Penjelasan Ingredients Wardah White Secret Intense Brightening Essence

Wardah White Secret Intense Brightening serum ini Ingredients-nya nggak ada yang 'nggak aman' jadi saya pikir, bumil dan busui tetep bisa pake...

Kali ini saya mau kepo sama Ingredients Wardah White Secret Intense Brightening Essence. Walopun judulnya Essence tapi sebenernya doi ini adalah Serum. 

Wardah adalah brand lokal yang menurut saya sangat produktif dalam mengikuti perkembangan jaman.  Mulai dari fungsi skincare nya yang sangat lengkap, seperti: Brightening, anti-aging, anti acne, Moisturizing, Puryfying. Mencakup segala usia, mulai dari usia sekolah dengan masalah jerawatnya hingga emak-emak yang getol banget menolak tua🤫.

Saya sendiri sudah pernah nyobain sabun muka dari seri White Secret ini, menurut saya produk nya tidak mengecewakan. Saya bahkan sudah mereview nya juga di sini. Nah barangkali, lain kali saya atau kalian, penasaran ingin nyobain serumnya juga...

Wardah White secret serum. Foto by AnastasiaTj FD member


Jadi serum Wardah White Secret Intense Brightening Essence ini ditujukan untuk kalian yang ingin kulitnya terlihat cerah, lembap, dan sehat. Dan seri ini udah lama beredar di pasaran.

Yuk cuss kita kepoin.


Penjelasan Ingredients Wardah White Secret Intense Brightening Essence

Active Ingredients

Biosaccharide Gum-1. Merupakan SMART sugar, bahan menarik yang terbuat dari sorbitol via fermentasi bakteri. Berfungsi sebagai: 

  • Soothing. Menurut penelitian 3% biosaccharide gum dapat meringankan tingling sensation yang disebabkan 10% Lactic Acid (AHA). Hasilnya clekit-clekit berkurang 47%. 
  • Moisturizing. Dibanding dengan Hyaluronate Acid (HA). Biosaccharide Gum-1 memiliki efek melembapkan yang tidak se-instan HA. Namun, daya tahan lembapnya sama kuatnya, bisa bertahan hingga 8 jam setelah aplikasi. 
  • Anti aging. Menurut penelitian ex-vivo (tidak dilakukan ke manusia), doi mampu memicu sintesis protein dalam kulit kita yang disebut sirtuin-1. Hal ini membuat sel kulit kita bisa bertahan lama dan berfungsi lebih baik.

Borago Officinalis Seed Oil. Minyak essential dari biji bunga Borago, berfungsi menjaga kelembapan kulit, meredakan jerawat, dan mencegah keriput.

Arginin. Adalah asam amino semi essential, yang juga diproduksi oleh kulit kita. Merupakan natural skin hydrator yang dapat mempercepat kesembuhan luka serta dapat meringankan iritasi yang berhubungan dengan bahan exfoliant seperti AHA dan BHA.

4-Butylresorcinol. Berfungsi sebagai Antioksidan dan agen pencerah. Cara kerjanya: menghambat enzyim tyrosinase memproduksi melanin/ pigmen gelap pada kulit.

Tocopheryl Acetate. Vitamin E. Skin Moisturizing. 

Sodium Hyaluronate. Nah. Pake ini aja sudah bikin kulit kenyal, apalagi jika work together dengan Biosaccaride-Gum. Kenyalnya bisa jadi double nih. 

Ubiquinone. Disebut juga coenzym Q10 . Merupakan antioksidan yang ditemukan secara alami pada sel manusia (skin-identical Ingredient). Doi berperan besar dalam pembentukan energi. Jika di konsumsi secara oral (dalam bentuk suplemen) doi memiliki sifat seperti kafein yang dapat membuatmu insomnia. Tapi jika di oles ke kulit doi memiliki efek seperti mengurangi kerutan pada wajah dan mencegah terbentuknya kerutan baru.

Actinida Polygama Fruit Extract. Ekstrak Silver Vine, sejenis buah kiwi, Gaess. Mengandung vit C yang lumayan tinggi. Berfungsi sebagai agen pencerah. Dikatakan juga doi bisa membuat kulit kita "transculent" sebening kristal gitu...

Palmitoyl Tripeptide-8. Merupakan asam amino sintetis yang berfungsi sebagai skin-restore yaitu: mengembalikan elastisitas dan vitalitas kulit.


Ingredients Pelengkap

Ingredients Pelengkap disini ada yang berperan langsung kulit juga ada yang berperan ke formula.

Silikon. Yap. Serum ini mengandung sejenis silikon volatil, sebut saja Caprylyl Methicone. Silikon volatil tidak meresap ke kulit, tapi hanya 'stay' sementara di permukaan, Kemudian menguap. Jadi peran doi di sini adalah membantu formula agar mudah diratakan ke kulit juga memiliki efek emollient (pelembut kulit).
Selain itu, ada silikon PEG-12 Dimethicone/PPG-20 Crosspolymer. Doi berperan membantu formula agar cepat meresap ke dalam kulit.

Zat emollient atau pelembut kulit

  • 1). Caprylic/Capric Triglyceride. Sangat aman digunakan karena terbuat dari bahan alami yaitu minyak kelapa dan glyserin. Membuat kulit terasa lembut, lembap dan halus. 
  • 2). Cholestrtol. Merupakan Skin-identical ingredients. Artinya minyak/kelembapan kulit kita 25% terdiri dari kolesterol. Bersama dengan ceramide membuat skin-barrier (lapisan pelindung kulit) kita jadi makin sehat dan kuat. FYI, ceramide juga diproduksi oleh kulit kita.

Selain itu, Ingredients pelengkap juga terdiri dari zat-zat additif yang berfungsi sebagai:

Viscosity Controller/mengatur kekentalan produk. Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Dextrin, Dextran.

Emulsifier yang membantu minyak dan air atau bahan larut minyak dan bahan larut air bersatu dalam formula yang nice. Xanthan Gum, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Trideceth-9,Trideceth-9,Hydrogenated Letichin, polysarbate 20.

Chelating agen. Disodium Edta. Berperan mencegah perubahan pH, bau, tekstur formula. Cara kerjanya dengan mengikat ion logam dan membuatnya tidak aktif.

Preservatives. Phenoxythanol, Ethylhexylglycerin, BHT.


Kabar baiknya:

Bahan potensi komedogenic nya sangat rendah, Butylene Glycol dengan level 1. Artinya keciiil sehali menimbulkan komedo.
Oya, tapi jangan lupa❗ kulit kita sejatinya juga mengeluarkan minyak (apalagi di malam hari, pake skincare atau tidak) sehingga jika kita malas membersihkan kulit di pagi hari...ya sama aja komedoaan.. 🤪

Satu lagi, saya lihat Ingredients-nya juga nggak ada yang 'nggak aman' jadi saya pikir, bumil dan busui tetep bisa pake ini. 👍👍👍


Kabar buruknya:

Mengandung beberapa bahan yang dapat memperparah kondisi fungal acne. Artinya, jika wajah kalian sudah terdapat jerawat fungal, alangkah baiknya jangan dipakai dulu. 

Sebab bahan-bahan ini, sebut saja: PEG-40 Hydrogenated Castor Oil polysarbate 20, adalah ingredients yang terbuat dari minyak/asam lemak, dan jamur malassezia suka sekali makan minyak. 

Jadi.... kalo udah ada jamurnya, trus di kasih makan, ya jadi gendut-gendut dong dia-nyaaa....
Tapi....Kalo nggak ada, ya bakal fine-fine aja sih. 👍👍👍

Kesimpulan

Setelah mengetahui bahan aktifnya apa saja, mungkin kita bisa mengira-ngira bahwa serum Wardah White Secret Intense Brightening Essence ini memang berfungsi mencerahkan, melembabkan, juga bersifat menenangkan kulit. 

Lalu, apakah Essence ini akan menimbulkan reaksi negatif, positif atau B aja, semua tergantung dari kondisi masing-masing kulit. Kalo dipake orang lain nggak cocok, belum tentu nggak cocok juga buat kamu. Begitu juga sebaliknya. Jadi kalau ingin tahu reaksinya ya  harus dengan mencobanya sendiri.

Nah, dengan penjabaran Ingredients ini tentu kita lebih prepare kan ya, bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kulit kita.

Mengidentifikasi kulit sendiri itu juga nggak gampang Lo Gaes...butuh waktu dan juga proses trial and error, nyobain skincare ini dan itu, sampai akhirnya kulit kita dapet jodoh skincare yang betul-betul cocok.

Pesan saya, jika udah nemu yang cocok jangan mudah move-on ya gaesss...

Tetap semangat✊✊✊


Wardah White Secret Intense Brightening Essence (serum)

17ml

IDR 75K

Post a Comment

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain