anti inflamatory dan Soothing yang mengurangi kemerahan, bentol dan gatal. Serta anti bakteri. Usage rate 0,05%.

madecassoside,

Komponen aktif cica. Antioksidan, anti inflamasi, membantu proses pemulihan luka dan sintetis kolagen. Penelitian juga menunjukkan 0.2%, Madecassoside mampu mengurangi redness dan membantu menenangkan kulit ngelupas pada penderita dermatitis atopik

cholesterol, 

Skin identical. Emollient. Merupakan bagian dari skin barrier kita. Fungsinya melindungi kulit dari ancaman luar.

ceramide NP, 

Ceramide adalah skin identical Ingredients yang berfungsi sebagai salah satu bagian/komposisi skin barrier. Mencegah TeWL dan melindungi kulit dari external agresor seperti polusi, infeksi, maupun bahan irritant.

bisabolol, 

Senyawa natural yang diperoleh dari bunga Chamomile. Memiliki kemampuan skin Soothing yang potensial. Membantu merawat kulit iritasi, dan menenangkan kulit sensitized.

houttuynia cordata extract

Ekstrak heart leaf. Mengandung senyawa antioksidan quercetin, quercitrin, hyperoside, dan rutin. Yang memiliki properti anti-inflammatory, antioxidant, dan antibacterial.
Houttuynia cordata extract juga mengandung polysaccharides yang baik untuk menghidrasi kulit dan menjaga keseimbangan skin Microbiome serta mendukung fungsi skin barrier.




Bahan pelengkap 

  • glyserine. Pelarut. Skin identical . Humektan. 
  • butylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • water
  • 1,2 hexanediol. Pelarut. Preservatives. Humektan. Usage rate: 0,1-3%. 
  • hydroxyacetophenone.  Antioksidan sintetis untuk melindungi formula agar tidak mudah teroksidasi. Usage rate: 0,1-1%. 
  • acrylates/c10-30 Alkyl Acrylate crosspolymer. Pengental sintetis dengan konsentrasi rata-rata 0,5-5%. 
  • triethanolamine. pH adjuster . Bersifat basa. Konsentrasi rata-rata 0,1-1%. Konsentrasi  maksimum 2,5%. 
  • diglycerine. Pelarut. Skin identical. Humektan. Memiliki ukuran molekul yang besar sehingga memiliki kemampuan humektan yanglebih baik dari glyserine biasa. 
  • propanediol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • glucose. Molekul gula. 
  • caprylhydroxamic acid. Pengawet, 
  • maltodextrin. Pengental alami.  
  • phenoxyethanol. Pengawet dengan konsentrasi rata-rata 0,1-1%.
  • caprylic/capric triglyceride. Emollient . 
  • peg-40 hydrogenated Castor oil. Pengemulsi 
  • lecithin. Pengemulsi. Membantu penyerapan bahan aktif. Humektan. 
  • hexylene Glycol. Pelarut. 
  • stearic acid. Asam lemak. Emollient. Menambah kekentalan formula sekaligus penstabil emulsi.





Kesimpulan 

✔️The Originote Cica B5 Soothing Moisturizer mengandung 19 key Ingredients yang fokus untuk Soothing dan Hydrating.

✔️Baca juga The Originote Cica B5 Soothing Toner

✔️Dengan ingredient utama Centella Asiatica (posisi urutan pertama Woii...) tapi nggak dijelasin berapa prosentase nya, sih. Kalo tanya mbak Ce-es admin, di jawab begini: "Hai kaa, untuk jumlah presentase kandungan sudah diformulasikan aman untuk segala jenis kulit wajah, termasuk sensitif dan berjerawat, serta efektif untuk exfoliasi kulit yaa, silahkan diorder^^....wkwkwkw. 

#padahal, Moisturizer ini nggak ada agen exfonya.😅 Mungkin maksudnya boleh dipakai setelah exfolliasi 😉

Well, untuk manfaat Centella Asiatica ini sudah banyak terbukti khasiatnya, dan sudah banyak diteliti, Gaes. Berikut adalah bukti ilmiah nya:

  • Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Science menemukan bahwa krim yang mengandung centella asiatica dapat meningkatkan hidrasi kulit hingga 20%. 
  • Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Dermatological Science menemukan bahwa ekstrak centella asiatica dapat meningkatkan kadar ceramide dan hyaluronic acid di kulit, yang keduanya berperan penting dalam menjaga kelembaban kulit.
  • Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology menemukan bahwa krim yang mengandung centella asiatica dapat mengurangi rasa gatal pada kulit yang mengalami dermatitis atopik.
  • Studi yang diterbitkan dalam International Journal of Cosmetic Science menemukan bahwa serum yang mengandung centella asiatica dapat mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit yang mengalami rosacea.

✔️Ada Kombinasi 8 plant extract yang hampir semua memiliki kemampuan anti inflamatory dan antioksidan.

✔️ Panthenol, allantoin, adenosine, tremella Fuciformis polysaccharides, bisabolol, sodium hyaluronate, madecassoside, ceramide, cholesterol berkolaborasi membantu menghidrasi, melembabkan, menenangkan, membantu proses pemulihan luka, dan melindungi skin barrier.

✔️Ada magnolol yang membantu merawat kulit berjerawat dan kemerahan.

✔️ Termasuk 'non-active' formula jadi bebas dilayer-layer dengan produk apapun...😉

✔️Untuk am-pm routine

✔️No alcohol
✔️No fragrance
✔️No Paraben

✔️No Silicone
(FYI: Paraben dan silicone ini sebenarnya aman, ya, Gaes. Cuman, seperti biasa, tetap aku ceklis untuk info tambahan buat kalian yang prefer nggak ada Silicone dan Paraben, ✌️)

✔️No Essential Oil

✔️Oil free.
Mengandung potensi komedogenik rendah

  • Stearic acid (2) tapi posisi urutan ke-3 dari bawah. So, bisa diabaikan, Gaes.
❗Nggak Fungal acne safe. Ada peg-40 hydrogenated Castor oil, stearic acid. Untuk kulit yang responsif terhadap Fungal acne trigger, harap hati-hati.

✔️Ideal untuk semua tipe kulit. Aman untuk kulit sensitif.

✔️Secara umum tidak mengandung bahan yang perlu diwaspadai bumil busui

✔️PAO: 6M

✔️Made in Indonesia. Sudah BPOM.

Diproduksi oleh: PT. Ayara Beauty Indonesia, Bogor. Jawa Barat 

Didistribusikan oleh: PT. NAYUE KOSMETIK INDONESIA. Kota Adm Jakarta Utara, Dki Jakarta

✔️Cek harga? 43k. 50ml | BELI DISINI

The Originote Cica-B5 Soothing Moisturizer. Sumber: The Originote Official Store 

Review Pengguna

Berikut adalah beberapa pengguna yang telah mencoba Moisturizer the Originote Cica B5 yang dikutip dari situs Female Daily:

Grace_Rut (tipe kulit oily): "Ini varian baru moisturizer dari the originote, ga usah di ragukan ini se moist itu.. point' plus nya ini khusus buat yang oily acne prone, ingredientsnya juga aku suka buat nenangin kulit yang lagi breakout. Tekstur nya sama kayak Moisturizer yang hyalu cuma ini lebih cepat nyerap dan dingin gitu after di pakai.. pakai ini di malam besoknya kulit langsung calming sih."

Mitha Angelina (tipe kulit kombinasi): "beli ini karena lagi beruntusan dan butuh soothing moisture dan cobalah ini hmm untuk harga dan ml nya ok bgt, tapi after pamakaian itu kulit jd super lengket trs kalo dibawa tidur jadi kurang nyaman karena wlaupun sudah kering bikin nempel dibantal, untuk wanginya juga okee kaya bau sehat gt."

Gr8ful (tipe kulit dry): "Moisturizer yang kerasa banget beda nya pas udah pake. Bikin kulit jadi super halus, dan super hudrating. Sesuai claim nya dia soothing banget!! aku suka banget karna gak menyumbat pori, dan gak ada fragrance nya!! definitely will repurchase!!".



Sumber referensi:
  • Moisturizing and Antiinflammatory Properties of Cosmetic Formulations Containing Centella asiatica Extract. A. Ratz-Łyko,* J. Arct, and K. Pytkowska
  • The Effects of a Standardized Extract of Centella asiatica on Postlaser Resurfacing Wound Healing on the Face: A Split-Face, Double-Blind, Randomized, Placebo-Controlled Trial. Wilawan Damkerngsuntorn et al. J Altern Complement Med. 2020 Jun.
  • Centella asiatica in Dermatology: An Overview. August 2014Phytotherapy Research 28(8)

32 comments

  1. Sekalian toner barunya juga ka
  2. Pengen ini tapi potensi fungal acnenya banyakan ini di banding hyalucera
  3. Iya, sayangnya
    Di Hyalucera, Fungal acne trigger nya cuma 1...😌
    Tapi kalo kulit nya nggak ada Fungal acne nggak papa, aman.
  4. Berarti bagusnya pas pakai retin nih klo gk ingre exfo😅
  5. Iya bisa-bisa😉
  6. Kak, aku sbelumnya pake jarte cica cream sama somethinc calm down moist itu cocok. Tp harga keduanya agak high end 90an ya…
    Trus tbtb aja the originote keluarin moist ini yg mana extra cica sama panthenol di urutan tengah. Trus kepikiran yg di urutan 1 itu kan daun cica aja ya apa cuma buat pewarna hijau nya aja? (Maap bgt bukannya negthink) 😭
    Kira2 kalo ganti ini gimana? Lebih lengkap ini atau moist yg ku sebutkan 2 sbelumnya? Apa sama aja kah? St ku oily acne prone ya kak thanks… aku bingung kalo harus repurchase jarte/somethinc agak bokek hehe
  7. klo kulit berminyak dan gampang komedoan lebih mending ambil originote yang hyalucera atau yg cica ini? ato mending eiem waterbank?
  8. @kalo berdasarkan ingredient nya sih, urutan pertama itu emang ekstrak cica, bukan cica water, atau cica powder,
    Dan disini nggak mengandung artificial Collorant,..

    Dicoba aja ya, mudah-mudahan cocok😉the Originote Cica B5 ini kandungan nya juga bagus-bagus kok😉. Yang dijarte itu malah kandungan ekstrak cicanyandi bawah phenoxyethanol yang artinya nggak lebih dari 1%.


    @kalo berminyak, mungkin lebih cenderung yang cica b5
  9. kaka kulit ku kombin , sensitif-oily , mau ganti moist dari hadalabo ke originote soalnya kulit ku gada perubahan samsek , tpi TO nya kok ya macem nya beda" , menurut kakak lebih baik aku ganti moist ke TO yg ini atau hyalucera atau tetep pake hadalabo?? makasih kak
  10. Mending yang Cica B5, bisa digunakan untuk semua tipe kulit...aman untuk kulit sensitif oily...
    Dan kandungan Centella nya jelas lumayan, karena posisi urutan pertama...
  11. Kak tolong cek in serum skinspace yg ini dong

    Skin space glow up glow & acne serum

    Bahan : Aqua, Centella asiatica leaf extract, Glychyrriza glabra root extract, hamamelis virginiana extract, aloe barbadensis leaf extract, bakuchiol, niacinamide, salicylic acid, propylene glycol, alpha arbutin, phenoxyethanol, DMDM hydantoin, xanthan gum, hyaluroni acid, melaleuca alternifolia leaf oil.

    Bpom : NA18220106696

    Manfaatnya :
    Melembapkan kulit
    Menghaluskan kulit
    Mencerahkan kulit
    Membuat kulit glowing
    Merawat kulit berjerawat
    Melawan bakteri penyebab jerawat
  12. kak bagusan mana moist yg ini atau hyalucera?
  13. Tergantung kebutuhan dan selera masing-masing...😉
  14. kalau kulit normal cnderung kering ada bruntusan dan jerawat 1/2 an bagusnya pake yg mna kak?
  15. Kalo ada bruntusan jerawat kek nya mendingan ini sih .. Centella kan baik buat merawat kulit acne, trus dia juga aman untuk kulit kering dan sensitif soalnya dia bisa memicu kelembapan alami kulit, trus baik buat skin barrier...ada panthenol juga yang baik untuk kulit kering dan menenangkan jerawat 😉
  16. kak pliss ini apa glad2glow centella kak type normal to oily bekas jerawat merah sma ada jerawat aktif 1/2
  17. Dua-duanya bagus, aq juga bingung ..dan dua-duanya aman buat semua jenis kulit...

    Tapi kalo kulit oily, sepertinya lebih cenderung ke the Originote Cica B5... kandungan Centella nya di urutan pertama btw..
  18. Suka banget cica sejak pakai skin1004 ternyata cocok.. Sudah bebas jerawat, cerahan, sama lembab sehat aja. Selama ini pakai eiem karna dia juga cica urutan atas. Looking forward ke produk ini. Thanks buat kak heruki saya yang cowok bisa banyak baca dan belajar dari grup ini.
    Sehat selalu.
  19. Kak review ceratinolnya the originatenya juga dong kak
  20. The Originote Moisturizer ceratinol nya udah dari dulu aq bahas, di search aja lewat tombol search di pojok kanan atas 😉
  21. Kak bagusan mana the originote
    ini apa benton aloevera gel ? Aku acne prone skin sebelumnya udah pernah pakek benton
  22. Dua-duanya bisa dipakai untuk kulit acne prone,
    The Originote Cica B5 juga bagus, ekstrak cica nya di urutan pertama, trus ada kandungan senyawa magnolol yang membantu mencegah trigger jerawat😉
  23. Ini mirip sama Benton ga kak, aku ini pecinta moisturizer nya Benton cuman karena dia sulit banget didapatkan jadi aku pengen pindah ke moisturizer ini. Menurut Kaka nih ya kira" sama ga ya manfaat nya? Skin type aku berminyak,acne prone skin kemerahan dan sensitif
  24. Benton yang mana? Yang Aloe propolis?

    Ya beda, di the Originote ini kan nggak ada Aloe Vera dan Propolis nya..

    Tapi moisturizer ini tetap bisa dipakai untuk kulit berminyak, sensitif, acne prone...😉 Bisa dipakai all skin Type😉
  25. Hai kak, aku baru nemu ur blog and big thanks fyi.. sungguh sangat membantu banget..
    Btw bolehkah rekomendasikan moisturizer yang bagus but fungal acne safe?
    Thanks 🙏🏻
  26. SKINDAY OAT SO GOOD Water Cream
    Lazy Sunday Get Oat of Bed Water Cream Moisturizer
    Azarine oil free Moisturizer
    Madam Gie skin Barrier Moisturizer
    White story skin barrier Moisturizer
    Somethinc supple power moisture bomb
    Personafic barrier on Moisturizer
  27. kalau dibanding eiem waterbank moist bagus mana ya ?
    1. Kalo aq cenderung pilih yang ini, yang jadi pertimbangan ku adalah kandungan extract Centella nya di urutan pertama 😉
  28. kak, kulit aku combi to oily tpi dehidrasi kira2 lebih cocok the originot cica ini atau azarine pure radiance ya?
  29. Dua-duanya sebenarnya bisa,
    Tapi kalo buat yang dehidrasi mungkin lebih cenderung ke azarine...soalnya the Originote Cica B5 ini banyak yang bilang lebih ringan dari varian Hyalucera. Jadi mungkin kurang nampol buat kulit yang dehidrasi.
  30. Kak kalo kulit berminyak dan berjerawat terus jerawatnya lagi banyak bgt pake yang hyalucera apa cica yah yang buat meredakan jerawat??
    1. Untuk meredakan kemerahan, lebih rekomen pakai Cica B5
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏