8 Rekomendasi Cleansing Oil murah di bawah 100 ribu!

Hari gini, banyak orang gemar memakai makeup waterproof karena tahan lama dan nggak mudah geser. Namun, sayangnya makeup waterproof ini lebih susah dibersihkan daripada makeup biasa. Kalau tidak tuntas membersihkan Makeup waterproof, nanti bisa menumpuk jadi komedo. 

Nah, untuk membersihkan makeup setelah seharian menempel di wajah, dibutuhkan metode double cleansing agar terangkat sempurna dari kulit. Salah satu metode double cleansing yaitu menggunakan cleansing oil, lalu dilanjutkan dengan mencuci muka dengan facial wash.

Cleansing oil adalah pembersih wajah berbasis oil/minyak. Menurut jurnal Dermatology and Therapy pada tahun 2018, study tersebut menemukan bahwa cleansing oil lebih efektif dalam membersihkan makeup waterproof dibandingkan dengan sabun pencuci wajah.

Hal ini karena cleansing oil memiliki sifat lipofilik, yaitu minyak hanya tertarik dengan minyak, sehingga minyak mampu melarutkan minyak dengan baik.

Makeup, terutama makeup waterproof, mengandung minyak sebagai salah satu bahannya. Oleh karena itu, cleansing oil dapat dengan mudah melarutkan makeup dan kotoran lainnya di wajah.

Beginilah cara kerja cleansing oil dapat membersihkan makeup dengan sempurna:

  • Cleansing oil akan bercampur dengan minyak alami di wajah.
  • Minyak alami di wajah akan membantu cleansing oil untuk luruh dan mengangkat makeup.
  • Cleansing oil akan melarutkan makeup dan kotoran lainnya di wajah.
  • Dengan menambahkan sedikit air, Cleansing oil akan teremulsi bersama air.
  • Kemudian, Makeup dan kotoran lainnya yang telah dilarutkan oleh cleansing oil akan terbilas bersih dengan air.

Dengan demikian, cleansing oil dapat membersihkan make up secara menyeluruh dan tidak meninggalkan residu yang dapat menyumbat pori-pori.

Rekomendasi Cleansing Oil Murah di bawah 100 ribu. Sumber gambar: freepik 


Berikut adalah beberapa tips menggunakan cleansing oil untuk membersihkan makeup:

  1. Pastikan wajah dalam kondisi kering. Kalian bisa langsung  mengaplikasikan Cleansing oil pada wajah tanpa menggunakan kapas. Gunakan cleansing oil dengan gerakan melingkar dan lembut. Pastikan makeup nya meleleh.
  2. Jika makeup sudah meleleh, tambahkan sedikit air ke wajah. Kemudian pijat kembali wajah hingga cleansing oil teremulsi dan terlihat berubah tekstur menjadi putih seperti susu.
  3. Bilas wajah dengan air hingga bersih. Diutamakan dengan air hangat.
  4. Kalian bisa menggunakan teknik double cleanse yaitu membilas wajah dengan menggunakan facial wash sebagai second cleanser. Cara ini berguna untuk memastikan semua makeup dan sisa kotoran terangkat sempurna dari wajah. Gunakan facial wash yang lembut dan sesuai dengan kebutuhan kulitmu, ya.
  5. Namun, jika tidak sedang menggunakan makeup, kalian boleh membilasnya menggunakan air saja, (tanpa double cleanse) sebab dalam Cleansing oil sudah mengandung agen surfaktan yang membuatnya mudah terbilas oleh air.  Meski teknik double cleansing menjadi cara paling efektif untuk membersihkan kulit, tidak semua jenis kulit perlu melakukan hal ini. Dilansir dari Cleveland Clinic, double cleansing dapat dilakukan ketika kalian menggunakan riasan, terutama makeup atau Sunscreen  waterproof. Namun, jika wajah terbebas dari riasan, kemungkinan tidak perlu mengaplikasikan teknik tersebut.(1)

Cleansing oil dapat digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak dan sensitif. Namun, untuk kulit sensitif, pilihlah cleansing oil yang bebas dari bahan pewangi dan pewarna.


Naa, untuk kalian yang sedang mencari-cari Cleansing oil murah dengan harga di bawah 100 ribu, sebaiknya baca dulu rekomendasi berikut, siapa tahu kepincut..xixi


8 Rekomendasi Cleansing Oil Murah di bawah 100 ribu!

Harga cleansing oil di pasaran sangat bervariasi, banyak di antara nya yang harganya di atas 100 ribu, sehingga kurang cocok untuk sebagian dari kita terutama pelajar. Oleh sebab itulah, skincapedia ingin membagikan informasi Cleansing oil murah berikut ini:


1. Emina Traceless Oil Cleanser


Adalah Cleansing oil merk lokal untuk membersihkan waterbase dan waterproof makeup dengan dua cara yaitu cara basah (seperti facial wash) dan kering (seperti make up remover). Emina Cleansing oil mengandung komposisi yang Simple, yaitu hanya terdiri dari 8 Ingredients saja, yaitu : Aqua, Paraffinum Liquidum, Butylene Glycol, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Sorbitan Oleate, Sorbeth-30 Tetraoleate, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin

Pembersih ini mengandalkan mineral oil sebagai pembersih utama, selain itu juga dilengkapi dengan agen surfaktan PEG-7 Glyceryl Cocoate yang dapat mengemulsi minyak dan air sehingga Cleansing oil nya mudah terbilas oleh air.

 Keunggulan dari Emina Traceless Oil Cleanser tidak mengandung fragrance, alkohol dan SLS, mampu membersihkan make up dengan sangat mudah dan kulit tetap lembut, sekaligus dapat menjaga kelembaban kulit. Kalian dapat membeli Cleansing oil lokal satu ini dengan harga Rp. 53.000 untuk kemasan 60ml.

Berikut adalah salah satu ulasan dari pengguna di female daily: 

tami917 (tipe kulit Dry) menulis: "Ini bagus sih buat yang kulitnya kering dan nyarinya cleansing oil yang murah, aku rekomendasiin ini. Tapi, ada hal yang ngga aku suka dari cleansing oil ini. Ketika di apply ke wajah, entah kenapa serasa kayak panas dan berat banget. Tapi overall wajah aku fine - fine aja sih pakai ini. Dan sisa - sisa make up pun sangat terangkat, kalaupun ngga make up juga dia bisa banget bersihin pori - pori."


2. Hada labo gokujyun ultimate moisturizing cleansing oil

Cleansing oil yang diformulasikan untuk membersihkan makeup, termasuk water proof mascara dan eyeliner. Diperkaya dengan minyak zaitun, minyak jojoba dan improved hyaluronic acid yang membantu merawat kelembapan dan menutrisi kulit. 

Cleansing oil ini tidak mengandung mineral oil, bahan pewarna, pewangi, alkohol, dan sulfate sehingga lembut di kulit sensitif.

Hada Labo Gokujyun Cleansing Oil, direkomendasikan untuk kulit kombinasi cenderung kering hingga kulit sangat kering. Cleansing oil ini juga aman digunakan mulai usia 13 tahun. 

Kalian bisa membeli Cleansing oil dari Hadalabo dengan harga 45 ribu rupiah untuk kemasan 100ml

Ini adalah review dari salah satu pengguna di female daily suryanicc (tipe kulit Combination), menulis: "Teksturnya cair, no fragrance walaupun kayak ada bau apek sih dan no alcohol. Pertama kali coba aku langsung suka sama hasilnya, cocok banget buat menghapus make up yang waterproof. Setelah dipakai gak bikin kulit kering, malah lembab.Tapi ini lebih cocok dipakai yang jenis kulit normal-dry sih, soalnya ada efek melembabkannya."


3. KKV Akita Hachi White Tea Cleansing Oil

KKV adalah brand lokal, namun Cleansing oil ini Made in China, Gaes, yang diimpor dan didistribusikan oleh PT. KKV International Indonesia. Pembersih minyak yang berbasis mineral oil ini juga diperkaya dengan vitis vinifera oil, canola oil, minyak zaitun, ekstrak white tea dan beberapa ekstrak tanaman lainya untuk dapat membersihkan sisa makeup dan kotoran pada wajah serta menutrisi dan melembapkan kulit. 

Cleansing oil ini dapat digunakan di area wajah, kelopak mata dan bibir serta bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Kalian bisa membeli produk ini dengan harga 49 ribu rupiah untuk kemasan 150ml.

SophieSH (tipe kulit Combination) menulis di Female Daily: "awalnya iseng coba karna harganya murah dan dari official store. tapi ternyata bagus kok. minyaknya cukup encer jadi untuk yang full make up tebel butuh agak banyak. daya bersihnya ok. hal unik yang kurasakan selama pakai KKV Akita Hatchi Cleansing oil finished nya mengikuti kondisi kulitku di hari itu. misal kulitku lagi kering dia finishnya juga bikin kering. Tapi pas kulit lagi berminyak finishnya jadi agak berminyak. jadi intinya dia tipe cleansing oil yang harus segera dilanjut dengan face wash. overall, ini bisa jadi pilihan buat kalian yang sedang mencari oil based cleanser murah."


4. Somethinc Alpha Squalaneoxidant Deep Cleansing Oil


Adalah Cleansing oil yang gentle dan mampu membersihkan makeup waterproof, minyak, debu, dan kotoran secara menyeluruh. Menggunakan teknologi Micelle yang mampu mengikat kotoran dan berubah menjadi milky texture saat kontak dengan air, sehingga menjadikan kulit bersih tanpa meninggalkan residu dan non-stripping. Cleansing oil merk lokal satu ini diperkaya dengan squalane, sunflower oil, minyak zaitun dan vitamin E yang dapat menutrisi dan melindungi skin Barrier.

Namun, untuk kalian yang alergi terhadap Essential Oil, harap lakukan test patch dulu, sebab Cleansing oil ini mengandung bergamot Essential oil yang dapat bersifat Allergenik untuk sebagian kondisi kulit. 

Kalian dapat membeli Somethinc Alpha Deep Cleansing oil dengan harga 45 ribu untuk ukuran 40ml.

annisarfq (tipe kulit Oily) salah satu pengguna, mereview di felame daily: "Bagus banget, ringan, gampang ngebersihin muka. Makenya gampang cukup dioles terus pijet-pijet gitu. Pas dibilas air dia berubah jadi kayak lotion putih gitu. Awet karena cuma butuh dikit produk udah cukup buat ngebersihin muka. Udah repurchase berkali-kali."


5. Natur Miracle Cleansing Oil

Cleansing oil murah di bawah 100 ribu berikutnya adalah Natur Miracle Cleansing oil yang membantu menghapus make up Waterproof, mengangkat minyak dan kotoran pada wajah. 

 Cleansing Oil dari brand lokal ini juga berbasis mineral oil yang diperkaya dengan dengan Almond Oil, Jojoba Oil, dan vitamin E yang membantu menutrisi dan menjaga kelembaban kulit sehingga kulit lebih halus dan sehat. Cleansing oil ini tidak mengandung alcohol, pewangi, SLS dan Paraben, sehingga aman digunakan untuk kulit sensitif dan aman untuk ibu hamil dan menyusui. 

Kalian bisa mendapatkan Cleansing oil lokal ini dengan harga 56 ribu untuk 100ml.


6. Miss U2 Cleansing Oil

Miss U2 adalah brand dari China, Gaes, yang diproduksi oleh Tianjin Yinmanjiahua Technology Co., Ltd. dan didistribusikan oleh: PT. Mitra Mas Sentosa, Jakarta Selatan. 

Cleansing oil ini berbasis mineral oil yang diformulasikan untuk membersihkan minyak dan kotoran pada wajah dan pori-pori, sehingga membuat kulit terasa halus dan lembut.

Cleansing oil ini juga diperkaya dengan kandungan Ekstrak white tea, Camelia oil, olive oil, dan macademia oil serta ekstrak tanaman lainya yang membantu menutrisi kulit. Namun, untuk kalian yang memiliki kulit sensitif terhadap fragrance sebaiknya di test patch dulu, sebab Cleansing oil ini masih mengandung parfum. 

Cleansing Oil Made in China ini sudah BPOM sehingga kalian tidak perlu khawatir lagi. Selain itu, harga cleansing oil dari Miss U2 ini juga sangat terjangkau yaitu 39 ribu untuk 30 ml, dan 140 ribuan untuk kemasan 200ml.


7. Teratu Beauty Chamomille & Olive Deep Cleansing oil 

Teratu Beauty adalah brand kecantikan lokal yang diproduksi oleh PT. Tritunggal Sinar Jaya, Jakarta Utara Indonesia. Cleansing Oil dari Teratu Beauty ini berbasis minyak zaitun yang diformulasikan untuk mengangkat kotoran dan menghapus make up, sehingga membantu memaksimalkan dalam membersihkan wajah serta membantu merawat kulit. Selain itu juga diperkaya dengan Chamomile extract dan Vitamin E yang membantu menjaga kulit tetap lembab. 

Cleansing Oil lokal satu ini memiliki kandungan yang sangat Simple yaitu hanya terdiri dari 7 Ingredients saja, tidak mengandung alkohol, parfum, SLS sehingga aman untuk semua jenis kulit dan boleh digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. 

Kalian hanya cukup merogoh kocek sebanyak 97 ribu untuk kemasan 100ml.


8. GINZA Silky Barrier Care Cleansing Oil 

Cleansing Oil murah di bawah 100 ribu terakhir adalah GINZA Silky Barrier Care Cleansing Oil yang berbasis mineral oil yang diperkaya dengan calendula oil dan ekstrak oat untuk membersihkan kulit dari makeup mulai dari make up daily/make up ringan sampai waterproof makeup hingga ke pori-pori tanpa membuat kulit kering dan merusak skin barrier. 

Selian itu juga membantu menutrisi dan menjaga kelembaban. Cleansing oil dari Ginza ideal untuk kulit Normal, Oily non Acne, Dry, Combination, Acne Prone, Oily Acne. 

Namun untuk kulit sensitif sebaiknya di test patch dulu, mengingat produk ini masih mengandung fragrance. Kalian bisa purchase produk ini dengan harga 75 ribu untuk ukuran 155 ml. 


Demikian adalah Rekomendasi Produk Cleansing oil murah di bawah 100 ribu, sehingga untuk kalian yang sedang mencari untuk melengkapi produk skincare tidak perlu bingung lagi. Semoga bermanfaat 🙏


Sumber referensi: 

  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/kulit/manfaat-cara-pakai-cleansing-oil


Post a Comment

2 Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Kak aku ada whitehead sm blackhead di area hidung dan dagu, rekomen ga pake cleansing oil kek gini buat ngangkat komedonya? Atau better pake serum peeling kek elformula peeling solution itu yaak?

    ReplyDelete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏