Daun Turi untuk Masker Wajah. Kenapa tidak?!

Di negara India, Turi yang punya nama latin sesbania grandiflora ini menjadi salah satu herbal ayurveda dan telah digunakan sebagai obat/jamu sejak ribuan tahun yang lalu. Baca disini.


Ckckck...Padahal kalo di kampung saya mah, daun Turi cuma dianggurin, paling banter buat pakan embek, a.k.a kambing! Duh duh...kemana aja kita selama ini ya, sampe nggak ngerti manfaat daun Turi.

Well...nggak cuma itu, Ladies and Gentlemen,
Daun Turi  juga bisa dibikin masker untuk perawatan wajah. Karena kandungan nutrisinya yang sangat berlimpah.
Yuk, mari simak, apa saja manfaatnya!


Manfaat Masker Daun Turi untuk Kecantikan

🌿Kandungan vitamin A dalam daun Turi memang juara, 9000 IU per 100gr. Bahkan lebih tinggi dari pepaya dan tomat.  Pepaya  950 IU dan tomat 640 IU. Luar biasa!

Siapa yang nggak kenal manfaat vitamin A untuk kulit?  Karena kemampuannya dalam meregenerasi sel kulit dan menstimulasi kolagen, serta mengelupas sel kulit mati, vitamin ini juara untuk hampir semua masalahan kulit, sebut saja: anti aging, hiperpigmentasi, kulit kusam, kulit berminyak, jerawat, pori-pori besar, psoriasis, etc. Tapi, tentu saja vitamin A dalam daun Turi ini tidak seperti ingredients Vitamin A dalam serum atau krim yang sering kali menimbulkan efeksamping berupa kulit mengelupas dll. Memakai daun Turi tidak menyebabkan efek samping sama sekali.

🌿Daun Turi juga mengandung vitamin C sebesar 16%, Vitamin C juga berperan dalam menstimulasi kolagen. Merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Serta Vitamin C mampu meningkatkan imunitas kulit agar tidak mudah terserang bakteri.

🌿Juga Vitamin B kompleks, kalsium, fosfor, selenium, dsb. Vitamin dan mineral ini juga berperan dalam menjaga dan merawat kesehatan kulit.

🌿 Selain itu, daun Turi juga mengandung asam amino essential. Dimana asam amino ini merupakan senyawa penyusun protein yang tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh, tapi juga oleh kulit. Asam amino esensial berperan dalam membantu pertumbuhan sel-sel kulit baru dan juga jaringan ikat penting, misalnya kolagen dan elastin.

Ketika kulit menua, kulit akan kehilangan elastisitas sehingga banyak jaringan yang menurun produksinya. Tapi, dengan asam amino, maka produksi itu bisa dipicu kembali.

🌿Tidak hanya itu saja, daun Turi juga mempunyai efek astringent yaitu dapat menciutkan jaringan. Sehingga astringent pada daun Turi dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit dan menghambat produksi minyak secara berlebih. Penggunaan astringent sangat dianjurkan pada kulit yang baru saja "terluka" seperti pada pembersihan komedo dan black head.

🌿 Masih ada lagi, daun Turi juga memiliki beberapa senyawa bioaktif seperti flavonoid, glycoside, Saponin, alkaloid, and tripenes.
Flavonoid itu serupa antioksidan yang dapat memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas. Saponin bersifat membersihkan juga bersifat antibakterial dan antifungal, dll.

"The serial part of sesbania grandiflora plant are edible and have been used as folk medicine in the treatment of various diseases related to bacterial infection such as skin disorders, ulcers, and wounds." (Sertie et al, 2001)

Jadi bisa dikatakan daun Turi juga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Mempercepat penyembuhan luka akibat jerawat. Sehingga dengan rutin memakai masker daun Turi, nggak khawatir lagi jerawatan ya...🤭

Jadi dapat disimpulkan bahwa daun Turi punya manfaat untuk kecantikan diantaranya:

  • Daun turi dapat meremajakan kulit karena kemampuannya meregenerasi sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru.
  • Mencerahkan kulit serta menyamarkan noda hitam di wajah.
  • Melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas
  •  Membunuh bakteri penyebab jerawat
  • Meringkas pori-pori
  • Mengurangi minyak berlebih pada wajah
  • Anti-aging
  • Mengurangi gejala sunburn
  • Menyehatkan kulit


Membuat Masker dari Daun Turi

Daun Turi bisa langsung dipakai dalam keadaan segar maupun dalam bentuk bubuk.
Daun Turi segar dibersihkan dan dihaluskan, bisa dengan blender atau ditumbuk. Kemudian setelah halus dioles ke wajah. Tunggu 15menit, bilas.

Jika mau dibikin bubuk pun, tidak ribet juga. Malah dengan cara ini lebih praktis karena bisa disimpan dalam waktu yang lama.


Caranya daun Turi di keringkan dulu, setelah kering baru diblender hingga berbentuk bubuk halus. Kemudian campur dengan air/air mawar/madu hingga berbentuk pasta. Oles ke wajah, tunggu 15 menit, lalu bilas sampai bersih. Lebih lengkap nya klik disini: Cara Membuat Masker Daun Turi

Saat ini pun, bubuk daun Turi telah dikomersialkan sebagai masker wajah di berbagai marketplace seperti Tokopedia, shopee, dan lain lain. Bisa diklik ya dan cek harganya. Tapi kalo dipekarangan rumah ada pohon Turi, yaa tinggal petik aja daunya.👍👍👍


Kesimpulan

MasyaAlloh. Daun Turi yang selama ini tak terpikirkan akan khasiatnya. Rupanya menyimpan khasiat yang luar biasa untuk kecantikan, ya!
Terlepas dari begitu maraknya jenis dan merk skincare yang beredar saat ini. Tetep tak ada salahnya mencoba DIY Skincare untuk merawat kulit dengan bahan-bahan natural yang ada di sekitar kita. Sebab Natural is Healthy and makes you Beautiful.


Sumber:

https://hort.purdue.edu/newcrop/duke_energy/Sesbania_grandiflora.html


2 comments

  1. Serius? Kebetulan dirumah ada pohon. Bisa dicoba kalo gitu.
    1. Iya begitulah. Mudah-mudahan cocok dan telaten ya..
      Aq g punya pohonya. Yang punya tetangga.
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain