Skintific 3% Tranexamic Acid Advanced Bright Serum

Skintific 3% Tranexamic Acid Advanced Bright Serum adalah serum pencerah yang diformulasikan dengan Tranexamic acid, alpha arbutin, Licorice yang membantu Menyamarkan noda hitam, Membantu mencerahkan kulit, kandungan ceramide  nya membantu menjaga skin barrier. Dilengkapi dengan peptide sebagai anti aging yang membantu kulit terasa lebih kenyal dan halus.

No BPOM: NA11221900030

Cara pakai:
1. Ambil produk secukupnya, 2-3 tetes untuk seluruh wajah dan leher, sebelum menggunakan moisturizer
2. Gunakan pagi dan malam hari untuk hasil maksimal
3. Untuk penggunaan di pagi hari, lanjutkan dengan pemakaian sunscreen.




Penjelasan Ingredients Skintific 3% Tranexamic acid Advanced Bright Serum 

Ingredients: Water, butylene Glycol, pentylene Glycol, betaine, Tranexamic acid, niacinamide, alpha arbutin, isononyl isononanoate, cyclopentasiloxane, peg-32, cyclohexasiloxane, dimethicone, peg-10/15 crosspolymer, ectoin, hydroxyethyl piperazine ethane sulfonic acid, allantoin, Centella Asiatica extract, sodium hyaluronate, Bis-peg/ppg-20/5 peg/ppg-20/5 dimethicone, methoxy peg/ppg-25/4 dimethicone, Soy amino acids, acetyl glucosamine, ceramide EOP, Ceramide NS/Ceramide NG, Ceramide NP, Ceramide AP, glycyrrhiza Glabra Licorice root extract, ceramide As, arginine, Galactomyces ferment Filtrate, decarboxy Carnosine HCL, hydrolyzed sodium hyaluronate, tocopherol, ergothioneine, nonapeotide-1, oligopeptide-1, hexapeptide 2, hexapeptide 9, sodium acetylated hyaluronate, sodium hyaluronate crosspolymer, Citrus reticulata fruit extract, carbenia Benedicta extract, hydrogenated lecithin, palmitoyl Tripeptide-1, palmitoyl tetrapeptide-7, glyseryl stearate, sodium polyglutamate, polyacrylate crosspolymer 6, ethylhexylglycerin, hydroxyphenyl propamidobenzoic acid, dipropylene Glycol, sodium citrate, cetyl-pg hydroxyethyl Palmitamide, carbomer, cholesterol, glyserine, 1,2 hexanediol, propanediol, potassium sorbate, phenoxyethanol, sodium lactate, polysorbate 20, xanthan gum




Key Ingredients 

betaine,

Sejenis gula yang diperoleh dari beet. Memiliki kemampuan skin-protection dan moistirizing. Dia juga memiliki keunikan sebagai osmoprotektan, yaitu mengatur keseimbangan kadar air di dalam sel. 

Tranexamic acid 3%

A.k.a asam traneksamat. Adalah Skin-lightening generasi baru yang digunakan untuk treatment dark spot seperti melasma (flek yang disebabkan oleh hormon kehamilan) dan noda bekas luka/jerawat yang membandel atau PIH (post-inflamatory
hyperpigmentation)
Asam traneksamat bekerja dengan cara menghambat enzim tyrosinase memproduksi pigmen di melanosit. Sekaligus memblokir transfer pigmen dari melanosit menuju keranosit di lapisan epidermis.

niacinamide, 

Vit B3. Skin brightening. Memicu sintesis ceramide yaitu komposisi kulit yang berfungsi menjaga skin-barrier. Sebum regulator. Anti inflamasi, anti acne.

alpha arbutin, 

Merupakan alternatif yang lebih alami hydroquinone. Cara kerjanya yaitu melepas hydroquinone dalam jumlah kecil secara bertahap untuk menghambat enzym tyrosinase agar tidak memicu terbentuknya pigmentasi.
Perbedaan dengan hydroquinone adalah: hydroquinone bekerja dengan cara merusak sel melanosit (penghasil pigmen). Kalo alpha arbutin ---karena hanya melepas hydroquinone dalam jumlah kecil--- dia tidak sampai merusak sel penghasil pigmen.

ectoin,

natural asam amino yang diproduksi oleh mikroorganisme yang hidup dalam kondisi lingkungan yang extreme. Ectoine memiliki properti anti aging, anti polusi, dan melindungi kulit dari stress. Mencegah kerusakan sel kulit, menstabilkan struktur protein dan sel. Membantu memperbaiki kondisi kulit seperti: iritasi, skin barrier bermasalah, mature, kering, kasar, tekstur tidak rata. Serta meningkatkan kemampuan kulit melindungi dirinya sendiri.

allantoin, 

Senyawa natural yang diperoleh dari tanaman Comfrey. Memiliki kemampuan skin Soothing, anti inflamatory, dan membantu proses pemulihan luka.

Centella Asiatica extract,

Ekstrak cica dapat memicu kulit untuk memproduksi kelembapan alami kulit, seperti glycosamino glycans dan hyaluronic acid. Membantu proses kesembuhan luka termasuk luka bakar dengan cara meningkatkan aktivitas antioksidan dan meningkatkan sintetis kolagen. Selain itu, extrak cica juga memilki kemampuan anti-inflamasi yang baik.

Soy amino acids, 

Asam amino yang berasal dari protein kedelai. Memiliki kemampuan mengikat air/water binding dan ukuran molekul yang kecil, sehingga mudah meresap dan memberi kelembapan yang long lasting. Meningkatkan elastisitas kulit dan membantu memperbaiki skin barrier.

acetyl glucosamine,

Skin identical Ingredients. Skin Brightening. Berbahan dasar asam amino yang juga merupakan natural moisturizing faktor. Diklaim mampu menstimulasi produksi hyaluronic acid, dan kolagen. Serta membantu proses regenerasi sel sehingga memiliki manfaat anti aging.

Mengandung 5x ceramide 

  • ceramide EOP, 
  • Ceramide NS/Ceramide NG, 
  • Ceramide NP, 
  • Ceramide AP, 
  • ceramide As,

glycyrrhiza Glabra Licorice root extract, 

Ektrak akar manis (Licorice). Populer sebagai bahan pencerah yang aman. Mengandung senyawa utama glabridin (yang membantu mencegah Pigmentasi) dan glycyrrhizin (membantu mengurangi peradangan kulit.

arginine,

Merupakan asam amino semi Essential. Dan skin identical Ingredients. Senyawa ini secara alami juga dapat ditemukan pada biji labu, daging, susu, dll. Arginin memiliki 3 manfaat utama, yaitu: powerful antioksidan, humektan, dan collagen booster. Selain itu dapat membantu mengurangi efek tingling sensation dari lactic acid.

Galactomyces ferment Filtrate,

Berasal dari hasil fermentasi yang menggunakan yeast/ragi dari genus galactomyces. Kaya akan vitamin, asam amino, mineral, antioksidan, dan asam-asam organik. Sehingga membantu melindungi kulit dari kerusakan.
Selain itu juga membantu meningkatkan produksi hyaluronic acid di dalam kulit yang menjadikan kulit lembap, elastis dan sehat. Serta menstimulasi produksi NMF yang berperan penting untuk kesehatan skin-barrier.

decarboxy Carnosine HCL, 

A.k.a carcinine. Adalah biomimetic peptide, berbahan dasar carnosine. Yaitu peptide hasil modifikasi lab, yang diciptakan menyerupai peptide asli dalam tubuh.  Memiliki kemampuan Antioksidan powerful dan anti-glycation (FYI: glycation dapat merusak jaringan kolagen dan elastin). Sehingga bahan ini diklaim memiliki efek anti aging.

tocopherol,

Vit E. Antioksidan. Skin moisturizing. Membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB. Dan melindungi formula agar tidak mudah teroksidasi.

ergothioneine, 

Adalah natural sulfur yang bisa ditemukan pada jamur Shitake dan jamur oyster, berfungsi sebagai antioxidant dan cytoprotective yang melindungi sel dari efek buruk sinar UV, mencegah tanda-tanda penuaan dini, dan mengurangi ROS (Reactive Oxigen Species) sekaligus membantu memperbaiki DNA yang rusak karena radiasi UV.

Mengandung 6x Peptide

  • nonapeptide-1.
  • oligopeptide-1,
  • hexapeptide 2,
  • hexapeptide 9,
  • palmitoyl Tripeptide-1,
  • palmitoyl tetrapeptide-7,

Peptide itu sebenarnya apa to?

Adalah rantai asam amino yang menyusun (building blocks) protein, sebut saja colagen, elastin, dan keratin. Para protein inilah yang bertanggung jawab sebagai pondasi kulit. Yang bertanggung jawab atas kekuatan, kekencangan, dan kemampuan pemulihan diri.
Dan, di kulit kita ini sudah ada peptide nya, Gaes.
Ketika usia bertambah, jumlah peptide berkurang, atau ada yang rusak, maka pondasinya juga nggak akan kuat lagi, kulit jadi kendur dan nggak elastis, kemampuan memulihkan diri juga berkurang.

Lalu, munculah peptide 'jadi-jadian' (sengaja di bikin) sebagai bahan aktif skincare, yang sebagian besar tujuanya adalah: untuk mengembalikan kekencanagan dan kekuatan kulit (anti aging).

Ketika peptide diaplikasikan ke kulit, dia bertindak sebagai 'pembawa pesan' yang memicu sel kulit untuk melakukan tugas tertentu seperti mensintesis kolagen, elastin, dll.

Extensive scientific research telah membuktikan bahwa peptide bisa men-support kemampuan kulit pada multiple level, misalnya: firming, soothing, hydrating, atau bahkan brightening.

Sementara kata Paula's choice: "Peptides are a great asset to your skin, but it’s best to be realistic in your expectations to avoid disappointment".

Intinya, sebagus apapun janji-janji peptide ini, tetaplah realistis. Jangan terlalu high expectation, biar nggak terlalu kecewa.💪😅


Mengandung 4x hyaluronic acid

  • sodium hyaluronate. Molekul besar
  • hydrolyzed sodium hyaluronate. Molekul kecil
  • sodium acetylated hyaluronate. Molekul sedang
  • sodium hyaluronate crosspolymer. Molekul besar


Citrus reticulata fruit extract, 

Ekstrak jeruk mandarine/tangerine. Penelitian menunjukan bahan ini memiliki aktivitas antioksidan kuat yang menetralisir radikal bebas dan mencegah Pigmentasi. Juga anti-collagenase and anti-elastase (aktivitas yang mencegah kerusakan kolagen dan elastin). Selain itu ekstrak tangerine bersifat astringent yang membantu meringkas pori-pori dan mengurangi produksi sebum.

carbenia Benedicta extract, 

Ekstrak blesses Thistle Herb. Memiliki kemampuan astringent, skin Soothing, dan membantu proses pemulihan luka.

sodium polyglutamate, 

Berbahan dasar asam amino glutamic acid. Termasuk skin identical. Memiliki kemampuan mengikat air dan menahan kelembapan 3-5x lebih baik dari hyaluronic acid. Termasuk bahan yang baik untuk skin barrier.

Hydroxyphenyl Propamidobenzoic Acid. 

A.k.a symCalmin ™ .Yaitu senyawa yang memiliki sifat menyerupai komponen aktif yang terdapat pada Oat: avenanthramides. Memiliki properti anti irritant, anti-itch, dan skin Soothing yang potensial. Mengurangi iritasi, kemerahan dan gatal pada kulit.

cetyl-pg hydroxyethyl Palmitamide, 

a.k.a pseudo ceramide. Skin identical Ingredients. Merupakan ceramide sintetis yang dibuat menyerupai ceramide alami. Mudah diformulasikan daripada ceramide asli. Bahan ini diklaim sama efektifnya dengan ceramide 3 dalam hal skin moisturizing dan membantu fungsi skin barrier.

cholesterol, 

Skin identical. Emollient. Merupakan bagian dari skin barrier kita. Fungsinya melindungi kulit dari ancaman luar.

Skintific 3% Tranexamic acid Serum. Sumber: shopee



Bahan pelengkap 

  • Water
  • butylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • pentylene Glycol.Pelarut. Preservatives booster. Humektan. 
  • isononyl isononanoate. Emollient. 
  • cyclopentasiloxane. Silicone volatil yang mudah menguap. Berfungsi sebagai Emollient dan membantu formula agar mudah Diratakan. 
  • peg-32. Pelarut. 
  • cyclohexasiloxane. Silicone volatil . 
  • dimethicone peg-10/15 crosspolymer, Silicone yang berfungsi sebagai pengemulsi, Emollient. 
  • hydroxyethyl piperazine ethane sulfonic acid, A.k.a HEPES. Bekerja sebagai pH adjuster/buffering. Bersifat basa.   
  • Bis-peg/ppg-20/5 peg/ppg-20/5 dimethicone (and) methoxy peg/ppg-25/4 dimethicone. Berbahan  Silicone. Berfungsi sebagai Pengemulsi. Penstabil Emulsi dan memberi efek sensorial seperti velvety-silky skin feel dan long lasting skin smoothing. 
  • hydrogenated lecithin. Pengemulsi. Membantu penyerapan bahan aktif (Active Carrier), Emollient, humektan,
  •  glyseryl stearate. Pengemulsi . 
  • polyacrylate crosspolymer 6. Pengental sintetis 
  • ethylhexylglycerin. preservatives booster. Humektan. 
  • dipropylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • sodium citrate. Membantu mengatur pH level formula . 
  • carbomer. Gelling agen untuk mengentalkan formula. 
  • glyserine. Pelarut. Skin identical. Humektan.
  •  1,2 hexanediol. Pelarut. Preservatives booster. Humektan. 
  • propanediol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • potassium sorbate. Pengawet. 
  • phenoxyethanol. Pengawet . 
  • sodium lactate. Membantu mengatur pH level formula. Skin identical. Humektan. 
  • polysorbate 20. Pengemulsi .
  •  xanthan gum. Emollient.




Kesimpulan 

✔️Skintific 3% Tranexamic Acid Advanced Bright Serum mengandung 36 key Ingredients yang membantu mencerahkan, melembabkan dan menjaga skin barrier.

✔️Yang baik untuk skin Brightening: 3% Tranexamic acid, alpha arbutin, niacinamide, acetyl glucosamine, licorice, citrus reticulata.

✔️Yang baik untuk skin hydrating: betaine, 4x hyaluronic acid, sodium polyglutamate, Soy amino acid.

✔️Yang baik untuk skin barrier: ectoin, Galactomyces, 5x ceramide, pseudo ceramide, cholesterol.

✔️Yang baik untuk Soothing: Centella Asiatica, arginine, Galactomyces, allantoin, Hydroxyphenyl Propamidobenzoic Acid (SymCalmin).

✔️Yang baik untuk anti aging: ectoin, 6x peptide, carcinine (decarboxy Carnosine HCL), ergothioneine.

✔️Untuk am-pm routine

✔️No alcohol
✔️No fragrance
✔️No Paraben

✔️Oil free. Non comedogenic

❗Nggak Fungal acne safe. Ada polysorbate 20.   Khusus untuk kulit yang responsif terhadap Fungal acne trigger sebaiknya waspada.

✔️Ideal untuk semua tipe kulit. Aman untuk kulit sensitif

✔️Boleh digunakan mulai usia 20th

❗Ada 1 bahan yang perlu diwaspadai bumil: alpha arbutin. Sebaiknya konsultasi dulu ke dokter.

✔️Katanya Produk Canada. Sudah BPOM.

Produced by: ???

Di kemasan cuma tertulis: Skintific Cosmetics Co., Ltd. Tidak dikasih tau alamat lengkapnya dimana. Kalo dicari di google, nggak lengkap  juga infonya.

Kalo menurut situs BPOM, Skintific ini diproduksi di China, Gaes. 👇

Sumber: web BPOM

Menurut situs TrademarkElite, Skintific adalah trademark atau merek/brand kepunyaan Guangzhou Fimedia Network Technology Ltd., perusahaan ini telah teregistrasi di Hongkong sejak tahun 1998. 


✔️Diimpor dan Didistribusikan oleh: PT. May Sun Yvan Indonesia.

✔️Cek Harga? 129k. 20ml. Beli di Official Store

11 comments

  1. Berarti skintific msh saudara sama bioaqua, somethinc dan the originote donk kak
  2. Somethinc itu lokal brand, tapi pakai maklon Korea, PT Cosmax, Kadang pakai maklon indo juga, ganti-ganti suka-suka dia...hehe.

    Kalo
    Skintific, bioaqua, the Originote brand China semua, cuma beda pabrik nya
  3. Ok kakak,, mksh atas penjelasannya,, kupas produk kymm skin yg lainnya donk kak,, sama produk neira 3 in 1 yg lagi viral
  4. serum ini super bagus di kulitku .. ada melasma sejak hamil anak kedua dan dalam 2 minggu pemakaian memudar .. melasma ini susah banget di treat tapi serum nya bisa pudarkan
  5. Kak serum ini bolehh kah di layer sama retinol atau vit c ??
  6. Yups seharusnya aman😉
  7. Hai kak, tranexamic acid ini boleh digabunng dengan retinol gak ?
  8. Kalo secara teori boleh ya..
    Tranexamic acid dan retinol tidak bentrok, karena range pH nya sama, cara kerjanya tidak menggangu satu sama lain😉
  9. Makasih sudah dijawab pertanyaan aku kak..
  10. Kak pleasee tlg klo dari manfast dan kandungan bagusmana sama skintific symwhite 377 serum ? Trimakasih bnyk seblmnya tuk jwbannya kak , sukses slalu kak .
  11. Dua-duanya bagus sih...tapi kalo dari kandungan nya keknya mending Tranexamic acid,,, ada peptide nya buat anti aging ..
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏