Skincare untuk Kulit Kering: Rahasia untuk Kulit Sehat dan Terhidrasi

Kulit yang kering dapat menjadi masalah di kemudian hari jika tidak dirawat dengan baik dan benar.

Kulit kering adalah kondisi kulit yang kurang mampu mempertahankan kelembapan alami. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor internal seperti genetik, usia, dan gangguan kesehatan, serta faktor eksternal seperti cuaca, paparan sinar matahari, dan penggunaan produk Skincare yang tidak cocok.

Kulit yang sehat seharusnya memiliki lapisan pelindung alami yang disebut "lapisan hidrolipid" yang terdiri dari air dan minyak alami. Lapisan ini berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit dan melindunginya dari iritasi serta infeksi.

Namun, ketika lapisan hidrolipid ini terganggu atau kurang efektif, kulit kehilangan kelembapan dan perlindungan alami yang disebut sebagai "kulit kering". 

Beberapa ciri-ciri kondisi kulit kering meliputi:

  • Kulit terasa kaku dan tidak nyaman
  • Kulit terasa kasar dan kusam.
  • Munculnya garis-garis halus
  • Muncul dry patches
  • Kulit mengelupas atau bersisik
  • Muncul gatal-gatal pada kulit.
  • Kulit terasa ketarik setelah mencuci muka
  • Rentan terkena iritasi, kemerahan atau peradangan.
Rekomendasi Produk Skincare untuk Merawat Kulit Kering



Jenis-jenis Produk Skincare untuk Kulit Kering

Gentle Cleanser: 

Usahakan memilih pembersih wajah lembut yang tidak mengandung SLS dan alkohol. Selain itu cleanser dengan pH rendah juga membantu mempertahankan kelembaban dan acid mantle sehingga aman digunakan untuk kulit kering.

Cleansing Balm/Oil: 

Pembersih berbasis minyak ini dapat membersihkan make up, minyak, dan kotoran secara menyeluruh tanpa mengganggu skin barrier dan tidak menyebabkan kulit ketarik pada kukit kering.

Exfolliating Toner: 

Kulit kering juga perlu sesekali di Exfoliasi untuk mencegah penumpukan sel kulit mati. Produk Exfo dengan kandungan lactobionic acid, Gluconolactone, Glycolic acid, Lactic acid atau salicylic acid dapat digunakan untuk kulit kering 1-2x seminggu supaya kulit kering tidak tampak semakin kusam

Hydrating toner: 

Toner yang fokus untuk menghidrasi dengan kandungan hyaluronic acid dan pH seimbang dapat digunakan untuk kulit kering sehingga tidak terasa kering dan ketarik setelah mencuci wajah. Dan dapat membantu mengembalikan kelembapan alami setelah exfolliasi.

Hydrating Serum: 

Serum dengan kandungan hyaluronic acid, polyglutamic acid, Ceramide, dan betaine membantu mengisi water-content di kulit kering membantu mencegah iritasi, serta membantu memperbaiki kondisi kulit.

Moisturizing Cream: 

Kulit Kering sebaiknya memilih Pelembap yang mampu mengunci kelembapan secara optimal. Pelembab yang mengandung agen oklusive Seperi dimethicone, mineral oil, petroleum jelly, squalane, beeswax sangat disarankan untuk membantu melindungi kulit dari TeWL. Selain itu kandungan ceramides dan hyaluronic acid juga diperlukan untuk menghidrasi dan memperbaiki kualitas skin barrier.

Sunscreen: 

Tabir surya dengan perlindungan Spectrum luas juga diperlukan untuk perawatan kulit kering. Produk ini dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Untuk kulit kering, sebaiknya memilih produk Sunscreen yang mengandung banyak kandungan Emollient seperti minyak nabati, sheabutter, vitamin E, ceramide dan squalane.



Rekomendasi Skincare untuk Merawat Kulit Kering

Berikut adalah beberapa produk skincare pilihan yang dapat kalian coba untuk merawat kulit kering supaya terjaga kelembaban, elastisitas, sehingga tidak muncul masalah di kemudian hari.

1. SKINTIFIC 5X Ceramide Low pH Cleanser Facial Wash Gentle Cleanser

Pembersih wajah dari Produk Skintific ini bisa menjadi salah satu rekomendasi facial cleanser untuk kulit kering karena diformulasikan dengan pH rendah yang tidak akan mengganggu acid mantle kulit, sehingga aman digunakan untuk kulit kering. Selain itu Skintific Gentle Cleanser ini juga diperkaya dengan kandungan Ceramide yang membantu memperkuat skin barrier dan melindungi kulit agar tidak mudah iritasi dan mengalami berbagai masalah lainnya.

Produk Skintific ini memiliki tekstur yang lembut, tidak mengandung SLS dan alkohol sehingga tidak akan meninggalkan rasa kering pada kulit setelah mencuci wajah.


2. Teratu Chamomille & Olive Deep Cleansing Oil


Dengan bahan dasar minyak zaitun dan ekstrak Chamomile,  Teratu Chamomille & Olive Deep Cleansing Oil dapat menjadi salah satu cleansing oil terbaik yang bersihkan kulit kering dengan lembut.

Kemampuannya dalam membersihkan sisa make up juga sempurna sebab dilengkapi  dengan agen surfaktan yang mampu membersihkan untuk kulit terasa lebih segar. Pada saat digunakan, tidak ada rasa lengket dan pada saat dibilas tidak meninggalkan residu. Cleansing oil brand lokal ini tidak hanya cocok untuk kulit kering, namun juga bisa dipakai untuk semua jenis kulit.


3. Somethinc - Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner

Bagi pemilik kulit kering, kalian bisa menggunakan produk exfo dari Somethinc. Dengan  konsentrasi rendah yaitu: AHA 3%, BHA 0,01% dan PHA 0,1 %, dapat digunakan untuk pemula dan aman untuk kulit kering. Fungsi toner ini adalah membantu meratakan warna kulit, mengurangi kekusaman pada wajah, dan mengangkat sisa kotoran dan sel kulit mati sehingga kulit dapat menyerap produk skincare selanjutnya. Toner ini  juga akan mengembalikan kelembapan wajah ketika dieksfoliasi.


4. Hada Labo Gokyujun Premium ultimate moisturizing lotion with 7 HA

Hydrating Toner dari Hadalabo ini layak dicoba untuk kalian yang memiliki kulit kering. Toner yang mengandung 7 tipe Hyaluronic Acid untuk meningkatkan dan mempertahankan kelembapan kulit lebih lama hingga bagian epidermis terdalam sekaligus mengunci kelembapan di dalam kulit untuk hidrasi yang lebih baik.

 Toner ini juga disebut  Pre-moisturizing yaitu satu langkah sebelum pelembap. Gokujyun premium lotion tidak hanya  direkomendasikan untuk kulit ekstra kering, namun juga aman untuk kulit sensitif. Karena toner ini tidak mengandung alkohol, pewarna dan bahan irritant lain nya.


5. Eiem Beauty Hydration Booster Serum

Produk skincare lokal yang murah meriah ini tentu bisa menjadi pilihan untuk membantu merawat kulit kering. Serum Eiem Hydration Booster serum ini diperkaya dengan kandungan pelembab terbaik yang bahkan bisa mengikat air yang 1000x lebih berat. Dengan Teknologi terbaru yang menggabungkan berbagai jenis Hyaluronate untuk mengisi kelembapan kulit di berbagai lapisan kulit. 

Hydrating Serum dari Eiem juga dilengkapi dengan Acetyl Glucosamine dan Niacinamide 4% yang telah terbukti klinis dapat meningkatkan kondisi skin barrier dan mencerahkan kulit. Lactobacillus Ferment, Allantoin dan zat lain yang terkandung dalam serum ini juga dapat meningkatkan efek kelembapan dan nutrisi ekstra yang dibutuhkan kulit. Selain itu, serum ini juga sangat aman digunakan untuk kulit sensitif, ibu hamil dan menyusui, serta Fungal acne safe, Lho.


6. CeraVe Moisturizing Cream

Moisturizer ini mengandung  Hyaluronic acid yang membantu memperkuat barier kulit dan menjaga kelembapan. Serta Kandungan Ceramide yang bekerja memulihkan dan mempertahankan skin barrier. Moisturizing cream ini juga menggunakan Teknologi MVE yang bekerja 24 jam nonstop untuk melembapkan dan menghidrasi kulit. Selain itu Moisturizing cream ini juga dilengkapi dengan agen oklusive yang mampu mengunci kelembapan dengan sangat baik.


7. Azarine Hydramax-C Sunscreen Serum

Produk skincare untuk merawat kulit kering selanjutnya adalah Azarine Hydramax C Sunscreen yang memiliki bentuk cream gel yang lebih cocok untuk kulit kering. Sesuai namanya, sunscreen ini memiliki kandungan vitamin C & vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat mencerahkan kulit. Sangat cocok untuk kalian yang memiliki kulit kering dan kusam.

 Dengan tekstur yang ringan, sunscreen ini cepat meresap dan memiliki hasil akhir yang glowy, membuat kulit tampak lebih sehat dan cerah.



Tips Tambahan untuk Merawat Kulit Kering

1. Hindari Mandi atau mencuci wajah dengan Air Panas: 

Mandi dengan air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit dan membuat nya semakin kering. Gunakan air dingin atau susuam-suam kuku saat mandi, dan hindari menggosok kulit terlalu keras dengan handuk setelahnya.

2. Minum Cukup Air:  

Kelembapan kulit tidak hanya datang dari luar, namun juga dari dalam tubuh. Pastikan kalian minum setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

3. Gunakan Produk Bebas alkohol: 

Produk skincare yang mengandung alkohol bisa membuat kulit kering menjadi lebih sensitif dan iritasi. Pilih produk yang bebas alcohol untuk menghindari potensi masalah kulit.

4. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebih: 

Sinar matahari dapat membuat kulit semakin kering dan merusak kolagen. Gunakan topi, payung, atau pakaian pelindung ketika berada di bawah sinar matahari langsung, terutama pada jam-jam terik.

5. Perhatikan Kelembapan Ruangan: 

Gunakan pelembap udara di rumah atau di kantor terutama saat di ruangan ber-AC.

6. Perawatan Kulit Khusus di Malam Hari:

Gunakan pelembap malam yang lebih kaya dan berat saat tidur. Hal ini dapat membantu melindungi kulit dari TeWL sehingga kulit kering dapat ternutrisi dengan baik. Jika perlu lakukan teknik "slugging" dengan mengaplikasikan Vaseline atau pelembab yang mengandung mineral oil untuk menciptakan pelindung/pelembap Extra untuk melindungi kulit dari faktor external.



Kesimpulan

Kulit kering lebih cepat menua daripada kulit berminyak. Ini Fakta, Gaes. Itulah sebabnya merawat kulit kering membutuhkan perhatian ekstra dalam menjaga kelembapan dan menjauhkan kulit dari kerusakan dan iritasi.

 Dengan memilih produk skincare yang tepat, mengikuti rutinitas perawatan yang sesuai, dan menjaga gaya hidup yang sehat, kalian dapat mempertahankan kelembapan kulit kering mu dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Post a Comment

1 Comments

  1. Toner hadalabo gokujyun premium emang gada lawannn👊

    ReplyDelete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏