Wardah Hydra Rose Dewy Aqua day gel [Ingredients lengkap]

Rupanya komposisi Wardah Hydra Rose Dewy Aqua day gel ini paling banyak diantara sodaranya yang lain. Oke simak ya.. trehalose. Senyawa yang bisa...

Tiga diantara 5 produk Wardah Hydra Rose ini sudah saya bahas. Jadi sekalian saja bahas Wardah Hydra Rose Dewy Aqua day gel.

Wardah hydra rose day gel by rista sapta-perwitasari soco member




Yuk...

Langsung saja.
Ingredients satu seri biasanya mirip-mirip sih, termasuk Wardah Hydra Rose Dewy Aqua day gel ini. Yang mirip biasanya adalah bahan aktif nya, sebut saja: trehalose, saccharide isomerate, sodium Hyaluronate dan rose Extract, dll.

Sedangkan Ingredients Pelengkap pasti beda antara variant toner, serum, night gel, dan day gel.
Berbeda karena Ingredients pelengkap lah yang menentukan tekstur suatu formula, mau cair, kentel, lumer, gel, krim...dst.
Yang sama biasanya preservative sama chelating agen. Chelating agen ini hampir semua skincare ada, kalo nggak Disodium Edta, pasti Tetrasodium Edta. Fungsinya untuk mengikat ion logam dan membuatnya tidak aktif, hal ini bertujuan untuk mencegah perubahan pH, bau, dan tekstur formula.

Oke. Mau ngecek lebih lengkap lagi?

Baiklah...

Aqua, glyserine, cyclopentasiloxane, triheptanoin, Butylene Glycol, trehalose, biosaccharide Gum-1, dimethicone, beta-glucan, ammonium acryloyl dimethylturate/vp copolymer, saccharide isomerate, bisabolol, brassica campertis (rapeseed) Seed oil, polyglyceryl-3 methyl Glucose distearate, phenoxyethanol, Polysorbate 20, Carbomer, Disodium Edta, chlorphenesin, silika, Tocopheryl Acetate, potassium hydroxide, sodium Hyaluronate, dimethicone/vinyl dimethicone Crospolymer, pentylene Glycol, rose Extract, Propanediol, amodimethicone, sodium Hydroxide, Fragrance, citric acid, sodium Citrate, pegs-32, diazolidinyl urea, tocopherol, Trideceth-9, peg-40, Hydrogenated Castor oil, Ethylhexylglycerin, Cl 17200, Cl 19140.


Key Ingredients

Rupanya komposisi Wardah Hydra Rose Dewy Aqua day gel ini paling banyak diantara sodaranya yang lain. Oke simak ya..

trehalose. Senyawa yang bisa ditemukan pada pohon kaktus untuk menyimpan cadangan air. Dalam skincare doi berfungsi sebagai skin-hydrator.

biosaccharide Gum-1. Berbahan dasar gula melalui fermentasi bakteri. Bersifat melembapkan kulit, menenangkan dan memperbaiki tekstur kulit.

beta-glucan. Senyawa yang terdapat tumbuhan serealia, seperti padi, oatmeal. Kaya akan antioksidan. Biasa digunakan dalam skincare anti aging untuk kulit sensitif, sebab ia mampu menghidrasi, soothing, firming serta memberikan efek plumping. Selain itu, beta-glucan juga berperan dalam mempercepat proses pemulihan luka. Juga berperan sebagai antiiritasi dan antiinflamasi.

saccharide isomerate. Dikenal dengan nama trend: 72hours-hydrating active. 100% diekstrak dari tanaman. Memiliki kemampuan water binding sehingga mampu menjaga kadar air dilapisan kulit dalam waktu yang lama.

Bisabolol. Senyawa yang berasal dari bunga camomile. Konon, bunga camomile mengandung bisabolol sebanyak 30%. Doi bersifat sebagai penenang kulit, antiinflamasi meminimalisir efek iritasi dan mempercepat pemulihan luka.

brassica campertis (rapeseed) Seed oil. Minyak biji kanola. Tinggi VIT e dan antioksidan. Memperbaiki tekstur kulit

Tocopheryl Acetate. VIT e asetat. Antioksidan
Skin Moisturizing.

sodium Hyaluronate.
Skin-identical Ingredients yang sebenarnya juga diproduksi oleh kulit kita namun produksi bisa berkurang karna faktor lingkungan, gaya hidup, dan usia.

rose Extract.
Ekstrak bunga mawar. Fungsinya menenangkan kulit, anti-inflamasi, antioksidan, dan antiaging

tocopherol.
VIT e murni. Antioksidan dan skin-Moisturizing. Adapun perbedaan Tocopheryl dan tocopherol ini sudah pernah saya bahas juga di artikel Wardah Hydra Rose Moisture Rich Night Gel.


Ingredients Pelengkap

Mengandung 4 silikon: cyclopentasiloxane, dimethicone, dimethicone/vinyl dimethicone Crospolymer, amodimethicone. Selain itu juga mengandung silica. Silika adalah komponen utama dalam pasir. Pernah dengar pasir silika? Dialah bahan pembuat "beling". Tapi jangan khawatir Gaes, dalam skincare silika ini berupa bubuk putih yang sangaaatt halus. Fungsinya selain sebagai agen pengental juga sebagai agen oil absorbent/mattifier: penyerap minyak agar riasan tampak matte.
Nah bedanya dengan silikon apa?
Secara kimiawi silika adalah silikon yang berikatan dengan molekul oksigen yang disebut oksida silikon. Dibidang kosmetik silika disebut juga "mineral kecantikan".

Mengandung Kondisioner kulit (melembutkam, melembapkan, dan meningkatkan kadar air di laisan kulit). Jangan dikira yang bisa melembapkan itu hanya bahan aktif saja. Bahan pelengkap pun  juga ada yang bersifat melembapkan. Bedanya kalo bahan aktif biasanya disertai menutrisi (mengandung vitamin/Antioksidant) hingga meresap hingga jauh ke dalam. Sedangkan bahan pelengkap peranya hanya sampai dilapisan atas saja alias tidak ada nutrisinya. Contoh:
1). Triheptanoin.
Adalah trigliserida yang terdiri dari asam lemak yang berfungsi sebagai zat emollient. 2). Dimethicone. Yep. Silikon juga berfungsi sebagai pelembut kulit Lo Gaess...silikon itu fungsinya banyak banget, baik untuk formula itu sendiri maupun untuk kulit. Ini sudah sering saya bahas di blog ini. Karena hampir semua day gel/Cream mengandung silikon. 3).Glycerin 4). Butylene Glycol 5). Pentylene Glycol

Mengandung bahan pengemulsi.
Pengemulsi/emulsifier adalah zat yang berperan menyatukan minyak dan air, atau bahan larut minyak dan bahan larut air. Contohnya adalah silikon, doi adalah bahan yang larut minyak. Tidak akan bisa bersatu dengan Bio-saccaride gum yang notabene bahan larut air. Dan masih banyak lagi. Nah agar tercipta "kerukunan antar Ingredients" maka diperlukan bahan-bahan seperti di bawah ini:
polyglyceryl-3 methyl Glucose distearate,
Polysorbate 20, pegs-32, Trideceth-9, peg-40, Hydrogenated Castor oil.

Sebenarnya bahan yang berfungsi sebagai emulsifier itu banyak, tapi kenapa yang dipilih adalah bahan di atas. Yang ngerti cuma Wardah. Rahasia perusahaan itu. Hehehe.

Mengandung bahan pembentuk gel.
ammonium acryloyl dimethylturate/vp copolymer. Zat ini mampu mengubah air encer menjadi kentel (berbentuk gel) dikenal juga sebagai gelling-agent. Sifatnya tidak meninggalkan kesan lengket dan sticky.
Selain itu, juga mengandung bahan pengental lain yang di kenal sebagai viscosity Controller. Siapa saja mereka: Carbomer, macam-macam silikon dan silika.

Mengandung pH balance.
potassium hydroxide, sodium Hydroxide, citric acid, sodium Citrate.
Sodium Hydroxide jika berada pada produk cleanser doi berfungsi sebagai surfactan/bahan pembentuk busa. Tapi jika di sini doi lebih menjadi pH adjuster. Karena sifatnya yang basa.

Pengawet.
Seringkali saya mendapati pengawet yang kalo doi adalah Paraben, urutanya agak menengah ke bawah, sedangkan kalo phenoxyethanol urutanya agak menengah ke atas. Sehingga membuat saya berasumsi bahwa Paraben ini sesungguhnya memang efektif menghambat pertumbuhan bakteri dan kawan-kawan WALAUPUN dengan konsentrasi rendah. Sedangkan, phenoxyethanol perlu konsentrasi lebih agar bekerja efektif, hal ini ditandai urutan letaknya yang agak "menengah keatas".. dan lagi, phenoxyethanol nggak pernah "kerja" seorang diri, pasti dia bawa "bolo kurowo", sebut saja: chlorphenesin, Ethylhexyl glyserine, sodium benzoate, potassium sorbate, benzyl alkohol, dll, pokonya salah satu atau dua diantara mereka pasti ada.
Bytheway, itu hanya hasil pengamatan saya sih, yang mana bisa saja salah ya kan...karna saya tentu saja bukan ahlinya...tolong dikoreksi kalo salah🙏

Bagaimanapun juga, pengawet tetaplah penting untuk menjaga "kelangsungan" produk itu sendiri sehingga bisa membawa manfaat lebih lama untuk kulit. Entah itu Paraben, phenoxyethanol, atau yang lain-lain.

Tugas kita hanya memastikan produk tersebut sudah ber-BPoM, dan memastikan kulit kita tidak alergi terhadap bahan-bahan tersebut.


Kesimpulan

  • Tidak mengandung agen sunscreen, jadi siang-siang kalo cuma pake ini saja tidak akan cukup melindungi dari pengaruh buruk sinar matahari.
  • Mengandung bahan komedogenic: dimethicone, Butylene Glycol, tocopherol, Carbomer. Tapi levelnya rendah kok Gaes...
  • Mengandung bahan yang disukai jamur malassezia. polyglyceryl-3 methyl Glucose distearate, beta-glucan, polysarbate 20, peg-40 Hydrogenated Castor oil. Nggak usah buru-buru parno. 

Asal kalian tahu, kulit kita ini sebenarnya juga memproduksi asam lemak yang disukai malassezia, terutama jika tipe kulitnya berminyak. Tapi nggak semua tipe kulit berminyak itu pasti bakal kena fungal acne. Cuman emang lebih rentan aja. Kalo terindikasi gejala fungal acne, sebaiknya langsung obati pake obat jamur. Karena doi nggak bakal mempan pake anti acne biasa. Oya..gejala paling umum adalah: kecil-kecil bergerombol, kemerahan, gatal, dan biasanya muncul di area yang lembap dan banyak mengeluarkan keringat, jadi bisa saja muncul di anggota tubuh lain selain wajah.
Nah, saya tidak menakut-nakuti. Tapi agar kalian bersiap-siap dan waspada. Hehehe...#lebay


Wardah Hydra Rose Dewy Aqua day gel

17ml

44k

Baca Juga:



 

Post a Comment

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain