Penjelasan Ingredients Wardah Lightening Toner (versi baru)

Wardah lightening toner ini mirip sekali dengan Emina the bright stuff toner. Tapi meski Ingredients-nya sama belum tentu formulasinya juga sama karen

Jiah...Peratama kali lihat Ingredients Wardah Lightening Toner ini saya jadi teringat dengan toner Emina the bright stuff. Mengapa?

Karena mirip.

Di urutan ke 2 dan ke 3, sama-sama ditempati oleh triethanolamine (TEA) dan glycolic Acid (GA). Sama persis kek punya Emina.

Dan, TEA dan GA, memang ada hubungan erat yaitu saling menetralkan satu sama lain,TEA bersifat basa, GA bersifat asam. 

Wardah Lightening Toner. Foto by nasnass FD Member

Sehingga, meskipun toner Wardah Lightening ini mengandung Glycolic Acid, namun doi bukan Acid toner/exfoliating toner.  Fungsi Glycolic Acid di sini murni untuk menciptakan formula dengan pH balance (plus Triethanolamine). Jadi harusnya, nggak perlu khawatir purging atau photosensitif setelah pake toner ini.

pH balance sendiri penting juga buat kulit. Dan pada umumnya, fungsi utama toner adalah mengembalikan pH kulit sehabis cuci muka pake sabun dan mempersiapkan kulit untuk skincare selanjutnya. Adapun efek lainya, seperti mencerahkan, mengempeskan jerawat, anti-aging de-es-beh itu bonus aja sih. Dan itu jelas tergantung bahan aktif yang diusung masing-masing toner.

Oke langsung saja ya, kita menuju penjelasan Ingredients lengkapnya...


Ingredients:


Penjelasan Ingredients Wardah Lightening Toner (versi baru)

Key Ingredients

glycolic Acid. Merupakan AHA yang paling populer, yang berfungsi mengikis lapisan kulit mati dan memicu cell-turnover (pergantian sel kulit) sehingga akan memberi efek wajah cerah dan terhindar dari kulit kusam, komedo, dan bruntusan. Pada konsentrasi tertentu dapat bersifat anti-aging. Namun, untuk berfungsi sebagai agen exfoliator doi harus berada pada kadar pH yang asam.

niacinamide. A.k.a VIT B3. Bahan aktif paling populer karena memang manfaatnya yang superstar terutama untuk agen pencerah. Dan baik untuk segala jenis tipe kulit termasuk kulit yang sensitif.

Tocopheryl Acetate. VIT E, antioksidan, skin Moisturizing.

ulva lactuca Extract. Ekstrak ganggang hijau. Berfungsi sebagai antioksidan. Skin-soothing dan mengembalikan kelembapan kulit.

glycirrhiza Glabra root ekstract. Bersifat anti-inflamasi sehingga baik untuk menenangkan kulit yang kering dan iritasi. Kaya akan Antioksidan. Pencerah alami kulit yang aman dan lebih efektif dari hydroquinone.


Ingredients Pelengkap

triethanolamine. Bersifat basa berfungsi sebagai pH adjuster.

peg-40 Castor oil. Terbuat dari minyak jarak. Berfungsi sebagai emulsifier. Meningkatkan tingkat kelarutan minyak dalam formula water-based.

Trideceth-9. Emulsifier/surfactan. yang berfungsi menyatukan minyak dan air atau bahan larut minyak dan bahan larut air.

Propylene Glycol. membantu formula produk cepat meresap ke dalam kulit. Mencegah formula membeku dan mengempal. Note: punya reputasi buruk dikalangan advokat kosmetik. Namun para ilmuan dan ahli toxology sepakat memberi rating: save.

polysarbate 20. Emulsifier.

Fragrance. Atau parfum. Sering dihindari kulit yang over sensitif.

glycerin. Sebagai pelarut juga mengontrol kekentalan formula. Merupakan Skin-identical ingredients yang aman untuk kulit sensitif. Juga bersifat emollient (pelembut kulit) dan humectant (meningkatkan kadar air di lapisan kulit).

Preservatives. Phenoxythanol, Ethylhexyl glyserine, potassium Sorbate, dan sodium benzoate.


Kesimpulan

Lhadalah.... !! Ingredients nya emang bener-bener mirip banget sama Emina the bright stuff toner. Kok bisa ya,, janjian dulu apa gimana sih?😂
Ini adalah Ingredients emina: Aqua, triethanolamine, glycolic Acid, peg-40 Castor oil, phenoxyethanol, Trideceth-9, niacinamide,  Ethylhexylglycerin, Propylene Glycol, polysarbate 20, Tocopheryl Acetate, ulva lactuca Extract, Fragrance, glycerin, glycirrhiza Glabra root ekstract, potassium Sorbate, sodium benzoate.

Silakan bandingkan sendiri. Beda diurutan saja, Gaess. Jadi walopun Ingredients nya sama persis kek gini, tapi belum tentu formulasinya sama, sebab formulasi juga tergantung pada prosentase tiap-tiap bahan.

Misalnya saja: 

niacinamide di toner Wardah Lightening berada di urutan ke-5. Sedangkan di emina, berada di urutan ke- 7. Nah, bisa jadi prosentase niacinamide toner Wardah lebih banyak dari pada Emina. Ye kan?

Tapi dua-duanya sama-sama pH balance dan bukan termasuk Acid toner, mengingat triethanolamine dan glycolic Acid nya berada di urutan yang sama persis..

Meski demikian, jika kalian sudah pernah mencoba toner Emina the bright stuff dan cocok, kemungkinan pake Wardah Lightening Toner ini juga akan cocok. Hehehe

Lagipula, mereka berdua sudah terdaftar sebagai produk ber-BPoM jadi nggak usah terlalu khawatir yang berlebihan. Cukup sesuaikan dengan kondisi kulit saja. Misalnya kalo kebetulan kulit alergi sama niacinamide, ya udah nggak usah pake. Yang namanya alergi mau pake dikit atau banyak ya tetep alergi.Hehehe

Oya. Ingredients yang bikin was-was para pejuang jerawat nih ya: peg-40 Castor oil dan Polysorbate 20. Mereka berdua mengandung asam lemak yang sangat disukai jamur malassezia. Jadi kalo jerawat kalian tipe fungal, jangan dipake dulu. Sembuhin dulu pake obat anti jamur.

Kalo jerawat biasa, apalagi jerawat PMS insyaallah nggak masalah..



Update Review 

Aku akhirnya beli toner Wardah lightning Toner, ini Gaes. Udah beberapa bulan yang lalu, dan baru sempet kasih review. Jujur, awalnya aku tidak berekspektasi apa-apa, spontanitas, nggak pake mikir, karena pas lagi butuh toner yang Simple Ingredients dan kebetulan isi dompet juga lagi Simple, wkwkwk.


Ternyata toner ini lumayan Hydrating juga Lo, malah lebih menghidrasi daripada variant aloevera nya. Ada efek 'licin-licin' kalo pas diaplikasikan ke wajah, tapi bisa jadi itu yang bikin lembap, tapi nggak over. 


Dan toner ini bisa banget ngurangin efek kering/ketarik setelah cuci muka pakai FW (FYI: jenis kulit ku kering kombinasi dan gampang TeWL). Dengan kata lain, ini adalah jenis toner yang paling aku butuhkan.


Aromanya juga Simple, seger, agak-agak mirip sampo yang habis dipakai keramas, tapi sampo apa, nggak tahu. Xixi 


Oiya, toner ini kalo digosok dulu di tangan,  kadang ngeluarin busa dikit, trus berasa licin-licin gitu ..tapi nggak menggangu, kalo udah meresap, licin-licin nya ilang...😉


Nilai plus:

  • Yang ku suka dari toner ini: Hydrating nya oke, nggak over, nggak becek, bisa meresap dengan baik. 
  • Aroma nya cukup samar, jadi tidak menggangu juga
  • Udah habis 1 botol, Tidak ada efek negatif apapun, bahkan aku rajin pakai 3x sehari. Pagi sebelum aktivitas, sore (setelah mandi), dan malam sebelum tidur.
  • Harganya juga ramah kantong bangeeettt.. 20k doang, isinya juga di atas rata-rata: 125ml


Nilai minus: 

Kalo di aku pribadi, hampir nggak ada minus nya. Dengan harga segitu, rasanya sudah cukup memuaskan buat ku. Tapi buat kulit sensitif sebaiknya di test patch dulu, ada fragrance nya❗

✔️Toner ini juga tidak mengandung bahan yang perlu diwaspadai bumil busui.

✔️Jadi aku repurchase lagi dong, yaaayy🥳🥳🥳

✔️Cek harga promo di Official store

Wardah Lightening Toner jadi salah satu toner favorit. Skincapedia.doc

24 comments

  1. Kalo phenoxyethanol bahaya gak? Karna ethanol termasuk simple alkohol
  2. Dalam produk skincare termasuk kategori aman. Biasanya konsentrasi yang dipake berkisar 1%. Batas maksimumnya 2%.
  3. Saya mau tanya toner wardah ni boleh pakai hari hari kah pliss d jawab🥺
  4. Boleh saja😊
  5. Karna wardah sama emina itu 1 Perusahan ka jadi wajar klo ingrediennya sama
  6. O gitu ya, nggak sempet ngecek perusahaanya...😅
    Btw thanks infonya🙏
  7. Kak , aku skrng Pake ini Dgn Face wash Nivea man Dark spot, masalah Kulit ku Berminyak dan jerawat , tpi kmaren tiba tiba timbul jerawar puspula ada dua , iihh ngeri lah pokoknya, ada krena Efek produk ya
  8. Belum tentu...
    Udah berapa lama pake produk ini?
  9. Ini fungal acne safe ga kak?
  10. Nggak Fungal acne safe. Ada Polysorbate-20 dan pege 40 hydrogenated Castor oil..
  11. Kalau toner emina bisa ngga yah untuk fungal acne
  12. Kayaknya nggak Fungal acne safe juga itu...😌
  13. Boleh dipakai oleh ibu hamil gak ya? Soalnya ada kandungan glycolic acid
  14. Iya boleh, glycolic acid kalo masih di bawah 7% insha Allah masih aman untuk bumil busui☺️
  15. Kalo untuk kulit sensitif bisa gak??
  16. Kalo itu harus di test patch dulu kayaknya...
  17. Kak klo misalnya abis eksfoliasi wajahnya terus make toner ini aman ga sih sebelum lanjut moisturizer ?
  18. Kalo udah dibilas, boleh2 saja ☺️
  19. Kak, kn aku pake ini langsung pake tangan (tanpa kapas) kenapa ya kak setiap pake ini pas dituangin ke tangan trus apply ke muka nah ada busa busanya, padahal pas pake FW udah bener bener bilas sampe Persih trus tangan juga bener bener sudah bersih (keset gitu) tp pas toner Wardah di apply kok jd berbusa di wajah
  20. Mungkin kandungan triethanolamine nya...
    karna dia termasuk jenis surfaktan, foaming agent/foam booster, dan sifat nya basa.
    Tapi lebih sering dipake sebagai pH adjuster...
    Tapi selama masih ditoleransi sama kulit, insha Allah nggak papa
  21. Mau tanya dong kak, boleh gak pakai acne serum yg ada salicylic acidnya setelah wardah toner ini? Soalnya aku pernah baca salicylic gboleh pake bersamaan dgn glycolic
  22. Nggak papa, toner ini bukan toner exfo, pH balance, jadi boleh dikombinasikan dengan serum salicylic acid 😉

    Aq juga pake ini, habis pake ini tak layer pake retinol ☺️
  23. toner ini bisa dipakai habis exfo sm habis maskeran gak ya? lagi nyari-nyari toner soalnya
  24. Bisa kok😉, aq juga pakai ini btw😉
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain