[Mengulas] Ingredients Garnier Sakura White Pinkish Radiance Essence Lotion

Garnier ada produk baru lagi kayaknya. Garnier Sakura White Pinkish Radiance Essence Lotion. Dan saya ketinggalan nih, hehe. Dulu saya termasuk penggu

Garnier ada produk baru lagi kayaknya. Garnier Sakura White Pinkish Radiance Essence Lotion. Dan saya ketinggalan nih, hehe. Dulu saya termasuk pengguna setia Garnier. Pertama kali yang saya coba adalah Garnier Night Peeling Cream yaitu krim malan berfungsi sekaligus Peeling Cream. Sekarang masih ada nggak ya, varian yang itu?
BB Cream pernah. Day Cream yang sakura dan lemon juga udah pernah ku cobain. Sayangnya dulu belum punya blog jadi belum sempat diabadikan. Huhuhu

Garnier Sakura White Pinkish Radiance Essence Lotion. Foto by octadheaa FD Member


Garnier Sakura White Pinkish Radiance Essence Lotion
judulnya panjang amat yak diklaim mampu melembapkan, mencerahkan, menghaluskan kulit sekaligus menyiapkan kulit untuk pemakaian skincare selanjutnya. Selain itu produk ini juga diklaim cocok untuk kulit sensitif.

Garnier Essense Lotion ini memiliki tekstur yang cukup unik yaitu gel yang jika digosok akan mencair. Tidak menimbulkan kesan lengket sama sekali.

Cara memakainya: cukup tuangkan 2 tetes ke telapak tangan lalu gosok-gosok dulu sebelum diratakan ke muka dan leher yang telah dibersihkan dengan sabun. Pakailah Garnier Essense ini sebelum memakai serum dan pelembap/day Cream.

Harganya cukup terjangkau, sekitar 80 ribu untuk kemasan 120ml.

Ehmm...Untuk variant yang baru ini, saya pingin ngepoin dulu Ingredients-nya. Nyoba nya kapan-kapan saja, yes. Safi Gold Essense saya masih banyak soalnya🤭

Ingredients

Aqua, Glycerin, Butylene Glycol, Alcohol, Niacinamide, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Ascorbyl Glucoside, Cl 16035/Red 40, Citronellol, Hexyl Cinnamal, Hydroxyethylpiperazine Ethane Sulfonic Acid, Limonene, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Phenoxyethanol, Prunus Yedoensis Leaf Extract, Sodium Citrate, Sodium Hyaluronate, Sodium Hydroxide, Tetrasodium EDTA, Parfum/Fragrance.

Penjelasan Ingredients Garnier Sakura White Pinkish Radiance Essence Lotion

Active Ingredients

  1. Niacinamide. Ingredients superstar dengan manfaat segudang. Diantaranya: Mencerahkan. Melembapkan. Cell-comunicator. Menguatkan skin-barrier agar kulit jadi tahan banting dan nggak sensian. Hohoho
  2. Ascorbyl Glucoside. VIT C turunan/derivativ. Jenis vitamin C yang cukup stabil. Mudah diformulasikan juga nyaman di kulit. Namun, VIT C ini perlu di convert dulu di dalam kulit agar memiliki 3 sifat mejik VIT C murni: antioksidan, Collagen-Booster, dan Skin-brightening.
  3. Prunus Yedoensis Leaf Extract. Ekstrak Sakura. Berfungsi: mencegah penuaan dini. Mencegah pembentukan melamin. Anti-inflamasi. Baik untuk kulit sensitif. Memiliki efek whitening.
  4. Sodium Hyaluronate. Agen pelembap paling juara. Sebenarnya kulit kita juga sudah memproduksinya. Namun, produksinya berkurang seiring pertambahan usia terutama yang udah 30+. Memberi efek plump di kulit sehingga kerutan halus dapat tersamarkan. Baik dipakai untuk kulit sensitif.

Ingredients Pelengkap

Selain Ingredients aktif diatas, Garnier Essence Lotion ini juga mengandung bahan pelengkap yang berfungsi sebagai:

Kondisioner kulit yaitu: Glycerin, Butylene Glycol, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil. Kondisioner kulit itu maksudnya Ingredient yang bersifat Moisturizer, emollient (pelembut kulit), dan humectant (meningkatkan kadar air di lapisan kulit).

Alcohol.
Nah, mungkin alcohol termasuk Ingredients yang banyak di "hindari" dan diperdebatkan dikalangan kosmetik expert.

Pro's

  • Berfungsi sebagai pelarut yang sangat baik. 
  • Meningkatkan penyerapan formula ke dalam kulit. 
  • Menciptakan formula yang ringan. 
  • Merupakan astringent yang dapat meringkas pori dan mengontrol sebum. 
  • Sebagai antimikroba/antibakteri.

Kontra's:

  • Jika terlalu sering terpapar alkohol akan menyebabkan kerusakan skin-barrier yang berujung pada kulit kering, inflamasi dan iritasi.

Saya sendiri punya pengalaman pribadi. Asal alkohol diimbangi dengan bahan lain yang bersifat emollient/humectant doi tidak akan cukup mengiritasi. Atau dengan pemakaian selang-seling saya rasa akan aman-aman saja. Tapi semua kembali pada kondisi kulit masing-masing. Kalo sekiranya over sensitif terhadap alkohol, ya sebaiknya dihindari.

pH adjuster. 1. Bersifat asam: Hydroxyethylpiperazine Ethane Sulfonic Acid. 2. Bersifat basa: Sodium Citrate dan Sodium Hydroxide

Preservatives: Phenoxyethanol

Fragrance++
Citronellol, Hexyl Cinnamal, Limonene. Salah satu ciri khas produk Garnier adalah memakai senyawa yang diekstrak dari tanaman sebagai Fragrance nya. Saya perhatikan kebanyakan produk Garnier mengandung  ketiga bahan diatas.

Mereka itu adalah senyawa yang diekstraksi dari tanaman yang mengandung minyak atsiri/esential oil seperti: jeruk, melati,
Sereh. Namun, sayangnya menurut web paula's choice Rating mereka bertiga itu Poor❗. Sebab bisa saja menimbulkan sensitivitas kulit. Tapi nggak semua orang alergi sama bahan-bahan tersebut. Saya pribadi nggak masalah selama pemakaian produk Garnier.

Kesimpulan

❗Ada alkohol
✔️pH balance
✔️Mengandung 4 bahan aktif yang baik untuk kulit sensitif.
✔️Mengandung bahan oil-control
✔️ Potensi komedogenic rendah. Butylene glycol: 1 (low)

❗Ada kandungan yang tidak cukup aman untuk "pejuang" fungal acne: PEG-60 Hydrogenated Castor Oil.
Yang jerawatnya bukan karena fungi/jamur malassezia. Tetep bisa pake ini kok. Tenang saja✌️
❗Ada Fragrance++

Setelah saya cek di review FemaleDaily. Lebih Banyak yang cocok daripada yang tidak. Meski review FD sendiri nggak sepenuhnya bisa jadi patokan, paling tidak bisa jadi gambaran. 

Ratingnya cukup tinggi: 4,1⭐ yaitu 84% dari 407 pengguna merekomendasikan produk Garnier Sakura White Pinkish Radiance Essence Lotion.

Baca Juga:


➡️Produk ini bisa dibeli di supermarket terdekat atau online shop kesayangan kalian: Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak. Tinggal sesuaikan budget, dan kalau kalian beruntung kalian bisa dapatkan diskon menarik. Emang ya, teknologi jaman sekarang, belanja bisa sambil rebahan😎



 

8 comments

  1. Asal jerawatnya bukan fungal acne boleh pake ya kak?
    1. Iya boleh.asal tidak sensitif sama alkohol
    2. Bisa di pakai bersamaan niacinamide tidak?
    3. Bisa kak. Karena produk ini juga ada kandungan niacinamide nya 😊
  2. Kalo di gabungin sama salicylic acid aman kah?
  3. Kalo di gabungin sama salicylic acid aman kah?
    1. setahu saya Salicylic acid a.k.a BHA nggak boleh di combine sama retinol, vit C ascorbic acid, dan Benzoyl peroxida.

      garnier yang ini tidak mengandung bahan-bahan tersebut.

      Tapi sebaiknya tetap waspada, soalnya garnier ini ada alkohol diurutan atas.
      BHA sifatnya mengontrol sebum. Alkohol juga. Klo dua-dua nya di pake takutnya lama-lama bikin kering.

      naa..pastikan dulu jenis kulit nya apa?
      kalo kulitnya berminyak dan berjerawat, mungkin bisa di coba dulu dan perhatikan benar perubahanya, jika ada timbul masalah, coba hentikan dulu salah satu...

      hehe...semoga membantu🙏🙏
  4. next request garnier sakura white serum night cream moisturizer, katanya bagus
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain