[Review Jujur] Wardah Lightening Day Cream Versi Baru

Well..jadi bulan Desember lalu, saya menjalani isoman, Gaes.. yup. Isolasi mandiri karena saya curiga positif covid. Kenapa saya curiga? Pada awalnya

Halo apa kabar klean semua, semoga kabar baik selalu menyertai kalian..

Well..jadi bulan Desember lalu, saya menjalani isoman, Gaes.. yup. Isolasi mandiri karena saya curiga positif covid. Kenapa saya curiga? Pada awalnya badan rasanya nggak enak, suhu tubuh 38. Batuk kering, disertai kehilangan indra perasa dan penciuman, padahal hidung saya bolong plong, nggak buntet. Tapi, Qodarulloh, Alhamdulillah fisik saya kuat, sehingga gejala tersebut hanya sebatas batuk biasa. Walo begitu, saya tetap memutuskan isolasi mandiri, sebab saya tidak mau jadi 'Carrier' /pembawa virus dan menularkan ke orang lain yang belum tentu fisik nya kuat seperti saya.

Naa...walopun saya isoman, saya tetep melakukan rutinitas per-skincare-an saya, Gaes. Memang ada rasa malas juga sih, karena nggak kemana-mana dan cuma dirumah aja. Jadi paling banter ya cuma cuci muka pake pelembap. Udah. Trus akhirnya saya nyobain Wardah Lightening Day Cream Versi Baru yang udah sekaligus mengandung SPF dan PA, sehingga saya nggak perlu oles Sunscreen lagi. Itupun saya belinya di alfamart terdekat, Gaes. Dengan tetap melakukan protokol kesehatan tentunya. Nggak berani pergi jauh-jauh.

Wardah Lightening Day Cream Versi Baru Dokpri

Well, selain SPF dan PA, Wardah Lightening Day Cream ini dilengkaki dengan advanced niacinamide, serta diklaim mampu melindungi kulit dari blue light, tidak berpotensi komedo, dan cocok untuk kulit normal dan kering. 

Oy, blue light itu apa sih? seberapa besar pengaruhnya ke kulit?

Jadi blue light adalah sinar biru/sinar yang tampak, yang berasal dari layar laptop, komputer, gadget kita, Gaes. Namun, tetap matahari lah sumber utama blue light. 

Naa...Blue light dari hp atau lampu tentu tak sekuat blue light-nya matahari. Cumaaa...karna kita nggak bisa lepas dari gadget, dan parahnya lagi jarak wajah ke hape pasti nggak ada 30cm, ye kan? Sehingga yang tadinya nggak kuat, tapi karena intensitasnya yang tinggi, jadi ya tetep ada pengaruhnya. Coba, seberapa sering kalian menatap layar hp? nonton drakor aja bisa lewat hp sekarang. Berapa jarak wajah kita dari hape kita gaes? coba di ukur!😂

Perbedaan blue-light matahari dan blue-light layar hp. sumber paula's choice

Dan karakeristik dari blue-light sendiri, doi bisa penetrates deeper than UV itself. Bisa menembus lebih jauh lagi ke kulit, Gaes. Efek nya mungkin nggak langsung gosong seperti UVB, tapi lebih ke efek jangka panjang, seperti memicu timbulnya flek dan 'melemahkan' jaringan kolagen, sehingga memicu penuaan dini. dll.

Daan...Pinter banget ini, Wardah dengan trik marketing-nya.... "Melindungi kulit mu dari sinar Blue-light"...

oke dah...Lanjuuut...

Kemasan

Untuk kemasan, cukup oke lah. Saya nyoba yang kemasan 20ml. Kemasanya tube dengan tutup flip top, jadi nggak kuatir tutup jatuh, ngglinding, trus ketlisut.🤭

Tekstur

Teksturnya creamy berwarna putih, seperti lotion tapi padet gitu. Agak 'rich' dan terkesan 'heavy'. Wanginya samaar banget, sama sekali tidak mengganngu.

Saat dioles ke kulit, awalnya agak lengket. Jadi memang butuh waktu supaya meresap sempurna, apalagi kalo pake nya agak banyak. Tapi, setelah bener-bener meresap, tidak meninggalkan kesan lengket sama sekali. Memang ada kesan dewy gitu, tidak matte juga tidak ada efek instant brighening seperti wardah perfect bright. Ringan, transparan, tapi cukup melembapkan.

Dan jika mau ditimpuk pake bedak, sebaiknya nunggu hingga meresap dulu ya, Gaes. Biar bedaknya nanti nggak geser😁

Setelah beberapa jam pun, tidak menyebabkan wajah saya over-minyakan. Berminyak tapi masih dalam kategori wajar gitu. Yups. Jadi bisa dibilang ringan, seperti nggak pake apa-apa. Saya pake-nya tipis-tipis aja sih soalnya. hehe😀

Kesan Pertama Setelah 2 Minggu

Setelah dua minggu pemakaian, kulit saya juga tidak menunjukan adanya reaksi negatif. Dan, entah kenapa komedo yang biasanya bikin kulit gradakan, hingga dua minggu ini belum menunjukan gejala yang berarti. hehe Alhamdulillah klo begitu. Berarti klaim non-comedogenic nya lumayan yak👍👍😊

Nah, coba tebak mana yang before, after, dan setelah di set pake bedak?

Before-after Wardah Lightening Day Cream versi baru. dokpri

Ingredients

Aqua, ethylhexyl methoxycinnamate, niacinamide, polymethyl methacrylate, 4-methylbenzylidene camphor, propylene glycol, glyseryl stearate, cetyl alkohol, stearic acid, butyl methoxydibenzoylmethane, butyloctyl salicylate, silica, polyacrylamide,phenoxythanol, peg-100 stearate, cyclopentasiloxane, polymethylsilsesquioxane, c13-14 isoparafin, butylene glycol, laureth-7, allantoin, tetrasodium edta, tocopheryl acetate, ethylhexyl glyserine, fragrance, dimethichone/vinyl dimethicone crospolymer, glycirrhiza glabra (licorice) root extract, actinida polygama fruit extract.

 

Ulasan Ingredients Wardah Lightening Day Cream Versi baru 

Bahan aktifnya yaitu:

  • niacinamide.
  • allantoin
  • tocopheryl acetate
  • glycirrhiza glabra (licorice) root extract, 
  • actinida polygama fruit extract.

Menurut klaimnya, vit B3 disini disajikan dengan teknologi advance. Kalo dilihat dari istilahnya, advance berarti maju, terdepan, tinggi.
Apakah ini artinya konsentrasi niacinamide nya tinggi, atau dibikin gimana sehingga daya serapnya yang tinggi, atau dikombinasikan dengan bahan-bahan lain sehingga fungsinya jadi ter-booster, atau gimana... Sepertinya hanya wardah yang tahu, kita hanya mampu menebak-nebak saja, Gaes. Percaya aja gitu kita mah..😁✌️

Kemudian, wardah juga diperkaya dengan alantoin dan vit E dengan urutan menengah kebawah, di lanjut plant ekstract: yang seperti biasa urutanya di akhir-akhir.

Well, apakah letak urutan ini menjadi masalah? Apakah benar jika makin atas urutanya makin tinggi konsentrasinya, demikian juga sebaliknya?
Sekali lagi kita hanya bisa menebak-nebak, Gaes.

Agaknya, saya sendiri juga consern sama masalah "urutan-urutan" ini. Misalnya, saya lebih memilih skincare dengan niacinamide di urutan atas, dari pada yang urutanya di tengah. hehe. 

Dan saya cenderung mengabaikan  bahan-bahan yang 'mengkhawatirkan' kalo urutanya paling akhir-akhir. Hehe

Mengandung UV Filter

Ada agen sunscreen tipe kimiawi semua. Jika Day Cream ini dilengkapi dengan SPF dan PA.  Maka sudah seharusnya jika mengandung UVB dan UVA filter. Sebut saja: 

  • Ethylhexyl methoxycinnamate,
  •  4-methylbenzylidene camphor,
  •  butyl methoxydibenzoylmethane,
  • butyloctyl salicylate. 

Dari ke-4 UV filter tersebut tidak ada yang photo stable. Alias berkurang nilai spf dan PA nya sekian persen setelah terpapar matahari selama kurang lebih 1 jam. Itulah sebabnya kita harus re-apply setelah 2 jam, Gaes. Keuntungan dari UV filter kimiawi adalah mereka cukup 'cosmetically elegant', ringan, mudah menyerap, mudah diratakan, dan tidak white cast. Sayang nya tidak cukup aman buat ibu hamil dan anak-anak di bawah umur.

Mengandung bahan potensi komedogenik

cetyl alcohol (3) stearic acid (2), peg-100 stearate (1), butylene glycol (1).
Level 1: ada kesempatan kecil menyumbat pori.
Level 2: kemungkinan menyumbat pori
Level 3: ada kecenderungan menyumbat pori

Mengandung 2 bahan yang disukai jamur malasezia

glyseryl stearate, peg-100 stearate.


Kesimpulan

Overall, performanya tidak mengecewakan. Jadi meskipun masih mengandung bahan komedogenik, tapi kenyataanya di kulit saya tidak berpengaruh secara signifikan. Padahal, kulit saya komedogenic-prone. Ini baru saya pake 2 minggu, entah nanti kalo sebulan, mungkin bisa beda lagi kondisinya. Sebab, kulit kita juga bisa berubah-ubah, Gaes. Baik karena faktor internal maupun external. Yang pasti, tetaplah pakai skincare walo cuma pake pembersih dan pelembap ber-SPF.

Tidak menimbulkan fungal acne di kulit saya. Kulit saya termasuk acne-prone, bahkan saya dulunya juga acne-fighter. Itu karena memang bahan fungal acne trigger tidak 'mengundang' jamur malasezia. Tapi hanya memperparah kondisi. Jadi kalo wajah kalian sudah terindikasi fungal acne, sebaiknya hindari dulu bahan tersebut.

Saya rasa Wardah Lightening Day Cream ini cocok di segala usia. Apalagi usia remaja yang lagi rentan-rentanya kena jerawat. Sebab, produk ini bisa dibilang ringan, trasparan, so natural...

Sayangnya, saya cenderung menyukai Day Cream yang ada efek instant brightening-nya. hehe. Selera personal ini mah.😁

Update.....

Repurchase Wardah Lightening Day Cream. Dokpri.

Yups. Saya putuskan untuk repurchase dong, Gaes... 20ml bisa buat 3 bulan, irit banget dah..hehe. Soalnya saya pake nya tipis-tipis. 

Yang saya sukai dari produk ini: dia ringan, tidak bikin komedoan, tidak bikin kulit nambah minyakan dan kusam. Plus sudah ada Spf 30 PA+++.

Yang tidak saya sukai: agak lengket waktu dioles dan dewy finished. Tapi efek dewy nya ini biasa saya akali dengan memakai bedak marck's loose powder. Hasil akhirnya, jadi matte, fresh, natural, dan super ringan, tidak keliatan menor, pokoknya...Sipp lah..👍

Oya, bahkan setelah pake Wardah Lightening Day Cream ini masih saya timpuk dengan Emina Sunscreen. Masih enteng aja di muka...😊

Where to buy?
Wardah Lightening Day Cream Versi Baru
20ml
IDR. 30.000



 

Baca Juga:

5 comments

  1. Kok aku punya tutup nya gak fliptop ya kak, beli di alfamart juga🤔
  2. Lo kok bisa beda ya?
    Tapi yang penting komposisi nya sama kan?
  3. kak review wardah lightening day gel nya penasaran bgt🙏
  4. Kak ini bisa untuk semua jenis kulit gak?
    Terutama yang berminyak kayak aku!
    🙏
  5. Kalo dikulit ku ringan kok,
    Memang pada awalnya agak greasy, tapi kalo udah nge-set bisa meresap dan nggak bikin minyakan.

    Kalo buat kulit berminyak mungkin dipakai tipis-tipis aja dulu,
    Jangan lupa diimbangi dengan rajin double cleanse juga untuk meminimalisir penumpukan calon komedo😉
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏

ADVERTISEMENT 

Developed by Jago Desain