Cek Ingredients Pond's UV Protect Sun Serum SPF 35 PA+++

Pond's UV Protect Sun Serum SPF 35 PA+++ adalah Sunscreen yang dapat memberi perlindungan terhadap UVA/UVB. Kandungan niacinamide  nya membantu perkuat skin barrier  dan membantu meratakan warna kulit. Diformukasikan dengan terkstur Ringan, mudah meresap dan No Whitecast dan no Alcohol.

NA18221700941


Penjelasan Ingredients Pond's UV Protect Sun Serum SPF 35 PA+++

Ingredients. Water, ethylhexyl salicylate, cyclohexasiloxane, niacinamide, glyserine, butyl methoxydibenzoylmethane, octocrylene, phenylbenzimidazole sulfonic acid, silica, Glycol stearate, stearic acid, peg-100 stearate, titanium dioxide, carbomer, potassium hydroxide, acrylates crosspolymer, dimethicone, sodium ascorbyl phosphate, cysteine, glycine, sodium PCA, tocopheryl acetate, pyridoxine H L, glyseryl stearate, cetyl alcohol, fragrance, hydroxystearic acid, sodium hydroxide, phenoxyethanol, methyl Paraben, cyclomethicone, propyl paraben, cyclopentasiloxane, dimethiconol, disodium edta, BHT, Stearamide AMP, aluminum hydroxide, sodium carbonate, sodium chloride, palmitic acid, arachidic acid.




Key Ingredients 

niacinamide

Vitamin B3. Skin brightening. Antioksidan. Memicu sintesis ceramide. Sebum regulator. Anti inflamasi. Anti acne. Juga bisa melindungi kulit dari efek buruk radiasi UV dan bluelight dengan cara memperkuat pertahanan kulit supaya kulit bisa melindungi dirinya sendiri.

sodium ascorbyl phosphate, 

Disingkat SAP. Adalah bentuk garam sodium (derivatif/turunan) dari Vit C murni (Ascorbic Acid). Dibanding AA, SAP lebih stabil dan mampu bekerja pada range pH yang tinggi (up to pH 7). Namun, daya penetrasinya tidak se-ampuh AA. Meski demikian, SAP juga memiliki kemampuan antioksidan, membantu memicu sintetis kolagen, dan memudarkan noda.

cysteine, glycine, 

Skin identical Ingredients. Merupakan asam amino non-essential yang juga diproduksi oleh tubuh, namun produksinya berkurang seiring bertambahnya usia. Dalam kosmetik dia berfungsi sebagai Moisturizer, membantu menyembuhkan luka, dan membantu memperbaiki jaringan.

sodium PCA, 

PCA (Pyrollidone carboxylic Acid) merupakan skin-identical dan NMF yang juga hadir secara alami di kulit kita. Fungsinya sebagai great moisturizer dan membantu kulit mempertahankan kadar air.

Tocopheryl acetate, 

Vit E. Antioksidan. Skin moisturizing. Membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB.

pyridoxine HCL, 

Vit B6. Bermanfaat mengurangi produksi sebum, menghaluskan kulit dengan cara meminimalisir ukuran pori. Menghidrasi kulit dan mengurangi peradangan akibat paparan sinar UV.




Agen Sunscreen 

ethylhexyl salicylate, 

UVB filter. Agen Sunscreen lemah tapi sangat foto stabil. Tidak cukup kuat jika dipakai sendiri. Tapi dapat membantu melarutkan agen Sunscreen yang lain dan membantu nya gar lebih foto-stabil.

butyl methoxydibenzoylmethane, 

Avobenzone. Sunscreen kimiawi. UVA absorber. Tidak foto-stabil, berkurang 36% setelah terpapar matahari secara langsung selama 1 jam. Cukup aman karena tidak mempengaruhi aktivitas estrogen. Di Amerika konsentrasi maksimum yang diperbolehkan 3-5%.

octocrylene,

Sunscreen kimiawi. Melindungi dari UVB dan UVA II. Cukup photo-stable (hanya berkurang 10% dalam 95 menit pemakaian). Dapat membantu menstabilkan agen sunscreen lain seperti Avobenzone. Juga meningkatkan efek water-resistant agar perlindungan tidak mudah luntur karena keringat

phenylbenzimidazole sulfonic acid, 

Disebut juga Ensulizole. Sunscreen kimiawi. Strong UVB absorber. Merupakan agen Sunscreen yang larut air sehingga membantu menciptakan formula ringan yang kompatibel untuk kulit oily. Cukup foto stabil dan bisa digunakan untuk melindungi agen Sunscreen lain yang tidak foto-stabil i.e. avobenzone

titanium dioxide, 

UVA dan UVB filter (Broad Spectrum). Sunscreen fisik pasangannya Zinc Oxide. Foto stabil. Aman. Tidak cosmetically ellegant (white cast).  Punya fungsi lain yaitu sebagai oil-absorbent/agen mattifier.




Bahan pelengkap 

  • Water
  • cyclohexasiloxane. Silicone volatil yang mudah menguap. berfungsi sebagai Emollient. Membantu formula agar mudah diratakan. 
  • glyserine. Pelarut. Skin identical. Humektan. 
  • silica. Bulking agen untuk menambah volume formula. Oil absorbent. 
  • Glycol stearate. Pengemulsi .
  •  stearic acid. Asam lemak..Emollient . Menambah kekentalan formula sekaligus penstabil emulsi. 
  • peg-100 stearate. Pengemulsi . 
  • carbomer. Gelling agen untuk mengentalkan formula. 
  • potassium hydroxide. pH adjuster. Bersifat basa. 
  • acrylates crosspolymer. Pengental sintetis. 
  • dimethicone. Silicone . Emollient semi oklusive . Membantu mengunci kelembapan. Memberi ngefek smoothing, silky, lembut dan halus.  
  • glyseryl stearate. Pengemulsi. 
  • cetyl alcohol. Lemak alkohol. Emollient . Menambah kekentalan formula sekaligus penstabil emulsi
  • fragrance,
  •  hydroxystearic acid. Natural wax yang dapat diperoleh dari Castor oil. Meningkatkan emoliensi dan berfungsi sebagai agen dispersant supaya agen Sunscreen fisik (titanium dioxide/Zinc oxide) bisa tercampur merata dalam formula. Serta mengurangi efek White cast.
  • sodium hydroxide. pH adjuster. Bersifat basa. 
  • phenoxyethanol. Pengawet. 
  • methyl Paraben. Pengawet . 
  • cyclomethicone. Silicone volatil yang mudah menguap. Bersifat Emollient dan Membantu formula mudah diratakan. 
  • propyl paraben. Pengawet . 
  • cyclopentasiloxane. Silicone volatil  juga. 
  • dimethiconol. Silicone High molecular weight, memberi efek sensorial seperti kulit terasa halus, licin, dan Glowing, serta membantu mengunci kelembapan.  
  • disodium edta. Chelating agen untuk menetralisir ion logam agar tidak menggangu kestabilan formula. 
  • BHT. Antioksidan sintetis untuk melindungi formula agar tidak mudah teroksidasi. 
  • Stearamide AMP. Bersama dengan Glycol stearate memberi efek pearlescence dan opacity. Sekaligus berfungsi sebagai Emollient dan co-emusifier.
  •  aluminum hydroxide. berfungsi sebagai agen opacifying, yaitu agar warna krimnya putih dan tidak transparant. Dia juga berfungsi memberi sunscreen booster pada titanium dioxide, selain itu juga berperan dalam menciptakan efek matte.   
  •  sodium carbonate. Membantu mengontrol pH level formula. 
  • sodium chloride. Ionic thickener. Meningkatkan viskositas Formula. 
  • palmitic acid, arachidic acid.  Asam lemak. Emollient. Menambah kekentalan formula sekaligus penstabil emulsi.




Kesimpulan 

✔️Pond's UV Protect Sun Serum adalah hybrid Sunscreen yang mengandung 5 agen Sunscreen, kombinasi 4 Sunscreen kimiawi dan 1 Sunscreen fisik.

✔️ Memiliki perlindungan SPF 35 (melindungi kulit dari UVB hingga 97%) dan PA+++ (melindungi kulit dari UVA 8-16x lebih lama daripada tidak memakai Sunscreen)

✔️Diperkaya dengan 6 key Ingredient yang baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

✔️Yang baik untuk skin Brightening dan membantu melindungi kulit dari blue rays: niacinamide, Vit C, Vit E.

✔️Ada 2 variant. Yang satu nya SPF 50+ PA++++ (baca Ingredients nya Disini.)  dengan kemasan yang sama. Jadi pastikan angka spf nya biar nggak salah pilih. 

✔️No Alcohol.

✔️No Essential Oil.

✔️Oil free. Mengandung potensi komedogenik

  • stearic acid (2)
  • Dimethicone (1)
  • cetyl alcohol (3)
  • sodium chloride (5). Posisi urutan nya ada di akhir-akhir, sehingga rating nya bisa ikut turun.
  • palmitic acid (2)
Bisa diimbangi dengan rutin exfo atau rajin double cleanse untuk meminimalisir penumpukan calon komedo.

❗Nggak Fungal acne safe. Ada stearic acid, peg-100 stearate, Glycol stearate, palmitic acid, arachidic acid. Khusus untuk kulit yang terinfeksi Fungal acne harap hati-hati.

✔️Diklaim ideal untuk semua tipe kulit. Kecuali yang hypersensitif terhadap fragrance.

❗Ada bahan yang perlu diwaspadai bumil: Sunscreen kimiawi, Paraben. Harap konsultasi ke SpOG dulu.

✔️Made in Indonesia. Sudah BPOM. Halal

Produksi: PT. Cosmax Indonesia.
Distributor: PT. Unilever Indonesia. 

✔️Cek harga? 35k. 30gr

Pond's UV Protect Sun Serum SPF 35 PA+++. Sumber: Shopee


Post a Comment

3 Comments

  1. Kak
    Tlng review ini yg spf 50 jg dong
    Trus beda ny apa aja
    Thank u

    ReplyDelete
  2. Belum ketemu Ingredients list nya🙏

    ReplyDelete
  3. Ok kak terimakasih banyak 🙏

    ReplyDelete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏