Ingredients Hadalabo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion (penjelasan lengkap)

Seringkali bahan yang berfungsi sebagai surfactan juga sekaligus sebagai emulsifier karena bisa menyatukan air dan minyak (juga bahan larut air dan...

Sejak Hadalabo mulai diiklankan di tipi, saya udah mupeng Lo. Waktu itu sekitar tahun 2013 kalo nggak salah. Kata iklan waktu itu hadalabo adalah lotion yang sangat ringan namun efektif melembapkan kulit kering. Cara pakenya juga unik yaitu cukup di tap tap ke kulit wajah dan leher. Dan juga katanya produk-nya bisa didapatkan di Alfamart. Waktu itu iseng ngecek di google, harganya masih di bawah 30 rebu.

Hadalabo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion. Foto by Rethnaningsih FD Member

Dan....

Sampai sekarang, udah 7 tahuun, saya nunggu kehadirannya di Alfamart ataupun di supermarket, tapi nggak pernah adaaa....huhuhu. Berasa di php-in.

Saya nggak pernah ngecek di mall-mall besar. Saya jarang sekali pergi ke mall sih. Untuk belanja kebutuhan biasa di supermarket terdekat aja. Maklum, rumah saya di kampung jauh dari kota besar. Xixixi

Ya udah lah ya...pokoknya kalo ketemu di supermarket ya diambil aja, kalo enggak ada yaa ambil yang lain.hehe

Kepo-kepo dulu aja sama Ingredients nya deh..Ingredients-nya sangat simple sekali.  Hanya ada 11 bahan saja, pemirsaah...baiklah langsung saja...


Penjelasan Ingredients Hadalabo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion

Active Ingredients

Sodium Hyaluronate

Nah, bahan inilah yang digadang-gadang mampu mengembalikan kelembapan dan kekenyalan kulit. Merupakan skin-identical Ingredient yang artinya: kulit kita sendiri juga memproduksi senyawa ini, cuman produksinya beda-beda tiap orang, apalagi karna faktor usia. Nah, karna skin-identical, doi cocok untuk semua tipe kulit, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.

Hydrolized Hyaluronic Acid. 

Ini juga sama jenis Hyaluronic Acid juga, cuma molekulnya di modifikasi jauh lebih kecil lagi (disebut juga mini-HA) sehingga daya serapnya jauh lebih maksimal.

Sodium Acetylated Hyaluronate

Ini juga HA (Hyaluronic Acid) yang telah dimodifikasi sehingga memiliki daya tahan kelembapan yang lebih lama dari HA biasa.


Ingredients Pelengkap

Butylene Glycol.

Merupakan Ingredients multitasking: sebagai pelarut. Membantu formula agar cepat dan mudah meresap ke dalam kulit (penetration Enhancer). Membuat formula produk mudah diratakan (slip agent) dan mengikat kadar air di lapisan kulit (humectant).

Glycerin

Ingredients pelengkap yang sering nongol di manapun skincare berada. Doi adalah superstar dan bersifat skin-identical. Mari kita kenalan lagi sama fungsinya:
Moisturizer yang secara alami hadir di kulit kita. Bahan yang sangat umum digunakan, efektif dan murah. Menjaga lipid kulit dalam keadaan terhidrasi sehingga melindungi kulit dari iritasi dan membantu mengembalikan fungsi skin-barrier. Dalam konsentrasi tertentu mampu memperbaiki kulit yang kering parah.

PPG-10 Methyl Glucose Ether

Merupakan emollient larut air yang berasal dari gula. Sangat baik untuk menghidrasi kulit kering karna sifatnya yang bisa menahan kelembapan di lapisan kulit.

Methylparaben.

Pengawet yang sering bikin orang parno terutama ibu hamil dan menyusui. Memang doi punya reputasi yang kurang baik terkait isu kesehatan. Ya udah lah ya, daripada berdebat panjang lebar, yang takut nggak usah pake. Kalo saya sih biasa aja sama paraben. Asal udah BPoM, insyaAlloh aman terkendali🤭

Disodium Succinate.

Merupakan zat aditif yang banyak dipake industri makanan terutama untuk seasoning agen, fungsi nya hampir mirip seperti garam/micin yaitu meningkatkan rasa. La trus kalo di skincare, fungsinya apa dong? 


Jadi doi berfungsi "masking" atau menutupi bau/aroma yang kurang sedap. Selain itu, doi juga berfungsi sebagai "surfactant" dengan mengurangi tegangan permukaan air sehingga formula produk lebih "terdistribusi" dengan baik. 

Seringkali bahan yang berfungsi sebagai surfactan juga sekaligus sebagai emulsifier karena bisa menyatukan air dan minyak (juga bahan larut air dan bahan larut minyak). Karena bahan ini biasanya punya dua  kutub, yang satu mengikat minyak dan yang lain mengikat air, sehingga minyak dan air menjalin satu ikatan dalam formula, eaaaa.....🥰🥰🥰
Nah, kabar baiknya Disodium Succinate ini food grade gaesss...jadi insyaAlloh aman buat kulit👍👍👍

Hydroxyethylcellulose.

Merupakan agen pengental/gelling agent, bisa mengubah air menjadi gel. Terbuat dari selulosa/dinding sel tumbuhan. Nah, tapi Hadalabo lotion ini teksturnya cair banget seperti air, jadi kemungkinan hydroxyethylcellulose nya dikit banget pasti. Oya, selain untuk agen pengental doi juga berfungsi sebagai penstabil emulsi.

Succinic Acid.

Sejenis asam yang secara alami dapat di temukan pada buah atau sayur, yang dikenal sebagai bio-succinic Acid. Namun, bisa saja dibuat secara sintetis dari fermentasi gula. Bahan ini berfungsi sebagai buffering, atau pH adjuster. Seperti yang tertera pada label Hadalabo bahwa produknya pH balance.


Kesimpulan

Banyak yang cocok dan suka sama produk hadalabo. Saya iseng cek di situs fimale daily Hadalabo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion ini ratingnya 4,4 dari 5 bintang. 89% dari 4rb lebih pengguna setuju kalo Hadalabo ini bagus. Wow... segitu istimewanya ya...

Satu lagi, saya pernah baca pendapat seorang reviewer, kalo Hadalabo ini nggak mentingin kuantitas tapi kualitas. Maksudnya di lihat dari packaging nya doi biasa banget, botol plastik dengan desain minimalis yang secara visual nggak menarik. Dari dulu tampilannya nggak ada perubahan signifikan. Tapi kualitasnya emang jempolan. Terbukti ratingnya tinggi. Yang ngomong bagus ribuan orang...


Update.....

Ingredients Hadalabo Gokujyun ultimate moisturizing LIGHT Lotion

Jadi, Hadalabo Gokujyun ultimate moisturizing Lotion ini ada versi LIGHT nya, Gaes. 

Hadalabo Gokujyun ultimate light Lotion. Sumber: shopee

Ingredients:

Water, Dipropylene Glycol, Alcohol, Glycerin, Methylparaben, Disodium Succinate, sodium hyaluronate, PPG-10 Methyl Glucose Ether, Succinic Acid, Hydrolized Hyaluronic Acid, Sodium Acetylated Hyaluronate.

Mari kita, Singkat saja yes...


Bahan aktif

  • Sodium Hyaluronate,
  • Hydrolized Hyaluronic Acid,
  • Sodium Acetylated Hyaluronate

Bahan pelengkap

  • Water
  • Dipropylene Glycol
  • Alcohol
  • Glycerin
  • Methylparaben
  • Disodium Succinate
  • PPG-10 Methyl Glucose Ether
  • Succinic Acid


Kesimpulan 2

✔️Nah, Hadalabo Gokujyun ultimate moisturizing LIGHT Lotion formulsinya lebih Simple dan memiliki tekstur yang lebih ringan. Karena memang fokus nya untuk kulit oily.

✔️Untuk bahan aktif nya, sama-sama menggunakan 3 jenis Hyaluronic Acid, dengan molecular weight yang berbeda, supaya kelembapan terasa lebih menyeluruh serta tahan lama.

Bahan pelengkap juga nggak beda jauh, cuma di sini ada alkohol nya❗Mungkin untuk kulit sensitif harus hati-hati.

FYI: alkohol berperan membantu tekstur formula agar lebih ringan dan mudah meresap. Dia juga memiliki properti oil control dan astringent.

✔️ Ideal untuk kulit oily

✔️No fragrance

✔️Fungal acne safe

✔️Harga sama. 48K. 100ml

❗Ada Paraben dan Alcohol

✔️Beli produk ORI di Official store


25 comments

  1. Kak tolong juga sertakan info juga yang light lotion nya yg warna hijau itu kak jadi biar pembaca bisa memilih dari dua produk ini, walaupun sebenarnya mirip sih cuma ada beberapa ingredient nya aja yg berbeda,hehe
  2. Udah aq update...☺️
    Maaf ya agak telat,🙏
  3. Kak formula barunya yang light lotion no alkohol
  4. Kalau pake ini terus pake serum dengan kandungan niacinamide boleh kan kak?
  5. Iya boleh sekali,,,,
    tapi pakainya harusnya serum dulu baru Lotion ..☺️
  6. Kak ini termasuk toner apa engga?
  7. Jadi pakai serum dulu trs pakai ini gitu ya kak?
  8. @iya toner.


    @kebalik. Pake toner dulu, baru serum☺️
  9. Kak ini dapat menyumbat pori ga??
  10. Kak ini comedogenic ga kak?
  11. Enggak. Non comedogenic kok☺️
  12. kak ada saran toner yang ingredientsnya juga simpel selain hada labo ini nggaa??
  13. Cosrx Centella, Madagascar Centella,
  14. kak kalau untuk kulit oily tapi dehidrasi mending ini atau yang light lotion ya kak?
  15. Kalo dehidrasi pake ini aja...
  16. Kak, toner gokyujun ultimate ini fungal acne safe nggk?
  17. Iya Fungal acne safe kok😉
  18. apakah aman untuk bumil?
  19. Ada Paraben nya, sebaiknya hati-hati
  20. Kak ini kalau dipake pas peeling atau retinol boleh gak?
  21. Iya boleh kok☺️
  22. ini toner atau moisturozer ya kak?
  23. Toner, kalo yang moist tu namanya milk...
  24. Kak review hadalabo hijau lagi dong katanya udah no alkohol
  25. Sudah aq bahas juga itu,
    Di search aja lewat simbol search di pojok kanan atas dengan kata kunci 'hadalabo Gokujyun Light Lotion (non-alcohol)'
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain