Sunplay Cool Ultra Protection Sunscreen Lotion SPF 50+ PA++++

Sunplay Cool Ultra Protection Sunscreen Lotion SPF 50+ PA++++ adalah Sunscreen dengan perlindungan High UV Defense yang melindungi  secara maksimal ketika beraktivitas out door. Didesain dengan tekstur yang ringan, namun sangat tahan air dan keringat sehingga  memberi perlindungan yang long lasting. Memiliki efek cool sensation yang memberi rasa sejuk pada kulit. Bisa dipakai di wajah maupun di bagian tubuh lain. Diformukasikan tanpa kandungan alkohol, dan cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Sumber: shopee





Penjelasan Ingredients Sunplay Cool Ultra Protection Sunscreen Lotion SPF 50+PA++++

Ingredients: Cyclopentasiloxane, Zinc oxide, Aqua, ethylhexyl methoxycinnamate, triethylhexanoin, dimethicone, titanium dioxide, polymethyl Methacrylate, lauryl PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl dimethicone, acrylates/dimethicone Copolymer, butylene Glycol, hydrated silica, diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, bis-isobutyl peg/ppg-10/7/dimethicone Copolymer, hydrogen dimethicone, menthol, Menthyl lactate, phenoxyethanol, aluminum hydroxide, fragrance, hexylglyserine





Agen Sunscreen 

Zinc oxide, 

UVA dan UVB filter (Broad Spectrum). Sunscreen fisik paling populer. Foto stabil. Paling aman. Tidak cosmetically ellegant (white cast).  Punya fungsi lain yaitu  sebagai oil-absorbent/agen mattifier. Juga memiliki aktivitas anti inflamasi, anti bakteri, dan skin-soothing.

ethylhexyl methoxycinnamate, 

UVB filter. Agen Sunscreen kimiawi generasi lama. Cosmetically ellegant. Tidak foto stabil. Berkurang nilai SPF nya 10% setelah terpapar sinar matahari langsung selama 35 menit.

titanium dioxide, 

UVA dan UVB filter (Broad Spectrum). Sunscreen fisik pasangannya Zinc Oxide. Foto stabil. Aman. Tidak cosmetically ellegant (white cast).  Punya fungsi lain yaitu sebagai oil-absorbent/agen mattifier.

diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, 

a.k.a Uvinul A plus. Merupakan chemical sunscreen generasi baru. Dikatakan bahwa doi ini high UV A Protection dan High photostability





Bahan pelengkap 

  • Cyclopentasiloxane, silikon volatil. Sebagai pelarut. Emollient. Slip agent. Biasa di-combine dengan dimethicone memantu menciptakan lapisan water-resistance, agar tidak mudah luntur, 
  • Aqua
  • triethylhexanoin,Emollient. Pelumas. Membantu formula agar mudah diratakan dan memberi efek halus dan non-sticky pada kulit.
  •  dimethicone. Silikon. Emollient semi oclusive. Pelumas. Melapisi kulit agar halus dan licin. Memiliki efek 'filler' sementara. dan moisture-lock. 
  • polymethyl Methacrylate,Sinthetic thickener. Mengentalkan produk. Membuat tekstur formula yang smooth dan velvety. 
  • lauryl PEG-9 Polydimethylsiloxyethyl dimethicone, Sikicone. Emollient. Pengemulsi. 
  • acrylates/dimethicone Copolymer.Merupakan polymer yang membentuk lapisan water-and-oil-resistance sehingga memberi efek long-lasting yang tidak cepat luntur karena keringat. Biasa digunakan dalam formula sunscreen dan long-lasting foundation  
  • butylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • hydrated silica. Bulking agent. Menambah kekentalan formula. Sekaligus oil absorbent.
  •  bis-isobutyl peg/ppg-10/7/dimethicone Copolymer. Silicone Pengemulsi . 
  • hydrogen dimethicone. Sejenis silikon yang bekerja sebagai pigment-bonding agent. Membantu agen Sunscreen fisik seperti titanium dioxide/Zinc oxide untuk memaksimalkan proteksi terhadap UV sekaligus meminimalisir efek white-cast.Membuat tekstur tetap stabil dan "stay" di kulit. Karena bahan ini memiliki properti chemical stability with no irritation. 
  • menthol.Memberi efek cooling-sensation. Merupakan senyawa alami yang umumnya berasal dari Peppermint essential oil. Memiliki beberapa properti: pereda rasa sakit, pereda rasa gatal, menenangkan kulit, antibakteri, antifungi, dan meningkatkan penyerapan formula produk ke kulit (penetration Enhancer). Efek samping: kadang bisa meningkatkan sensitivitas kulit. 
  •  Menthyl lactate. Turunan menthol. Memberi efek cooling sensation 
  • phenoxyethanol. Pwngawet. 
  • aluminum hydroxide.Opacifying agen. Membuat teksture produk berwarna putih dan tidak transparan. Sekaligus agen mattifier (menciptakan tekstur matte finish). Sekaligus membantu menstabilkan titanium dioxide.  
  • fragrance
  • hexylglyserine. Preservatives booster. Humektan.





Kesimpulan 

✔️Sunplay Cool Ultra Protection Sunscreen Lotion adalah Sunscreen hybrid dengan 4 agen sunscreen, kombinasi 2 fisik + 2 Kimiawi yang foto stabil

✔️ Memiliki perlindungan SPF 50+, bahkan ada sebagian kemasan yang tertera SPF 101, tapi berapapun nilai SPF diatas 50 itu perlindungan nya hampir sama, yakni melindungi kulit dari UVB hingga 98-99%.  Dan nilai PA++++ maksudnya Sunscreen ini dapat melindungi kulit dari UVA >16x lebih lama daripada tidak memakai Sunscreen.

✔️Tidak dilengkapi dengan key Ingredients. Jadi Sunscreen ini hanya fokus untuk melindungi dari matahari.

✔️Diklaim Water-proof dan sweat-proof

✔️Ada efek cooling sensation dari menthol.
 Namun, khusus untuk kulit yang alergi dengan menthol, sebaiknya di test patch dulu ❗

✔️No alcohol
✔️No Paraben.

✔️Oil free. Potensi komedogenik rendah.
  • Dimethicone (1)
✔️Fungal acne safe.
✔️Diklaim ideal untuk semua jenis kulit

✔️Bukan 100% produk lokal. BPOM. Ada logo halal nya 

✔️ Diproduksi oleh PT. Rohto Laboratories Indonesia. Dibawah lisensi dari Rohto Pharmaceutical Co., Ltd. Osaka - Japan

✔️Cek harga?42-54k. 30gr


Post a Comment

2 Comments

  1. Kak, Klo sunscreen hybrid penggunaannya bisa langsung atau harus nunggu jeda waktu 10-15menit?

    ReplyDelete
  2. Lebih disarankan tunggu 15 menit, karena ada Sunscreen kimiawi nya

    ReplyDelete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏