[Mengulas] Ingredients Emina Ms. Pimple Face Wash

Tempo hari saya sudah membahas Ingredients-nya Emina seri Ms Pimple: toner dan moisturizing Gel. Nah, kurang afdol kalo nggak bahas Face Wash nya seka

Tempo hari saya sudah membahas Ingredients-nya Emina seri Ms Pimple: toner dan moisturizing Gel. Nah, kurang afdol kalo nggak bahas Face Wash nya sekalian ya...

Emina Ms. Pimple Face wash ini diformulasikan khusus untuk merawat kulit acne-prone yang diklaim mampu membersihkan tanpa membuat kulit kering.

Emina ms pimple Face Wash. Foto by sitimauliza15 FD Member


Menurut Review FemaleDaily. Face wash ini dapat rating: 3,9⭐ yaitu 82% dari 222 pengguna merekomendasikan produk ini. Artinya banyakan yang cocok daripada yang tidak.

Yuuk biar makin afdol, kita intip ingredients-nya...

Ingredients

Aqua, propylene glycol, sodium laureth sulfate, acrylates copolymer, hydroxyethylcellulose, cocamidopropyl betaine, zinc gluconate, salicylic acid, triethanolamine, DMDM hydantoin, sodium chloride, allantoin, fragrance, phenoxyethanol, trideceth-9, PEG-40 hydrogenated castor oil, ethylhexylglycerin, polysorbate 20, Cl 19140. Cl 42090.


Penjelasan Ingredients Emina Ms.Pimple Face Wash

Active Ingredients

  1. zinc gluconate. Memiliki beberapa sifat 'mejik' terkait kulit acne-prone yaitu: sebagai anti bakteri termasuk bakteri jerawat. Dapat mengontrol sebum. Memicu sistem enzim antioksidan. Anti inflamasi dan menenangkan kulit kemerahan dan gatal (skin-soothing). Mempercepat kesembuhan luka. Rating: Goodie✔️
  2. salicylic acid. Atau yang sering kita kenal dengan nama BHA. Memiliki beberapa manfaat diantaranya: eksfoliator yang bekerja baik di permukaan maupun di lapisan terdalam kulit sehingga baik untuk merawat kulit dengan black head. Sebagai anti-inflamasi. Anti bakteri. Dan anti-acne. Rating: superstar ✔️
  3. Allantoin. Senyawa yang berasal dari tanaman comfrey. Bisa juga sintetis. Berfungsi sebagai skin-soothing juga mempercepat kesembuhan luka. Rating: Goodie✔️

Ingredients Pelengkap

Surfactant/agen pembusa yang dapat mengangkat kotoran dan minyak.

  •  1). Sodium laureth sulfate (SLES) berbeda dengan sodaranya SLS (sodium Lauryl Sulfate). Meskipun namanya hampir sama. Ternyata ada perbedaan yaitu: SLS lebih mengiritasi daripada SLES, sebab SLS bisa melarutkan protein dalam jaringan sedangkan SLES tidak. Jadi singkatnya SLES masih lebih lembut daripada SLS, walopun dua-duanya sama-sama basa dan mengeluarkan banyak busa.
  • 2). Cocamidopropyl betaine. Agen pembusa yang cukup mild dan bekerja dengan sangat baik bila di-combine dengan agen surfactan yang lain. Dan walopun sintetis, namun tetap bio-degradable alias ramah lingkungan.

Pengawet

  • 1). DMDM hydantoin. Merupakan jenis pengawet yang mengeluarkan formaldehida a.k.a formalin, namun hanya sedikit saja. ngomong-ngomong reputasi DMDM Hydantoin juga cukup kontroversial 
  • 2). phenoxyethanol. 
  • 3). ethylhexylglycerin.

Selain komponen penting diatas ada juga Ingredients pelengkap lain yang berfungsi sebagai pelarut (Aqua, propylene Glycol), emulsifier(Trideceth-9, Polysorbate 20) viscosity Controller (propylene Glycol, acrylates copolymer, hydroxyethylcellulose, sodium Cloride) colorant (Cl 19140, Cl 42090.) Yang InsyaAlloh aman-aman saja dan sering dijumpai pada Ingredients skincare yang lain.

Baca juga:

Kesimpulan

✔️Mengandung 3 bahan yang bersifat skin-soothing dan anti-inflamasi, baik untuk kulit berjerawat. Juga terdapat agen oil-control.

✔️Tidak mengandung alkohol

✔️Karena ini produk bilas maka lupakan potensi komedo dan fungal acne

✔️ Tidak mengandung bahan alergen

✔️Tidak menggunakan SLS tapi SLES yang lebih 'lembut' dan tidak cukup mengiritasi

✔️Saya rasa sabun ini juga pH balance karena terdapat Salicylic Acid yang bersifat asam sehingga bisa menetralkan sifat basa pada sabun. Selain itu juga mengandung triethanolamine (sifat: basa) yang berfungsi sebagai pH adjuster.

➡️Sebaliknya dalam keadaan netral kemampuan eksfoliator yang dimiliki salycylic acid-nya juga berkurang, sebab BHA hanya bekerja secara maksimal pada pH yang rendah (asam). Sehingga kemampuan nya di sini cukup sebagai agen antibakteri, antiinflamasi, dan mengontrol sebum.

❗Mengandung Fragrance yang biasa dihindari kulit sensitif

❗Bagaimanapun juga, hampir semua produk skincare memang ada pengawetnya. Kalo nggak Paraben, phenoxyethanol, DMDM Hydantoin. Mereka begitu berjasa mencegah produk "going wrong too soon". Namun, seringkali yang baik untuk formula produk itu sendiri, belum tentu baik pula untuk kesehatan dan lingkungan.

Nah, saya selalu berharap suatu saat ada yang menciptakan produk nggak hanya dengan pengawet yang eco-friendly tapi juga  harga terjangkau...hehe.✌️

✔️Cek harga promo di Official store



 

8 comments

  1. aku dulu pengen banget beli si emina ms pimple yang totol jerawat itu, cuma gak kesampean wkwkwk.
    ngomong ngomong soal paraben, sebenarnya paraben nggak berbahaya, bahkan yg neliti paraben berbahaya buat revisi gitu,
    https://www.instagram.com/p/CFJHeuynlZl/?igshid=11dkcipx85fjq ini linknya kalau mau baca baca sedikit hehe.
    Happy to read your review! <3
    1. 😀😀
      Paraben memang agak kontroversial sih..
      Ada yang pro ada juga yang kontra...
      Tapi menurutku selama produk sudah ber BPOM tentu sudah ditakar dosis nya agar aman dan sesuai untuk kebutuhan kulit.

      Btw.. terimakasih banyak sudah mampir. 🙏🙏

      Siip...kapan-kapan akan saya baca👍👍👍
  2. Min tolong bantu review emina clay mask khususnya yg sebum control. Di skincarisma aku liat dia fungal acne safe tapi aku lebih pengen yakin aja sama kandungannya. Tolong ya kak, terima kasih :)
  3. Kak ini bisa dipakai bareng peeling serum azarine ndak ya?
    Aku bingung biasanya pake emina bstuff tapi dia ada niacinamide, di website azarine bilang klo pake itu serum jangan pake skincare yang mengandung niacin
  4. Kalo produk bilas Gpp kok,
    .tapi kalo produk leave-on...kasih jeda 15-30 menit
  5. Kak untuk yg kemasan barunya ada beberapa ingredients tabahannya, boleh bantu bahas ga kak
  6. Kemasan baru yang ada salicylic acid nya 0,5% itu bukan ya? Yang kemasan warna biru semua?

    Sudah aq bahas kok itu,
    Di cek saja:
    https://gonaturalcare.blogspot.com/2023/02/emina-ms-pimple-acne-solution-05BHA-allantoin-face-wash.html?m=1
  7. Terima kasih kak..
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain