Cek Ingredients The Originote Brightening Moisturizer

The Originote Brightening Moisturizer adalah pelembap terbaru dari the Originote. Pelembab ini memiliki skin-concern untuk membantu mengatasi Hyperpigmentasi dan Kulit kusam dengan kandungan niacinamide, aloevera, alpha arbutin, dan Tranexamic acid yang dapat mencerahkan kulit. Moisturizer ini juga dilengkapi dengan kandungan ceramide dan berbagai ekstrak tanaman untuk melembabkan dan menenangkan kulit.

Klaim produk:

  • Mencerahkan dan meratakan warna kulit.
  • Membantu menjaga hidrasi kulit, mencegah tanda-tanda penuaan dini dengan menjaga kelembapan kulit.
  • Membantu mengenyalkan kulit dan menjaga keremajaan kulit

Cara pakai:

  • Setelah membersihkan muka, menggunakan toner dan serum, ambil moisturizer secukupnya dan pijat perlahan ke seluruh muka secara merata, tepuk perlahan dan biarkan hingga meresap sempurna pada kulit.
  • Gunakan pagi dan malam hari untuk hasil optimal.
Moisturizer The Originote Brightening hadir dengan kemasan warna abu-abu.





Penjelasan Ingredients The Originote Brightening Moisturizer 

Ingredient: Water, glyserine, butylene Glycol, Aloe barbadensis leaf water, niacinamide, Glycosyl trehalose, hydrogenated Starch Hydrolysate, hydroxyacetophenone, 1,2 hexanediol, cetearyl alcohol, bellis perenis flower extract, diglycerine, peg/ppg-17/6 Copolymer, Tranexamic acid, acrylates c10-30 Alkyl Acrylate crosspolymer, cetearyl glucoside, arginine, ammonium acryloyldimethyl taurate vp Copolymer, sorbitan olivate, alpha arbutin, allantoin, glyseryl glucoside, glycyrrhiza uralensis root extract, portulaca Oleracea flower/leaf/Stem extract, paeonia suffruticosa root extract, paeonia lactiflora extract, polysorbate 80, glucose, sorbitan Oleate, caprylic capric triglyceride, Camelia sinensis extract, fragaria ananasa fruit extract, phenylethyl resorcinol, phenoxyethanol, phospholipids, ananas Sativus fruit extract, potassium sorbate, sodium benzoate, Carica Papaya fruit extract, ceramide NP, ceramide NS, ethylhexylglycerin, tocopheryl acetate. (Ingredient list diambil dari kemasan)




Key Ingredients 

Aloe barbadensis leaf water,

Aloevera dikenal memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai pelembap yang baik,  anti-inflamasi, Serta membantu proses pemulihan luka. Juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit.

niacinamide,  

Vitamin B3. Skin brightening. Antioksidan. Memicu sintesis ceramide. Sebum regulator. Anti inflamasi. Anti acne. Juga bisa melindungi kulit dari efek buruk radiasi UV dan bluelight dengan cara memperkuat pertahanan kulit supaya kulit bisa melindungi dirinya sendiri. Usage rate: 0,2-10%. 

bellis perenis flower extract, 

Ekstrak bunga Daisy. Mengandung kombinasi senyawa yang unik, antioksidan polifenol, L-arbutin, malic acid, dan tartaric acid. Bermanfaat sebagai skin whitening yang cukup potensial. Menetralisir efek buruk sinar UV dan radikal bebas, sekaligus menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru dan mencegah proses pigmentasi.

Tranexamic acid, 

A.k.a asam traneksamat. Adalah Skin-lightening generasi baru yang digunakan untuk treatment dark spot dan noda bekas luka/jerawat yang membandel atau PIH yang bekerja dengan cara menghambat enzim tyrosinase memproduksi pigmen di melanosit. Sekaligus memblokir transfer pigmen dari melanosit menuju keranosit di lapisan epidermis.

arginine, 

Merupakan asam amino semi Essential. Dan skin identical Ingredients. Senyawa ini secara alami juga dapat ditemukan pada biji labu, daging, susu, dll. Arginin memiliki 3 manfaat utama, yaitu: powerful antioksidan, humektan, dan collagen booster. Selain itu dapat membantu mengurangi efek tingling sensation dari lactic acid. Dan menciptakan efek 'time released' jika dikombinasikan dengan AHA. Arginine juga membantu proses pemulihan luka.(1)

alpha arbutin, 

Merupakan alternatif yang lebih alami hydroquinone. Cara kerjanya yaitu melepas hydroquinone dalam jumlah kecil secara bertahap untuk menghambat enzym tyrosinase agar tidak memicu terbentuknya pigmentasi.
Perbedaan dengan hydroquinone adalah: hydroquinone bekerja dengan cara merusak sel melanosit (penghasil pigmen). Kalo alpha arbutin ---karena hanya melepas hydroquinone dalam jumlah kecil--- dia tidak sampai merusak sel penghasil pigmen.

allantoin, 

Senyawa natural yang diperoleh dari tanaman Comfrey, memiliki kemampuan skin Soothing, anti inflamasi, dan membantu proses pemulihan luka.

glycyrrhiza uralensis root extract, 

Ektrak akar manis (Licorice). Populer sebagai bahan pencerah yang aman. Mengandung senyawa utama glabridin (yang membantu mencegah Pigmentasi) dan glycyrrhizin (membantu mengurangi peradangan kulit.

portulaca Oleracea flower/leaf/Stem extract,

Ekstrak krokot. Mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang potensial termasuk senyawa antioksidan seperti gluthatione yang dapat menutrisi kulit sekaligus bersifat anti inflamasi dan skin-soothing yang baik.

paeonia suffruticosa root extract, 

Ekstrak Akar bunga Peony. Mengandung natural antioksidan yang membantu melancarkan peredaran darah dan membantu mencerahkan warna kulit. Juga bersifat anti inflamasi.

paeonia lactiflora extract,  

Ekstrak white Peony. Mengandung antioksidan Paeoniflorin yang memiliki efek seperti Vit E, membantu melindungi kulit, skin moisturizing, dan men-support skin barrier. Mencerahkan warna kulit. Juga bersifat anti inflamasi.

Camelia sinensis extract, 

Ekstrak greentea mengandung tinggi chatecin. Yang memiliki kemampuan antioksidan, UV protectant, Anti karsinogenik dan antiinflamasi. Senyawa ini mampu menghambat kerusakan DNA dan dapat mengaktivasi enzym yang membantu memperbaiki kerusakan DNA. Selain itu juga memiliki kemampuan skin Soothing, anti inflamatory, dan astringent.

fragaria ananasa fruit extract,

Ekstrak strawberry Mengandung Antioksidan kuat seperti anthocyanins yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Strawberry juga kaya akan vitamin yang dapat menutrisi kulit. Serta memiliki kandungan saccharides yang dapat melembabkan kulit.

phenylethyl resorcinol,

a.k.a SymWhite 377, atau SymWhite aja.  Phenethyl resorcinol (PR) adalah senyawa yang secara alami ditemukan di pohon pinus. PR telah terbukti memiliki efek pencerah kulit, karena dapat menghambat produksi melanin, yaitu pigmen yang memberikan warna pada kulit. Usage rate: 0,1 - 1% (recommended 0,5% pada produk leave on)

phospholipids,

Adalah lipid alami kulit. Bersifat skin identical. Berfungsi untuk melembabkan, memperbaiki dan merawat/memelihara skin barrier.  membantu membangun atau membentuk lipid barrier pada kulit kering dan pecah-pecah sehingga menjadi lebih lembab

ananas Sativus fruit extract,

Ekstrak nanas Mengandung Vit C, E, antioksidan, asam organic dan enzim Bromelain. Membantu menutrisi, melindungi kulit dengan cara menetralisir radikal bebas. Serta membantu meratakan warna kulit. Juga memiliki properti anti inflamasi dan skin Soothing

Carica Papaya fruit extract, 

Ekstrak pepaya mengandung natural AHA dan enzim papain yang dapat melunakan sel kulit mati dan kotoran di permukaan kulit agar mudah terangkat.

  • ceramide NP,
  • ceramide NS,
Ceramide adalah sejenis lipid yang ditemukan secara alami di kulit. Ceramide berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, melindungi kulit dari kerusakan, dan meningkatkan elastisitas kulit.

tocopheryl acetate

Vit E. Antioksidan. Skin moisturizing. Membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB.





Bahan pelengkap 

  • Water
  • glyserine. Pelarut, skin identical, humektan. 
  • butylene Glycol. Pelarut, penetration enhancer, humektan. Penggunaan dalam produk kosmetik sekitar 1-20%. 
  • Glycosyl trehalose.  Agen hydrator. Berbahan dasar alami. Meningkatkan efek Smooth pada formula, dan mengurangi rasa lengket.
  •  hydrogenated Starch Hydrolysate. Bahan yang diperoleh secara alami maupun sintetis. Berfungsi sebagai hydrator dan film former (membentuk lapisan pelindung sementara) yang dapat menambah perlindungan skin barrier. Rata-rata penggunaan nya sekitar 3,8%. (2)
  • hydroxyacetophenone. Adalah antioksidan sintetis untuk melindungi formula agar tidak mudah teroksidasi. Rata-rata penggunaan nya dalam produk kosmetik adalah 0,00068%-5% dengan 0,5% adalah jumlah rekomendasi jika bahan ini difungsikan sebagai preservatives booster sehingga penggunaan pengawet (e.g. phenoxyethanol) dapat diminimalkan. Bahan ini juga memiliki kemampuan skin Soothing dan Humektan. (3). 
  • 1,2 hexanediol. Bahan ini berfungsi sebagai pelarut, preservatives, dan humektan, dengan konsentrasi rata-rata 0,1-3%. 
  • cetearyl alcohol. Lemak alkohol yang berfungsi sebagai Emollient, pengemulsi, dan penstabil emulsi.
  •  diglycerine. Adalah Glyserine dengan molekul yang lebih besar sehingga memberi efek humektan/hidrasi yang lebih tahan lama dibanding glyserine biasa. 
  • peg/ppg-17/6 Copolymer. Bahan ini berfungsi sebagai Pelarut, Emollient, sekaligus Slip enhancer. 
  • acrylates c10-30 Alkyl Acrylate crosspolymer. Pengental sintetis. 
  • cetearyl glucoside. Pengemulsi. ammonium 
  • acryloyldimethyl taurate vp Copolymer. Pengental sintetis. 
  • sorbitan olivate. Pengemulsi yang terbuat dari sorbitol (natural sugar alcohol) dan minyak zaitun. Bahan ini biodegradable, non-toxic dan non-irritant. 
  • glyseryl glucoside. Merupakan gabungan glyserine dan glucose yang memiliki kemampuan Humektan dan Soothing. Bahan ini aman dan non irritating. Direkomendasikan untuk digunakan pada formula skincare sekitar 0,5-2%. (4). 
  • polysorbate 80. Pengemulsi. 
  • glucose. Molekul gula. Humektan. 
  • sorbitan Oleate. Pengemulsi. 
  • caprylic capric triglyceride. Emollient . 
  • phenoxyethanol. Pengawet dengan konsentrasi maksimum 1%. 
  • potassium sorbate. Pengawet, 
  • sodium benzoate. Pengawet. 
  • ethylhexylglycerin. Preservatives booster. Humektan.




Kesimpulan 

✔️The Originote Brightening Moisturizer mengandung sekitar 19 key Ingredients yang membantu mencerahkan, melembabkan, dan menenangkan kulit.

✔️ Kombinasi ingredients yang berfungsi sebagai brightening Agent: niacinamide, ekstrak bunga Daisy, Alpha arbutin, Tranexamic acid, licorice, ekstrak bunga paeoni, phenylethyl resorcinol (SymWhite), ekstrak nanas, ekstrak pepaya. Namun tidak diketahui jumlah konsentrasi nya, tapi yang jelas dari kesembilan ingredients tersebut, niacinamide lah yang paling banyak jumlahnya.

✔️ Dilengkapi dengan berbagai tanaman ekstrak seperti: aloevera, allantoin, portulaca, greentea sebagai antiinflamasi dan skin Soothing.

✔️Mengandung phospholipids, ceramide yang membantu merawat skin barrier.

✔️Oiya, ada fruit blend yang terdiri dari: strawberry, nanas, pepaya.

✔️ Menurut beberapa pengguna yang telah mencoba produk the Originote Brightening Moisturizer, tekstur nya seperti gel cream berwarna putih dan memiliki konsistensi lebih Creamy dan lebih lembap daripada 2 Moisturizer the Originote sebelumnya.

Jika dilihat sekilas, tekstur nya berupa gel cream yang light.

✔️ Menurut Admin official store nya, Moisturizer ini bisa dilayer/dikombinasikan dengan produk the Originote mana saja, kecuali Ceratinol Moisturizer dan Acne Serum. Tapi, kalau menurutku pribadi, seharusnya aman dilayer dengan acne serum, karena secara teknis tidak ada kandungan yang bentrok, misalnya niacinamide + salicylic acid. Dua bahan ini bisa digabung tanpa menimbulkan masalah signifikan.

Salicylic acid+niacinamide together. Sumber: quora

Untuk masalah salicylic acid+ niacinamide sudah dijawab oleh spesialis obat yang telah tersertifikasi☝️. Namun, untuk kulit Super sensitif tetap disarankan untuk melakukan test patch dulu sebelum mengkombo niacinamide+ salicylic acid.😉

✔️Jadi kalian bisa melayer Moisturizer ini dengan Jelly Booster nya, serum retinol, atau serum the Originote TXA Dark Spot, etc. Urutan pakai nya kalian bisa atur sendiri sesuai kenyamanan dan kebutuhan masing-masing.

✔️Produk ini bisa kalian gunakan untuk pagi dan malam hari

✔️No Alcohol
✔️No Paraben
✔️No fragrance
✔️No Silicone
✔️No Essential Oil

✔️Oil free.
Mengandung potensi komedogenik rendah

  • Cetearyl alcohol (2)

❗Nggak Fungal acne safe karena mengandung polysorbate, sorbitan olivate, dan sorbitan Oleate. Sebab, ketiga bahan ini adalah Ester yang mengandung asam lemak rantai panjang, yakni asam lemak yang menjadi sumber makanan jamur malasezia.

✔️Ideal untuk semua tipe kulit. Aman untuk kulit sensitif

✔️ Pelembap The Originote brightening Moisturizer dapat digunakan mulai usia 14 tahun 

❗Ada ingredients yang perlu diwaspadai bumil: alpha arbutin. Sebab bahan ini termasuk turunan hydroquinone, jika masih ragu harap konsultasi ke dokter SpOG dulu 😉

✔️Made in China. Sudah BPOM

✔️Cek harga? 48k. 50ml | BELI DISINI

Post a Comment

15 Comments

  1. Kak boleh ga pake serum vit c the originote trs lnjut moist ini? Kulitku kering sensitif,

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Alhamdulillah dehh, soalnya uda cocok ama moistnya.

      Kalo pemakaiannya perlu ada jeda 15 menit gitu ga kak antara moist sama serumnya? Atau bisa langsung aja dipake gitu tanpa jeda

      Delete
    2. Iya, nggak perlu dijeda, tapi paling nggak nunggu sampe meresap sepenuhnya...

      Delete
  3. kepengen beli tp potensi komedogenic nya diatas🥲, apa ga papa kak?
    sama aku mau tanya deh kak, aku masih gapaham maksud fungal acne tu kaya gimana? dan fungal acne tu timbul di area apa, apa sama kaya bruntusan??? atau beda?

    ReplyDelete
  4. Masih tergolong rendah, jadi nggak papa. rutin dibersihkan pakai Micellar Water sudah cukup membantu meminimalisir calon komedo.

    Fungal acne itu gejalanya seperti bruntusan, merah, disertai rasa gatal. Penyebabnya adalah infeksi jamur malasezia. Nah, jika sudah terkena infeksi ini, sebaiknya hindari skincare yang mengandung Fungal acne trigger.
    Kalo nggak ada infeksi Fungal acne, kandungan tersebut bisa diabaikan...

    ReplyDelete
  5. owalahh makasih kak penjelasannya🥰

    ReplyDelete
  6. ini bisa dipake abis exfo ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi sebaiknya kasih jeda dulu minimal 15 menit 😉

      Delete
  7. Kak boleh review white diary niacella moisturizer? Atas review nya, makasih ya kak

    ReplyDelete
  8. ini bisa buat skinbarrier juga ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya bisa, niacinamide juga bagus buat skin barrier karen membantu meningkatkan sintesis ceramide, selain itu ada kandungan ceramide nya juga...😉

      Delete
  9. sama fruit blend nya juga ya kak

    ReplyDelete
  10. mending ini ato g2g yg pink kak?, aku lagi cari moist yg buat skinbarrier tp juga buat mencerahkan dengan budget pelajar, heheheh

    ReplyDelete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏