Battle Serum Vitamin C 23% Cosrx vs The Ordinary: Mana yang Lebih cocok mana untuk Kulitmu?

Vitamin C adalah salah satu kandungan aktif skincare paling populer karena memiliki beberapa manfaat, seperti: antioksidan, mencerahkan kulit, memudarkan bekas jerawat, dan melawan tanda-tanda penuaan. Banyak brand skincare yang menawarkan serum vitamin C, termasuk Cosrx dan The Ordinary.

Kedua brand ini telah dikenal luas dengan produk-produknya yang berkualitas serta menjadi favorit bagi para pengguna skincare. Diantara produk mereka, ada vitamin C 23% yang tidak kalah bagus dan layak untuk dicoba.

Tapi, mana yang lebih cocok untuk kulitmu?

Mari kita bandingkan kedua serum ini berdasarkan ingredient nya.

Cosrx vs. The Ordinary 


Battle Cosrx The Vit C 23 vs. The Ordinary Vit C 23%

Ingredient Cosrx

Water, Ascorbic Acid(23%), Propanediol, Dimethicone, Tromethamine, Panthenol, Ethyl Ascorbyl Ether, Squalane, Caffeine, Sodium Chloride, Sodium Hyaluronate, Sodium Sulfite, Disodium EDTA, Glutathione, Adenosine, Acetyl Glucosamine, Gardenia Florida Fruit Extract, Allantoin, Dextrin, Tocotrienols, Tocopherol, Elaeis Guineensis (Palm) Oil, Butylene Glycol, Arginine, Niacinamide, Pentylene Glycol, Alcohol Denat., Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Methyl Trimethicone, Carthamus Tinctorius (Safflower) Seed Oil, Camellia Japonica Seed Oil, Daucus Carota Sativa (Carrot) Root Extract, Beta-Carotene


Ingredient The Ordinary 

Ascorbic Acid 23.0%, Squalane, Isodecyl Neopentanoate, Isononyl Isononanoate, Coconut Alkanes, Ethylene/Propylene/Styrene Copolymer, Ethylhexyl Palmitate, Silica Dimethyl Silylate, Sodium Hyaluronate, Glucomannan, Coco-Caprylate/Caprate, Butylene/Ethylene/Styrene Copolymer, Acrylates/Ethylhexyl Acrylate Crosspolymer, Trihydroxystearin, Bht.



Kesimpulan 

✔️Kedua serum mengandung pure vitamin C dengan konsentrasi yang sama: 23%.

✔️ Cosrx mengandung lebih banyak key Ingredients pendukung, yaitu: 21 key Ingredients.

✔️The Ordinary hanya terdapat 3 key Ingredients saja: vitamin C, squalane, hyaluronic acid.

✔️ Cosrx merupakan water-based formula, sehingga bertekstur lebih encer dan ringan, ideal untuk kulit berminyak.

✔️The Ordinary adalah squalane-based. Formulanya tidak mengandung air. Bertekstur Lotion, dan agak lengket. Sehingga mungkin lebih ideal untuk kulit yang kering. Oiya, formula tanpa kandungan air memiliki kelebihan lain yaitu: bisa membantu pure Vit C lebih tahan terhadap proses oksidasi (cenderung lebih stabil dibanding formula yang mengandung air)

✔️ Cosrx memiliki usia simpan lebih pendek, yaitu sekitar 2-3bulan setelah dibuka. Sementara The Ordinary hingga 12bulan setalah dibuka.

✔️ Dua-duanya tidak disarankan untuk pemula. Untuk pemula sebaiknya menggunakan produk vitamin C dengan dosis lebih rendah.

✔️ Dua-duanya memiliki efek tingling dan stinging, serta kulit membutuhkan adaptasi sebelumnya.

✔️ Cosrx mengandung alcohol, tapi non comedogenic 

✔️The Ordinary tidak mengandung alcohol, tapi mengandung potensi komedogenik: ethylhexyl Palmitate (2-3).

✔️Baik Cosrx dan The Ordinary tidak Fungal acne safe. Ada Oil (Cosrx), dan ethylhexyl Palmitate (The Ordinary)

✔️Kedua serum tidak mengandung bahan yang perlu diwaspadai bumil busui.

✔️Cek Harga?

  • Vitamin C 23% Cosrx: Harganya sekitar 200 ribuan per 20ml.
  • Vitamin C 23% The Ordinary: Harganya sekitar 135 ribuan per 30ml


Akhir kata....

Kedua serum ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk kombinasi Ingredient, mungkin Cosrx lebih unggul. Namun, untuk kestabilan vitamin C, The Ordinary lah juaranya. Untuk kalian yang memiliki tipe kulit berminyak, mungkin lebih sesuai dengan serum vit C dari Cosrx. Sebaliknya, untuk kulit kering mungkin The Ordinary bisa menjadi pilihan. Untuk kulit normal, kalian bebas memilih.


Tips:

  • Lakukan patch test terlebih dahulu sebelum menggunakan serum vitamin C di wajah.
  • Gunakan serum vitamin C di pagi hari setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan pelembab.
  • Gunakan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari sinar UV.


Post a Comment

1 Comments

  1. Ka.. request the aubree even brighter day cream

    Komposisi :
    Aqua, Cyclopentasiloxane, Glycerin, Isohexadecane, Octyl Salicylate, Zinc Oxide, Cetearyl Alcohol, Glyceryl Monostearate, Polysorbate 20, Polyacrylamide, Stearic Acid, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Juice, Titanium Dioxide, Octyl Palmitate, Alpha Arbutin, Panthenol, PEG-100 Stearate, C13-14 Isoparaffin, Laureth-7, Tocopheryl Acetate, Acrylates/C10-30 Alkyl Crosspolymer, BHT, Citric Acid, Tetrasodium EDTA, Phenoxyethanol, CI 16035, CI 19140

    ReplyDelete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏