Viva Cosmetics Hand & Body Lotion Bengkuang

Viva Cosmetics Hand & Body Lotion Bengkuang merupakan lotion dengan kandungan Ekstrak bengkoang yang membantu mencerahkan warna kulit dan melindungi kulit. Dilengkapi dengan Ekstra Moisturizer yang membantu kulit lebih lembab dan segar. Lotion ini mudah meresap dikulit dan tidak lengket dengan keharuman yang menawan. Cocok untuk semua jenis kulit dan aman digunakan sehari-hari.


Sumber: shopee




Penjelasan Ingredients Viva Hand & Body Lotion Bengkoang 

Ingredients: Aqua, Mineral Oil, Glyceryl Stearate, Stearic Acid, Ceteareth-12, Cetyl Alcohol, Benzophenone-3, Glycerin, Dimethicone, Pachyrrhizus Erosus Root Extract, Perfume, Sodium PCA, Methylparaben, Acrylates/Acrylamide Copolymer, Polysorbate 85, Propylparaben, Xanthan Gum, BHT, 2-Bromo-Nitropropane-1,3-Diol.




Key Ingredients 

Pachyrrhizus Erosus Root Extract, 

Ekstrak bengkuang/ yambean. Mengandung Vit C, flavonoid, dan Saponin. Zat fenolik pada extract bengkuang mampu menghambat proses pembentukan melanin. Selain itu, bengkuang juga memiliki properti natural UV filter yang melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.

 Sodium PCA, 

PCA (Pyrollidone carboxylic Acid) merupakan skin-identical dan NMF yang juga hadir secara alami di kulit kita. Fungsinya sebagai great moisturizer dan membantu kulit mempertahankan kadar air






Agen Sunscreen 

Benzophenone-3, 

UVB absorber. Sangat stabil/tidak mudah terdegradasi oleh paparan UV.  Tapi perlindunganya lemah. Harus di-combine dengan agen Sunscreen lain.





Bahan pelengkap 

  • Aqua
  • Mineral Oil. Emollient yang baik. Tugas utamanya adalah oclusive yaitu pengunci kelembapan dan mencegah kadar air di dalam kulit. menguap begitu saja. 
  •  Glyceryl Stearate. Pengemulsi. Emollient.  
  • Stearic Acid. Asam lemak. Emollient. Menambah kekentalan formula sekaligus penstabil emulsi. 
  • Ceteareth-12. Pengemulsi.  
  • Cetyl Alcohol. Lemak alkohol. Emollient. Menambah kekentalan formula sekaligus penstabil emulsi. 
  • Glycerin. Pelarut. Skin identical. Humektan. 
  • Dimethicone.Silicone. Emollient semi oclusive. Membantu mengunci kelembapan, serta memberi efek sensorial seperti kulit terasa lebih halus, Smooth, pori-pori nge-blur, dll.   
  •  Perfume
  •  Methylparaben. Pengawet. 
  • Acrylates/Acrylamide Copolymer. Pengental sintetis.
  •  Polysorbate 85. Pengemulsi. Propylparaben. Pengawet. Xanthan Gum. Pengental alami. 
  • BHT. Antioksidan sintetis untuk melindungi formula agar tidak menggangu kestabilan formula.
  •  2-Bromo-Nitropropane-1,3-Diol. A.k.a bronopol. Senyawa organik yang memiliki aktivitas anti bakteri yang kuat. Pertama kali digunakan sebagai pengawet obat-obatan. Hingga saat ini masih digunakan dalam produk sampo atau kosmetik.





Kesimpulan 

✔️Viva Cosmetics Hand & Body Lotion Bengkuang mengandung 2 key Ingredients yang membantu merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

✔️ Dilengkapi dengan 1 UVB filter. Tapi tidak ada keterangan berapa nilai SPF nya.

✔️Simple Ingredients
✔️No alcohol.

✔️Banyak dilengkapi dengan Emollient dan oklusive yang membantu melembutkan kulit dan mengunci kelembapan.

❗Ada Paraben. Khusus yang anti Paraben.

✔️Produk lokal legendaris. Sudah BPOM. Halal.

✔️ Diproduksi oleh: PT. Vitapharm, Surabaya-Indonesia.

✔️Cek harga? 19k. 550ml


Kenapa Produk Viva bisa murah, padahal isinya banyak?

Banyak faktor yang mempengaruhi harga jual.
  • Pertama: bisa berasal dari bahan bakunya, setahu saya Viva punya perkebunan sendiri untuk mensuplai bahan bakunya, misal perkebunan Aloevera, bengkoang, etc.  Jadi tidak memakai bahan baku impor yang harganya relatif lebih tinggi. Dan jika diliat dari komposisi bahan-bahan nya sangat simple, jarang pakai bahan yang 'neko-neko' seperti ekstrak diamond, ratjun lebah, aneka peptide, Ekstrak bakteri yang hidup di dasar laut sekian ratus meter, atau Ekstrak tanaman gurun yang hanya bisa hidup di Afrika, wkwkw...dan lain sebagainya.
  • Kedua: dari desain dan material kemasan. Kalo saya liat desain kemasan produk Viva sangat Simple, bahkan cenderung rapuh. Jarang ada inovasi. Kemasannya ya itu-itu saja dari dulu. Contoh: Viva milk cleanser dan toner nya dari dulu nggak pernah ganti 'baju'. 
  • Ketiga: Dari promosi. Viva jarang banget promosi produk-produk nya baik melalui TV, media sosial, Youtuber, Beauty Blogger, apalagi endorse artis korea. 😅
Dan masih banyak lagi, sehingga dari sekian faktor itu bisa menekan harga jual. Dan heran nya tuh, dengan desain yang bisa dikatakan serba minimalis, dia bisa survive hingga saat ini, di saat brand-brand dari Korea, China, Jepang, sudah menjamur di tanah air.

Wallohualam.🙏

✔️Cek promo di Official store

Post a Comment

2 Comments

  1. Oh oke sip min, satu pertanyaan aku min, nah hbl viva ini kan "bersih" Bgt maksud saya bahan aktif nya sepertinya tdk ada, nah jika saya tambahkan serum hanasui power bright niacin 10% atau implora ampoule niacin 10% apakah akan ada bahan yg bentrok?

    ReplyDelete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏