Cek Ingredients Skintific 5% Panthenol Acne Calming Water Gel

Skintific 5% Panthenol Acne Calming Water Gel mengandung 18 key Ingredients yang baik untuk menenangkan kulit dan memperbaiki skin barrier. ✔️Dengan

Skintific 5% Panthenol Acne Calming Water Gel Adalah Moisturizer terbaru dari Skintific (nggak henti-hentinya bikin produk baru😅) dengan tekstur gel ringan dan unik, terasa seperti air dan memberikan sensasi cooling yang menenangkan kulit. Mengandung kombinasi  5% Panthenol, ceramide,  Ectoin yang efektif membantu meredakan kemerahan dan menenangkan kulit berjerawat. Pemakaian rutin dapat membantu mengontrol minyak. Cocok digunakan untuk kulit acne prone dan berminyak.

Manfaat:
●Menenangkan kulit yang meradang dan berjerawat
●Meredakan kemerahan
●Mengontrol minyak di wajah

BPOM: NA11230100133





Penjelasan Ingredients Skintific 5% Panthenol Acne Calming Water Gel 

Ingredient: AQUA、PANTHENOL、METHYL GLUCETH-20、DIPROPYLENE GLYCOL、CENTELLA ASIATICA EXTRACT、CALENDULA OFFICINALIS EXTRACT、AVENA SATIVA KERNEL EXTRACT、PHAEODACTYLUM TRICORNUTUM EXTRACT、CHLORELLA VULGARIS EXTRACT、PENTYLENE GLYCOL、ACRYLATES/C10-30 ALKYL ACRYLATE CROSSPOLYMER、TROMETHAMINE、1,2-HEXANEDIOL、ECTOIN、CERAMIDE NP、CERAMIDE AS、CERAMIDE NS、CERAMIDE AP、CERAMIDE EOP、BUTYLENE GLYCOL、GLYCEROPHOSPHOINOSITOL CHOLINE、GLYCERIN、AMMONIUM ACRYLOYLDIMETHYLTAURATE/VP COPOLYMER、HYDROGENATED LECITHIN、TOCOPHEROL、PENTASODIUM PENTETATE、ERYTHRITOL、PROPANEDIOL、PHYTIC ACID、SILVER OXIDE、DIETHOXYETHYL SUCCINATE、HYDROXYPHENYL PROPAMIDOBENZOIC ACID、LECITHIN、SODIUM ASCORBATE、ASCORBYL PALMITATE.




Key Ingredients 

PANTHENOL

Pro vit B5. melembapkan kulit dengan cara membantu kulit memproduksi lipids yang penting untuk kekuatan dan kesehatan mantel kulit. Sebagai agen antiinflamasi dan skin-protecting yang dapat mengurangi iritasi yang disebabkan ingredients lain. Serta membantu proses pemulihan luka. Usage rate: 0,5-5%

CENTELLA ASIATICA EXTRACT、

Ekstrak cica. Mengandung senyawa aktif  madecassoside: membantu proses pemulihan luka dan sintetis kolagen. Asiaticoside: anti acne, antiinflamasi, antioksidan, anti mikroba, menstimulasi kolagen. Madecassic acid: menstimulasi NMF (natural moisturizing faktor) dan hyaluronic acid sehingga meningkatkan level kelembapan kulit

CALENDULA OFFICINALIS EXTRACT、

Ekstrak calendula,  Membuat kulit terasa plump, kencang, dan kenyal. Menstimulasi kulit memproduksi NMF (Natural Moisturizing Factor).Anti inflamasi. Antioksidan. melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV. Membantu melindungi jaringan kolagen dan elastin. Membantu meratakan warna kulit (mengurangi pigmen melanin). Memiliki kemampuan menyembuhkan luka

AVENA SATIVA KERNEL EXTRACT

Ekstrak oat meal. Mengandung Beta glucan, omega 3, dan 6 antioksidan, dan agen anti inflamasi (aventhramides). Juga memiliki kemampuan skin-soothing, antioksidan, dan skin-protecting. Sangat baik untuk kulit sensitif, kering, gatal dan iritasi.

PHAEODACTYLUM TRICORNUTUM EXTRACT

Ekstrak red Micro algae mengandung omega 3, eicosapentaenoic acid, fucoxanthin, chrysolaminarin yang membantu menguatkan skin barrier, mengurangi gatal, dan kemerahan. Baik untuk merawat kulit sensitif.

CHLORELLA VULGARIS EXTRACt、

Termasuk jenis algae ber-sel tunggal. Mengandung tinggi klorofil, carotenoid, asam amino seperti lysine, proline, glycine, dan alanine yang bermanfaat sebagai anti inflamasi dan anti aging dengan cara mencegah kerusakan jaringan kolagen dan elastin. Serta dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.

ECTOIN、

natural asam amino yang diproduksi oleh mikroorganisme yang hidup dalam kondisi lingkungan yang extreme. Ectoine memiliki properti anti aging, anti polusi, dan melindungi kulit dari stress. Mencegah kerusakan sel kulit, menstabilkan struktur protein dan sel. Membantu memperbaiki kondisi kulit seperti: iritasi, skin barrier bermasalah, mature, kering, kasar, tekstur tidak rata. Serta meningkatkan kemampuan kulit melindungi dirinya sendiri

Mengandung 5x ceramide 

CERAMIDE NP、CERAMIDE AS、CERAMIDE NS、CERAMIDE AP、CERAMIDE EOP、

Ceramide itu lipid yang bersifat skin identical. Bagian dari skin barrier itu sendiri, membantu men-suplay ceramide content yang produksinya berkurang seiring usia.

GLYCEROPHOSPHOINOSITOL CHOLINE

A.k.a GPI Choline. Senyawa natural yang dapat diperoleh dari sunflower. Memiliki kemampuan mirip hormon kortison yang berfungsi sebagai skin Soothing, anti inflamatory, mengurangi sensitivitas, gatal, kemerahan. Bahan ini juga dipakai untuk treatment kulit iritasi, alergi, atau dermatitis, tanpa efek samping.

TOCOPHEROL

Vit e. Antioksidan. Skin moisturizing. Membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB.

SILVER OXIDE、

Mengandung ion perak yang dapat membunuh mikroorganisme bahkan dengan konsentrasi yang rendah. Bekerja dengan cara menembus sel bakteri kemudian mengikat DNA bakteri hingga akhirnya bakteri mati.

HYDROXYPHENYL PROPAMIDOBENZOIC ACID、

A.k.a symCalmin ™ .Yaitu senyawa yang memiliki sifat menyerupai komponen aktif yang terdapat pada Oat: avenanthramides. Memiliki properti anti irritant, anti-itch, dan skin Soothing yang potensial. Mengurangi iritasi, kemerahan dan gatal pada kulit.

SODIUM ASCORBATE、

Adalah salah satu jenis Vit C derivatif yang terdiri dari campuran 89% ascorbic acid + 11% garam sodium (sumber Wikipedia). Ketika diaplikasikan ke kulit, dia akan dikonversi menjadi ascorbic acid agar memiliki kemampuan Antioksidan, skin Brightening, dan Collagen booster. Vit C jenis ini lebih stabil, less irritant dan lebih tolerable dibanding ascorbic acid.

ASCORBYL PALMITATE. 

Vit C derivatif. Memiliki kemampuan Antioksidan, skin brightening dan collagen booster. Tapi Vit C jenis ini yang paling lemah diantara Vit C derivatif lainya.




Bahan pelengkap 

  • AQUA
  • METHYL GLUCETH-20. Senyawa larut air yang berasal dari gula jagung. Melembapkan namun tidak lengket. Ringan dan 'gentle'. Populer dalam formula untuk kulit sensitif、
  • DIPROPYLENE GLYCOL. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan.
  • PENTYLENE GLYCOL. Pelarut. Preservatives Booster. Humektan.
  • ACRYLATES/C10-30 ALKYL ACRYLATE CROSSPOLYMER. Pengental sintetis. Usage rate: 0,5-5%、
  • TROMETHAMINE、pH adjuster. Bersifat basa.
  • 1,2-HEXANEDIOL. Pelarut. Preservatives. Humektan. Usage rate: 0,1-3%.、
  • BUTYLENE GLYCOL. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan、
  • GLYCERIn. Pelarut. Skin identical. Humektan. 
  • AMMONIUM ACRYLOYLDIMETHYLTAURATE/VP COPOLYMER. Pengental Sintetis. Usage rate: 0,1-2%.  
  • HYDROGENATED LECITHIN.Pengemulsi. Emollient. Membantu penyerapan bahan aktif. Humektan. 
  • PENTASODIUM PENTETATE. Chelating agen untuk menetralisir ion logam agar tidak menggangu kestabilan formula.
  • ERYTHRITOL. Molekul sugar. Humektan. 
  • PROPANEDIOL. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan、
  • PHYTIC ACID. Natural Chelating agen untuk menetralisir ion logam agar tidak menggangu kestabilan formula. Usage rate: 0,1-0,2%.  
  • DIETHOXYETHYL SUCCINAT. Emollient Ester. Tekstur enhancer 、
  • LECITHIN. Pengemulsi. Emollient. Membantu penyerapan bahan aktif. Humektan





Kesimpulan 

✔️Skintific 5% Panthenol Acne Calming Water Gel mengandung 18 key Ingredients yang baik untuk menenangkan kulit dan memperbaiki skin barrier.

✔️Dengan ingredient utama panthenol 5%, Pro Vit B5 yang fokus untuk Hydrating, reducing skin sensitiviy,  memperkuat skin barrier, dan membantu proses pemulihan luka. Plus ada 5x ceramide yang bekerja sinergis untuk memperbaiki skin barrier yang bermasalah.

✔️ Hampir semua ingredient nya memiliki kemampuan skin Soothing dan anti inflamatory.

✔️Ada silver oxide yang melindungi kulit dari infeksi sekaligus mengontrol perkembangan biakan bakteri jerawat 

✔️Nggak mengandung agen oil control seperti salicylic acid, TTO, witch hazel, Willow, salix Alba, etc. Padahal menurut klaim nya, Moisturizer ini bisa mengontrol minyak. Well, bisa jadi cara kerja nya emang nggak langsung, Gaes. Tapi dengan cara mensuplay 'kelembapan' sehingga kulit berpikir dirinya sudah cukup memproduksi minyak, akhirnya produksi minyak yang tadinya berlebihan jadi lebih under control. Wallohualam...

✔️Oiya, ada 2 Vit C derivatif, tapi posisi urutanya paling bawah, kemungkinan cuma nol koma sekian persen. Jadi efeknya nggak signifikan, atau boleh diabaikan...hehe

✔️Untuk am-pm routine

✔️ Moisturizer ini seharusnya aman dilayer-layer dengan skincare yang mengandung 'actives', karena fokus nya lebih ke skin Soothing dan skin barrier.

✔️No alcohol
✔️No fragrance
✔️No Paraben

✔️No Silicone

✔️No Essential Oil

✔️Oil free. Non comedogenic 

❗Nggak Fungal acne safe. Ada ascorbyl Palmitate. Khusus untuk kulit yang ber-fungal acne, harap waspada 

✔️Ideal untuk semua tipe kulit, aman untuk kulit sensitif. Terutama kulit acne, skin barrier ngajak ribut, dan berminyak 

✔️Secara umum tidak mengandung bahan yang perlu diwaspadai bumil busui.

✔️Made in China. Sudah BPOM

Diproduksi oleh: Shanghai Xuanmei Biological Science and Technology Co., Ltd. Shanghai - China.
Didistribusikan oleh: PT. May Sun Yvan. Jakarta - Barat.

✔️Cek harga? 139k. 45gr. Beli di Official Store




Skintific 5% Panthenol Acne Calming Water Gel. Sumber: Skintific Official Store.


Review Pengguna

Berikut adalah beberapa ulasan dari pengguna yang telah mencoba produk Skintific panthenol Moisturizer. Semoga bisa menambah wawasan:

Ruhki (tipe kulit Dry): "Habis coba yang biru kemarin kurang puas sihh msih ada sisa merah2nya, eh ternyata skintific keluarin yg panthenol buat kemerahan dan jerawat. Akhirnya nyoba pake malahan nampol banget asliiii, jerawat mulai berkurang merah merah juga memudarrr."

lovepotatooo (tipe kulit Oily): "Oily skin friendly! karena teksturnya gel dingin, enak bgt waktu di aplikasiin ke muka, kalo pake serum dkk juga kulit nggak kerasa berat. Untuk meredakan kemerahan di aku nggak begitu ngefek sih, lebih reda karena skincare lainnya dan minum green tea. Cuma aku suka krn dia bahannya ga aneh” dan panthenol bagus buat maintain skin barrier. Still a good product to try!"

metautamii: "Seger bgt dimuka, dia tipe mois gel yang gampang nyerap super calming buat jerawat meradang ini oke bgt dipak malem besoknya udh reda. btw kulit aku acne prone super duper sensitif dan alhamdulillah cocok dimukaku."

careyourskin (tipe kulit Oily): "baru kali ini penasaran sama produknya skintific, soalnya pernah kecewa sama moist biru nya 🤣, tapi kalo ini beneran suka banget sam hasilnya, pemakaian 1 Minggu sudah kelihatan hasilnya, Redness berkurang, jerawat lebih calm. teksturnya gel kalo kena kulit jadi melt, tapi lembabnya kerasa banget. worth it banget sih ini apalagi isinya lebih banyak ketimbang produk moist skintific yang packaging jar lainnya."

Vivian97 (tipe kulit Oily): "sayanggg bgt ga fungal acne safe, ketika dipake dia gampang nyerep, ademm, nyaman bgt tapi ya bikin fungal acne cepet bgt munculnya juga. lagi masa recovery dari fungal acne akuu yang memang gampang bgt ke triggernya. semoga kedepannya ada moisturizer yang aman dan bener2 bersih dari fungal acne trigger."

avincanteek (tipe kulit Combination): "ini pertama kalinya aku pakai produk nya skintific, ragu mau beli karena takut gk cocok sama kandungan ceramide, teksturnya gel, bikin kulit lembab, kenyal, cepat meresap dikulitku, dan baunya terlalu wangi menurutku, untuk efek calm belum bisa memastikan,aku pakai ini pas kulitku lagi gk berjerawat, tapi adem pas diaplikasikan ke muka, ya untung nya gk ada efek negatif setelah aku pakai ini."

amydeass (tipe kulit Normal): "Sedih sih, seliweran liat review bnyk yg cocok sama moisturizer ini. Tapi malah kurang cocok buat aku. Sebenernya bukan gak cocok yg bikin kulit breakout sih, tapi gak ada efek apapun di kulit muka aku. Kaya gak pake apa-apa aja gitu, even efek calming pun gak aku rasain. Karena katanya cocok untuk acne prone skin, tapi setelah aku pake 2 mingguan juga gak ada efek apapun. Waktu mutusin buat beli ini tuh karena kondisi kulit lagi bnyk beruntusan, hasilnya yaaa nothing."




15 comments

  1. biasa nya sih,... merk sebelah (bio***a) bakal bikin tiruan nya dengan harga lebih murah dri skintific. jdi sy wait and see dulu. hehehe
  2. Wkwk betul ..😅
  3. Kak review Glad2Glow Centella Allantoin Soothing Gel
  4. kaa kalo sblmnya pake toner acne skintific yg ijo itu trs dilayer vit c serum azarine marvel sm terakhir dipake moist ini aman aja?
  5. Berarti layering salicylic acid + Vit C ya?
    Bisa-bisa saja sebenernya...tinggal sensitivitas kulit nya gimana, kalo kulitnya cukup kuat nggak masalah...apalagi kalo basic skincare nya juga kuat ..
    Ditambah pakai Moisturizer ini juga bagus...ada panthenol 5% buat ngurangin sensitivitas 😉
  6. ka mau nanya kalo abis eksfoliasi trs pake moisturizer yg ini bisa ga? soalnya ada vitamin C nya agak worry
  7. Yups, harusnya aman...karena Vit C nya paling belakang, jadi efeknya juga nggak signifikan 😉
  8. Kak boleh tolong review somebymi yuja niacin peeling gel ga?
  9. Ka, tolong review cleanser gel panthenolnya dong 🙏🏻
  10. Tertarik bgt buat ngilanging bks jrwt merah tpi apa daya kulitku kering jdi kurang lembab krna tekture nya gel water gth
  11. Sayang sekali, mungkin perlu di layer lagi dengan pelembab oclusive 😉
  12. Kaa ini lebih rekomen untuk kulit berminyaak yaa
  13. Iyaaa...😉
  14. kak kalo di ss nya ada kandungan ceramide, dan moist pake ini apa gk apa2 ada ceramide juga soalnya
  15. Ya gpp😉, kandungan ceramide itu umumnya cuma dikit sekali, paling-paling 0,1%...
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏