10 Rekomendasi Sunscreen Lokal Non-Comedogenic Murah Under 50 ribuan!

Sunscreen adalah basic skincare yang wajib dimiliki bagi mereka yang ingin melakukan perawatan kulit secara maksimal. Sebab Sunscreen dapat melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari yang dapat menyebabkan permasalahan kulit seperti kusam, damaged skin barrier, flek hitam, hingga penuaan dini. Namun, bagi mereka yang kulitnya rentan berjerawat dan berkomedo, tentu menemukan Sunscreen yang non-comedogenic adalah semacam "keharusan". 

Apa itu non-comedogenic dan Ingredient apa saja yang bersifat comedogenic?

Non-comedogenic maksudnya adalah produk skincare/Sunscreen tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang berisiko menyebabkan pori-pori tersumbat.
Kulit berjerawat disarankan untuk menghindari bahan-bahan yang bersifat comedogenic, sebab comedogenic Ingredient adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan komedo dan men-trigger jerawat baru. (1)

Berikut adalah kandungan skincare yang bersifat comedogenic/menyumbat pori: yaitu: isopropyl palmitate, isopropyl myristate, butyl stearate, isopropyl isostearate, decyl oleate, isostearyl neopentanoate, isocetyl stearate, myristyl myristate, cocoa butter, cetyl alcohol, paraffin, stearyl alcohol, sodium lauryl sulfate (SLS), and petrolatum. (2) Tapi hey, comedogenic Ingreredient ini hanya berlaku pada produk leave on, Gaes. Jadi, misalnya, SLS yang ada pada produk pembersih tentu tidak menyebabkan komedo.

Well, pada kenyataan nya, tidak hanya kulit berjerawat saja, namun hampir semua orang rata-rata menginginkan produk Sunscreen yang bertekstur ringan, mudah meresap, tidak menyumbat pori-pori, dan kalau bisa harganya murah. Xixixi. 

Oleh sebab itulah, skincapedia ingin membagi informasi tentang daftar Sunscreen lokal non-comedogenic murah di bawah 50 ribuan!
Berikut adalah daftar nya:

Rekomendasi Sunscreen lokal non comedogenic murah.


10 Rekomendasi Sunscreen Lokal Non-Comedogenic Murah under 50 ribuan!

Sunscreen non-comedogenic seharusnya tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyumbat pori-pori. Meskipun demikian, hal yang paling berpengaruh adalah formulasi keseluruhan ingredient yang baru diketahui efeknya setelah kalian mencobanya sendiri. Jadi, selamat mencoba!


1. Azarine Calm My Acne Sunscreen SPF 35 PA+++

Azarine Calm My Acne Sunscreen.
(33k. 40gr)

Sunscreen lokal dari brand azarine ini bahkan sudah menjadi primadona sejak pertama kali kemunculan nya. Sunscreen kimiawi ini direkomendasikan untuk kalian yang berjerawat, karena selain non-comedogenic, Sunscreen ini dilengkapi dengan kandungan aktif  Bakuchiol dan Pionin yang dapat menghambat perkembangan biakan bakteri penyebab jerawat. 

Sunscreen ini bertekstur ringan, lebih ringan daripada variant sebelum nya: Hydrasoothe.  dengan finished Matte dan tidak menyebabkan kulit berminyak. 

Kalian nggak perlu khawatir, brand azarine juga mencantumkan hasil uji lab nya sehingga nilai SPF nya tidak overclaim, yaitu SPF 37,6.


2. Lysca Hydrasmooth Sunscreen Gel SPF 45 PA++++

Lysca Hydrasmooth Sunscreen.
(45k. 50ml)

Tabir Surya lokal satu ini bertekstur gel dan memberi sensasi dingin yang ringan di kulit. Lysca juga telah melakukan tes uji in Vivo dengan nilai SPF sebesar 46,1 lebih besar dari nilai SPF yang dikemasan. Lysca Hydrasmooth adalah Sunscreen Chemical/kimiawi yang diperkaya dengan berbagai ekstrak tumbuhan yang dapat membantu menenangkan kulit.

Sunscreen ini tidak mengandung bahan-bahan yang berpotensi comedogenic sehingga dapat digunakan untuk semua jenis kulit serta aman untuk kulit berjerawat. Sunscreen ini juga tidak alkohol, pewangi, dan Paraben sehingga aman untuk kulit sensitif.


3. Acnes UV Tint SPF 35 PA+++ 

Acnes UV Tint.
(37k.30ml)

Produk keluaran Rohto ini tentu tidak perlu diragukan lagi reputasi nya, Gaes. Jadi jangan khawatir tentang nilai SPF yang overclaim. Tabir Surya dari acnes merupakan Sunscreen hybrid yang dilengkapi dengan agen antibakteri yang dapat melindungi kulit dari infeksi bakteri jerawat. 

Sunscreen acnes juga bebas minyak dan non comedogenic sehingga tidak perlu khawatir dapat menyumbat pori-pori. 

Salah satu kelebihan Acnes UV Tint adalah terdapat 2 variant warna yang dapat disesuaikan menurut warna kulit masing-masing yaitu natural beige untuk kulit sawo matang dan natural green untuk kulit yang cerah.


4. Sariayu Sunscreen Serum SPF 50 PA+++ 

Sariayu Sunscreen.
(48k. 30ml)

Adalah Sunscreen kimiawi dari brand legendaris Indonesia dengan kandungan Natural Hydrating dan Soothing Active yang diklaim memiliki kemampuan 5 in 1 Protection (Broad Spectrum Protection): yaitu mampu melindungi kulit dari UVA, UVB, Blue Light, Infrared, & Pollutant.

Sunscreen Sariayu diformulasikan dengan tekstur ringan mudah meresap, tidak lengket,  tidak meninggalkan whitecast (residu putih), serta tidak menyumbat pori-pori.  Sunscreen ini juga tidak mengandung Alcohol yang menyebabkan kulit menjadi kering.

Menurut official store nya, Sunscreen Sariayu juga telah melakukan uji lab, katanya:  "Ada kak, namun mohon maaf sebelumnya informasi dari Brand uji lab itu bersifat confidential, tidak bisa di share ke umum ya kak karena kebijaksaan perusahaan".

Oke, baiklah!

5. EMINA Sun Battle SPF 50 PA++++ Cica Acne Fighter Sunscreen

Emina Sun Battle Cica Acne fighter.
 (49k. 30ml)

Sunscreen lokal non comedogenic dan murah selanjutnya adalah Emina Sun Battle Cica Acne Fighter Sunscreen, yaitu tabir Surya kimiawi yang diformulasikan untuk kulit berjerawat dengan kombinasi niacinamide dan salicylic acid untuk membantu mengontrol minyak dan sebagai agen anti acne.

Emina juga telah mencantumkan hasil uji lab nya dengan nilai SPF sesungguhnya yaitu 53,6, Gaes, jadi soal Perlindungan kalian nggak perlu khawatir lagi. 

Oiya, produk Emina kali ini tidak mengandung fragrance, lho.


6. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 35 PA+++

Wardah Sunscreen SPF 35.
(31k. 40ml)

Sunscreen Wardah SPF 35 adalah Sunscreen Kimiawi new improved formula dari Wardah SPF 30, namun dengan tekstur yang lebih ringan dan nilai SPF yang lebih tinggi. 

Keunggulan Wardah Sunscreen SPF 35 ini adalah: mengandung 3% Powerful Ingredients yang terdiri dari glutathione, Niacinamide, Vitamin C, dan Moisture-Boost yang dapat merawat kesehatan dan menutrisi kulit.
Formula Sunscreen ini bebas minyak dan bebas alkohol, serta diklaim non comedogenic dan non acnegenic sehingga aman digunakan untuk kulit berminyak dan Berjerawat.

Nilai SPF sesungguhnya berdasarkan hasil uji in Vivo adalah 35,9.


7. Khalisa Essential Brightening UV Skin Oasis Pink Blush SPf 50+ PA++++ 

Khalisa Sunscreen Pink Blush
 (29k. 40gr)

Formula dari Khalisa Essential Brightening UV Skin Oasis ini memiliki tekstur yang ringan tidak lengket yang diperkaya water lily flower extract untuk membantu mencerahkan kulit.  

Sunscreen Hybrid ini tekstur nya berwarna pink blush sehingga juga dapat digunakan sebagai color corrector untuk memberikan efek instan brightening.  Formulanya juga bebas minyak, alkohol, paraben, dan tidak mengandung bahan yang berpotensi menyumbat pori-pori, sehingga aman digunakan untuk kulit berminyak dan Berjerawat.

Khalisa adalah Brand keluaran PT. Rohto Laboratories Indonesia, jadi kalian tidak perlu khawatir mengenai reputasi brand dan nilai SPF yang overclaim. Serta produk ini telah BPOM dan tersertifikasi Halal MUI.


8. Nuface Cover Me Sun Shield Tone Up SPF 30 PA+++

Nuface Tone Up Sunscreen
(26k. 50gr)

Adalah Sunscreen Hybrid sekaligus tone up yang memberi efek cerah secara instan untuk membantu menutupi ketidak sempurnaan warna kulit. Sunscreen lokal ini memiliki tekstur ringan dan mudah meresap. Diformulasikan dengan agen Sunscreen Broad Spectrum yang dapat melindungi kulit dari UVA dan UVB. Serta diperkaya dengan kandungan extract sebagai antioksidan dan menutrisi kulit dan memelihara kesehatan kulit wajah.

Sunscreen Nuface juga tidak mengandung bahan-bahan yang berpotensi menyumbat pori-pori sehingga aman untuk kulit yang rentan berjerawat.

Di official store nya juga telah mencantumkan nilai SPF sesungguhnya berdasarkan uji lab yaitu: 32,1.


9. Amaterasun  UV Sunscreen Cream SPF 50+ PA++++ 

Amaterasun Sunscreen Cream.
(49k. 50ml)

Amaterasun adalah sister brand-nya Somethinc, Gaes. Sunscreen kimiawi ini dirancang  untuk kulit normal dan kering. Meskipun demikian, Sunscreen ini tidak mengandung bahan comedogenic sehingga aman digunakan untuk kulit berjerawat. 

Sunscreen ini diformulasikan dengan Intelligent DNA Guardian™ (by AMATERASUN) yang melindungi kerusakan DNA pada kulit dari paparan sinar UVA, UVB, Bluelight, Infrared, polusi dan Radikal bebas. Sunscreen ini diklaim memiliki tekstur super cair, tidak lengket, tidak meninggalkan white cast, tidak pilling, dan tidak meninggalkan residu atau stain.

Sunscreen ini juga telah melakukan uji in Vivo dengan dan hasil uji lab nya adalah 50,3.


10. OMG UV Barrier Sunscreen SPF 50 PA++++

OMG UV Barrier Sunscreen.
(22k. 25ml)
Sunscreen lokal non-comedogenic murah yang terakhir adalah dari brand OMG. Yaitu sunscreen kimiawi yang dapat memberikan perlindungan terhadap sinar UV dengan SPF50 PA++++. Mengandung Peach Extract dan Serum VIT B3 + C + E yang dapat menutrisi dan melindungi kulit.  

Salah satu keunggulan Sunscreen OMG adalah memberi Efek cerah instan sejak pemakaian pertama yang diklaim kecerahan meningkat +6% setelah pemakaian. 

Sunscreen lokal satu ini bertekstur ringan, mudah meresap, dan memiliki efek instan Brightening, namun tidak white cast. Selain  itu juga tidak mengandung bahan yang dapat menyumbat pori-pori sehingga aman digunakan untuk kulit berjerawat. 

Untuk nilai SPF sesungguhnya berdasarkan uji in Vivo adalah 55,4, sehingga kalian tidak perlu khawatir mengenai nilai SPF palsu.

Sunscreen OMG selain murah, sudah BPOM juga telah tersertifikasi halal MUI.


Demikian Sunscreen Lokal Non comedogenic murah yang dapat skincapedia kumpulkan. Namun perlu diingat bahwa pori-pori yang tersumbat tidak hanya berasal dari bahan comedogenic yang terdapat pada produk skincare/Sunscreen, tapi faktanya, komedo dapat berasal dari kulit kita sendiri, Gaes. Jadi, untuk meminimalisir penumpukan calon komedo, sebaiknya lakukan juga rutinitas skincare lain seperti double cleanse atau exfolliasi secara berkala. Semoga membantu 🙏


Sumber referensi:

  • Comedogenicity in rabbit: some cosmetic ingredients/vehicles. Shawn H Nguyen et al. Cutan Ocul Toxicol. 2007.
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5947266/


Post a Comment

2 Comments

  1. Jdi utk kulit normal to oily dan mudah berjerawat bagusnya pake ss azarine yg cica calm my acne apa yg hydrashote ya kak?

    ReplyDelete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏