Review Ingredients Wardah White Secret Facial Wash

Waktu itu saya memutuskan mencoba wardah karena baca Ingredients-nya. Disitu tertulis Lactic Acid, glycolic Acid, salysicilic Acid.

Sebelum kenal Himalaya, saya pake Wardah White Secret Facial Wash. Berhubung dulu belum punya blog, alhasil baru bisa review sekarang saat si WWSFW ini sudah entah dimana bungkusnya🤭.
Berarti harusnya judulnya bukan 'review' tapi 'pengalaman' dengan WWSFW. Hihihi


Wardah White Secret AHA BHA
 Foto by Hena Sugiani (soco member)


Apa yang membuatmu tertarik dengan Wardah White Secret Facial Wash?

Waktu itu saya memutuskan mencoba wardah karena baca Ingredients-nya. Disitu tertulis Lactic Acid, glycolic Acid, salysicilic Acid. Logika saya: Wah banyak "asam" nya nih. Sabun yang basa tapi ada asamnya= pH balance, busanya pasti dikit.

Dan betul dugaan saya. Busanya tidak terlalu banyak. Dengan tekstur gel bening, wangi yang lembut. Yes, tidak salah pilih.
Karna kulit saya cenderung kering kalo pake sabun yang terlalu basa dan banyak busanya.


Bagaimana kesan selanjutnya?

Sampai habis 1 tube 100ml, Alhamdulillah kulit saya yang rewelan soal urusan sabun, ternyata tidak menunjukan reaksi yang aneh-aneh.

Apakah Wardah White Secret Facial Wash bisa mencerahkan wajahmu?

Ehmm...kalo soal cerah, di saya tidak terlalu signifikan. Sebab sejak lahir memang kulit saya udah cerah. #wkwkwk. Ampuuun dah!🤪

Kalo bersih, iya banget, walopun hanya dengan busa dikit. Secara doi kan mengandung AHA dan BHA yang notabene adalah exfoliator, jadi ya emang seharusnya doi bisa mengangkat minyak, kotoran dan sel kulit mati.

Bisa menyebabkan breakout nggak?

Bisa tidak, bisa iya. 

  • Tidak, untuk kulit normal, berminyak, berjerawat, yang badak dan nggak sensian. 
  • Iya, untuk kulit sensitif yang sensi sama bahan-bahan ini: citrus aurantium dulcis (orange) fruit extract, citrus medica limonum. Ekstrak buah jeruk dan lemon ini menurut web paula's choice, dapat memicu reaksi sensitivitas kulit. Mereka mendapat rating poor❗#poor??maksudnya miskin, kasian apa gimana ini? #plakkk
Apalagi ditambah ada AHA dan BHA. Juga sayangnya ada Ingredient SLS yang bisa jadi memicu reaksi iritasi bagi kulit sensitif❗

Kalo reaksi purging gimana?

Ada kemungkinan juga. Tau kan purging? Proses mengeluarkan kotoran yang bersembunyi di kulit. Reaksi ini sangat mungkin terjadi ketika kulit menjalani treatment dengan produk berbahan aktif:  retinol/retinoid acid, ascorbic Acid (VIT C murni), AHA dan BHA.

Apakah Wardah White Secret Facial Wash dapat memicu fungal acne?

Saya kira tidak ada sabun muka yang memicu fungal acne. Kenapa? Logikanya, sabun itu produk bilas (rinse-off product), jadi mau ada kandungan minyak lah, fatty Acid lah, Ester lah, endebre...bakalan kena bilas air sebelum mereka jadi santapan jamur malassezia. Tau jamur malassezia? Doi adalah tersangka utama penyebab fungal acne. Dan yang jadi santapanya adalah minyak, lemak dan asam lemak.
Logika ini mashook nggak?? #maksa inih!

Apa yang kamu sukai dari sabun Wardah secret white?

Ketika membilasnya muka kek berasa licin gitu. Nggak keset seperti sabun kebanyakan. Dan senengnya muka jadi enteng, bersih, tapi nggak kering dan 'ketarik'. 

Oya. Adakah Ingredients yang perlu digarisbawahi?

Ada! Simak ya...

➡️Key Ingredients

  • lactic acid: AHA
  • Panthenol: pro Vit B5
  • Glycolic Acid: strong AHA
  • Salicylic Acid: BHA
  • vaccinium myrtillus fruit extract. Ekstrak buah BillBerry
  • saccharum officinarum (sugar cane) extract
  • acer saccharum (sugar maple) extract

➡️Ingredients kontroversial
Disini "kontroversial" adalah istilah yang saya pakai untuk Ingredients yang kemungkinan bisa memicu iritasi, alergi, atau memang banyak diperdebatkan oleh para "Mbah-mbah Gugel" 

  • citrus aurantium dulcis (orange) fruit 
  • extract citrus medica limonum (lemon) fruit extract
🍊Dua ekstrak jeruk ini, sebenarnya dimaksudkan untuk mencerahkan kulit wajah. Tapi untuk kulit over sensitif sebaiknya tetap berhati-hati.❗

  • SLS. Agen surfactant yang dapat memicu iritasi.
  • DMDM Hydantoin. Jenis pengawet yang mengeluarkan sedikit formaldehida a.k.a formalin.

➡️Tips tambahan

  1. Pakainya nggak usah banyak-banyak. Secukupnya saja. Walo busanya tiba-tiba seperti menghilang, tetap pijat dan gosok lembut  terutama di area komedo. Ingat, walo tanpa busa, kandungan AHA dan BHA-nya tetep bisa mengangkat minyak, mengikis kotoran, dan membersihkan pori-pori mu. 
  2. Setelah cuci muka pake Wardah White Secret Facial Wash, jangan lupa pake SUNSCREEN yes! Sebab kandungan acid-nya bisa menyebabkan kulit fotosensitif.

Repurchase nggak?

Sayangnya enggak. Saya keburu tahu bahwa ada sabun muka yang lebih kece dari ini, dan memutuskan move on dari Wardah White Secret Facial Wash. Mau tau sabun yang kece itu? Cek disini. 👇


Walo demikian, doi ini tetep jadi pilihan kedua saya sejauh ini.

Noh muka saya, dari dulu kek gini-gini aja, mo pake ini, pake itu...nggak ada perubahan. Ada sih, berubah makin tua,,,eheheeee...
Tapi kek gitu, jelas editaaaaaan lebih baik katimbang nggak pake apapa...ye kan?🤭

#Mbak Hena Sugiani, maaf ya mbak, fotonya saya pinjem. Ngomong-ngomong dindingnya persis kek punya saya itu🤭 

Update...

Akhirnya, saya coba lagi wardah white secret ini, Gaes. Setelah bosan dengan himalaya. hehehe... Udah setahun lebih lamanya...akhirnya balikan lagi...huhuhu

Wardah White Secret Facial Wash. dokpri


Alasanya: Lagi butuh facial yang sekaligus bersifat exfolliant. 

Kali ini nggak saya pake tiap hari. Cuma kalo pas lagi butuh aja. Paling nggak 2x seminggu saya pake ini. Diselang seling sama Kojie San dan Oatmeal.

Lumayan buat mencegah komedo. Dulu, setiap sebulan pasti ada masa-masa dimana kulit rasanya gradakan. Mungkin efek mau ganti kulit, kering, kasar, komedo banyak gitu lah. Makanya saya coba lagi FW Wardah ini. Daan...hasilnya lumayan buat mencegah komedo...gradakan nggak separah dulu...😊

Saya pake ini bisa 5 menit-an Lo, Gaes. Iyes. 5 menit pijat-gosok-gosok muka terutama di area yang sering numbuh komedo, seperti sekitar hidung, janggut, dan tengah alis, karna disitu sering banget numbuh komedo. Kenapa? Ya biar komedo nya rontok.. #gosok-pijatnya dengan cara lembut tapi ...😉

Oya, belakangan saya baru tahu kalo kombinasi plant extracts seperti: extrak Billberry, sugar cane, Orange, Lemon, dan sugar maple disebut juga ACB fruit Mix, yang fungsinya tak lain sebagai Natural AHA/exfolliant. 

Jadi, selain mengandung lactic acid, glycolic acid, juga ada ACB Fruit mix yang membantu mengikis dan mencegah penumpukan sel kulit mati yang bisa menyumbat pori.

Baca juga: 

Kalo kepingin nyoba, bisa cek harganya dulu di Tokopedia, shopee, lazada, terserah deh..kalo beruntung bisa dapet diskon. Lumayan kan? 



 

15 comments

  1. Klo wardah aku blm pernah pake yg ini. Aku pake yang warnanya biru, lupa namanya 😂

    Sebenarnya aku kurang suka pake pencerah karena biasanya bikin kulitku tipis. Jadi biasanya aku fokus di pembersih dan scrub aja
    1. Yang biru itu kayak yang lightening. Aq juga belum nyoba yang itu. 😁

      Kulit itu nggak perlu diputihin ato dicerahin. Dibersihkan aja sebenernya udah cukup. Yang penting kulit tetap sehat, kalo sehat ntar auranya keluar sendiri...😉😉
  2. Mantap semangat ya mba
    1. Iya sama-sama terimakasih sudah berkunjung🙏
  3. Makasih kakaaaaak
    Membantu bingit artikelnya
  4. Kak belum ada review wardah facewash yg aloe ya? Padahal itu enak banget, saya udah coba cetaphil,hadalabo,senka, derma365 akhirnya berhenti di wardah aloe facewash, padahal murah + lokal kenapa ga dari dulu, saya cek di female daily rating jelek, ternyata pada salah kasih review, review pelembab wardah yg aloe, malah ditaruh di facewash, emang bentuknya sama persis, tolong sekalian di review ya kak jika memungkinkan
  5. Oke, kapan-kapan yah..

    Emang ya...Nyari skincare tuh udah kek nyari jodoh aja....☺️
    Kadang-kadang rating jelek, Ingredients nggak meyakinkan, tapi malah cocok di kulit...
    Harganya mahal, Ingredients bagus, banyak direkomendasiin, tapi malah nggak cocok...bisa juga kek gitu...
    😌
  6. day cream nya apakah harus white secret lagi? apa boleh fw nya ada aha bha trus day cream nya ada niacinamide?
  7. Kak mau nanya
    AQUA / WATER / EAU, GLYCERIN, CETEARYL ALCOHOL, PEG-40 STEARATE, STEARYL ALCOHOL, POTASSIUM PHOSPHATE, CERAMIDE NP, CERAMIDE AP, CERAMIDE EOP, CARBOMER, GLYCERYL STEARATE, BEHENTRIMONIUM METHOSULFATE, SODIUM LAUROYL LACTYLATE, SODIUM HYALURONATE, CHOLESTEROL, PHENOXYETHANOL, DISODIUM EDTA, DIPOTASSIUM PHOSPHATE, TOCOPHEROL, PHYTOSPHINGOSINE, XANTHAN GUM, CETYL ALCOHOL, POLYSORBATE 20, ETHYLHEXYLGLYCERIN
    Ingredient facial wash ini cocok gak kak untuk kulit oily atau kombinasi yang masih ada jerawat nya?
  8. Sebenarnya bisa masuk ke semua jenis kulit sih, terutama kulit kering dan sensitif...

    Kalo kulit berminyak mungkin lebih sesuai yang ada oil control nya...
    CMMIW 🙏
  9. Sebenarnya bisa masuk ke semua tipe kulit, terutama kulit kering dan sensitif...

    Kalo berminyak mungkin lebih sesuai yang ada oil control nya...
  10. Oil control itu kayak apa sih kak?
  11. Salicylic acid, Witch Hazel, Zinc PCA, Zinc Gluconate, dst
  12. nama mimin skincapedia Heruki atau Hena? 😀🤭
  13. Heruki dan Hena itu kan jauuhh astaga🤦😆
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain