Cek Ingredients You Sunbrella Triple UV Elixir Sunscreen

 You Sunbrella Triple UV Elixir Sunscreen adalah update formula dari YOU triple UV Elixir.  Merupakan tabir Surya dengan tekstur ringan dengan formula water based formula yang mudah meresap dan nyaman tanpa meninggalkan residu putih pada kulit, serta kandungan Menthol memberikan efek dingin dan menyegarkan. Memiliki perlindungan SPF 50 PA++++ yang memberikan perlindungan terhadap UVA, UVB, serta diperkaya dengan Allantoin, Vitamin E, Niacinamide, dan Centella Asiatica untuk menutrisi kulit, membantu menenangkan dan melembutkan kulit, serta menjaga kelembapan pada kulit.

Manfaat produk:

  • Melindungi kulit dari UVA dan UVB
  • Menutrisi kulit dan menjaga melembabkan kulit
  • Membantu mencegah hiperpigmentasi dan penuaan dini




Penjelasan Ingredients You Sunbrella Triple Elixir Sunscreen 

Ingredient: Water, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Glycerin, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Propylene Glycol, Octocrylene,Cyclopentasiloxane, Trimethylsiloxysilicate, C14-22 Alcohols, Dimethicone, Cyclohexasiloxane, Caprylic/Capric Triglyceride, C20-22 Alkyl Phosphate Glyceryl Stearate Phenoxyethanol. C12-20 Alkyl Glucoside Sodium Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Xanthan Gum, Sorbitan Stearate, Polyhydroxystearic Acid, Isohexadecane, Hydroxyacetophenone, Triethanolamine, Dipotassium Glycyrrhizate, Allantoin, Hydrated Silica,Polysorbate 80, Menthol, Menthol, Fragrance, Bisabolol, Tocopheryl Acetate, Hydrogen Dimethicone, Aluminium Hydroxide, Sorbitan Oleate, Disodium EDTA, Squalane,Butyl Methoxydibenzoylmethane, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Extract, Polyester-7, Neopentyl Glycol Diheptanoate, Pseudoalteromonas Ferment Extract,Butylene Glycol, Zinc PCA, Propanediol, Zea Mays (Corn) Starch, Myrothamnus Flabellifolia Leaf/Stem Extract, Hydrolyzed Corn Starch, Hydrolyzed Corn Starch octenylsuccinate, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, 1,2-Hexanediol, Cocamidopropyl Dimethylamine, Buddleja Officinalis Flower Extract, Sodium Salicylate,Phenylethyl Resorcinol, Lactic Acid, Palmitoyl Tripeptide-5, Madecassoside, Asiaticoside, Ethylhexylglycerin, Madecassic Acid, Asiatic Acid.



Key Ingredients 

Dipotassium Glycyrrhizate, 

Senyawa yang diperoleh dari akar Licorice yang berfungsi sebagai anti-inflamasi, skin-soothing dan memiliki kemampuan sebum regulating.

Allantoin, 

Senyawa natural yang diperoleh dari tanaman Comfrey, memiliki kemampuan skin Soothing, Antiinflamasi, dan membantu proses pemulihan luka.

Bisabolol,

Senyawa natural yang diperoleh dari bunga Chamomile. Bersifat skin soothing dan anti inflamasi yang potensial

Tocopheryl Acetate, 

Vitamin E, Antioksidan, membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB. 

Squalane, 

Dapat berasal dari sumber hewani (hati ikan cod) maupun nabati (olive oil, jojoba oil, dll). Moisturizer yang super, karena bersifat skin identical, mampu mengunci kelembapan tapi tetap cosmetically ellegant (artinya mudah diaplikasikan, terasa nyaman di kulit, dan tidak meninggalkan residu yang tidak sedap dipandang), non greasy dan kompatibel untuk semua jenis kulit, termasuk oily dan acne prone karena tidak menyumbat pori-pori.

Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Extract,

Witch hazel popular digunakan untuk perawatan kulit oily, pori-pori besar, dan acne. Karena sifatnya astringent (meringkas pori-pori) dan membantu mengurangi produksi sebum. Selain itu, witch hazel juga membantu proses pemulihan luka, dengan cara mencegah infeksi bakteri, serta membantu meringkas/mengencangkan jaringan protein sehingga luka cepat menutup.

 Pseudoalteromonas Ferment Extract,

Diperoleh dari fermentasi marine bacterial strain. Kaya akan kandungan glucuronic acid, yaitu monosaccharide yang memiliki efek serupa dengan hyaluronic acid. Memiliki kemampuan skin moisturizing dan wrinkle Smoothing.

 Zinc PCA, 

Adalah gabungan dari Zinc dan L-PCA. Zinc bekerja dengan 'menormalkan' produksi sebum dan 'membatasi' perkembangan bakteri penyebab jerawat, sekaligus anti inflamatory. Sedangkan L-PCA merupakan NMF (natural moisturizing Factor), yang tak hanya melembapkan kulit, namun juga meningkatkan efikasi Zinc. Usage rate: 0,2 - 1%

Myrothamnus Flabellifolia Leaf/Stem Extract,

Dikenal sebagai 'resurection plant', tumbuhan asli afrika. Keunikan tanaman ini adalah mampu bertahan dalam kondisi kekeringan selama bertahun-tahun, daun nya menghitam, seperti mengering dan seolah-olah mati. Namun, begitu ada kecukupan air, dia akan 'hidup' lagi, daunnya kembali menghijau bahkan hanya dalam hitungan jam. Mengandung senyawa 3,4,5-galloylquinic acid, trehalose, polysaccharides dan arbutin. Yang memiliki kemampuan powerful Hydrating/moisturizing, Antioksidan, serta anti aging. 

Butyrospermum Parkii (Shea) Butter,

Berupa lemak yang diperoleh dari pohon kacang Afrika. Mengandung fatty acid yang berfungsi sbagai natural Moisturizer, anti inflamasi dan baik untuk skin-barrier.

buddleja officinalis flower extract, 

Ekstrak buddleja mengandung phenylpropanoids yakni antioxidant potensial yang terbukti klinis mencegah kerusakan akibat UVA serta memperkuat self-deffence kulit terhadap radikal bebas, UV, IR (infra red) dan bluelight. Selain itu juga mengandung phytosterols, amino acids dan polysacc­harides yang memiliki kemampuan anti inflamatory, dan skin moisturizing.

phenylethyl resorcinol,  

a.k.a SymWhite 377, atau SymWhite aja. Merupakan antioksidan dan skin Lightening agen yang secara natural terdapat pada pohon Pinus. Menurut penelitian, dia adalah salah satu the highest tyrosinase inhibitors (salah satu penghambat aktivitas enzim tyrosinase paling baik). 

palmitoyl Tripeptide 5,  

a.k.a Syn-Coll. Merupakan Cell communicator Ingredients. Adalah tripeptide yang diklaim dapat melindungi, meningkatkan produksi kolagen dan membantu meratakan tekstur kulit. Meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit sekaligus menyamarkan ukuran pori-pori.

Mengandung 4 komponen aktif cica

Madecassoside, Asiaticoside, Madecassic Acid, Asiatic Acid.

Memiliki kemampuan wound healing, antioksidan, dan memicu glycosaminoglycans/GAGs dan membantu sintesis kolagen tipe 1. Membantu melembabkan dan membantu proses pemulihan luka.




Agen Sunscreen 

Ethylhexyl Methoxycinnamate

a.k.a octinoxate. Agen sunscreen kimiawi generasi lama. Menyerap UVB. Tidak photo-stable. Berkurang nilai spf nya 10% setelah 35 menit.

Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate,

a.k.a Uvinul A Plus. Tipe kimiawi generasi baru Menyerap UVA dan high photo-stable. Usage rate: 1-3% jika dikombinasikan dengan agen Sunscreen lain dan 5-7,5% jika digunakan single use

 Octocrylene,

Sunscreen kimiawi. Melindungi dari UVB dan UVA II. Cukup photo-stable (hanya berkurang 10% dalam 95 menit pemakaian). Dapat membantu menstabilkan agen sunscreen lain seperti Avobenzone. Juga meningkatkan efek water-resistant agar perlindungan tidak mudah luntur karena keringat.

Titanium Dioxide, 

UVA dan UVB filter (Broad Spectrum). Sunscreen fisik pasangannya Zinc Oxide. Foto stabil. Aman. Tidak cosmetically ellegant (white cast). Punya fungsi lain yaitu sebagai oil-absorbent/agen mattifier. Usage rate: 1-25%

Butyl Methoxydibenzoylmethane, 

A.k.a Avobenzone. Merupakan agen sunscreen kimiawi yang juga paling banyak digunakan. Menyerap Sinar UVA I dan UVA ll. Tidak photo-stable (berkurang 36% dalam waktu 1 jam pemakaian).




Bahan pelengkap 

  • Water
  • Glycerin adalah pelarut, skin identical, humektan. 
  • Propylene Glycol berfungsi sebagai pelarut, penetration enhancer, humektan 
  • Cyclopentasiloxane adalah Silicone volatil yang mudah menguap, berfungsi sebagai Emollient dan pelicin. 
  • Trimethylsiloxysilicate adalah sejenis Silikon yang berfungsi sebagai film former. Yang membantu menciptakan efek water-resistance. 
  •  C14-22 Alcohols adalah lemak alkohol yang berfungsi sebagai Emollient, menambah volume formula sekaligus penstabil emulsi. 
  • Dimethicone adalah Silicone Emollient semi-oclusive yang membantu mengunci kelembapan dan memberi sensasi halus pada kulit. 
  • Cyclohexasiloxane adalah Silicone volatil yang mudah menguap, berfungsi sebagai Emollient dan pelicin. 
  • Caprylic/Capric Triglyceride berfungsi sebagai Emollient. 
  • C20-22 Alkyl Phosphate berfungsi sebagai pengemulsi. 
  • Glyceryl Stearate berfungsi sebagai pengemulsi. 
  • Phenoxyethanol adalah pengawet dengan konsentrasi maksimum 1%.
  •  C12-20 Alkyl Glucoside berfungsi sebagai pengemulsi. 
  • Sodium Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer adalah pengental sintetis. 
  • XanthanGum berfungsi sebagai pengental alami. 
  • Sorbitan Stearate berfungsi sebagai pengemulsi. 
  • Polyhydroxystearic Acid adalah Natural wax yang dapat diperoleh dari Castor oil. Meningkatkan emoliensi dan berfungsi sebagai agen dispersant supaya agen Sunscreen fisik (titanium dioxide/Zinc oxide) bisa tercampur merata dalam formula. Serta mengurangi efek White cast. 
  •  Isohexadecane berfungsi sebagai pelarut, Emollient. 
  • Hydroxyacetophenone berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi formula agar tidak mudah teroksidasi. 
  • Triethanolamine berfungsi sebagai pH adjuster yang bersifat basa. 
  • Hydrated Silica berfungsi sebagai oil absorbent. 
  • Polysorbate 80 berfungsi sebagai pengemulsi. 
  • Menthol adalah senyawa organik yang diperoleh dari tanaman peppermint. Memberi efek cooling sensation pada kulit. 
  • Fragrance 
  • Hydrogen Dimethicone yaitu Sejenis silikon yang bekerja sebagai pigment-bonding agent, dan embantu agen Sunscreen fisik seperti titanium dioxide/Zinc oxide untuk memaksimalkan proteksi terhadap UV sekaligus meminimalisir efek white-cast. Bahan ini juga membuat tekstur tetap stabil dan "stay" di kulit.
  • Aluminium Hydroxide berfungsi sebagai opacifyier agent untuk menutup warna agar tidak transparan
  • .Sorbitan Oleate berfungsi sebagai pengemulsi. 
  • Disodium EDTA adalah chelating agen untuk menetralisir ion logam agar tidak menggangu kestabilan formula. 
  • Polyester-7 berfungsi sebagai pengental sintetis. Sekaligus penstabil emulsi. 
  • Neopentyl Glycol Diheptanoate,
  •  Butylene Glycol (dan) Propanediol berfungsi sebagai pelarut, penetration enhancer, humektan.
  •  Zea Mays (Corn) Starch Extract, (dan) Hydrolyzed Corn Starch (dan) Hydrolyzed Corn Starch Octenylsuccinate berfungsi sebagai menambah kekentalan formula sekaligus penstabil emulsi. 
  • 1,2-Hexanediol berfungsi sebagai pelarut, penetration enhancer, humektan. 
  • Cocamidopropyl Dimethylamine berfungsi sebagai pengemulsi. 
  • Sodium Salicylate berfungsi sebagai Preservatives booster. 
  •  Lactic Acid berfungsi sebagai pH adjuster yang bersifat asam.



Kesimpulan 

✔️You Sunbrella Triple UV Elixir Sunscreen adalah Sunscreen hybrid dengan kombinasi 4 Sunscreen kimiawi dan 1 Sunscreen fisik yang foto stabil.

✔️ Memiliki perlindungan SPF 50 (melindungi kulit dari UVB hingga 99%) dan PA++++ (melindungi kulit dari UVA >16x lebih lama daripada tidak memakai Sunscreen).

✔️ Dilengkapi dengan 14 key Ingredients untuk membantu merawat kesehatan kulit dan menutrisi.

✔️ Perbedaan dengan formula lama adalah: formula baru lebih improved terutama kandungan key Ingredients yang jauh lebih banyak. Selain itu, formula baru menggunakan lebih banyak agen Sunscreen. Sementara bahan pelengkap sebagian besar masih mirip.

✔️Mengandung menthol untuk sensasi cooling efek 

✔️No white cast

✔️No alcohol

✔️No Paraben

✔️No Essential Oil

✔️Oil free. 

Mengandung potensi komedogenik yang tidak terlalu mengakhawatirkan 

  • Dimethicone (1)
  • Sorbitan Oleate (3)

❗Tidak Fungal acne safe, ada glyseryl stearate, sorbitan stearate, sorbitan Oleate.

✔️Diklaim ideal untuk semua tipe kulit.

❗Ada Ingreredient yang perlu diwaspadai bumil busui: Sunscreen kimiawi.

✔️Made in China, sudah BPOM

✔️Cek harga? 50 ribuan. 30ml

Post a Comment

1 Comments

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏