Cara Membuat Masker Turi untuk Wajah [step by step]

Cara Membuat Masker Daun Turi Petik daun Turi sebayak 1 genggam saja atau sekitar 20 tangkai daun. Daun Turi dikeringkan terlebih dahulu di bawah sina

Hallooo Ladies and Gentlemen..
Kali ini saya ingin membagikan pengalaman cara membuat dan mengaplikasikan masker daun Turi. Masker Turi ini sudah pernah saya bahas sebelumnya. Kandungan vitamin, mineral,  antioksidan, antibakteri, antiinflamasi, dan anti-anti yang lain dalam daun Turi sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

DIY masker daun turi


Tapi baru kali ini sempat mencoba sendiri membuatnya. Apalagi di tempat saya lumayan banyak yang menanam pohon Turi, meskipun saya sendiri nggak punya pohonya. Jadi bikin masker daun Turi ini cuman butuh modal 'minta' ke tetangga. Xixixi

Cara Membuat Masker Daun Turi

  1. Petik daun Turi sebayak 1 genggam saja atau sekitar 20 tangkai daun.
  2. Daun Turi dikeringkan terlebih dahulu di bawah sinar matahari. Kalo mataharinya terik, nggak nyampe sehari udah kering. 
  3. Blender daun Turi kering nya hingga menjadi bubuk. Kalo masih kasar bisa dihaluskan lagi pake ulekan tradisional. 
  4. Kemudian saring lagi hingga menjadi bubuk dengan level kehalusan yang diinginkan. #halah. 
  5. Taraa...daun Turi siap digunakan. Gunakan secukupnya saja, selebihnya bisa disimpan di dalam wadah tertutup. Simpan ditempat yang sejuk dan kering.

Daun turi kering siap dihaluskan


Oya, dari 1 genggam daun Turi segar bisa diperoleh sekitar 10 sendok teh bubuk halus daun Turi. Lumayan lah bisa dipake beberapa hari kedepan. Kalo habis, ntar minta lagi ke tetangga yang satunya, hihihih...#dasar!
Iya. Karena di pasar nggak ada yang jual daun Turi. Adanya bunga Turi. Lanjuuuuttt......

Bubuk daun turi halus siap pakai buat masker wajah



Cara Mengaplikasikan Daun Turi

  • Untuk mengaplikasikannya cukup 1 sendok teh bubuk daun Turi.
  • Campur dengan air mawar dan madu secukupnya.
  • Oles ke wajah secara merata.
  • Tunggu 15 menit atau hingga kering.
  • Bilas sampai bersih.

Saya cenderung menyarankan pake air mawar sebagai pencampurnya, bisa merk apa saja, sebab dalam air mawar ada kandungan ethanol a.k.a alkohol. Yang mana alkohol ini bertindak sebagai pelarut yang baik, dia juga bisa melarutkan zat-zat dalam bubuk daun turi sehingga kandungan vitamin, mineral, antioksidan, dan anti-anti yang lain bisa terserap ke dalam kulit lebih optimal.

 Namun, bagi yang kulitnya sensitif terhadap ethanol/alkohol bisa pake air saja ya..hehe.
Oya, bisa juga dicampur dengan tepung beras/pisang/alpukat atau bahan-bahan yang lain suka-suka aja. Dan takaranya bisa dikurangi dikit, biar nggak kebanyakan dan mubazir. 

Maskeran daun turi


Keterangan gambar: Kiri daun Turi + tepung tapioka. Kanan daun Turi aja.

Ternyata bila dicampur dengan tepung tapioka, lebih mudah diratakan daripada cuma daun Turi aja. Dan kenapa pilih tepung tapioka? Sebab tapioka bersifat mendinginkan kulit. Dan biasa dipake untuk mengatasi biang keringat pada bayi. 


Bagaimana efeknya?

Cukup nyaman. Tidak perih, panas, ataupun gatal. Setelah dibilas, kulit wajah jadi lebih fresh dan bersih. Minyak di wajah lebih terkontrol. Saya pake 3 hari berturut-turut pun nggak ada masalah, malah kulit rasanya tambah bersih aja. Keren lah pokoknya.👍

Masker daun Turi ini sangat baik untuk kulit berminyak dan berjerawat karena ada kandungan Saponin, yang bertindak sebagai anti bakteri sekaligus sebagai agen pembersih alami. Daun Turi memiliki sifat astringent yaitu dapat meringkas pori dan mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Juga sangat cocok dipakai sehabis panas-panasan karena daun Turi ini bisa untuk mendinginkan dan menenangkan kulit wajah, bahkan sangat baik untuk mengatasi gejala sunburn.

Juga sifat alami yang dapat mempercepat kesembuhan luka. Di negara-negara lain, daun Turi ini sudah cukup populer dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Selain itu, vitamin daun Turi ini juga jempol banget. Terutama vitamin A, yang diketahui lebih tinggi dari pepaya atau tomat. Vitamin A dan C , vitamin B, mineral. Semuanya bagus untuk menutrisi kulit. Pokoknya manfaatnya lengkap banget. Sudah pernah saya ulas di sini lengkap. Klik saja yes!

Kelebihan lainya yaitu: tidak menimbulkan rasa tidak nyaman di kulit seperti clekit-clekit dll. Sehingga bisa dipakai setiap hari.

Kekuranganya cuma satu yaitu: tidak seperti masker pabrikan yang kalo dioles smooo..ooth, sat-set-sat-set langsung bisa rata semuka. Masker daun Turi bikinan sendiri ini perlu sedikit perjuangan untuk bisa nempel, hehehe. Tapi nggak papa lah ya, tetep worth to try kok. Apalagi kalo lagi gabut. Wajib dicoba.hehe👍

Nah, kalo malas bikin-bikin. Cari di marketplace pun ada, nggak usah repot-repot ngracik sendiri. Tokopedia ada. Shopee juga ada. 👍👍👍

Oke, sekian dulu cuap-cuap dari Skincapedia, semoga bisa menambah wawasan kita bahwa daun Turi itu emang jos gandos...hihihi



Post a Comment

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain