Cek Ingredient Atrue Origin Safe Mild Sunblock SPF 50+ PA++++

Atrue Origin Safe Mild Sunblock SPF 50+ PA++++ adalah Sunblock tipe physical/mineral Sunscreen dengan perlindungan Broadspectrum terhadap UVA dan B.  Dengan Tekstur ringan dan tidak pekat dan sangat cocok untuk semua jenis kulit dengan hasil akhir matte finish. Diperkaya dengan kandungan Centella Asiatica, Heartleaf, Vit E yang membantu menutrisi, mengurangi sensitivitas, dan melembabkan kulit. Diformulasikan tanpa alkohol, Paraben, dan pewangi buatan, Sunscreen fisik juga dinilai lebih aman digunakan untuk bumil dan busui.


Klaim produk:

  1. Protects skin against UV rays with a powerful blocking.
  2. Unsteady formula gently smoothes and brightens skin tone.
  3. Contains Cica-Recovery Complex to soothe sensitive skin
  4. Obtained Excellent rating from DermaTest, Germany
  5. it is a safe cosmetics formally certified by The Vegan Society.
  6.  Paraben free, sulfate free, EU allergen free, alcohol free



Penjelasan Ingredients Atrue Origin Safe Mild Sunblock SPF 50+ PA++++

Ingredients overview
Water, Cyclomethicone, Zinc Oxide, Titanium Dioxide, Propanediol, Polyglyceryl-3 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Dibutyl Adipate, Caprylyl Methicone, 1,2-Hexanediol, Disteardimonium Hectorite, Magnesium Sulfate, Undecane, Hydrogen Dimethicone, Trehalose, Aluminum Hydroxide, Salvia Hispanica Seed Extract, C30-45 Alkyl Cetearyl Dimethicone Crosspolymer, Centella Asiatica Extract, Houttuynia Cordata Extract, Polyglyceryl-2 Dipolyhydroxystearate, Tridecane, Styrene/Acrylates Copolymer, Stearic Acid, Helianthus Annuus Seed Oil, Citrus Aurantium Bergamia Fruit Oil, Fructooligosaccharides, Saccharide Hydrolysate, Pentylene Glycol, Pullulan, Ethylhexylglycerin, Octyldodecanol, Pelargonium Graveolens Flower Oil, Rosa Damascena Flower Oil, Butylene Glycol, Echium Plantagineum Seed Oil, Cardiospermum Halicacabum Flower/Leaf/Vine Extract, Helianthus Annuus Seed Oil Unsaponifiables, Tocopherol. 

*(Ingredient list diambil dari situs incidekoder)




Key Ingredients 

Trehalose, 

Sejenis gula alami yang bisa ditemukan pada tanaman. Memiliki kemampuan water-binding yang dapat menahan kelembapan kulit lebih lama. Salah satu tanaman yang mengandung trehalose adalah kaktus. Usage rate: 1-3%

Salvia Hispanica Seed Extract, 

A.k.a ekstrak Chia seed. Mengandung  Antioksidan. Bersifat Anti inflamasi dan Skin Soothing. Memiliki properti skin moisturizing dan efek Anti aging.

Centella Asiatica Extract, 

Ekstrak cica. Mengandung senyawa aktif  madecassoside: membantu proses pemulihan luka dan sintetis kolagen. Asiaticoside: anti acne, antiinflamasi, antioksidan, anti mikroba, menstimulasi kolagen. Madecassic acid: menstimulasi NMF (natural moisturizing faktor) dan hyaluronic acid sehingga meningkatkan level kelembapan kulit

Houttuynia Cordata Extract, 

Ekstrak heart leaf. Mengandung senyawa antioksidan quercetin, quercitrin, hyperoside, dan rutin. Yang memiliki properti anti-inflammatory, antioxidant, dan antibacterial.
Houttuynia cordata extract juga mengandung polysaccharides yang baik untuk menghidrasi kulit dan menjaga keseimbangan skin Microbiome serta mendukung fungsi skin barrier.

Helianthus Annuus Seed Oil, 

Sunflower oil. Mengandung tinggi linoleic acid, sebagai anti inflamasi dan membantu kulit mensintesis lipids dan ceramide sehingga dapat memperbaiki dan menguatkan skin-barrier.

Fructooligosaccharides,  

Merupakan jenis prebiotik, yaitu bahan yang bisa jadi makanan untuk bakteri baik (probiotik) yang terdapat di kulit kita agar berkembang biak Secara optimal. Berbahan dasar gula dan karbohydrate yang berfungsi sebagai agen Hydrator. Usage rate: 1-3%

Mengandung 3x Essential Oil 

  • Citrus Aurantium Bergamia Fruit Oil, (Bergamot Essential Oil)
  • Pelargonium Graveolens Flower Oil (Geranium Essential Oil)
  • Rosa Damascena Flower Oil (Rose Essential Oil)

Hampir semua Essential oil memiliki properti yang sama yaitu: anti bakteri, anti fungi, anti inflamasi, dan mengandung senyawa natural fragrance, seperti: limonene, linalool, citronellol, citral, geraniol, hexyl cinnamal, dll. Hanya saja kadar masing-masing berbeda-beda. Komponen ini juga memiliki kemampuan lain seperti: penetration enhancer, astringent, dan sebagian dapat menstimulasi microsirkulasi.

Echium Plantagineum Seed Oil, 

Minyak biji echium Kaya akan asam lemak linoleic acid dan phospolipid yang baik untuk menutrisi dan melindungi skin Barrier. Selain itu juga mengandung antioksidan Vit E dan caffeic acid yang membantu menetralisir radikal bebas dan melindungi kulit dari UV.

Cardiospermum Halicacabum Flower/Leaf/Vine Extract, 

Ekstrak baloon plant. Mengandung antioksidan, phytosterol, dan triterpenes yang berfungsi sebagai anti inflamasi, mengurangi kemerahan, gatal dan alergi.

Helianthus Annuus Seed Oil Unsaponifiables,

Mengandung tinggi linoleic acid, sebagai anti inflamasi dan membantu kulit mensintesis lipids dan ceramide sehingga dapat memperbaiki dan menguatkan skin-barrier. 

Tocopherol

Vit E. Antioksidan. Skin moisturizing. Membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB.



Agen Sunscreen 

  • Zinc Oxide,
  • Titanium Dioxide,
Mereka berdua adalah agen Sunscreen fisik. Juga dikenal sebagai mineral/anorganik Sunscreen sehingga membuatnya tidak mudah difomulasikan karena cenderung mengendap/menggumpal, tidak cosmetically ellegant dan kadangkala menimbulkan white cast.

Tapi sebenarnya mereka memiliki banyak keunggulan, diantaranya:

  • aman karena tidak terserap ke dalam kulit dan mengganggu hormon.
  • Broad Spectrum (memantulkan UVB dan UVA sekaligus).
  • Foto stabil, artinya tidak mudah rusak jika terpapar sinar matahari langsung.
  • Memiliki properti Oil-absorbent dan anti inflamasi sehingga ramah untuk kulit berminyak dan berjerawat.
  • Aman untuk anak-anak dan ibu hamil





Bahan pelengkap 

  • Water
  • Cyclomethicone. Silikon volatil (sifatnya cepat menguap) Emollient dan pelicin. Membantu agen sunscreen agar menyatu dalam formula. Propanediol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan.
  • Polyglyceryl-3 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone. Silikon. Berfungsi sebagai pengemulsi khususnya untuk membantu agen Sunscreen supaya menyatu dalam formula, mudah diratakan/diaplikasikan dan tidak menggumpal (istilahnya UV-filter dispersant) 
  • Dibutyl Adipate. Emollient. Pelarut. Membantu formula agar mudah diratakan (slip agent), membantu agen Sunscreen agar menyatu dalam formula.
  • Caprylyl Methicone. Silikon voaltil (mudah menguap), Emollient, slip agent, membantu menciptakan formula yang cosmetically ellegant, non-greasy, dan non-tacky.
  • 1,2-Hexanediol. Pelarut. Preservatives. Humektan. Usage rate: 0,1-3%. 
  • Disteardimonium Hectorite. Bentuk derivat dari hectorite clay. Bekerja sebagai thickener/menambah kekentalan formula. Membantu menstabilkan formula. Menciptakan formula yang ringan dan terasa halus di kulit. Serta memberi efek water-resistance.
  • Magnesium Sulfate. Mineral thickener/menambah Kekentalan formula. Sekaligus penstabil emulsi. 
  • Undecane. Emollient. 
  • Hydrogen Dimethicone. Sejenis silikon yang bekerja sebagai pigment-bonding agent. Membantu agen Sunscreen fisik seperti titanium dioxide/Zinc oxide untuk memaksimalkan proteksi terhadap UV sekaligus meminimalisir efek white-cast. Membuat tekstur tetap stabil dan "stay" di kulit. Karena bahan ini memiliki properti chemical stability with no irritation. 
  • Aluminum Hydroxide.Opacifying agent (menutup warna agar tidak transparan). Emollient, humektan, dan membantu menstabilkan titanium dioxide. 
  • C30-45 Alkyl Cetearyl Dimethicone Crosspolymer.Silikon yang berfungsi sebagai Emollient. 
  • Polyglyceryl-2 Dipolyhydroxystearate. Pengemulsi dan agen dispersant (membantu agen Sunscreen fisik supaya mudah menyebar dan tidak mengendap/menggumpal/crumpling) . 
  • Tridecane. Emollient sebagai alternatif  silicone. Bisa berasal dari natural maupun sintetis. Usage rate: 2-10%. 
  • Styrene/Acrylates Copolymer.  Merupakan rantai polimer yang terdiri dari styrene dan acrylates. Berfungsi sebagai film former, yaitu: Menciptakan lapisan (film) di permukaan kulit, dia memiliki kapasitas water-binding yang membantu mengentalkan formula dan membantu kulit tampak lebih lembap. Selain itu, juga Membantu menciptakan efek water-resistance pada Sunscreen. Juga merupakan SPF booster. 1% styrene/acrylates Copolymer dapat meningkatkan nilai SPF sebesar 11-18%. 
  • Stearic Acid. Asam lemak. Emollient. Menambah kekentalan formula sekaligus penstabil emulsi.
  • Saccharide Hydrolysate. Humektan 
  • Pentylene Glycol. Pelarut. Preservatives booster. Humektan. 
  • Pullulan. Adalah polimer polisakarida yang terbuat dari jamur/fungus via fermentasi. Sifatnya larut dalam air. Berfungsi menciptakan lapisan/film yang tipis, elastis, sekaligus dapat menyerap kelembapan. Jika diaplikasikan ke kulit, akan memiliki efek instant tightening (kulit terasa kencang seketika). Bahan ini juga digunakan sebagai thickener/pengental dengan efek silicone-like.   
  • Ethylhexylglycerin. Preservatives booster. Humektan. Usage rate: 0,3-1%.
  • Octyldodecanol. Pelarut. Emollient. 
  • Butylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan.




Kesimpulan 

✔️Atrue Origin Safe Mild Sunblock adalah 100% Sunscreen Fisik dengan 2 agen Sunscreen foto stabil.

✔️ Memiliki kemampuan perlindungan SPF 50+ (melindungi kulit dari UVB hingga 98%) dan PA++++ (melindungi kulit dari UVA >16x lebih lama daripada tidak memakai Sunscreen)

✔️ Diperkaya dengan 11 key Ingredients yang membantu merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

✔️mengandung 2 ingredients yang membantu menciptakan efek water resistance: disteardimonium Hectorite, Styrene/Acrylates Copolymer

✔️No alcohol
✔️No fragrance. Aroma wangi kemungkinan berasal dari kandungan Essential Oil.

✔️No Paraben

✔️Nggak oil free. Ada sunflower dan echium seed oil yang baik untuk skin barrier.

Mengandung potensi komedogenik rendah

  • Zinc oxide (1)
  • Sunflower oil (2)
  • Stearic acid (2)
❗Nggak Fungal acne safe. Ada stearic acid, sunflower oil, echium oil. Peringatan ini khusus untuk kulit yang terinfeksi Fungal acne.

✔️Ideal untuk semua tipe kulit. Diklaim aman untuk kulit sensitif. 

❗Mengandung 3 Essential Oil. Khusus untuk kulit yang memiliki riwayat alergi terhadap Essential Oil, harap di test patch dulu.

✔️Secara umum tidak mengandung bahan yang perlu diwaspadai bumil busui.

✔️Made in Korea. Belum ketemu no. BPOM nya 🙏. Diklaim bersertifikat Vegan (jadi insyaallah halal)

✔️PAO: 12M

✔️Cek harga? 150-200k. 50ml. (Tergantung lapaknya)

Atrue Origin Safe Mild Sunblock SPF 50+ PA++++. Sumber: Incidekoder 


Post a Comment

0 Comments