Cek Ingredients POND'S Bright Miracle Niasorcinol Ultimate Clarity Day Cream SPF 30 PA+++

POND'S Bright Miracle Niasorcinol Ultimate Clarity Day Cream SPF 30 PA+++ adalah krim wajah yang diformulasikan untuk digunakan pada siang hari dengan kandungan UV filter Broad spektrum yang dapat melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB. Day cream ini juga diperkaya dengan NIASORCINOL™ yang berkhasiat menyamarkan noda hitam dan kulit kusam untuk kulit lebih cerah bercahaya.

Manfaat dan klaim:

  • Melembabkan dan mencerahkan kulit kusam
  • Melindungi kulit dari UV
  • Memudarkan noda hitam dan kulit kusam dalam 7 hari
  • Melindungi skin barrier wajah

Cara pakai:

Gunakan krim ini pada pagi/siang hari pada kulit yang sudah dibersihkan. Gunakan dengan rangakaian Niasorcinol untuk hasil maksimal.




Penjelasan Ingredients Ponds Niasorcinol Day Cream SPF 30 PA+++

Ingredient: Water, Octocrylene, Ethylhexyl Salicylate, Stearic Acid, Niacinamide, Glyceryl Stearate, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Dimethicone, Glycerin, Titanium Dioxide, Cetyl Alcohol, Phenoxyethanol, Fragrance, Carbomer, Sodium Ascorbyl Phosphate, Tocopheryl Acetate, Methylparaben, Allantoin, Menthyl Lactate, Potassium Hydroxide, Silica, Propylparaben, Disodium EDTA, Hydroxystearic Acid, PVP, Aluminum Hydroxide, Cystine, Glycine, Sodium PCA, BHT, Palmitic Acid, 3-O-Ethyl Ascorbic Acid, 4-Ethylresorcinol, Bifida Ferment Lysate, Sodium Acetylated Hyaluronate, Ceramide NP, Sodium Hyaluronate, Ceramide AP, Phytosphingosine, Cholesterol, Sodium Hyaluronate Crosspolymer, Hydrolyzed Sodium Hyaluronate, Ceramide EOP, CI 14700




Key Ingredients 

Niacinamide, 

Vit B3 yang berfungsi sebagai Skin Brightening, membantu mensistesis Ceramide, menyeimbangkan produksi sebum. Selain itu juga berfungsi sebagai anti inflamasi. Serta membantu memperkuat kulit agar kulit mampu melindungi diri dari efek buruk sinar UV dan bluelight.

Sodium Ascorbyl Phosphate, 

Disingkat SAP. Adalah bentuk garam sodium (derivatif/turunan) dari Vit C murni (Ascorbic Acid). Dibanding AA, SAP lebih stabil dan mampu bekerja pada range pH yang tinggi (up to pH 7). Namun, daya penetrasinya tidak se-ampuh AA. Meski demikian, SAP juga memiliki kemampuan antioksidan, membantu memicu sintetis kolagen, dan memudarkan noda.

Tocopheryl Acetate, 

Adalah vitamin E, Antioksidan, membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB. 

Allantoin, 

Adalah senyawa natural yang diperoleh dari tanaman Comfrey, memiliki kemampuan skin Soothing, Antiinflamasi, dan membantu proses pemulihan luka.

Cystine, Glycine, 

Skin identical Ingredients. Merupakan asam amino non-essential yang juga diproduksi oleh tubuh, namun produksinya berkurang seiring bertambahnya usia. Dalam kosmetik dia berfungsi sebagai Moisturizer, membantu menyembuhkan luka, dan membantu memperbaiki jaringan.

Sodium PCA,  

PCA (Pyrrolidone Carboxylic Acid) Adalah derivat asam amino. Merupakan skin identical dan menjadi salah satu bagian dari Natural Moisturizing Factor. Berfungsi sebagai Humektan yang membantu meningkatkan level hidrasi pada kulit. Menurut CIR Expert Panel Konsentrasi dalam kosmetik rata-rata 0.000012-1.9%.

3-O-Ethyl Ascorbic Acid, 

Adalah turunan vitamin C, yang berfungsi sebagai Antioksidan, Skin brightening, collagen booster. Salah satu jenis Vit C derivatif paling efektif dan stabil pada pH level 4-5,5 (mendekati pH kulit, sehingga tidak mengiritasi). Bisa larut air maupun minyak yang membuatnya bisa penetrasi lebih dalam ke kulit.  

4-Ethylresorcinol

Adalah senyawa kimia Resorcinol yang termasuk dalam kelompok resorcinol (masih sodara nya SymWhite 377). Wujudnya berupa kristal padat berwarna putih. Mudah larut dalam air dan alkohol. Bersifat antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas dan berfungsi sebagai skin brightening yang bekerja dengan menghambat proses produksi melanin/pigmen gelap pada kulit.

Bifida Ferment Lysate,

Probiotik yang diperoleh dari bakteri bifida, Bermanfaat mengurangi sensitivitas kulit, melindungi kulit dari kerusakan yang ditimbulkan oleh sinar UV. Serta menjaga fungsi skin barrier.

Mengandung 4 hyaluronic acid 

  • Sodium Acetylated Hyaluronate, 
  • Sodium Hyaluronate, 
  • Sodium Hyaluronate Crosspolymer,
  • Hydrolyzed Sodium Hyaluronate,

Hyaluronic acid baik untuk menghidrasi kulit karena kemampuan humektan dengan kapasitas 1000x berat molekulnya sendiri. Dengan ukuran molekul hyaluronic acid yang berbeda-beda dapat menghidrasi di semua lapisan kulit.

Mengandung 3 ceramide

  • Ceramide NP,
  • Ceramide AP, 
  • Ceramide EOP,

Ceramide baik untuk memperbaiki skin barrier dengan memperkuat fungsi penghalang pada kulit agar kulit tidak mudah sensitif dan iritasi. 

Cholesterol

Adalah Skin identical ingredient yang merupakan bagian dari skin barrier kita. Fungsinya sebagai Emollient dan melindungi kulit dari ancaman luar.

Phytosphingosine

Sejenis lipids yang secara alami terdapat pada lapisan kulit (skin identical) Juga merupakan bagian dari ceramide. Memiliki properti anti mikroba dan anti inflamasi. Mencegah infeksi dan Membantu mencegah perkembangbiakan bakteri penyebab jerawat.




Agen Sunscreen 

Octocrylene, 

Sunscreen kimiawi yang melindungi kulit dari UVB dan UVA II. Octocrylene cukup photo-stable (yaitu hanya berkurang 10% dalam 95 menit pemakaian). Bahan ini dapat membantu menstabilkan agen sunscreen lain seperti Avobenzone. Juga meningkatkan efek water-resistant agar perlindungan tidak mudah luntur karena keringat. Usage rate: 5-10%

Ethylhexyl Salicylate,  

UVB filter. Agen Sunscreen lemah tapi sangat foto stabil. Tidak cukup kuat jika dipakai sendiri. Tapi dapat membantu melarutkan agen Sunscreen yang lain dan membantu nya gar lebih foto-stabil.

Butyl Methoxydibenzoylmethane, 

A.k.a Avobenzone. Merupakan agen sunscreen kimiawi yang juga paling banyak digunakan. Menyerap Sinar UVA I dan UVA ll. Tidak photo-stable (berkurang 36% dalam waktu 1 jam pemakaian).

Ethylhexyl Methoxycinnamate,  

a.k.a octinoxate. Agen sunscreen kimiawi generasi lama. Menyerap UVB. Tidak photo-stable. Berkurang nilai spf nya 10% setelah 35 menit.

Titanium Dioxide, 

UVA dan UVB filter (Broad Spectrum). Sunscreen fisik pasangannya Zinc Oxide. Foto stabil. Aman. Tidak cosmetically ellegant (white cast). Punya fungsi lain yaitu sebagai oil-absorbent/agen mattifier. Usage rate: 1-25%




Bahan pelengkap 

  • Water
  • Stearic Acid adalah asam lemak, Emollient, menambah volume formula sekaligus penstabil emulsi. 
  • Glyceryl Stearate berfungsi sebagai pengemulsi. 
  • Dimethicone adalah Silicone Emollient semi-oclusive yang membantu mengunci kelembapan dan memberi sensasi halus pada kulit. 
  • Glycerin adalah pelarut, skin identical, humektan. 
  • Cetyl Alcohol adalah lemak alkohol, Emollient, menambah volume formula sekaligus penstabil emulsi. 
  • Phenoxyethanol adalah pengawet dengan konsentrasi maksimum 1%. 
  • Fragrance
  • Carbomer berfungsi sebagai pengental sintetis. 
  • Methylparaben adalah pengawet dengan konsentrasi maksimum 0,4%. 
  • Menthyl Lactate adalah senyawa turunan menthol yang memberi sensasi cooling. 
  • Potassium Hydroxide adalah pH adjuster yang bersifat basa. 
  • Silica adalah mineral halus yang berfungsi sebagai menambah volume formula, oil absorbent, dan opacifyier. 
  • Propylparaben adalah pengawet dengan konsentrasi maksimum 0,19%.
  • Disodium EDTA berfungsi sebagai chelating agen untuk menetralisir ion logam agar tidak menggangu kestabilan formula. 
  • Hydroxystearic Acid adalah Natural wax yang dapat diperoleh dari Castor oil. Meningkatkan emoliensi dan berfungsi sebagai agen dispersant supaya agen Sunscreen fisik (titanium dioxide/Zinc oxide) bisa tercampur merata dalam formula. Serta mengurangi efek White cast. 
  •  PVP berfungsi sebagai film former. 
  • Aluminum Hydroxide berfungsi sebagai opacifyier agent. 
  • BHT adalah antioksidan sintetis untuk melindungi formula agar tidak mudah teroksidasi. 
  • Palmitic Acid adalah asam lemak, Emollient, menambah volume formula sekaligus penstabil emulsi. 
  • CI 14700 pewarna sintetis merah. 



Kesimpulan 

✔️POND'S Bright Miracle Niasorcinol Ultimate Clarity Day Cream SPF 30 PA+++ mengandung 13 key Ingredients untuk membantu mencerahkan kulit kusam.

✔️Key Ingredients nya nyaris sama dengan rangkaian Niasorcinol lain nya, hanya berbeda urutan.

✔️Yang baik untuk skin Brightening: niacinamide, Vit C (SAP), Vit C (EAA) dan 4-ethylresorcinol.

✔️ Kombinasi hyaluronic acid dan ceramide Complex membantu menjaga kelembaban dan skin barrier.

✔️ Dilengkapi dengan 5 UV filter dengan kemampuan spektrum luas SPF 30 (melindungi kulit dari UVB hingga 97%) dan PA+++ (melindungi kulit dari UVA 8-16x lebih lama daripada tidak memakai Sunscreen)

✔️untuk AM routine 

✔️No Alcohol 

✔️No Essential Oil 

✔️Oil free. 

Mengandung potensi komedogenik 

  • Stearic acid (2)
  • Dimethicone (1)
  • Cetyl alcohol (3)

❗Nggak Fungal acne safe, ada stearic acid, glyseryl stearate, palmitic acid.

✔️Diklaim ideal untuk semua tipe kulit, terutama kulit kusam bekas jerawat.

❗Ada Ingredients yang perlu diwaspadai bumil: agen Sunscreen kimiawi, Paraben

✔️Produk Unilever, sudah BPOM, halal

✔️Cek harga? 27k. 20ml


3 comments

  1. Kok aku ga nemu ya kak day cream ponds spf yang ini di shopee maupun lazada😔
  2. Ada kok...
    https://id.shp.ee/3jyEX9G
    1. Tapi di official storenya ga ada
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏