TOP 10 Bahan Alami Pudarkan Noda Bekas Jerawat

Haloo...! Ladies and Gentlemen...
Kali ini saya ingin membahas bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat hanya dengan bahan-bahan alami di sekitar kita.

Tapi, sebelumnya saya ingin menekankan bahwa menghilangkan noda bekas jerawat itu nggak ada yang instan.

Telaten dan sabar adalah "koentci" !
Dah itu saja. Pengalaman pribadi soalnya.

Dulu saya juga mengalami yang namanya masa-masa jerawatan. Karena nggak ada ongkos buat beli bermacam-macam skincare yang mehong-mehong. Akhirnya saya bertekad menggunakan bahan-bahan alami saja yang ada di dapur, di kulkas, ato di pekarangan rumah. Hohohoo.


(Foto: Pinterest)

Mengapa lebih memilih bahan Natural?
Because Natural is Healthy and makes you Beautiful.

Iya alami itu jelas. Jelas nggak bahaya. Jelas nggak ngabisin duit. Jelas hasilnya. Yang penting telaten dan Sabar dan tau cara pakainya.

Oke apa aja bahan-bahanya?


Kulit Pepaya

Pernahkah kita perhatikan, ketika mencuci tangan sehabis memegang pepaya/kulit pepaya. Kulit tangan kita tampak lebih lembut dan halus?

Nah. Yang menyebabkan kulit kita lembut dan halus itu adalah enzim papain yang terdapat dalam buah/kulit pepaya. Enzim papain merupakan enzim proteolitik yang dapat memecah rantai protein sehingga daging menjadi empuk. Apabila enzim ini mengenai kulit, sel kulit mati akan melunak dan mudah terangkat. Itulah sebabnya, kulit kita terasa halus dan lembut sehabis pegang-pegang buah pepaya.

Selain ini kandungan vitamin A, betakaroten, vitamin C, serta antioksidan dalam buah pepaya juga tinggi yang menjadikan buah pepaya sangat bagus untuk mencerahkan kulit dan memudarkan noda bekas jerawat.

Caranya: Ketika mengupas pepaya, ambil seiris kulit pepaya, cuci hingga bersih, lalu gosok kulit bagian dalam ke wajah, bilas hingga bersih. Atau pakai buahnya juga bisa. Potong pepaya secukupnya lalu gosok ke kulit wajah. Diamkan 15 menit. Bilas.


Tajin/Air Beras

Sudah sering mendengar sabun beras bisa bikin wajah putih dan glowing?

La kenapa nggak nyoba pake tajin? Tajin ini asalnya juga dari beras. Khasiatnya sudah tidak diragukan lagi. Para wanita Jepang  sudah sejak dulu menggunakan tajin/air beras ini untuk perawatan kulit dan rambut. Nggak heran kulit mereka bening-bening.

Dalam tajin terkandung antioksidan yang melimpah, vitamin A, C dan E, flavonoid, Ferulic Acid dan allantoin yang  memiliki skin brightening effect. Sehingga cocok dipakai untuk mencerahkan wajah dan memudarkan noda bekas jerawat.

Caranya: Ambil air tajin saat menanak nasi, terutama saat air mendidih. Biarkan dingin. Setelah itu baru dipake masker. Tunggu 15 menit. Bilas.


Mengkudu

Jangan dicium dari baunya ya. Mengkudu ini vitamin C nya 59%, lebih unggul dibanding lemon atau tomat. Unggulnya lagi, buah mengkudu bisa dipake setiap hari tanpa khawatir iritasi. Karena mengkudu tidak bersifat asam seperti halnya lemon.

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, mengkudu mampu mengikis sel kulit mati, sehingga memicu pergantian sel kulit baru.
Dengan demikian, bisa memudarkan noda bekas jerawat dan menghilangkanya.

Caranya: Ambil buahnya yang telah matang. Cuci bersih. Buang bijinya. Oles dagingnya ke wajah. Tunggu 15 menit. Bilas sampai bersih.

Baca jugaPengalaman Membasmi Jerawat dengan Mengkudu.


Cuka Apel

Manfaat cuka apel untuk mengatasi masalah kulit ini sudah kondang di seantero jagat raya. Di tokped banyak yang jual dengan harga bervariasi. Tapi pastikan pilih yang Raw Unfiltered, Unpasteurised, dan pilih yang ada "mother" nya, ya.

Pakai cuka apel bisa atasi jerawat/bruntusan plus dapet bonus hilang pula bekasnya. Hehehe

Caranya: Kalo kulitmu tahan terhadap asam bisa langsung di totol di bekas jerawatnya. Kalo tidak, harus diencerkan terlebih dahulu dengan perbandingan 1:3. Kemudian aplikasikan seperti memakai toner. 

Baca jugaCuka Apel Atasi Bruntusan


Tomat

Buah tomat (solanum Lycopersicum) terkenal kandungan likopen yang tinggi, vitamin C, vitamin A, betakaroten, dan antioksidan yang berlimpah. Karena nutrisinya yang tinggi ini, tomat mampu membuat kulit menjadi sehat sehingga tampak lebih cerah. Selain itu nutrisi dalam tomat, mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. 

Caranya mudah: Iris tipis buah tomat, lalu gosok ke bagian bekas jerawat. Oleskan rata semuka pun nggak masalah. Diamkan 15 menit. Bilas dengan sabun, karena kalo nggak pake sabun, kadang warna merahnya masih tertinggal di kulit.


Jeruk Nipis/Lemon

Kandungan vitamin C nya yang tinggi, serta sifatnya yang asam (karena kandungan citric acid) mampu mengeksfoliasi/mengikis sel kulit mati. Sehingga lapisan kulit mati bisa terangkat dan tergantikan dengan lapisan kulit yang lebih baru yang lebih sehat, dan sedikit demi sedikit bisa memudarkan bekas jerawat.

Caranya: Jika kulitmu cukup kuat, bisa langsung ditotol ke kulit. Namun, jika sensitif, jangan langsung dipakai. Harus hati-hati.


Baca jugaJangan Sembarangan! Perhatikan Ketika Menggunakan 8 Bahan Alami ini.


Aloe Vera

Manfaat tanaman yang satu ini memang juara. Kandungan antioksidan, vitamin, terutama vitamin E, dan mineralnya sangat bagus dalam memelihara kesehatan kulit.
Kulit yang sehat adalah kulit yang proses regenerasi sel nya lancar. Semakin proses regenerasi sel lancar, semakin cepat bekas jerawat memudar. Nah. 

Caranya: Bikin toner lidah buaya: kupas lidah buaya, cuci hingga bersih. Rendam dengan air panas supaya getahnya hilang. Taruh di mangkuk lalu cincang pake sendok. Setelah keluar lendirnya, saring. Taruh di dalam botol. Bisa dicampur dengan perasan jeruk lemon/nipis sebagai pengawet alami. Simpan di kulkas.
Aplikasikan seperti memakai toner. Atau ambil kapas basahi dengan toner lidah buaya, kemudian kompres bagian yang ada bekas jerawatnya.

Sebenarnya tanpa cara ribet diatas pun bisa. Tapi, saya pribadi agak clekit-clekit gatel kalo dipake langsung. Jadi ya ..harus bikin toner dulu.


Kunyit

(Curcuma Longa) Rimpang berwarna kuning, yang sering di pakai untuk bumbu kare ini juga punya peran penting dalam membantu memudarkan noda  bekas jerawat. Kandungan antioksidan, vitamin, mineral serta senyawa dalam kunyit mampu mencerahkan kulit dan sedikit demi sedikit mengikis noda bekas jerawat yang membandel.

Caranya: Campur bubuk kunyit, tepung beras madu dan air mawar hingga berbentuk pasta. Oleskan ke wajah. Tunggu 15 menit. 

Temulawak 

Curcuma xanthorrhiza berwarna seperti kunyit namun bentuknya sedikit lebih besar dan sangat berbau jamu. Khasiat temulawak ini pun sudah tidak diragukan lagi terutama dalam dunia kosmetik.  Ekstraknya sering dipakai sebagai bahan aktif dalam produk perawatan kulit terutama krim pencerah/pemutih.

Caranya: Haluskan seruas temulawak bisa dicampur dengan susu bubuk/tepung beras dan madu, sampai membentuk pasta. Kemudian oles ke wajah. Tunggu 15 menit. Bilas.
Memakai dalam bentuk bubuk juga tidak masalah. Karena cara ini jauh lebih praktis.


Kulit Jeruk

Jika takut memakai perasan buahnya. Pakai saja kulitnya. Jangan salah, kulit jeruk ini juga mempunyai khasiat luar biasa untuk kulit. Bisa pakai kulit jeruk orange, jeruk lemon maupun kulit jeruk nipis. Di dalam kulit jeruk justru mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari buahnya sendiri. Kulit jeruk membantu mengelupas sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam dan gelap. Juga mengandung  essential oil yang berharga dan bermanfaat untuk memelihara kecantikan kulit. 

Baca JugaDIY Masker Kulit Jeruk


(Foto: Pinterest)

Last but Not Least:

SUNSCREEN.....!!!!
Percuma tadi repot-repot bikin DIY masker ini itu cuma buat ngilangin bekas jerawat tapi lupa pake SUNSCREEN...!

Sunscreen memang tidak memudarkan noda bekas jerawat. Tapi punya PERAN PENTING agar bekas noda jerawat kalian nggak makin gelap. Itu!


Sumber:

Browsing di Gugel banyak deh. Jangan malas baca ya. Pokoknya jangan!






2 comments

  1. ampuuun...bau mengkudu. agak clekit clekit kalo pas kena jerawat. tapi mending dari pada lemon. panaaas
  2. Iyes..betul. kalo lemon harus dicampur dulu biar nggak panas..
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏
Developed by Jago Desain