The Originote BHA Charcoal Clay Mask

The Originote BHA Charcoal Clay Mask diformukasikan dengan Bamboo Charcoal dan BHA yang membantu mengontrol minyak, merawat komedo dan jerawat pada wajah, membantu mengangkat kulit mati, dan membantu membersihkan kulit agar kulit tampak lebih cerah.

Manfaat produk:

  • Membersihkan pori-pori
  • Mengontrol minyak berlebih
  • Merawat kulit berjerawat 

Cara pakai:
Setelah membersihkan wajah, gunakan secara merata pada wajah. Hindari daerah mata dan mulut. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air bersih. Lanjutkan dengan tahapan skincare selanjutnya. Gunakan 1-2 kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

BPOM NA18220201016



Penjelasan Ingredients The Originote BHA Charcoal Clay Mask 

INGREDIENTS
Water, kaolin, glycerin, diatomaceous earth, bamboo charcoal, cetearyl alcohol, butylene glycol, sodium stearate, dimethicone, PEG-100 stearate, glyceryl stearate, phenoxyethanol, glycosyl trehalose, hydrogenated starch hydrolysate, panthenol, ammonium acryloyldimethyltaurate/VP copolymer, cetearyl glucoside, sorbitan olivate, chlorphenesin, ethylhexylglycerin, glycyrrhiza uralensis (licorice) root extract, portulaca oleracea flower/leaf/stem extract, paeonia suffruticosa root bark extract, paeonia lactiflora extract, xanthan gum, propylene glycol, sodium hyaluronate, caprylic/capric triglyceride, propanediol, 1,2-hexanediol, hydrogenated lecithin, hexylene glycol, stearic acid, cholesterol, salicylic acid, betaine salicylate, glycolic acid, ceramide NP, niacinamide, salix alba (willow) bark extract, propolis extract, saussurea involucrata extract, bisabolol, alpha-glucan oligosaccharide, calendula officinalis flower extract, artemisia argyi leaf extract, centella asiatica extract, hydroxyacetophenone, caprylhydroxamic acid, polymnia sonchifolia root juice, maltodextrin, lactobacillus



Key Ingredients 

diatomaceous earth, 

Adalah tanah Diatom. Berasal dari endapan sedimen fosil planton, algae, dll  yang diambil dari dasar laut, danau atau perairan. Mengandung tinggi trace mineral seperti silica, magnesium, calcium, dan zat besi. Memiliki kemampuan detoxyfying, oil absorbent, dan kandungan natural silica (organic Silicium) nya yang tinggi membantu menstimulasi kolagen, skin-booster serta memiliki kemampuan Antioksidan yang melindungi kulit.

bamboo charcoal, 

Activated Charcoal yang berasal dari bamboo, memiliki kemampuan membersihkan pori-pori dengan menyerap racun, impurities dan minyak berlebih pada wajah.

panthenol,  

Pro vit B5. melembapkan kulit dengan cara membantu kulit memproduksi lipids yang penting untuk kekuatan dan kesehatan mantel kulit. Sebagai agen antiinflamasi dan skin-protecting yang dapat mengurangi iritasi yang disebabkan ingredients lain. Serta membantu proses pemulihan luka.

glycyrrhiza uralensis (licorice) root extract,

Ektrak akar manis. Populer sebagai bahan pencerah yang aman. Komponen utamanya adalah glabridin yang dapat menghambat pigmentasi akibat radiasi UV. dan glycyrrhizin yang bersifat anti inflamasi yang potensial.

portulaca oleracea flower/leaf/stem extract,

Ekstrak krokot. Mengandung Vit A, C, dan E, mineral, asam amino, dan antioksidan yang potensial termasuk senyawa antioksidan seperti gluthatione yang dapat menutrisi kulit sekaligus bersifat anti inflamasi dan skin-soothing yang baik.

paeonia suffruticosa root bark extract, 

Ekstrak akar bunga Peony. Mengandung natural antioksidan yang membantu melancarkan peredaran darah dan membantu mencerahkan warna kulit. Juga bersifat anti inflamasi.

paeonia lactiflora extract, 

Ekstrak white Peony. Mengandung antioksidan Paeoniflorin yang memiliki efek seperti Vit E, membantu melindungi kulit, skin moisturizing, dan men-support skin barrier. Mencerahkan warna kulit. Juga bersifat anti inflamasi.

sodium hyaluronate, 

Bentuk garam dari hyaluronic acid. Memiliki Memiliki ukuran molekul yang besar (High molecular weight). Memiliki kemampuan water binding 1000x lipat berat molekul nya sendiri. Bekerja di permukaan dan membentuk lapisan protective barrier yang melindungi kulit, mencegah dehidrasi, dan baik untuk skin barrier.

salicylic acid, 

Termasuk golongan BHA. Memiliki kemampuan eksfoliasi dengan cara menembus lapisan kulit dan membersihkan pori-pori dari dalam, serta bersifat keratolitik, yaitu mengikis sel kulit mati dan keratin yang menumpuk. Merupakan Gold Standart Ingredients untuk menangani masalah kulit seperti: blackhead, acne, inflamasi, dan wajah berminyak.

betaine salicylate.

Adalah kombinasi dari salicylic acid dan betaine (gentle moisturizer) sehingga membuat bahan ini menjadi mild exfolliant, natural moisturizer, dan smoothing agent. Singkatnya betaine salicylate 2x lebih gentle dari salicylic acid, yaitu 4% BS= 2% SA.

glycolic acid, 

Termasuk jenis AHA yang paling banyak diteliti dan paling banyak terbukti khasiatnya. Dan merupakan jenis AHA yang paling 'strong' di antara AHA yang lain karena memiliki ukuran molekul paling kecil, sehingga lebih mudah penetrasi ke lapisan epidermis.

ceramide NP, 

Berupa sel lemak didalam stratum corneum (lapisan paling atas) yang merupakan  bagian dari sistem skin barrier. Menurut penelitian, ceramide membantu memperbaiki fungsi skin barrier dan mencegah moisture-loss.

niacinamide, 

Vitamin B3. Skin brightening. Antioksidan. Memicu sintesis ceramide. Sebum regulator. Anti inflamasi. Anti acne. Juga bisa melindungi kulit dari efek buruk radiasi UV dan bluelight dengan cara memperkuat pertahanan kulit supaya kulit bisa melindungi dirinya sendiri.

salix alba (willow) bark extract, 

Mengandung komponen aktif seperti salicin,  flavonoids, phenolic acid, yang memiliki kemampuan tonic, astringents, dan anti septic. Sehingga berperan merawat kulit berminyak dan berjerawat.

propolis extract, 

Mengandung properti Anti bakteri dan anti fungi. Membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Anti oksidan dan Antiinflamasi yang mengurangi peradangan akibat jerawat. Menenangkan kulit sensitif dan iritasi serta dapat mencegah gejala sun-burn. Mengontrol sebum sekaligus menghidrasi. Dan membantu mempercepat pemulihan luka akibat jerawat

saussurea involucrata extract,

Ekstrak snow lotus. Mengandung anti oksidan, anti inflamasi, meningkatkan elastisitas kulit, menstimulasi mikrosirkulasi sehingga membuat kulit tampak segar. Dan memiliki kemampuan anti aging.

bisabolol.

Senyawa natural yang diperoleh dari bunga Chamomile. Memiliki kemampuan skin Soothing, anti inflamasi, dan membantu melindungi kulit dari infeksi bakteri.

alpha-glucan oligosaccharide, 

Prebiotik (makanan buat probiotik/skin Microbiome) Merupakan skin protecting Ingredients yang diperoleh melalui sintetis enzimatis dari sucrose dan maltose (gula alami). Memiliki properti skin hydrator, menstimulasi sel kulit agar memproduksi peptide antimikroba, sekaligus mendukung pertumbuhan dan keseimbangan Microbiome kulit.

calendula officinalis flower extract, 

Ekstrak calendula,  Membuat kulit terasa plump, kencang, dan kenyal. Menstimulasi kulit memproduksi NMF (Natural Moisturizing Factor).Anti inflamasi. Antioksidan. melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV. Membantu melindungi jaringan kolagen dan elastin. Membantu meratakan warna kulit (mengurangi pigmen melanin). Memiliki kemampuan menyembuhkan luka.

artemisia argyi leaf extract, 

Ekstrak Mugwort. Memiliki properti strong anti-inflamatory yang dapat membantu menenangkan kulit jerawatan, bruntusan, kemerahan, bengkak, iritasi, kering, dan gatal. Baik juga untuk kulit sensi dan rewelan. Mugwort juga memiliki aktivitas antioksidan sekuat vit C, antibakteri, dan juga mengandung vit E.

centella asiatica extract, 

Ekstrak cica dapat memicu kulit untuk memproduksi kelembapan alami kulit, seperti glycosamino glycans dan hyaluronic acid. Membantu proses kesembuhan luka termasuk luka bakar dengan cara meningkatkan aktivitas antioksidan dan meningkatkan sintetis kolagen. Selain itu, extrak cica juga memilki kemampuan anti-inflamasi yang baik.

polymnia sonchifolia root juice, 

Jicama Tuber/Yacon Juice. Kaya akan fructo-oligosaccharides (FOS) a.k.a prebiotik. Memiliki properti skin moisturizing dan skin energizing, dengan cara menstimulasi metabolisme seluler. Sekaligus membantu memperkuat skin microbiome.

lactobacillus

Probiotik yang membantu menyeimbangkan skin Microbiome dan acid mantle kulit.



Bahan pelengkap 

  • Water
  • kaolin. Sejenis clay, memiliki kemampuan produksi menyerap minyak berlebih, tapi less agresive katimbang bentonite. Sehingga sesuai untuk jenis kulit kering dan sensitif. 
  • glycerin. Pelarut. Skin identical. Humektan. 
  • cetearyl alcohol. Emollient. Menambah kekentalan formula sekaligus penstabil emulsi. 
  • butylene glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan.
  •  sodium stearate. Adalah soap/sabun yaitu hasil reaksi dari stearic acid dan sodium hydroxide. Berfungsi sebagai agen pembersih sekaligus membantu formula gar mudah terbilas. 
  • dimethicone. Silicone . Emollient. Memberi ngefek smoothing, silky, lembut dan halus.  
  • PEG-100 stearate. Pengemulsi. 
  • glyceryl stearate. Pengemulsi 
  • phenoxyethanol. Pengawet. 
  • glycosyl trehalose. Humektan sekaligus penstabil emulsi. Berasal dari gula yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan, maupun jamur. Memilki kemampuan water-binding, sehingga baik untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Juga memiliki aktivitas antioksidan. 
  • hydrogenated starch hydrolysate. Berfungsi sebagai film forming/holding agent dan hydrator, yaitu menjaga kelembapan dan dapat menambah perlindungan skin barrier. Bisa terbuat dari bahan alami (pati jagung) atau sintetis. 
  •  ammonium acryloyldimethyltaurate/VP copolymer. Pengental sintetis. 
  • cetearyl glucoside  pengemulsi. 
  • sorbitan olivate. Pengemulsi . Emollient. 
  • chlorphenesin. Pengawet. 
  • ethylhexylglycerin. Preservatives booster. Humektan. 
  • xanthan gum. Pengental alami.  
  • propylene glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • caprylic/capric triglyceride. Emollient. 
  • propanediol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan.
  •  1,2-hexanediol. Pelarut. Preservatives booster. Humektan.
  •  hydrogenated lecithin. Pengemulsi. Membantu penyerapan bahan aktif. Emollient. Pengemulsi. 
  • hexylene glycol. Pelarut.  
  • stearic acid. Asam lemak. Emollient. Menambah kekentalan formula sekaligus penstabil emulsi. 
  • hydroxyacetophenone. Antioksidan untuk melindungi formula agar tidak mudah teroksidasi
  • caprylhydroxamic acid. Pengawet. 
  • maltodextrin. Pengental alami.




Kesimpulannya 

✔️The Originote Charcoal Mask mengandung 23 key Ingredients.

✔️ Dilengkapi dengan 1 agen pembersih: sodium stearate yang membantu melarutkan minyak pada wajah serta membantu formula agar mudah dibilas.

✔️Yang baik untuk menyerap minyak: diatomaceus earth, bamboo Charcoal, kaolin.

✔️Ada BHA (salicylic acid, betaine salicylate) dan AHA (glycolic acid) yang membantu melonggarkan ikatan sel kulit mati sehingga mudah diangkat.

✔️Yang baik untuk skin Brightening: niacinamide, ekstrak paeoni, Licorice

✔️ Panthenol, sodium hyaluronate, ceramide, alpha glucan oligosaccharide yang membantu mempertahankan kelembaban dan melindungi skin barrier.

✔️ Dilengkapi dengan banyak sekali plant extract sebagai nutrisi Extra, antioksidan, anti inflamasi, dll yang membantu merawat kesehatan kulit 

✔️Gunakan 1-2x seminggu. 10-15 menit bilas.

✔️No Alcohol
✔️No fragrance
✔️No paraben

✔️Oil free. Non comedogenic.

❗Nggak bebas dari Fungal acne trigger. Tapi karena produk bilas, mungkin bisa diabaikan.

✔️Diklaim ideal untuk semua tipe kulit.

✔️Tidak mengandung bahan yang perlu diwaspadai bumil.

✔️Bukan 100% produk lokal. Sudah BPOM .Diproduksi oleh: PT. Ayara Beauty.

✔️Cek harga? 36k. 50ml | Beli di Official Store

The Originote BHA Charcoal Clay Mask. Sumber: shopee


Post a Comment

9 Comments

  1. Ka, kl setelah pakai ini trus lanjut pake azarine mild purifying toner ap boleh?

    ReplyDelete
  2. Seharusnya sih aman ya, terutama kalo kulit nya berminyak...
    Dan yang penting tetap diikuti dengan Moisturizer 😉

    ReplyDelete
  3. Btw ka, clay mask ini termasuk eksfoliasi kan ya? atau cuma sekedar kaya masker biasa?..
    Kalo udah pakai ini,apa udah cukup untuk eksfo? atau perlu pakai serum/toner eksfo jg?..

    ReplyDelete
  4. Clay mask ini sudah ada kandungan BHA nya, jadi udah termasuk exfo juga ..
    Cuman, kalo nggak ngaruh2 amat ya bisa dibantu lagi dengan toner exfo atau serum Peeling lagi...

    Jadi tergantung kebutuhan kulitnya sih...😉

    ReplyDelete
  5. Kak, request ingtedient masker charcoalnya girlpal donk kak🙏 soalnya teksturenya pas aku cba kaya lengket trus kaya bau lem gtu kak... 🙏

    ReplyDelete
  6. Kak, punya IG gak?aku pgn curhatt tentang masalah kulitkuuu soalnya aku bingungg cara ngatasinnya gimanaa hampirr stress kakk, aku nangis tiap malam, sampe males buat sekolah karena gak pede pliss semoga dibales

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak punya😅 adanya FB fanpage, komentar aja di salah satu postingan, insya Allah aq balas😉

      Delete
  7. ka, clay mask ini bikin purging ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih enggak ya...karena kadar AHA BHA nya kecil, nggak ada 1% soalnya posisinya di bawah phenoxyethanol

      Delete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏