Membahas Ingredients Everwhite Cica Shoothing Serum

Assalamualaikum...selamat pagi Dear Pembaca, sudah kah kalian pakai skincare hari ini?
Walo di masa pandemi kita nggak bisa kemana-mana, jangan lupa tetep skincare-an supaya kulit nggak gampang kusem ya..

Nah, hari ini saya ingin membahas Everwhite  Cica Shoothing Serum. Serum yang digadang-gadang mampu menenangkan dan merawat kulit meradang dan berjerawat, serta memudarkan bekasnya. Diperkaya kandungan yang spesial sebut saja: Cica, Hyaluronate, Glycirrhizate, dan Hexamidine, dan bahan aktif lainya.

Everwhite Cica Soothing Serum by Dian Utami Soco Member


And, what exactly are they "doing" here? Mari kita bahas.

Baru-baru ini si daun pegagan rupanya sedang naik daun. Pegagan atau tapak kaki kuda, sejak dulu memang sudah populer di dunia herbal dan pengobatan. Salah satu brand lokal yang telah memanfaatkan daun ini sebagai kosmetik adalah Sari Ayu dalam facial foam antiacne-nya.

Sekarang pegagan ini punya panggilan keren dan gaul, Cica, yang diambil dari nama latinnya Centella Asiatica. Tumbuhan yang masih tergolong rumput ini biasa tumbuh di sawah, kebun, atau pekarangan rumah. Di kampung saya, rumput pegagan ini di "arit-i" buat makan kambing. #Embeeekkk...

Di daerah pegunungan, sebut saja Tawang Mangu, daun pegagan ini malah di bikin kripik. Saya pernah mencobanya dan ada sedikit sensasi rasa pait gitu..hihihi
Ini dia penampakan kripik Cica.

Kripik cica alias keripik pegagan


Yaaa jadi emang multitalenta sekali rumput satu ini: untuk herbal, kosmetik, oke juga buat camilan, juga menyehatkan hewan ternak..xixixixi

Nah, di dunia kosmetik sendiri, si cica ini banyak banget manfaatnya, diantaranya adalah: anti-acne, antioksidan, skin-soothing, antiinflamasi dan mempercepat kesembuhan luka.  Dan udah banyak pula skincare yang menggunakan ekstrak tanaman ini.

Tapi yang menarik dari serum ini nggak cuma Cica aja Lo, yuk mari disimak!


Ingredients:

Aqua, Butylene Glycol, niacinamide, saccaromyces/rice ferment filtrate, centella Asiatica, phenoxyethanol, Hyaluronic Acid, Bixa Orellana Seed Extract, Lactic Acid, Dipotassium Glycyrrhizate, allantoin, Ethylhexylglycerin, Glycirrhiza Glabra root ekstract, PEG-40 Hydrogenated Castor oil, Hexamidine diisethionate, Tetrasodium Edta, parfum.

Penjelasan Ingredients Everwhite Cica Shoothing Serum

Active Ingredients

Niacinamide.
VIT B 3. Di dunia skincare, doi juga udah kondang sekali manfaatnya, sebut saja: Mencerahkan. Melembapkan. Cell-comunicator. Memicu sintetis ceramide yang mampu menguatkan skin-barrier agar kulit jadi tahan banting dan nggak sensian.

Saccaromyces/rice ferment filtrate.
a.k.a Pitera. Iya, Pitera yang sama juga ada di SK II (skincare paling bergengsi pada jamannya, yang harganya 2 Jeti🤭). Pitera merupakan fermentasi ragi, yang bersifat skin-identical artinya struktur selulernya sangat mirip dengan sel kulit manusia. Makanya doi bisa memperbaiki masalah kulit tanpa menimbulkan efek samping. Jadi, Pitera ini manfaatnya luar biasa sekali antara lain:

  •  mengembalikan elastisitas kulit dengan cara memicu sintetis Hyaluronic Acid,
  • menenangkan kulit (karena mengandung allantoin) , 
  • antioksidan kuat (mengandung beta-glucan), 
  • anti-aging, 
  • mempercepat kesembuhan luka, 
  • dan memperbaiki tekstur kulit.

Oya, dulu saya pernah eksperimen bikin DIY Toner Pitera ini, berbekal dari brosing-brosing Gugel. Dan efek ke kulit memang nyata sekali, kulit jadi lembab, kenyal, bekas jerawat cepet pudar. Tapi sayangnya saya nggak telaten. Karena harus bikin setiap 3hari sekali.🤭

Centella Asiatica.
a.k.a pegagan, gotu kola, tapak kaki kuda, dll. Manfaatnya sudah saya jelaskan diatas.

Hyaluronic Acid.
Merupakan senyawa yang juga diproduksi oleh kulit kita, fungsinya untuk menjaga elastisitas kulit. Namun, produksinya bisa berbeda-beda pada tiap orang terutama dipengaruhi oleh faktor usia.

Bixa Orellana Seed Extract.
Ini adalah Ekstrak biji pohon lipstik. Itu Lo, yang bijinya merah, dulu waktu kecil suka mainan biji ini buat kutekan. Hihihiiii. Kalo di Indonesia nama populernya adalah Kesumba Keling. Nah, dalam skincare, ekstrak biji Kesumba Keling ini mempuyai peran sebagai skin-conditioning dan memiliki aktivitas anti-inflamasi dan anti-bakteri.
Ini dia penampakannya. 

Lactic Acid.
Merupakan natural AHA yang dapat mengikis kulit mati dengan lembut. Juga bermanfaat untuk anti aging. Berasal dari susu fermentasi. Juga dapat berfungsi sebagai pH balance.

Dipotassium Glycyrrhizate.
Senyawa yang berasal dari tanaman Licorice/akar manis. Manfaat utamanya adalah: skin-soothing, antiinflamasi, dan dapat mengontrol sebum.

Allantoin.
Merupakan senyawa unik yang secara alamiah dapat ditemukan pada tumbuhan, hewan maupun mikroba, termasuk yeast/ragi jamur. Juga dapat diperoleh dari ekstrak tanaman comfey. Senyawa ini berfungsi sebagai penenang kulit dan merangsang pembentukan sel kulit baru sehingga mempercepat kesembuhan luka.

Glycirrhiza Glabra root ekstract.
Ekstrak akar manis. Juga merupakan superstar Ingredients terkait fungsinya yang dapat mencerahkan kulit bahkan lebih efektif dari hidroquinone.


Ingredients Pelengkap

Aqua. Berfungsi sebagai pelarut

Butylene Glycol. Merupakan Ingredients multitasking: sebagai pelarut. Membantu formula agar cepat dan mudah meresap ke dalam kulit (penetration Enhancer). Membuat formula produk mudah diratakan (slip agent) dan mengikat kadar air di lapisan kulit (humectant).

Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, dan Hexamidine diisethionate. Berfungsi sebagai preservatif

PEG-40 Hydrogenated Castor oil. Sebagai emulsifier, juga bersifat emollient. Namun, karena terbuat dari minyak, doi dapat memperparah kondisi fungal acne. Bukan penyebab Lo ya. Artinya, jika kalian tidak memiliki fungal acne, atau jerawat kalian bukan fungal acne, maka tidak akan masalah dengan bahan ini.

Tetrasodium Edta. Berfungsi sebagai chelating agen. Cara kerjanya yaitu mengikat ion logam dan membuatnya tidak aktif sehingga mencegah perubahan pH, bau, serta tekstur formula.

Parfum. Letaknya paling akhir, jadi kupikir doi aman-aman saja.


Baca juga:


Kesimpulan

✔️Separuh dari Ingredients nya merupakan bahan aktif.
✔️Mengandung bahan yang baik untuk kulit berjerawat, kering, dan kusam.
✔️Tidak mengandung alkohol
✔️Potensi komedogenic sangat rendah. Butylene Glycol level 1. Jadi abaikan saja.🤭

❗Ada satu bahan yang dapat memperparah fungal acne. Kalo jerawat biasa mah nggak papa.
Adapun ciri-ciri Fungal acne paling umum yaitu: kecil-kecil bergerombol di satu tempat terutama di area yang sering keringetan dan rasanya gatal sekali. Memang sedikit merepotkan jerawat jenis ini. Nggak mempan pake anti-acne biasa, harus pake obat anti-jamur.
Kabar baiknya: begitu ketemu obatnya, doi gampang disembuhkan.
Kabar buruknya: kita sering kali keliru mengidentifikasi apakah itu benar fungal acne apa bukan.🤦

❗Alamak. Saya malah jadi penasaran sama kandungan piteranya.🤭


Post a Comment

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain