Ulasan Ingredients Nivea Sun Serum Biru (oil control)

Seperti yang telah kita tahu. Sunscreen merupakan must-have item, terutama bagi para skincare-addict. Dengan memakai sunscreen diharapkan kulit dapat

Seperti yang telah kita tahu. Sunscreen merupakan must-have item, terutama bagi para skincare-addict. Dengan memakai sunscreen diharapkan kulit dapat terlindungi dari bahaya sinar UV, mencegah penggelapan kulit, flek hitam, juga permasalahan kulit lainya.

Ada banyaaak sekali brand yang mengeluarkan produk sunscreen dengan berbagai spesifikasi. Salah satunya adalah: Nivea Sun Serum Biru (Oil Control), dengan nilai Spf 50 PA +++.  Sunscreen ini diformulasikan untuk kulit berminyak dengan kemampuan oil control yang dimilikinya. Selain itu doi juga diklaim memiliki tekstur ringan, mudah diaplikasikan dan tidak terasa lengket. 
Nivea Sun Serum Biru. Foto by Dinda Farrah dan Lintang Ayu Soco Member


Tapi kali ini saya tidak akan mereview Nivea Sun serum Biru. Karena jujur saya belum pernah mencobanya. Lagipula stok sunscreen saya juga masih cukup dipakai sebulan lagi🤭.

So, saya hanya ingin membahas Ingredients-nya saja. Barangkali bisa jadi referensi para skincare-addict supaya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kondisi kulit masing-masing. Khususnya saya sendiri, barangkali mau move-on kapan-kapan. Haha

Harganya cukup ramah kantong yaitu 44 ribu untuk ukuran 30ml.

'Ngintip' di review FimaleDaily, bintangnya cukup tinggi: 4,3 artinya 87% dari 769 pengguna merekomendasikan produk ini.

Ingredients:

Aqua, homosalate, polymethylsilsesquioxane, butyll methoxydibenzoyl methane, ethylhexyl salicylate, octocrylene, alcohol denat, tapioca starch, phenylbenzimidazole sulfonic acid, cyclomethicone, behenyl alcohol, cetearyl alcohol, methylpropanediol, silica dimethyl silylate, glycerin, phenoxyethanol, carnitine, sodium hydroxide, sodium steacoyl glutamate, ethylhexyglycerin, trisodium EDTA, acrylates/C10-30 alkyl acrylate crosspolymer, carbomer, glycyrrhetinic acid, xantan gum, sodium chloride.

Ulasan Ingredients Nivea Sun Serum Biru (oil Control)

Active Ingredients

☀️Sunscreen agen. 
  • 1). Homosalate. Merupakan bahan larut minyak. Chemical sunscreen. Tidak cukup kuat menyerap sinar UVB. Tidak photo-stable: kehilangan 10% keefektifan spf-nya dalam 45 menit pemakaian. 
  • 2). butyll methoxydibenzoyl methane (Avobenzone). Menyerap sinar UV A. Juga tidak photo-stable. Kehilangan 36% dalam 1 jam pemakaian. 
  • 3) ethylhexyl salicylate. Tidak cukup kuat menyerap sinar UVB. Sehingga harus dikombinasikan dengan agen sunscreen yang lain. 
  • 4). Octocrylene. Larut minyak. Menyerap sinar UVB dan UVA ll. Tidak cukup kuat namun cukup photo-stable: hanya kehilangan 10% Spf dalam 95 menit. 
  • 5). phenylbenzimidazole sulfonic acid. Merupakan chemical sunscreen yang larut air. Menciptakan formula yang ringan. Cukup kuat menyerap UVB dan photo-stable. 

☀️glycyrrhetinic acid. Merupakan senyawa yang berasal dari tanaman akar manis. Berfungsi mencerahkan kulit.

Ingredients Pelengkap

Selain Ingredients aktif diatas ada Ingredients pelengkap yang berfungsi sebagai pelarut, emulsifier, viscosity Controller, pH adjuster, preservatives dll. 

Tapi saya hanya akan meng-highlight beberapa yang kira-kira perlu diketahui. Simak ya...

Alkohol
  • 1). Alcohol denat. Alias alkohol murni. Dalam Nivea Sun Serum, doi memiliki peran besar sebagai: astringet, oil control dan menciptakan formula yang ringan. Selain itu juga berfungsi sebagai pelarut yang baik, penetration Enhancer (meningkatkan penyerapan produk ke kulit), anti mikroba.Sayangnya jika terlalu sering terpapar alkohol dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.
  • 2). Behenyl alcohol. Merupakan fatty alcohol/alkohol lemak. Tidak membuat kering. Tapi justru bersifat emollient/melembutkan kulit. Berfungsi sebagai viscosity Controller dan menstabilkan emulsi. 
  • 3).Cetearyl alcohol. Juga merupakan alkohol lemak. Dengan tingkat iritasi rendah: 1 (low). Berfungsi sebagai emollient, viscosity Controller, dan penstabil emulsi. Potensi komedogenic: 2 (low)

Tapioca starch. Tepung tapioka disini juga punya peran penting sebagai oil-absorben (menyerap minyak). Agen mattifier. Dan dalam beberapa kasus,  sering dipakai sebagai pengganti peran talc.

Silikon
  • 1).Polymethylsilsesquioxane.Bukan sebenar-benarnya silikon tapi merupakan bahan dengan sifat mirip silikon. Yang secara sementara dapat menyamarkan kerutan halus (wringkle-filler). 
  • 2). Cyclomethicone. Tidak seperti silikon lain. Yang ini merupakan campuran dari beberapa silikon volatil artinya doi dapat menguap dan tidak 'stay' di kulit. Sehingga menciptakan formula yang ringan.

Sodium Cloride. Garam. Berfungsi sebagai viscosity Controller. Potensi komedogenic: 5 (high)

Kesimpulan


➡️Nivea sun serum biru oil control merupakan jenis chemical sunscreen.

➡️Tidak cukup photo-stable. Artinya kita harus reaply setelah 2-3 jam pemakaian agar perlindungan tetap maksimal.

➡️Memang ada Ingredients yang berperan sebagai oil control dan menciptakan formula yang ringan. Sehingga mungkin akan cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat✔️

➡️Ada potensi iritasi dan menyebabkan kulit kering❗

➡️Tidak mengandung Fragrance ✔️

➡️Ada potensi komedogenic

➡️Fungal acne safe✔️

➡️Tidak menggunakan Paraben sebagai pengawet namun phenoxyethanol. Keduanya sama-sama punya reputasi yang masih diperdebatkan. Au ah! Saya juga males berdebat soalnya. Hehe🤭

➡️Tolong kalau pake sunscreen jangan nyebur ke pantai yah...nanti bahan kimianya bisa mencemari air laut yang secara langsung akan berdampak pada terumbu karang. Sehingga dapat mengancam kelestarian ekosistem air laut.❌ 

Baca juga:


 
Sumber: incidekoder



 

14 comments

  1. serum berarti untuk perawatan atau treatment ya kak?
    1. Kalo sunscreen lebih ke perawatan. Merawat kulit agar tidak gosong dan menggelap karna sinar matahari 😀
  2. Aku perhatikan sekarnag udah banyak ya yg spf nya 50++ berarti tambah panas bumi ini 😅 btw aku baru tau mbak sunscreen mengandung talc juga. Menarik ya!
    1. Iya betul. Tapi sebenarnya Spf 30 aja sudah cukup mb. Karena baik 30 dan 50 itu nggak jauh beda. Spf 30 kapasitasnya 95% sedangkan Spf 50 = 97%,,, jadi cuma beda 3% doang. Mending pake yang 30 kalo aq, bahan kimianya biar nggak "terlalu"😂

      Ada talc-nya karena ini produk oil control jadi ya harus ada oil absorbent-nya😀
  3. Sunscreen ini tergolong hype dan banyak yang suka nih, Mbak. Tapi ya gitu, aku belum pernah coba. Hehehe. Tos dulu, Mbak. Kita berdua sama ternyata 🙏😆
    1. Iya TOS kalo gitu😂...banyak yang cocok juga kayaknya, Mba...kalo soal sunscreen sy pribadi cenderung pilih yang Spf 30 aja, yang penting sudah ada PA nya...toh nggak jauh beda Ama yang Spf 50. Cuma beda di bahan kimianya. Semakin tinggi Spf maka semakin banyak pula bahan kimianya..CMIIW😀
  4. Ginzh
    This comment has been removed by the author.
  5. Ada yg udah pake ga aku masi takut mau cobak soalnya ada alkoholnya, btw kulit ku berminyak
  6. Ginzh
    This comment has been removed by the author.
  7. Kak bsa review kan kahf sunscreen cowok ga ? Biar cowo rajin juga skincare nya hehe ingredients ada di yt ferdy ristiawan kalo ga salah semangat kak
  8. Oke, aq cari dulu Ingredients nya...
  9. Yeyy
  10. yg pink kok gaada ya kak saya cari disini
  11. Emang belum kayaknya,,,okelah kapan2 yaah...☺️
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain