Cek Ingredients Natasha Physical Sunblock by dr Fredi Setyawan

Natasha Physical Sunblock by dr Fredi Setyawan Physical Sunblok adalah Sunscreen fisik yang mengandung UV Filter inorganik (chemical free) yang dapat membantu melindungi kulit wajah dari sinar matahari secara Broad Spectrum. Diperkaya dengan ekstrak Edelweiss sebagai radikal protection factor (RPF). Mengandung ekstrak botanikal: Caesalpinia Spinosa Fruit sebagai antioksidan, anti polusi, yang melindungi kulit dari radikal bebas, UV, dan HEV light.



Penjelasan Ingredients Natasha Physical Sunblock SpF 50+ PA++++

Ingredients:
Aqua, Glycerin, Propanediol, Zinc Oxide, Titanium Dioxide, Polyglyceryl-6 Distearate, Dimethicone, Niacinamide, Cetearyl Alcohol, Glycine Soja (Soybean) ​Oil, Ceteth-20 Phosphate, Silica, Jojoba Esters, Panthenol, Sodium PCA, Squalane, Fructooligosaccharides, Beta Vulgaris (Beet) Root Extract, Dicetyl Phosphate, Propylene Glycol, Cetyl Alcohol, Polyglyceryl-3 Beeswax, ​Polymethylsilsesquioxane, Methyl Cyclodextrin, Butylene Glycol, Sodium Polyacrylate, Xanthan Gum, Caprylyl Glycol, 1,2-Hexanediol, Butylated Hydroxytoluene, ​Pentaerythrityl Tetra-Di-T-Butyl Hydroxyhydrocinnamate, Potassium Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane, Buteth-3, Potassium Lactate, Ethylhexylglycerin, Parfum, Disodium EDTA, Sodium Benzotriazolyl Butylphenol Sulfonate, ​Arnica Montana Flower Extract, Lactic Acid, Pentylene Glycol, Leontopodium Alpinum (Edelweiss) ​Extract, ​Caesalpinia Spinosa Fruit Pod Extract, ​Phenoxyethanol, Helianthus Annuus Sprout Extract, Tributyl Citrate, Sodium Benzoate, 7-Dehydrocholesterol, Citric Acid, Potassium Sorbate, Tocopherol, Polyglutamic Acid, Colloidal Gold.



Key Ingredients 

Niacinamide, 

Vitamin B3. Skin brightening. Antioksidan. Memicu sintesis ceramide. Sebum regulator. Anti inflamasi. Anti acne. Juga bisa melindungi kulit dari efek buruk radiasi UV dan bluelight dengan cara memperkuat pertahanan kulit supaya kulit bisa melindungi dirinya sendiri.

Glycine Soja (Soybean) ​Oil, 

minyak kedelai. Mengandung asam lemak:  48-59% linoleic acid yang dapat memperbaiki skin-barrier. 17-30% oleic acid yang menutrisis kulit sekaligus melembapkan kulit kering. Dan 4,5- 11% linolenic acid yang merupakan anti-inflamasi yang potensial.

Jojoba Esters, 

Emollient yang berasal dari minyak jojoba. Memiliki karakteristik yang menyerupai sebum kulit manusia. Sehingga dia juga disebut sebagai skin-identical ingredients. Sangat ringan, mudah sekali meresap, baik untuk menjaga kulit tetap lembap tanpa membuat kulit terasa berat dan greasy, sekaligus melindungi skin barrier.

Panthenol,

Pro Vit B5. Moisturizing, humektan, skin-Protecting, Soothing, anti infamasi. Mengurangi efek iritasi yang ditimbulkan Ingredients lain

Sodium PCA,

Kepanjangan dari Pyrrolidone Carboxylic Acid. Adalah derivat asam amino. Merupakan skin identical dan menjadi salah satu bagian dari Natural Moisturizing Factor. Berfungsi sebagai Humektan yang membantu meningkatkan level hidrasi pada kulit. Menurut CIR Expert Panel Konsentrasi dalam kosmetik rata-rata 0.000012-1.9%.

Squalane, 

Dapat berasal dari sumber hewani (hati ikan cod) maupun nabati (olive oil, jojoba oil, dll). Moisturizer yang super, karena bersifat skin identical, mampu mengunci kelembapan tapi tetap cosmetically ellegant, non greasy dan kompatibel untuk semua jenis kulit , termasuk oily dan acne prone.

Fructooligosaccharides, 

Merupakan jenis prebiotik, yaitu bahan yang bisa jadi makanan untuk bakteri baik (probiotik) yang terdapat di kulit kita agar berkembang biak Secara optimal. Berbahan dasar gula dan karbohydrate yang berfungsi sebagai agen Hydrator.

Beta Vulgaris (Beet) Root Extract,  ​

Ekstrak beet. Kandungan zat besi, fosforus, dan protein dapat memicu rona pada kulit.
juga menjaga kulit tetap halus, mencegah jerawat, kaya antioksidan dan memiliki efek anti-aging, moisturizer, dan mencerahkan kulit. Beetroot Extract juga dapat menyeimbangkan kadar minyak berlebih pada kulit dan menutrisi kulit wajah.

Arnica Montana Flower Extract, 

Mengandung anti bakteri, anti septik dan anti inflamasi. Namun kadang-kadang bersifat sensitizing.

Leontopodium Alpinum (Edelweiss) ​Extract,

Ekstrak edelweis mengandung powerful antioksidan yang lebih potensial daripada Vit C. Mencegah penuaan dini, merawat elastisitas, dan kekencangan kulit. Mengandung lignans yang memiliki efek calming. Dan senyawa leontopodic acid yang mampu memperkuat skin barrier dan mengurangi sensitivitas kulit.

​Caesalpinia Spinosa Fruit Pod Extract,

Ekstrak Tara fruit. Mengandung komponen aktif flavonoid, polyphenol, dan tannins. Memiliki kemampuan powerful Antioksidan, firming, dan anti aging.

Helianthus Annuus Sprout Extract,

Ekstrak kecambah bunga matahari. kaya dengan senyawa alami yang mampu memperkuat sel-sel kulit dari radikal bebas yang diakibatkan paparan sinar matahari. Juga mampu mengurangi produksi Advanced Glycation End products (AGE) yang merupakan salah satu faktor perusak jaringan kolagen kulit.

7-Dehydrocholesterol, 

pro vitamin D3. Salah satu manfaatnya adalah anti inflamasi.

Tocopherol,

Vit E. Antioksidan. Skin moisturizing. Membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB. Dan melindungi formula agar tidak mudah teroksidasi.

Polyglutamic Acid,

Berbahan dasar asam amino glutamic acid. Termasuk skin identical. Memiliki kemampuan mengikat air dan menahan kelembapan 3-5x lebih baik dari hyaluronic acid. Termasuk bahan yang baik untuk skin barrier.

Colloidal Gold

Ekstrak emas dipercaya dapat menstimulasi produksi kolagen di bawah kulit, mencerahkan, dan bermanfaat sebagai anti aging. Walo demikian, emas adalah logam. Dan uji toksisitas-nya masih perlu dikaji lebih dalam lagi.




Agen Sunscreen 

Zinc Oxide, 

UVA dan UVB filter (Broad Spectrum). Sunscreen fisik paling populer. Foto stabil. Paling aman. Tidak cosmetically ellegant (white cast).  Punya fungsi lain yaitu  sebagai oil-absorbent/agen mattifier. Juga memiliki aktivitas anti inflamasi, anti bakteri, dan skin-soothing.

Titanium Dioxide,

UVA dan UVB filter (Broad Spectrum). Sunscreen fisik pasangannya Zinc Oxide. Foto stabil. Aman. Tidak cosmetically ellegant (white cast).  Punya fungsi lain yaitu sebagai oil-absorbent/agen mattifier





Bahan pelengkap 

  • Aqua
  • Glycerin. Pelarut. Skin identical. Humektan. 
  • Propanediol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • Polyglyceryl-6 Distearate. Pengemulsi . 
  • Dimethicone. Silicone. Emollient.membantu mengunci kelembapan dan memberi efek sensorial seperti kulit lebih halus dan Smooth.  
  • Cetearyl Alcohol. Lemak alkohol. Emollient . Menambah kekentalan formula sekaligus penstabil emulsi. 
  • Ceteth-20 Phosphate. Pengemulsi. Silica. Bulking agen untuk menambah volume formula sekaligus. Oil absorbent.
  •  Dicetyl Phosphate. Pengemulsi . 
  • Propylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan,
  •  Cetyl Alcohol. Lemak alkohol. Emollient . Menambah kekentalan formula sekaligus penstabil emulsi.
  •  Polyglyceryl-3 Beeswax. Pengemulsi. 
  • Polymethylsilsesquioxane, Termasuk jenis silicone. Berfungsi sebagai tekstur Enhancer sekaligus memiliki efek temporary wrinkle filler. Selain itu juga berfungsi sebagai Emollient yang membantu menciptakan formula yang cosmetically ellegant, serta membantu mengunci kelembapan. 
  • Methyl Cyclodextrin. Chelating agen untuk menetralisir ion logam agar tidak menggangu kestabilan formula. 
  • Butylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • Sodium Polyacrylate. Pengental sintetis . 
  • Xanthan Gum. Pengental alami 
  • Caprylyl Glycol. Emollient . Preservatives booster. 
  • 1,2-Hexanediol. Pelarut. Preservatives booster. Humektan. 
  • Butylated Hydroxytoluene. BHT. Antioksidan Sintetis untuk melindungi formula gar tidak mudah teroksidasi . ​
  • Pentaerythrityl Tetra-Di-T-Butyl Hydroxyhydrocinnamate.  Antioksidan yang membantu mencegah formula terdegradasi. Alternatif lebih baik daripada BHT. 
  •  Potassium Hydroxide. pH adjuster. Bersifat basa.
  •  Triethoxycaprylylsilane,Sejenis silikon yang berfungsi sebagai "mineral/Pigment coating" pada produk kosmetik. Coating ini akan membantu menstabilkan pigmen/agen mineral Sunscreen agar mudah di baurkan dan diratakan, serta tidak menggumpal ketika diaplikasikan ke kulit.   
  •  Buteth-3. Pengemulsi. 
  • Potassium Lactate. Buffering. Menjaga pH formula agar tetap stabil. 
  • Ethylhexylglycerin. Preservatives booster. Humektan. 
  • Parfum
  • Disodium EDTA. Chelating agen untuk menetralisir ion logam agar tidak menggangu kestabilan formula. Sodium 
  • Benzotriazolyl Butylphenol Sulfonate. Melindungi formula agar tidak mudah ter-degradasi akibat paparan cahaya.  
  • Lactic Acid. pH adjuster.  Bersifat asam. sekaligus humektan. 
  • Pentylene Glycol. Pelarut. Preservatives booster. Humektan.
  •  ​Phenoxyethanol. Pengawet. 
  • Tributyl Citrate. Merupakan organic Ester dari citric acid. Berfungsi sebagai buffering, yaitu membantu mengatur level pH formula .  
  • Sodium Benzoate. Pengawet . 
  • Citric Acid. pH adjuster. Bersifat asam. 
  • Potassium Sorbate. Pengawet




Kesimpulan 

✔️Natasha Physical Sunblock adalah 100% Sunscreen Fisik yang mengandung 2 agen Sunscreen.

✔️ Memiliki perlindungan SPF 50+ (melindungi kulit dari sinar UVB hingga 98%) dan PA++++ (melindungi kulit dari UVA >16x lebih lama daripada tidak memakai Sunscreen)

✔️ Diperkaya dengan 16 key Ingredients yang membantu menutrisi, melembabkan, dan melindungi kulit.

✔️Glycine Soja (Soybean) ​Oil, Jojoba Esters, Panthenol, Sodium PCA, Squalane, Fructooligosaccharides, Beta Vulgaris Root, polyglutamic acid membantu mempertahankan kelembaban dan elastisitas kulit serta melindungi skin Barrier.

✔️ Mengandung Sunflower Sprout & Tara Spinosa yang diklaim sebagai award-winning ingredients yang kaya dengan powerful antioksidan, dengan kecambah bunga matahari organik yang secara efisien memberikan perlindungan 3 in 1 dari inframerah, blue light serta polusi. Kombinasi ini mampu menetralkan radikal bebas untuk menghambat penuaan dini.

✔️No alcohol
✔️No Paraben

✔️Nggak oil free. Ada glycine soja oil yang baik untuk kulit kering.

Mengandung potensi komedogenik

  • Dimethicone (1)
  • Cetearyl Alcohol (2)
  • Glycine Soja (Soybean) ​Oil (3)
  • Cetyl Alcohol (3)
❗Nggak Fungal acne safe. Ada glycine soja oil,
Polyglyceryl-6 Distearate, jojoba Esters. Khusus untuk kulit yang ada Fungal acne nya harap hati-hati.

✔️Ideal untuk kulit normal-kering

✔️Secara umum tidak mengandung bahan yang perlu diwaspadai bumil busui.

✔️Produk lokal. Sudah BPOM. Halal

✔️Cek harga? 104k. 30ml

Natasha Physical Sunblock by dr Fredi Setyawan. Sumber: shopee


2 comments

  1. Kak tolong review moisturizer forencos dong
  2. Belum dapet Ingredients list nya🙏
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏