Purbasari Pore Perfecting BB Cushion Ingredients

Purbasari Pore Perfecting BB Cushion adalah Cushion yang merupakan inovasi terbaru makeup Purbasari dimana Foundation/Alas bedak cair di dalam kemasan compact (seperti bedak compact) yang dilengkapi microfoam. Microfoam sendiri berfungsi untuk menjaga kesegaran saat pemakaian yang dapat membuat foundationnya lebih tahan lama dan tidak menggumpal. Dilengkapi juga dengan puff khusus yang membuat makeup lebih halus dan sempurna. Purbasari Pore Perfecting BB Cushion dilengkapi dengan oil absorber, SPF 18 PA +++, dan Anti Oksidan.

Ada 3 shade warna:
- 01. Light Beige
- 02. Honey Beige
- 03. Caramel


Penjelasan Ingredients Purbasari Pore Perfecting BB Cushion 

Ingredients: Water, cyclopentasiloxane, cyclohexasiloxane, titanium dioxide, synthetic fluorphlogopite, peg-10 dimethicone, ethylhexyl methoxycinnamate, butylene Glycol, cetyl ethylhexanoate, silica, pentylene Glycol, lauryl peg-10 Tris(trimethylsiloxy)silyethyl dimethicone, Magnesium Sulfate, phenoxyethanol, disteardimonium Hectorite, Triethoxycaprylylsilane, aluminum hydroxide, vinyl dimethicone/methicone silsesquioxane crosspolymer, sodium hyaluronate, tocopheryl acetate, ethylhexylglycerin, disodium edta, BHT.



Key Ingredients 

sodium hyaluronate,

Bentuk garam dari hyaluronic acid. Memiliki Memiliki ukuran molekul yang besar (High molecular weight)  Bekerja di permukaan dan membentuk lapisan protective barrier yang melindungi kulit, mencegah dehidrasi, dan baik untuk skin barrier.

tocopheryl acetate,

Vit E. Antioksidan. Skin moisturizing. Membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB.



Agen Sunscreen 

titanium dioxide, 

UVA dan UVB filter (Broad Spectrum). Sunscreen fisik pasangannya Zinc Oxide. Foto stabil. Aman. Tidak cosmetically ellegant (white cast).  Punya fungsi lain yaitu sebagai oil-absorbent/agen mattifier.

ethylhexyl methoxycinnamate.

a.k.a octinoxate. Agen sunscreen kimiawi generasi lama. Menyerap UVB. Tidak photo-stable. Berkurang nilai spf nya 10% setelah 35 menit.




Bahan pelengkap 

  • Water
  • cyclopentasiloxane, cyclohexasiloxane. Silicone volatil. Mudah menguap. Emollient. Membantu formula agar mudah diratakan. 
  • synthetic fluorphlogopite. Mika sintetis. Membantu menciptakan efek shimmer, glittering finish, atau pearly pada tekstur nya.   
  • peg-10 dimethicone. Silicone pengemulsi . 
  • butylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • cetyl ethylhexanoate. Emollient Ester berbahan dasar cetyl alcohol + ethylhexanoic acid. Memberi efek velvety dan silky pada kulit. Emollient. 
  • silica. Bulking agen untuk menambah volume formula sekaligus oil absorbent. 
  • pentylene Glycol. Pelarut. Preservatives booster. Humektan.
  •  lauryl peg-10 Tris(trimethylsiloxy)silyethyl dimethicone. Pengemulsi . Pigmen Dispersant. 
  • Magnesium Sulfate. Epsom salt. Meningkatkan viskositas Formula. Penstabil emulsi. 
  •  phenoxyethanol. Pengawet 
  • disteardimonium Hectorite. Bentuk derivat dari hectorite clay. Berupa partikel mineral. Bekerja sebagai bulking agent untuk menambah  volume formula. Membantu menstabilkan formula. Menciptakan formula yang ringan dan terasa halus di kulit. Serta memberi efek water-resistance.    
  • Triethoxycaprylylsilane. Sejenis silikon yang berfungsi sebagai "mineral/Pigment coating" pada produk kosmetik. Coating ini akan membantu menstabilkan pigmen/agen mineral Sunscreen agar mudah di baurkan dan diratakan, serta tidak menggumpal ketika diaplikasikan ke kulit. 
  • Silica. Bulking agen untuk menambah volume formula. Sekaligus oil absorbent. 
  • aluminum hydroxide. berfungsi sebagai agen opacifying, yaitu agar warna krimnya putih dan tidak transparant. Dia juga berfungsi memberi sunscreen booster pada titanium dioxide, selain itu juga berperan dalam menciptakan efek matte. 
  •  vinyl dimethicone/methicone silsesquioxane crosspolymer. Berupa silikon powder. berfungsi untuk menambah Kekentalan formula. Dan menciptakan efek smooth, dry, velvety feel pada kulit. 
  • ethylhexylglycerin. Preservatives booster. Humektan. 
  • disodium edta. Chelating agen untuk menetralisir ion logam agar tidak menggangu kestabilan formula.
  •  BHT. Antioksidan sintetis untuk melindungi formula agar tidak mudah teroksidasi.



Kesimpulan 

✔️Purbasari Pore Perfecting BB Cushion mengandung 2 key Ingredients yang membantu merawat kesehatan dan melindungi kulit.

✔️ Dilengkapi dengan 2 agen Sunscreen, kombinasi fisik dan Chemical yang memiliki perlindungan SPF 18 (melindungi kulit dari UVB hingga 95%) PA+++ (melindungi kulit dari UVA 8-16x lebih lama daripada tidak memakai Sunscreen). 

✔️Yang berfungsi sebagai oil absorbent: titanium dioxide, silica, aluminum hydroxide

✔️ Ingredients yang meningkatkan efek water resistance: disteardimonium Hectorite.

✔️Hasil akhir: semi Matte finished 

✔️No Alcohol
✔️No fragrance
✔️No Paraben

✔️Oil free. Non comedogenic

✔️Fungal acne safe.

✔️Ideal untuk semua tipe kulit. Aman untuk kulit sensitif

❗Ada satu bahan yang perlu diwaspadai bumil busui: Sunscreen kimiawi. Sebaiknya konsultasi ke dokter dulu 😉

✔️Produk lokal. Sudah BPOM. Halal

Diproduksi oleh: PT. Cosmax Indonesia. Didistribusikan oleh: PT. Gloria Origita Cosmetics. 

✔️Cek harga? 50 ribuan. 15gr. Ada kemasan Refill nya juga😉

Purbasari Pore Perfecting BB Cushion (kemasan Refill). Sumber: shopee


Post a Comment

6 Comments

  1. WAHH BAGUS BANGET DARI INGREDIENTSNYAA 🫶🏻🫶🏻🫶🏻 tapi ini gaada yg memicu komedo gitu? oiya ini ada silikon yh?

    ReplyDelete
  2. oiya kk, mau nanya lagi , bedanya bedak sm cushion apa yaa, trus cara pakai ny jg ak belum trllu tau 😄, thanks kak 🦋✨

    ReplyDelete
  3. Kak review Innisfree Collagen Peptide Firming
    Ampoule Cream sama Innisfree Green Active Ceramide Barrier Cream dong Kak. Makasih Kak🙏

    ReplyDelete
  4. @iya non comedogenic, tapi ada Silicone...tenang saja, nggak semua Silicone itu komedogenik kok😉
    @cushion itu 11-12 sama Foundation berfungsi sebagai alas bedak, jadi make nya habis Sunscreen sebelum bedak...
    Kalo udah pake Cushion nggak pake bedak pun nggak masalah, tergantung selera😉

    @okw ditunggu aja

    ReplyDelete
  5. Mantul banget, Kak, terima kasih atas penjelasannya. Sepertinya cushion ini bisa banget masuk list makeup andalan, cuma satu yang pengen saya tanya itu, apakah cushionnya purbasari ini tahan air? Karena saya gampang keringatan, jadi makeup gampang banget hancur

    ReplyDelete
  6. Kalo dilihat dari komposisi nya, ada ingreredients yang membantu memberi efek water resistance: disteardimonium hectoRite.
    Tapi kalo dari klaim nya nggak ada klaim waterproof...
    Kalo gampang keringetan di tap2 pake tisu, jangan di gosok.. trus di akali pakai setting spray biar lebih nge-set dan nggak gampang luntur

    ReplyDelete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏