Cek Ingredients EMINA Sun Battle SPF 50 PA++++ Cica Acne Fighter Sunscreen

Wow. Emina hadir lagi dengan Sunscreen terbaru nya yaitu EMINA Sun Battle SPF 50 PA++++ Cica Acne Fighter Sunscreen. Tabir Surya ini diformulasikan khusus untuk kulit acne prone dengan tekstur yang ringan serta mudah  meresap untuk melindungi kulit acne prone kalian dari paparan sinar matahari dan UV. Diperkaya  dengan kandungan niacinamide, salicylic acid, dan ekstrak cica yang membantu merawat kulit acne prone dan membantu mengontrol minyak berlebih.

Sunscreen kimiawi ini cocok untuk kalian yang suka beraktivitas outdoor maupun penggunaan sehari-hari.




Penjelasan Ingredients Emina Sun Battle SPF 50 PA++++Cica Acne Fighter Sunscreen 

Ingredient: Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Niacinamide, Butylene Glycol, Octocrylene, Phenoxyethanol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Aminomethyl Propanol, Cetearyl Olivate, Bis-ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Chlorphenesin, Allantoin, Salicylic Acid, Lecithin, Sorbitan Olivate, Xanthan Gum, Centella Asiatica Extract, Propylene Glycol, Polygonum Cuspidatum Root Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Glycerin, Camellia Sinensis Leaf Extract, Dipropylene Glycol, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Mentha Piperita Leaf Extract, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Polysorbate 60, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract, BHT, Tetrasodium EDTA, Pottasium Sorbate, Sodium Benzoate




Key Ingredients 

Niacinamide,  

Vitamin B3. Skin brightening. Antioksidan. Memicu sintesis ceramide. Sebum regulator. Anti inflamasi. Anti acne. Juga bisa melindungi kulit dari efek buruk radiasi UV dan bluelight dengan cara memperkuat pertahanan kulit supaya kulit bisa melindungi dirinya sendiri. Usage rate: 0,2-10%. 

Allantoin, 

Senyawa natural yang diperoleh dari tanaman Comfrey, memiliki kemampuan skin Soothing, anti inflamatory, dan membantu proses pemulihan luka.

Salicylic Acid, 

Adalah bahan aktif yang berfungsi sebagai anti bakteria, anti inflamasi dan membantu mengontrol produksi minyak. Populer sebagai bahan aktif dalam produk anti acne dan produk Exfolliasi.

Centella Asiatica Extract, 

Ekstrak cica. Mengandung senyawa aktif  madecassoside: membantu proses pemulihan luka dan sintetis kolagen. Asiaticoside: anti acne, antiinflamasi, antioksidan, anti mikroba, menstimulasi kolagen. Madecassic acid: menstimulasi NMF (natural moisturizing faktor) dan hyaluronic acid sehingga meningkatkan level kelembapan kulit.

Polygonum Cuspidatum Root Extract, 

adalah ekstrak akar tumbuhan Polygonum cuspidatum, yang juga dikenal sebagai Japanese Knotweed. Ini sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena mengandung resveratrol, sejenis antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan lingkungan.

Scutellaria Baicalensis Root Extract,

ekstrak  Skullcap memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, dan dapat digunakan dalam produk perawatan kulit untuk meredakan peradangan dan merawat kulit.

Camellia Sinensis Leaf Extract, 

Ekstrak greentea mengandung polifenol dan katekin, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas, mengurangi peradangan, dan memberikan manfaat anti-penuaan.

Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract,

ekstrak  licorice memiliki sifat antiinflamasi dan pemutihan kulit alami, dan sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mengatasi hiperpigmentasi dan meredakan kulit sensitif.

 Mentha Piperita Leaf Extract, 

ekstrak daun peppermint sering digunakan untuk memberikan sensasi segar dan menenangkan pada kulit, serta memiliki sifat antibakteri.

Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract,

ekstrak chamomile dikenal karena sifatnya yang menenangkan. Ekstrak ini sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk meredakan peradangan dan mengurangi iritasi.

Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract,

ekstrak daun rosemary mengandung antioksidan dan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan lingkungan serta memberikan manfaat anti-penuaan.




Agen Sunscreen 

Ethylhexyl Methoxycinnamate, 

UVB absorber. Sunscreen kimiawi. Ringan dan mudah diformulasikan. Tidak foto stabil/berkurang nilai SPF nya 10% setelah terpapar sinar matahari langsung selama 35 menit.

Butyl Methoxydibenzoylmethane.

A.k.a Avobenzone. Merupakan agen sunscreen kimiawi yang juga paling banyak digunakan. Menyerap Sinar UVA I dan UVA ll. Tidak photo-stable (berkurang 36% dalam waktu 1 jam pemakaian).

Octocrylene.

Sunscreen kimiawi. Melindungi dari UVB dan UVA II. Cukup photo-stable (hanya berkurang 10% dalam 95 menit pemakaian). Dapat membantu menstabilkan agen sunscreen lain seperti Avobenzone. Juga meningkatkan efek water-resistant agar perlindungan tidak mudah luntur karena keringat.

Bis-ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine

A.ka. Tinosorb S. Merupakan agen sunscreen gernerasi baru. Broad spectrum (menyerap sinar UVB dan UVA I dan ll). Very photo stable. Cukup aman dipakai karena tidak mempengaruhi aktivitas hormon estrogen. Usage rate: 1-10%. Usually 3%. (1)




Bahan pelengkap 

  • Aqua,  
  • Butylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan.
  •  Phenoxyethanol. Pengawet dengan konsentrasi maksimum 1%.
  • Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer. Pengental sintetis . 
  • Aminomethyl Propanol. pH adjuster. Bersifat basa. 
  • Cetearyl Olivate. Berbahan dasar cetearyl alcohol dan asam lemak yang berasal dari minyak zaitun. Bekerja sebagai Emollient sekaligus natural emulsifier/pengemulsi alami. Bahan ini bersifat Hypoallergenic, gentle, dan aman untuk kulit sensitif. 
  • Chlorphenesin. Pengawet. 
  • Lecithin. Pengemulsi. Emollient. Membantu penyerapan bahan aktif. 
  • Sorbitan Olivate. Pengemulsi yang terbuat dari sorbitol (natural sugar alcohol) dan minyak zaitun. Bahan ini biodegradable, non-toxic dan non-irritant. 
  • Xanthan Gum, pengental alami 
  • Propylene Glycol, pelarut. Penetration enhancer. Humektan 
  • Glycerin. Pelarut. Skin identical. Humektan
  • Dipropylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan.
  •  Polysorbate 60. Pengemulsi. 
  • BHT. Antioksidan sintetis untuk melindungi formula agar tidak mudah teroksidasi. 
  • Tetrasodium EDTA. Chelating agen untuk menetralisir ion logam agar tidak menggangu kestabilan formula.
  •  Pottasium Sorbate. Pengawet.
  •  Sodium Benzoate. Pengawet



Kesimpulan 

✔️EMINA Sun Battle SPF 50 PA++++ Cica Acne Fighter Sunscreen adalah Sunscreen kimiawi yang mengandung 4 agen sunscreen yang cukup foto stabil.

✔️ Memiliki perlindungan SPF 50 (yaitu melindungi kulit dari UVB hingga 98%) dan PA++++ (melindungi kulit dari UVA >16x lebih lama daripada tidak memakai Sunscreen). 

Kabar baiknya, Emina sun Battle Cica Acne fighter ini sudah mencantumkan hasil uji in Vivo di official store nya, dan hasilnya adalah SPF 53,6 💪🏿. Dan bisa dipastikan nilai SPF nya tidak overclaim, sehingga kalian tidak perlu khawatir.

✔️Mengandung oil control: niacinamide, salicylic acid. 

Kandungan salicylic acid nya di bawah phenoxyethanol, jadi kemungkinan kadar nya di bawah 1%. Sehingga, Sunscreen ini kemungkinan bisa dilayer dengan produk skincare lain yang mengandung salicylic acid dengan kadar sedikit/gentle. Namun, sebaiknya hindari penggunaan produk skincare dengan salicylic acid konsentrasi 2% secara bersamaan, untuk menghidrasi efek samping yang tidak diinginkan. 

✔️ Sunscreen ini juga diperkaya dengan kandungan allantoin, Centella Asiatica, dan ekstrak tanaman lainya yang bermanfaat sebagai antiinflamasi dan Soothing.

✔️ Menurut beberapa pengguna di shopee, tekstur Sunscreen ini light, mudah meresap, tidak White cast, tidak abu-abu, tidak pilling, dan tidak menyebabkan perih di mata. 

Jika dilihat sekilas, tekstur Emina Sun Battle Cica Acne fighter berupa gel-cream yang ringan.

✔️No Alcohol

✔️No fragrance (tumbeen.... produk emina tidak mengandung parfum, biasanya ada)👍

✔️No Paraben
✔️No Essential Oil

✔️No Silicone (FYI: Silicone itu aman ya, Gaes. Namun, ada beberapa di antara kita yang tidak terlalu suka dengan kandungan Silicone)

✔️Oil free. Non comedogenic

❗Nggak Fungal acne safe. Ada cetearyl olivate, sorbitan olivate, dan polysorbate. Mereka adalah Ester yang mengandung asam lemak rantai panjang. Dan asam lemak jenis ini sangat disukai jamur malasezia.

✔️Sunsceen Emina Cica Acne fighter Ideal untuk kulit berminyak dan acne prone.

❗Kurang sesuai untuk ibu hamil, karena mengandung agen Sunscreen kimiawi yang dikhawatirkan dapat menggangu aktivitas hormon. Sebaiknya konsultasi dulu ke dokter ahli.

✔️Produk skincare lokal. Sudah BPOM. Halal

✔️Cek harga? 50k. 30ml



Sumber referensi:

  • Chatelain, Eric, and Bernard Gabard. "Photostabilization of Butyl methoxydibenzoylmethane (Avobenzone) and Ethylhexyl methoxycinnamate by Bis‐ethylhexyloxyphenol methoxyphenyl triazine (Tinosorb S), a New UV Broadband Filter." Photochemistry and Photobiology 74.3 (2001): 401-406.

Post a Comment

11 Comments

  1. Kak, ini kan ada salicylic acid (BHA) nya, boleh kah di apply di kelopak mata?

    ReplyDelete
  2. Seharusnya aman, 😉
    Tapi kalo bikin perih2 sebaiknya hindari di area mata...

    ReplyDelete
  3. kak emina yg satu lagi sama kaya ini cma aku lupa nama variannya, itu dia comedogenic ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ceramide ya?
      Aq belum nemu Ingreredient nya, jadi belum tahu, komedogenik atau enggak...🙏

      Delete
  4. kak ini kan ada niacinamidenya dan ada di list paling atas abis agent sunscreennha itu klo dibareng serum niacibamide boleh ga sih kak?

    ReplyDelete
  5. Kayaknya gpp sih, asal nggak sensitif

    ReplyDelete
  6. Kak review varian yg satunya dong yg hydraburst

    ReplyDelete
    Replies
    1. Next time kalo udah ketemu Ingredients list nya

      Delete
  7. bisa di barengi pake serum vitamin c ga?

    ReplyDelete
  8. Iya, insyaallah aman...
    Yang penting Vit C derivatif...
    Karena salicylic acid di Sunscreen ini termasuk gentle ..

    ReplyDelete
  9. Kk klo abis make facial wash scora yg Salicylic acid lalu lngsung make sunscreen emina ini ggp kk?

    ReplyDelete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏