Sunplay Ultra Protection Sunscreen Lotion SPF 50+ PA++++ (Merah)

Sunplay Ultra Protection Sunscreen Lotion SPF 50+ PA++++ (Merah) adalah Hybrid sunscreen dengan perlindungan High SPF dan PA, yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari UVA dan UVB, sangat tahan air dan keringat, sangat cocok digunakan untuk aktivitas di luar ruangan. Formula dengan tekstur yang ringan seperti air dan terasa lembut saat di gunakan. Rendah iritasi, tidak mengandung alkohol,  parfum dan pewarna.  Ide di gunakan untuk semua jenis kulit.



Sumber: shopee



Penjelasan Ingredients Sunplay Ultra Protection Sunscreen Lotion SPF 50+ PA++++

Ingredients: Cyclopentasiloxane, Zinc oxide, Aqua, ethylhexyl methoxycinnamate, triethylhexanoin, dimethicone, titanium dioxide, polymethyl Methacrylate, lauryl PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl dimethicone, acrylates/dimethicone Copolymer, butylene Glycol, hydrated silica, hydrogen dimethicone, diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, bis-isobutyl peg/ppg-10/7/dimethicone Copolymer,  aluminum hydroxide, methylparaben, Cyclotetrasiloxane, tocopheryl acetate, tocopherol.




Key Ingredients 

tocopheryl acetate.
tocopherol.

Mengandung 2x Vit E sebagai antioksidan, skin moisturizing, serta melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB. Sekaligus melindungi Formula agar tidak mudah teroksidasi.




Agen Sunscreen 

Zinc oxide,

UVA dan UVB filter (Broad Spectrum). Sunscreen fisik paling populer. Foto stabil. Paling aman. Tidak cosmetically ellegant (white cast).  Punya fungsi lain yaitu  sebagai oil-absorbent/agen mattifier. Juga memiliki aktivitas anti inflamasi, anti bakteri, dan skin-soothing.

ethylhexyl methoxycinnamate,

UVB filter. Agen Sunscreen kimiawi generasi lama. Cosmetically ellegant. Tidak foto stabil. Berkurang nilai SPF nya 10% setelah terpapar sinar matahari langsung selama 35 menit.

titanium dioxide,

UVA dan UVB filter (Broad Spectrum). Sunscreen fisik pasangannya Zinc Oxide. Foto stabil. Aman. Tidak cosmetically ellegant (white cast).  Punya fungsi lain yaitu sebagai oil-absorbent/agen mattifier.

diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate,

a.k.a Uvinul A plus. Merupakan chemical sunscreen generasi baru. Dikatakan bahwa doi ini high UV A Protection dan High photostability




Bahan pelengkap 

  • Cyclopentasiloxane, silikon volatil. Sebagai pelarut. Emollient. Slip agent. Biasa di-combine dengan dimethicone memantu menciptakan lapisan water-resistance, agar tidak mudah luntur, 
  • Aqua
  • triethylhexanoin,Emollient. Pelumas. Membantu formula agar mudah diratakan dan memberi efek halus dan non-sticky pada kulit. 
  • dimethicone. Silikon. Emollient semi oclusive. Pelumas. Melapisi kulit agar halus dan licin. Memiliki efek 'filler' sementara. dan moisture-lock.
  •  polymethyl Methacrylate,Sinthetic thickener. Mengentalkan produk. Membuat tekstur formula yang smooth dan velvety. 
  • lauryl PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl dimethicone, Sikicone. Emollient. Pengemulsi. 
  • acrylates/dimethicone Copolymer.Merupakan polymer yang membentuk lapisan water-and-oil-resistance sehingga memberi efek long-lasting yang tidak cepat luntur karena keringat. Biasa digunakan dalam formula sunscreen dan long-lasting foundation  
  • butylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. hydrated silica. Bulking agent. Menambah kekentalan formula. Sekaligus oil absorbent.
  •  Hydrogen dimethicone. Sejenis silikon yang bekerja sebagai pigment-bonding agent. Membantu agen Sunscreen fisik seperti titanium dioxide/Zinc oxide untuk memaksimalkan proteksi terhadap UV sekaligus meminimalisir efek white-cast.Membuat tekstur tetap stabil dan "stay" di kulit. Karena bahan ini memiliki properti chemical stability with no irritation.
  • bis-isobutyl peg/ppg-10/7/dimethicone Copolymer. Silicone Pengemulsi.
  • aluminum hydroxide. Opacifying agen. Membuat teksture produk berwarna putih dan tidak transparan. Sekaligus agen mattifier (menciptakan tekstur matte finish). Sekaligus membantu menstabilkan titanium dioxide. 
  • methylparaben. Pengawet . 
  • Cyclotetrasiloxane. Silicone volatil. Mudah menguap. Emollient. Slip agent.





Kesimpulan 

✔️Sunplay Ultra Protection Sunscreen Lotion (merah) adalah Sunscreen hybrid dengan 4 agen sunscreen, kombinasi 2 fisik + 2 kimiawi yang foto stabil. Agen Sunscreen nya sama persis dengan Variant biru (Cool).

✔️ Memiliki perlindungan SPF 50+ ( melindungi kulit dari sinar UVB hingga 98-99%) dan PA++++ (melindungi kulit dari UVA hingga >16x lebih lama daripada tidak memakai Sunscren).

✔️ Dilengkapi dengan 2x Vit E sebagai antioksidan untuk menambah Perlindungan terhadap UVB.

✔️Diklaim Waterfroof dan Sweat-proof.

✔️Minimal Ingredients.

✔️No alcohol
✔️No fragrance.

✔️Oil free. Non comedogenic.

✔️Fungal acne safe.
✔️Ideal untuk semua tipe kulit.

❗Ada Paraben. Khusus yang anti Paraben.

✔️Bukan 100% produk lokal. Diproduksi oleh PT. Rohto.

✔️Cek harga? 50 ribuan. 30ml

Post a Comment

7 Comments

  1. Kak, Sunscreen fisik itu cuman ada zinc oxide dan titanium dioxide ya?

    ReplyDelete
  2. Hallo kak, mau bertanya kan kesimpulan nya non comedogenic, namun ada bahan silikon 6 jenis, bukannya silikon itu comedogenic ya kak?

    ReplyDelete
  3. Nggak semua Silicone menyumbat pori-pori, karena masing-masing memiliki ukuran dan sifat yang berbeda-beda, misalnya Silicone volatil itu mudah menguap jadi tidak tertinggal di kulit, walhasil dia nggak nyumbat pori-pori...
    Trus ada Silicone yang high molecular, dia juga nggak nyumbat pori-pori karena secara teknis molekul nya besar jadi hanya melapisi/menutupi permukaan saja
    ..menutup dan menyumbat itu adalah dua hal yang berbeda..

    ReplyDelete
  4. Untuk acne prone rawan pori² tersumbat mending ss ini apa khalisa pink ya kak?

    ReplyDelete
  5. Untuk kulit acne prone rawan pori-pori tersumbat mending ss ini apa khalisa pink ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo secara ingredients dua-duanya bisa dipakai karena non comedogenic,
      Kalo dilihat tekstur nya mungkin lebih ringan yang khalisa karena kimiawi...

      Kalo sunplay ada zinc oxide yang bikin tekstur kadang terasa berat...namun sebenarnya baik untuk kulit acne prone...

      So kembali ke selera masing-masing aja...😉

      Delete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏