Cek Ingredients Elformula VITAC serum in moisturizer

Elformula VITAC serum in moisturizer merupakan produk 2in1 yang termasuk dalam rangkaian elformula sun damage dengan fokus utama: melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari untuk mencegah penuaan dini dan mengurangi  kerusakan kulit akibat sinar matahari. Diformulasikan dengan vitamin C, BSASM, Argireline, bakuchiol, astaxanthin yang membantu menutrisi, melindungi, serta mencegah tanda-tanda penuaan dini

Dirancang dengan Tekstur unik, serum sekaligus Moisturizer sehingga tidak perlu menggunakan serum lagi.

Klaim produk:

  • Dapat digunakan untuk usia mulai 14 tahun 
  • Dapat digunakan untuk semua jenis kulit
  • Dapat Dapat digunakan untuk ibu hamil/menyusui (dalam kondisi normal)

Elformula VitaC Serum in Moisturizer. Sumber: shopee



Penjelasan Ingredients Elformula VitaC Serum in Moisturizer 

Ingredients: Aqua, prunus persica (peach) fruit extract, aloebarbadensis leaf extract, glyserine, nephelium lappaceum branch/fruit/leaf extract, arginine, hydrogenated lecithin, sodium polyacrylate starch, sodium polyacrylate, hydroxyacetophenone, 1,2 hexanediol, 3-0- ethyl ascorbic acid, panthenol, allantoin, Glutathione, ceramide 1, ceramide 2, ceramide 3, acetyl hexapeptide-8, palmitoyl pentapeptide 4, nonapeptide-1, astaxanthin, Bakuchiol, psoralea corylifolia fruit extract, sodium hyaluronate, Centella Asiatica leaf extract, polygonum cuspidatum root extract, Camelia sinensis leaf extract, scutellaria baicalensis root extract, glycyrrhiza Glabra Licorice root extract, Chamomile Recutita flower extract, rosmarinus officinalis leaf extract




Key Ingredients 

prunus persica (peach) fruit extract,

Ekstrak buah peach. Mengandung tinggi antioksidan, Vit B complex, A, C dan Lycopene. Membantu meratakan warna kulit. Menetralisir radikal bebas, serta menutrisi kulit.

aloebarbadensis leaf extract, 

Great Moisturizer. Mengandung vitamin, antioksidan, enzim dan mineral. Menenangkan, melembapkan dan menyejukkan kulit. Membantu proses pemulihan luka.

nephelium lappaceum branch/fruit/leaf extract, ,

Ekstrak batang/buah/daun rambutan. A.k.a Nephoria ™. Merupakan alternatif retinol, yang bekerja dengan cara menstimulasi kolagen, elastin, dan meningkatkan elastisitas kulit, serta mengurangi kerutan.

arginine

Merupakan asam amino semi Essential. Dan skin identical Ingredients. Senyawa ini secara alami juga dapat ditemukan pada biji labu, daging, susu, dll. Arginin memiliki 3 manfaat utama, yaitu: powerful antioksidan, humektan, dan collagen booster. Selain itu dapat membantu mengurangi efek tingling sensation dari lactic acid.

3-0- ethyl ascorbic acid

Antioksidan, Skin brightening, collagen booster. Salah satu jenis Vit C derivatif paling efektif dan stabil pada pH level 4-5,5 (mendekati pH kulit, sehingga tidak mengiritasi). Bisa larut air maupun minyak yang membuatnya bisa penetrasi lebih dalam ke kulit.  Menurut penelitian ethyl ascorbic acid bisa dikonversi menjadi pure Vit C hingga 80%, lebih banyak dari derifat Vit C lainya.

panthenol, 

Pro vit B5. melembapkan kulit dengan cara membantu kulit memproduksi lipids yang penting untuk kekuatan dan kesehatan mantel kulit. Sebagai agen antiinflamasi dan skin-protecting yang dapat mengurangi iritasi yang disebabkan ingredients lain. Serta membantu proses pemulihan luka.

allantoin,

Senyawa natural yang diperoleh dari tanaman Comfrey. Memiliki properti skin Soothing, anti inflamatory, dan membantu proses pemulihan luka.

Glutathione, 

Merupakan tripeptide alias gabungan 3 asam amino yaitu glutamic acid, glycine, dan cysteine. Berfungsi sebagai skin-restore (mengembalikan vitalitas kulit/ memperbaiki kerusakan kulit). Juga dikenal sebagai "mother" nya antioksidan sekaligus bahan pencerah alami.

Mengandung 3x ceramide

  • ceramide 1,
  • ceramide 2,
  • ceramide 3,
Ceramide dalam kulit itu seperti 'glue' atau perekat yang menjaga keutuhan 'barrier' system. Ibarat seperti 'mortar' diantara tumpukan batu-bata yang menjadikan nya tembok yang kokoh. Fungsi nya adalah: mengunci kelembapan (mencegah TeWL ) serta melindungi kulit dari irritant, pollutant, dan infektant, sekaligus melindungi kulit dari hawa dingin atau ruangan ber-AC.

acetyl hexapeptide-8, 

a.k.a Argireline. Juga memiliki "botox-like-effect". Diklaim mampu menarget kerutan pada smile line (kerutan di sekitar garis mulut) dan crow's feet (kerutan di sekitar mata)
Menurut uji in-vivo 10% Argireline diaplikasikan di sekitar mata selama 15 hari. Hasilnya kerutan berkurang 17%. Argireline juga meningkatkan level kelembapan kulit secara signifikan.

palmitoyl pentapeptide 4,

a.k.a Matrixyl. Merupakan rantai protein yang terdiri dari 4 asam amino peptide. Merupakan cell-comunicator Ingredients. Tugasnya "membujuk" sel kulit agar mau memproduksi kolagen. Bahan ini diklaim memiliki efek seperti retinol tapi tanpa iritasi. Menurut riset yang dilakukan manufaktur-nya Matrixyl efektif mengurangi garis halus dan menunda terbentuknya kerutan walau pada konsentrasi rendah.

nonapeptide-1, 

A.k.a SpecPed™ N1P adalah peptide yang berfungsi mencegah sintetis melanin dengan cara mencegah aktivasi enzim tyrosinase. Sehingga dapat mencegah Pigmentasi yang tidak diinginkan.

astaxanthin, 

Adalah senyawa carotenoid (zat berwarna merah menyala) yang secara alami dapat ditemukan pada salmon, lobster, udang, algae, dan makhluk laut lainya.
Merupakan antioksidan potensial yang jauh lebih powerful daripada Vit C dan Vit E.
Memiliki kemampuan melindungi kulit dari oxidatif damage, inflamasi, anti aging, sekaligus mencegah hiperpigmentasi kulit.

bakuchiol,

Merupakan senyawa antioksidan dan antiaging yang di-extracts dari tanaman psoralea corylifolia a.k.a babchi. Bakuchiol adalah alternatif retinol yang lebih alami, aman, dan tanpa efek samping. Bakuchiol memiliki efek anti aging yaitu dengan memicu sintetis kolagen tipe 1,3 dan 4. Menghambat enzim MMP (yaitu, enzim jahat yang dapat merusak jaringan kolagen).

psoralea corylifolia fruit extract, 

a.k.a babchi. Merupakan tanaman herbal Ayurveda karena kemampuan healing effect nya. Juga bermanfaat membantu mengurangi pigmentasi. Mengandung senyawa bakuchiol yang digadang-gadang sebagai alternatif retinol yang aman dan tanpa efek samping.

sodium hyaluronate, 

Bentuk garam dari hyaluronic acid. Memiliki Memiliki ukuran molekul yang besar (High molecular weight). Memiliki kemampuan water binding 1000x lipat berat molekul nya sendiri. Bekerja di permukaan dan membentuk lapisan protective barrier yang melindungi kulit, mencegah dehidrasi, dan baik untuk skin barrier.

Mengandung BSASM ™

  • Centella Asiatica leaf extract,
  • polygonum cuspidatum root extract,
  • Camelia sinensis leaf extract,
  • scutellaria baicalensis root extract,
  • glycyrrhiza Glabra Licorice root extract, 
  • Chamomile Recutita flower extract,
  • rosmarinus officinalis leaf extract

Ke-7 botanical extract ini sudah dipatenkan dengan trade name: MultiEx BSASM ™ atau BSASM saja. Memiliki kemampuan Antioksidan, anti inflamasi, skin Soothing, dan skin moisturizing




Bahan pelengkap 

  • Aqua,
  •  glyserine. Pelarut. Skin identical. Humektan. 
  • hydrogenated lecithin. Pengemulsi, Emollient. Membantu penyerapan bahan aktif/Active Carrier. Humektan. 
  • sodium polyacrylate starch.  Tekstur  enhancer, pengental, penstabil emulsi. 
  • sodium polyacrylate. Biasanya hanya ditulis sebagai "Pengental sintetis". Sesungguhnya dia adalah super absorbent polymer. Yaitu polimer yang bisa menyerap air 100-1000 kali masanya sendiri. Tahu pempers/pembalut kan? di dalamnya ada gel yang bisa menampung air? Naa..gel nya itu terbuat dari sodium polyacrylate, Gaes. Dalam bidang kosmetik, dia berperan mengubah air yang encer itu menjadi bertekstur gel yang kentel. Istilahnya adalah "waterlock" = mengunci air. Biar airnya nggak meluber kemana-mana. Dan tentu saja konsentrasi nya di sini nggak sama dengan yang di pempers dong. Ya kali😆. Dalam skincare paling-paling hanya pakai sekitar 0.3–1.4% tergantung  konsistensi yang diinginkan. Bahan ini dinilai non irritant dan non toxic. Ukuran molekul nya besar dan tidak bisa menembus skin barrier kita. Nggak cuma di Pampers atau skincare, sodium polyacrylate bahkan digunakan sebagai bahan food additif dalam formula ice Cream, juice drink, etc.  
  •  hydroxyacetophenone. Antioksidan untuk melindungi formula agar tidak mudah teroksidasi. Skin Soothing. 
  • 1,2 hexanediol. Pelarut. Preservatives. Humektan.





Kesimpulan 

✔️Elformula VitaC Serum in Moisturizer mengandung 19 key Ingredients yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini.

✔️Kombinasi yang baik untuk anti aging: ekstrak rambutan, arginine, Argireline, matrixyl, bakuchiol, astaxanthin, Babchi

✔️Kombinasi yang baik untuk skin Brightening: ekstrak peach, Vit C, glutathione, nonapeptide-1

✔️aloevera, Panthenol, 3x ceramide, sodium hyaluronate membantu melembabkan dan melindungi skin barrier.

✔️ Allantoin, BSASM sebagai Antiinflamasi dan membantu menenangkan kulit.

✔️Key Ingredients nya, mirip dengan varian sunscreen nya, Gaes.

✔️Bahan pelengkap nya sangat Simple.

✔️ Tekstur nya bening agak cair tapi sekaligus agak kental. Moisturizer yang sifatnya humektan lebih ideal untuk kulit dehidrasi berminyak. Tapi mungkin kurang nampol buat kulit yang very dry karena secara teknis nggak ada 'pengunci' kelembapan nya.

✔️Untuk am-pm routine 

✔️No Alcohol
✔️No fragrance
✔️No Paraben
✔️No silicone

✔️Oil free. Non comedogenic

✔️Fungal acne safe

✔️Ideal untuk semua tipe kulit. Aman untuk kulit sensitif. Boleh digunakan mulai usia 14th

✔️Aman untuk bumil busui

✔️PAO: 6m

✔️Made in China. Sudah BPOM 

Diproduksi oleh: Guangzhou Lanya Daily Chemical Co Ltd. Guangzhou China.
Diimpor dan didistribusikan oleh: PT. Good Sale Tech. Jaksel Indonesia

✔️Cek harga? 128k. 50ml. Beli di Official Store


1 comment

  1. kak bahas sun hero 3-cera sunscreen
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏