Ingredients Citra Aloevera Gel [Ulasan Lengkap]

Emang hobi saya tuh kalo lagi gabut suka ngoprek-oprek ingredients skincare di google, sampe kadang saya jabarin satu-satu fungsinya masing-masing. Ka

Emang hobi saya tuh kalo lagi gabut suka ngoprek-oprek ingredients skincare di google, sampe kadang saya jabarin satu-satu fungsinya masing-masing. Kalo udah gitu saya baru puas. Soalnya jadi ngerti Ingredients mana yang betul-betul bermanfaat bagi kulit, dan mana yang mesti dihindari. Biar jadi bahan pertimbangan supaya tidak salah pilih dan timbul masalah nantinya...ecieeh #ribet amat yak.

Kali ini, karna kegabutan lagi kumat, saya mau ngorek-ngorek Ingredients Citra Aloe Vera Gel. Sebenernya di rumah, sudah ada Herborist, sudah saya review disini: 

Baca juga: Review dan Ingredients Herborist Aloevera Gel

Nah, barang kali ntar kalo Herborist-nya habis, saya mau move on ke citra..xixixi

Citra Aloevera Gel. Foto by IMazmurini22 FD Member


Water, Glycerin, Niacinamide, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Mentha Piperita (Peppermint) Leaf Extract, Tocopheryl Acetate, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Perfume, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Benzophenone-4, Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid, Sodium Hidroxide, Disodium EDTA, Glucose, Sodium Carbonate, Propylene Glycol, Sodium Chloride, Lactic Acid, Sodium Sulfate, Phenoxyethanol, Methylparaben, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate, CI 19140, CI 42090.

Ulasan Ingredients Citra Aloevera Gel

Active Ingredients

  • Niacinamide. Vitamin B3. Ingredients superstar ini. Karena doi bisa mengatasi hampir semua masalah kulit, mulai dari dehidrasi (kering), hiperpigmentasi, berjerawat hingga kulit yang 'aging'. Keunggulan lainya doi ini cocok untuk semua tipe kulit. Kabar baiknya lagi, Ingredients ini ada diurutan ke -3.
  • Aloe Barbadensis Leaf Extract. Merupakan antioksidan. Melembapkan, Bersifat menenangkan kulit kemerahan, bengkak dan gatal. Mencegah gejala sunburn. Menyejukan dan mendinginkan kulit yang panas terbakar.
  • Mentha Piperita (Peppermint) Leaf Extract. Ekstrak daun mint. Bersifat sejuk, cooling effect. Juga dipakai sebagai natural Fragrance. Namun sayangnya di situs paula's choice Peppermint ini mendapat rating: poor. Artinya, bisa jadi bagi sebagian kondisi kulit Peppermint ini bisa memicu sensitivitas, alergi dll. Hanya sebagian saja ya, kalo enggak ya, Alhamdulillah...
  • Tocopheryl Acetate. VIT E. Antioksidan, melembapkan kulit, menangkal efek buruk sinar UV.

Ingredients lain-lain yang perlu diperhatikan

➡️ Selain actives Ingredients, ada juga Ingredients Pelengkap yang bermanfaat untuk kulit terutama yang bersifat emollient (pelembut kulit) dan humectant (meningkatkan kadar air di lapisan kulit) yaitu: Glycerin, Glucose, Propylene Glycol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil.

➡️Perfume. Letak-nya ditengah-tengah. Saya udah coba pake yang Citra tomato, wanginya lumayan kuat. Sudah saya review di sini: 

Baca juga: Review dan Ingredients Citra Tomato

Masih tetep saya pakai tapi selang seling. Sayang kan kalo dianggurin. Ingredients-nya kece sih.

➡️PEG-40 Hydrogenated Castor Oil. Terbuat dari Castor Oil (minyak jarak) yang mana sebenarnya ini aman-aman saja ya. Tapi masalahnya doi mengandung fatty Acid (asam lemak) yang sangat disukai jamur malassezia yang jadi tersangka penyebab fungal acne.❗ Fungsinya dalam skincare peran doi ini membantu meningkatkan kelarutan parfum (emulsifier) dalam formula water-based. Jadi kalo mau menghindari Ingredients yang satu ini memang agak susah. Coba tengok Ingredients skincare yang lain, rata-rata juga pake PEG-40 Hydrogenated Castor Oil sebagai Ingredients pelengkapnya. Oya. Selain itu, doi ini sebenarnya juga bersifat emollient/ pelembut kulit. Yang nggak punya fungal acne, don't worry be happy!

➡️Seperti yang tertera di labelnya, Citra Aloevera Gel ini mengandung sunscreen agen yaitu: 

  • 1). Benzophenone-4 ( menyerap sinar UVB dan sedikit UVA) merupakan agen sunscreen yang lemah kalo digunakan sendirian. 
  •  2). Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid. Menyerap sinar UVB. Nah mereka berdua adalah jenis chemical sunscreen yang mana agak kontroversial terkait isu kesahatan dan lingkungan. Dilabelnya tidak dikatakan berapa besar nilai spf-nya. Jadi kemungkinan kecil saja.

➡️Sodium Hydroxide, sodium Sulfate. Perannya disini sebagai pH adjuster, yaitu mengatur pH formula agar dapat bekerja dengan efektif. Sayangnya terlalu seringnya terpapar 2 Ingredients ini bisa saja menyebabkan kulit iritasi karena sifatnya yang terlalu basa. Tapi, di Citra Aloevera Gel ini juga mengandung Lactic Acid, yang bersifat asam. Kalo urutanya di deretan atas Lactic Acid berperan sebagai eksfoliator. Namun karena letaknya di urutan bawah, doi juga berperan sebagai pH adjuster. Yang mana bisa mengimbangi sifat basa dari Sodium Hydroxide dan sodium Sulfate, sehingga tidak terlalu mengiritasi kulit. Yaayy!! Bingung ya? Sama!

➡️Sodium Chloride. Atau yang lebih kita kenal sebagai garam. Fungsinya sebagai penambah kekentalan agar formula lebih nice. Tapi sayangnya doi potensi komedogenic-nya tinggi Yaitu (5).❗

➡️Phenoxyethanol, Methylparaben. Pengawet. Baik Paraben maupun Phenoxyethanol. Dua-duanya punya reputasi kurang sedap terkait isu kesehatan. Menghindari dua pengawet ini juga susah. Kalopun ada, "kantongnya" yang nggak sanggup. Oops!😂

Oke. Sekian dulu cuap-cuap dari Skincapedia mengenai Ingredients Citra Aloevera gel. Kalo mau mencoba jangan takut Lo ya, setelah baca ini. Coba cek di Review FemaleDaily doi dapet bintang 4, 84 % dari 350 pengguna merekomendasikan produk ini. Artinya banyakan yang cocok daripada yang tidak. Ku tunggu share pengalaman mu ya...

9 comments

  1. boleh dipakai setiap hari gak kak?
  2. Iya boleh kok, asal cocok dan nyaman kulitnya ☺️
  3. Aku cocok banget pake ini, udah abis 3 tube malah! Tomat 2 tube, marine collagen 1 tube. Dan sekarang lagi pake yang aloe vera
  4. Bisa untuk kulit sensitif gak 🙂
  5. Di test patch aja dulu, soalnya disini ada fragrance nya...
  6. Aku dulu pernah cobain ini Kak, tapi selang beberapa detik wajahku langsung panas dan merah2. Dipake di tangan dan kaki pun sama, setelah beberapa menit jadi iritasi. Tapi aku bingung antara peppermint oil atau parfumnya itu yang bikin iritasi atau bahkan mungkin dua2nya?
  7. Kalo aq nyoba yang tomato,
    Kulit q juga kurang sreg gitu... lama-lama bikin kering di wajah...
    Trus wanginya juga terlalu kenceng menurut ku...
  8. Citra aloe vera mengandung 2 agen sunscreen, apakah boleh dipakai malam hari dibawa tidur kak?
  9. Secara umum boleh aja sih, nggak ada efek apa-apa...yang penting tekstur nggak terlalu berat dan tetap nyaman untuk kulit ..
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain