Penjelasan Ingredients Emina the Bright Stuff Toner

Kabar baiknya: Toner Emina the Bright stuff memang mengandung potensi pencerah kulit. Sebut saja AHA, VIT B3, dan ekstrak Licorice. Tidak mengandung

Emina adalah salah satu brand lokal yang berdiri tahun 2015 lalu. Jadi udah 6 tahun Emina telah menghiasi etalase kosmetik di supermarket tanah air. 

Bagi kalian para remaja tentu saja sudah pernah mencoba salah satu produknya. Produk Emina juga hadir dalam berbagai varian produk dan tentunya dengan formulasi yang ringan. Sebab, memang produk-produk Emina ini ditargetkan untuk para remaja yang memang belum begitu perlu skincare yang terlalu berat. Juga teruntuk para Skincare-addict tapi tidak menyukai formula yang terlalu "rich".

Dan brand Emina yang ingin saya bahas kali ini adalah Emina the Bright Stuff toner.

Emina The Bright Stuff Toner. Foto by putrikinasihing FD member



Jadi toner ini nggak hanya berfungsi untuk mempersiapkan/mengkondisikan kulit sebelum skincare selanjutnya, tapi juga memiliki potensi mencerahkan kulit kusam yang diperkaya dengan kandungan Glycolic Acid (AHA), Vitamin B3, ekstrak Licorice.

Nah...bagi kalian para remaja, jika ingin mencoba toner Emina ini tidak ada salahnya jika ingin kepo sama Ingredients-nya dulu.

Ingredients:

Aqua, triethanolamine, glycolic Acid, peg-40 Castor oil, phenoxyethanol, Trideceth-9, niacinamide,  Ethylhexylglycerin, Propylene Glycol, polysarbate 20, Tocopheryl Acetate, ulva lactuca Extract, Fragrance, glycerin, glycirrhiza Glabra root ekstract, potassium Sorbate, sodium benzoate.


Penjelasan Ingredients Emina the Bright Stuff Toner

Active Ingredients

glycolic Acid. Merupakan AHA yang paling populer, yang berfungsi mengikis lapisan kulit mati dan memicu cell-turnover (pergantian sel kulit) sehingga akan memberi efek wajah cerah dan terhindar dari kulit kusam, komedo, dan bruntusan. Pada konsentrasi tertentu dapat bersifat anti-aging .

niacinamide. Nah ini ni. Kalo saya cari skincare, yang pertama kali buat bahan pertimbangan tentu saja kandungan niacinamide. Sebab, doi adalah Ingredients superstar yang manfaatnya banyak bett, buat kulit. Dan saya sudah sering membahasnya di blog, karena memang rata-rata skincare ada kandungan Vit B 3 ini. Singkatnya yaitu: 

  • Mencerahkan. 
  • Melembapkan. 
  • Cell-comunicator
  • Memicu sintesis ceramide sehingga menguatkan skin-barrier agar kulit jadi tahan banting dan nggak sensian.
  •  Juga memiliki aktivitas anti aging dan anti acne. 
  • Sangat baik untuk kulit sensitif. 

Tocopheryl Acetate. Vitamin E. Antioksidant dan Skin Moisturizing

ulva lactuca Extract. Ekstrak ganggang hijau. Berfungsi sebagai antioksidan. Skin-soothing dan mengembalikan kelembapan kulit.

glycirrhiza Glabra root ekstract.Jadi ekstrak akar manis ini memiliki beberapa sifat mejik diantaranya: Bersifat anti-inflamasi sehingga baik untuk menenangkan kulit yang kering dan iritasi. Kaya akan Antioksidan. Pencerah alami kulit yang aman dan lebih efektif dari hydroquinone.


Ingredients Pelengkap

triethanolamine. Bersifat basa berfungsi sebagai pH adjuster.

peg-40 Castor oil. Terbuat dari minyak jarak. Berfungsi sebagai emulsifier. Meningkatkan tingkat kelarutan minyak dalam formula water-based.

Trideceth-9. Emulsifier/surfactan. yang berfungsi menyatukan minyak dan air atau bahan larut minyak dan bahan larut air. Nah. Bisa jadi sisa-sisa minyak di wajah bisa larut/keangkat juga nih.

Propylene Glycol. membantu formula produk cepat meresap ke dalam kulit. Mencegah formula membeku dan mengempal. Note: punya reputasi buruk dikalangan advokat kosmetik. Namun para ilmuan dan ahli toxology sepakat memberi rating: save.

polysarbate 20. Emulsifier.

Fragrance. Atau parfum.

glycerin. Sebagai pelarut juga mengontrol kekentalan formula. Merupakan Skin-identical ingredients yang aman untuk kulit sensitif. Juga bersifat emollient (pelembut kulit) dan humectant (meningkatkan kadar air di lapisan kulit).

Preservatives. Phenoxythanol, Ethylhexyl glyserine, potassium Sorbate, dan sodium benzoate.


Kabar baiknya:
Toner ini memang mengandung potensi pencerah kulit. Sebut saja AHA, VIT B3, dan ekstrak Licorice.  Tidak mengandung alkohol dan alergen.
Kandungan Glycolic acid-nya sebenernya lumayan tinggi. Karena doi ada di urutan ke 3.
Tapi sayangnya di urutan ke-2 ada Triethanolamine yang bersifat basa. Karena memang fungsi doi sebagai pH balance.

La trus apa hubungan triethanolamine dengan glycolic Acid?
Hubungannya adalah mereka berdua jadi saling menetralkan satu sama lain, sehingga potensi "eksfoliasi" yang dimiliki oleh glycolic Acid jadi berkurang. FYI doi dapat bekerja maksimal sebagai agen eksfoliator pada pH yang asam.

Kabar baiknya Glycolic Acid di sini tidak akan membuat kulit purging dan photosensitif.

Memang Emina the Bright Stuff Toner ini bukan toner eksfoliasi (Acid toner), jadi ya jangan harap toner ini bisa mengikis sel kulit mati.

Trus apa gunanya dong, ada kandungan glycolic acid-nya, Kalo ujung-ujungnya doi "netral"?
Apakah bener-bener netral atau enggak, semua itu tergantung dari konsentrasi masing-masing dan formula dari keseluruhan Ingredients. Tapi saya pernah baca review Toner Emina the Bright Stuff ini, lupa dimana tapi...

Toner ini memiliki pH sekitar 5, dan kebetulan pH kulit kita juga sekitar 4,5-5,5. Itu artinya: toner ini bisa mengembalikan pH kulit setelah cuci muka. Daan kabar baiknya lagi, hal ini bisa mencegah kerusakan mantel alami kulit.


Kabar buruknya:
Mengandung bahan yang dapat memperparah fungal acne.PEG-40 Hydrogenated Castor oil dan Polysorbate 20.

Ingat! Kalo jerawat biasa nggak papa.

Fungal acne itu ciri-ciri  yang paling umum adalah: kecil-kecil suka bergerombol di satu area terutama yang lembab, berminyak atau area yang suka keluar keringat. Rasanya gatal sekali. Muncul nggak cuma di wajah, bisa juga di anggota tubuh lain.
Dan jerawat jenis ini memang sedikit merepotkan. Doi nggak bisa takluk dengan obat jerawat biasa, harus dengan obat jamur.

Sayangnya, kadang-kadang susah mengidentifikasi apakah itu benar fungal acne apa bukan.🤦

Ngomong-ngomong Ingredients toner Wardah Lightening ini mirip banget sama toner Emina the bright stuff. Cek saja kalo nggak percaya🤭 

Kesimpulan

Rekasi yang timbul tergantung individu masing-masing karena setiap orang itu punya jenis kulit yang unik. Sehingga kita tidak pernah benar-benar tahu kalo tidak mencobanya sendiri.

Emina the bright stuff toner

50ml

IDR: 22k




4 comments

  1. Ini kemasan lama kak
    Yg baru ganti kemasan & bbrp komposisi
    & Volume ny 100 ml skrng
  2. Kak
    Tolong review emina bright stuff toner yg baru dong
    Yg ada kandungan summer plump ny
    Trus d kasih review beda ny dg yg ini
    Thx
  3. Kak review Emina bright stuff oxybiome toner dongg, yang ada niacinamide 2%
    1. Belum ketemu, next time ya
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain