Cek Ingredients Studio Tropik SPF 50+ PA++ Skin Pretty Filter

Studio Tropik SPF 50+ PA++ Skin Pretty Filter adalah tabir Surya yang memiliki fungsi ganda, yaitu kombinasi Hybrid Sunscreen SPF 50+ dan teknologi baru Skin Fusion Capsules. Produk ini diklaim efektif memberikan perlindungan SPF dari efek buruk paparan sinar UV serta membantu mencegah penuaan dini dan hiperpigmentasi. Diformulasikan secara unik dengan teknologi color corrector & Skin Fusion Capsules yang dapat beradaptasi dengan skin tone. Membuat warna kulit tampak lebih rata, menetralkan kemerahan dan hiperpigmentasi, serta tidak menyebabkan whitecast. Tabir Surya ini bertekstur ringan yang cocok untuk sehari-hari, dengan atau tanpa make-up.

Terdapat dua shade warna:

  • Variant Mint : Cocok untuk light to medium skin tone
  • Variant Peach : Cocok untuk medium to dark skin tone



Penjelasan Ingredients Studio Tropik SPF 50+ PA++ Skin Pretty Filter 

Ingredient: Aqua, Ethylhexyl methoxycinnamate, Dicaprylyl carbonate, Propylene glycol, Ethylhexyl triazone, Octocrylene, Phenylbenzimidazole sulfonic acid, Hydroxyethyl acrylate/sodium acryloyldimethyl taurate copolymer, Methylene bis-benzotriazolyl tetramethylbutylphenol, Butyl methoxydibenzoylmethane, Bis-ethylhexyloxyphenol methoxyphenyl triazine, Dimethicone,Triethanolamine, Dibutyl adipate, Tris-biphenyl triazine, Titanium dioxide, Bisabolol, Centella asiatica extract, Artemisia vulgaris extract, Xanthan gum, Decyl glucoside, 1,2-hexanediol, Cyclopentasiloxane, Hydrolyzed wheat protein/PVP crosspolymer, Butylene glycol, Tetrasodium EDTA, BHT, Disodium phosphate, Ethylhexylglycerin, Chlorphenesin, Phenoxyethanol, Silica dimethyl silylate, Triethoxycaprylylsilane, Mica, Glycerin, Polyester-1. May Contains : CI 77288, CI 77492, CI 77891, CI77491, CI 77499




Key Ingredients 

Bisabolol,
Senyawa natural yang diperoleh dari bunga Chamomile. Memiliki kemampuan skin Soothing yang baik. Anti inflamasi. Yang membantu merawat kulit iritasi, sensitif dan kemerahanan.

Centella asiatica extract,
Ekstrak cica mengandung senyawa aktif asiaticoside, madecassoside, madecassic acid Asiatic acid yang bermanfaat sebagai Soothing, anti inflamatory, dan membantu meredakan kemerahan serta membantu proses pemulihan luka.

Artemisia vulgaris extract, 
Ekstrak Mugwort. Memiliki properti strong anti-inflamatory yang dapat membantu menenangkan kulit jerawatan, bruntusan, kemerahan, bengkak, iritasi, kering, dan gatal. Baik juga untuk kulit sensi dan rewelan. Mugwort juga memiliki aktivitas antioksidan sekuat vit C, antibakteri, dan juga mengandung vit E.



Agen Sunscreen 

Ethylhexyl methoxycinnamate,
a.k.a octinoxate. Agen sunscreen kimiawi generasi lama. Menyerap UVB. Tidak photo-stable. Berkurang nilai spf nya 10% setelah 35 menit.

Ethylhexyl triazone,
Atau dikenal dengan nama Uvinul T-150, yaitu Agen sunscreen kimiawi generasi baru yang larut minyak, bekerja dengan menyerap sinar UVB. Sunscreen ini sangat photo-stable, sehingga tidak mudah rusak karena paparan sinar matahari.

Octocrylene,
Sunscreen kimiawi yang melindungi kulit dari UVB dan UVA II. Octocrylene cukup photo-stable (yaitu hanya berkurang 10% dalam 95 menit pemakaian). Bahan ini dapat membantu menstabilkan agen sunscreen lain seperti Avobenzone. Juga meningkatkan efek water-resistant agar perlindungan tidak mudah luntur karena keringat. Usage rate: 5-10%

Phenylbenzimidazole sulfonic acid,
Agen Sunscreen ini juga dikenal dengan nama Ensulizole. Merupakan jenis Sunscreen kimiawi yang memiliki kemampuan UVB absorber yang kuat. Merupakan agen Sunscreen yang larut air sehingga membantu menciptakan formula ringan yang kompatibel untuk kulit oily. Sunscreen ini cukup foto stabil dan bisa digunakan untuk melindungi agen Sunscreen lain yang tidak foto-stabil seperti avobenzone. Bisa digunakan hingga 4% di US, dan up to 8% di EU.

Methylene bis-benzotriazolyl tetramethylbutylphenol,
a.k.a tinosorb M. Agen Sunscreen generasi baru. Termasuk hybrid sunscreen (artinya bisa memantulkan dan menyerab sinar UV). Broad Spectrum (bisa melindungi dari UVB dan UVA). Sangat foto-stable.

Butyl methoxydibenzoylmethane,
A.k.a Avobenzone. Merupakan agen sunscreen kimiawi yang juga paling banyak digunakan. Menyerap Sinar UVA I dan UVA ll. Tidak photo-stable (berkurang 36% dalam waktu 1 jam pemakaian).

Bis-ethylhexyloxyphenol methoxyphenyl triazine, 
Biasa disebut Tinosorb S, yaitu agen sunscreen kimiawi gernerasi baru. Memiliki perlindungan yang Broad spectrum (menyerap sinar UVB dan UVA I dan ll). Agen Sunscreen ini sangat  photo stable dan Cukup aman dipakai karena tidak mempengaruhi aktivitas hormon estrogen. Usage rate: 1-10%. Usually 3%.

Tris-biphenyl triazine,
Sunscreen kimiawi Generasi baru yang memiliki sifat unik yaitu: agen sunscreen paling efisien yang dapat mem-filter UV B dan UVA II. Juga highyly photo-stable. Memiliki performa Spf yang tinggi pada konsentrasi yang rendah. Memberi efek booster terhadap agen sunscreen yang lain. 

Titanium dioxide,
UVA dan UVB filter (Broad Spectrum). Sunscreen fisik pasangannya Zinc Oxide. Foto stabil. Aman. Tidak cosmetically ellegant (white cast). Punya fungsi lain yaitu sebagai oil-absorbent/agen mattifier. Usage rate: 1-25%


Bahan pelengkap 

  • Aqua
  • Dicaprylyl carbonate berfungsi sebagai Emollient dan skin conditioner.  
  • Propylene glycol adalah pelarut, penetration enhancer, humektan. 
  • Hydroxyethyl acrylate/sodium acryloyldimethyl taurate copolymer berfungai sebagai pengental alami. 
  • Dimethicone adalah Silicone Emollient semi-oclusive yang membantu mengunci kelembapan dan memberi sensasi halus pada kulit. 
  • Triethanolamine adalah pH adjuster yang bersifat basa. 
  • Dibutyl adipate adalah bahan kimia yang sering digunakan dalam formula sunscreen Emollient, pelarut yang melarutkan agen Sunscreen agar menyatu dalam formula dan mudah diratakan. 
  • Xanthan gum adalah Pengental alami.
  • Decyl glucoside berfungsi sebagai pengemulsi.
  •  1,2-hexanediol berfungsi sebagai pelarut, preservatives booster, humektan. 
  • Cyclopentasiloxane adalah Silicone volatil yang mudah menguap berfungsi sebagai Emollient dan pelicin. 
  • Hydrolyzed wheat protein/PVP crosspolymer Membantu menciptakan tekstur non-tacky after feel pada formula sunscreen. Sekaligus berfungsi sebagai SPF booster.  
  • Butylene glycol berfungsi sebagai pelarut, penetration enhancer, humektan. 
  • Tetrasodium EDTA berfungsi sebagai chelating agen untuk menetralisir ion logam agar tidak menggangu kestabilan formula. 
  • BHT adalah antioksidan sintetis untuk melindungi formula agar tidak mudah teroksidasi. 
  • Disodium phosphate berfungsi sebagai Buffering untuk menjaga kestabilan pH formula. 
  • Ethylhexylglycerin berfungsi sebagai Preservatives Booster, humektan.
  •  Chlorphenesin, adalah pengawet dengan konsentrasi maksimum 0,25%. 
  • Phenoxyethanol adalah pengawet dengan konsentrasi maksimal 1%. Silica dimethyl silylate berfungsi sebagai oil absorbent. 
  • Triethoxycaprylylsilane Sejenis silikon yang berfungsi sebagai "mineral/Pigment coating" pada produk kosmetik. Coating ini akan membantu menstabilkan pigmen/agen mineral Sunscreen agar mudah di baurkan dan diratakan, serta tidak menggumpal ketika diaplikasikan ke kulit. 
  •  Mica adalah pigmen  mineral untuk memberi efek Shimmering. 
  • Glycerin adalah pelarut, skin identical, humektan. 
  • Polyester-1 berfungsi sebagai Pengental sintetis Sekaligus penstabil emulsi 
  • CI 77288, Pigmen mineral berwarna hijau. Chromium oxide green.
  • CI 77492: yellow iron oxide.
  • CI 77891: pigmen mineral titanium dioxide. 
  • CI77491: red iron oxide, 
  • CI 77499: Black iron oxide

Kesimpulan 

✔️Studio Tropik SPF 50+ PA++ Skin Pretty Filter adalah hybrid sunscreen dengan kombinasi 8 Sunscreen kimiawi + 1 fisik yang cukup foto stabil.

✔️Memiliki perlindungan SPF 50+ (melindungi kulit dari sinar UVB hingga 99%) dengan nilai SPF real 82,6. Dan perlindungan PA++ (melindungi kulit dari UVA 4-8x lebih lama daripada tidak memakai Sunscreen). 

✔️Mengandung Iron oxide (tint) yang dapat melindungi kulit dari bluelight

✔️ Diperkaya dengan 3 key Ingredients untuk merawat kulit 

✔️Finish: Glowing dengan efek tint yang sheer.
✔️No Alcohol
✔️No fragrance
✔️No Paraben
✔️Oil free. Potensi komedogenik rendah

  • Dimethicone (1)
✔️Fungal acne safe
✔️Bisa digunakan untuk semua tipe kulit

❗Ada Ingreredient yang perlu diwaspadai bumil busui: Sunscreen kimiawi.

✔️Produk lokal, sudah BPOM

✔️Cek harga? 55k/15gr dan 169k/50gr

Post a Comment

3 Comments

  1. Ka minta tolong review toner npure yg Licorice kaa itu fungal acne safe ga ya ka. Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Kak, request review SKIN1004 Madagascar Centella Hyalu-Cica Silky-Fit Sun Stick..
    Terima kasih🙏

    ReplyDelete
  3. Sudah aq bahas...

    https://gonaturalcare.blogspot.com/2022/10/npure-licorice-toner-review-ingredients.html

    ReplyDelete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏