Some By Mi Red Tea Tree Cicassoside Derma Solution Serum Ingredients

Some By Mi Red Tea Tree Cicassoside Derma Solution Serum diformukasikan dengan Red Tea Tree 86% dan Cicassoside™ (Madecassoside) yakni komponen aktif Centella asiatica yang membantu menenangkan kulit yang teriritasi.

Klaim produk

  • Telah lulus tes aplikasi lengkap pada tubuh manusia yang cocok untuk digunakan pada kulit sensitif
  • Telah lulus tes aplikasi lengkap pada tubuh manusia yang cocok untuk digunakan pada kulit berjerawat
  • Telah lulus tes aplikasi lengkap pada tubuh manusia untuk perbaikan kulit mati, kulit kemerahan, dan kulit yang kehilangan kekuatannya.



Penjelasan Ingredients Some By Mi

Ingredients overview

Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Extract (860.000ppm), butylene Glycol, propanediol, 1,2 hexanediol, niacinamide, water, Polyglyceryl-10 Laurate, carbomer, arginine, glyserine, eclipta Prostrata extract, coccinia indica fruit extract, ethylhexylglycerin, Cellulose gum, adenosine, Camelia sinensis leaf extract, malaleuca alternifolia leaf oil (300ppm), glycyrrhiza Glabra Licorice root extract, agrikonia eupatoria extract, disodium edta, perillabfrutescents leaf extract, lactobionic acid, silybum marianum seed extract, propolis ekstrak, cimicifuga dahurica root extract, salix Alba bark extract, pentylene Glycol, oenothera biennis (evening primrose);flower extract, madecassoside, citric acid, sodium carbomer, polyacrylate crosspolymer 6, t-butyl alcohol, Hydroxycinnamic Acid, Rutin.


Key Ingredients 

Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Extract (860.000ppm),  

Populer sebagai anti acne yang lebih gentle daripada benzoyl peroxide. Memiliki properti anti inflamatory, anti bakteri, anti fungi, astringent, dan oil control.

niacinamide, 

Vitamin B3. Skin brightening. Antioksidan. Memicu sintesis ceramide. Sebum regulator. Anti inflamasi. Anti acne. Juga bisa melindungi kulit dari efek buruk radiasi UV dan bluelight dengan cara memperkuat pertahanan kulit supaya kulit bisa melindungi dirinya sendiri.

 arginine,  

Merupakan asam amino semi Essential. Dan skin identical Ingredients. Senyawa ini secara alami juga dapat ditemukan pada biji labu, daging, susu, dll. Arginin memiliki 3 manfaat utama, yaitu: powerful antioksidan, humektan, dan collagen booster. Selain itu dapat membantu mengurangi efek tingling sensation dari lactic acid.

eclipta Prostrata extract, 

Ekstrak timun merah/kemarungan. Mengandung antioksidan, Vit A, antioksidan flavonoid, Saponin, dan terpenoids yang dapat menetralisir radikal bebas. Juga bersifat anti-inflamasi

coccinia indica fruit extract,

Ekstrak timun merah/kemarungan. Mengandung antioksidan, Vit A, antioksidan flavonoid, Saponin, dan terpenoids yang dapat menetralisir radikal bebas. Juga bersifat anti-inflamasi

 adenosine, 

Merupakan cell-communicating ingredient. Adalah senyawa organik yang bisa ditemukan dalam tubuh manusia. tugasnya adalah membantu sel saling "berkomunikasi". Manfaat untuk kulit: mempercepat penyembuhan luka, antiinflamasi yang baik, melindungi kulit dan memperlambat penuaan dini.

Camelia sinensis leaf extract,

ekstrak greentea kaya akan kandungan komponen aktif catechin, yang terbukti sebagai antioksidan kuat, UV protectant, anti inflamasi, anti bakteri, dan astringent (meringkas pori)

 malaleuca alternifolia leaf oil (300ppm),

Tea Tree Essential Oil (TTO). Mengandung komponen aktif terpineol-4, terpinene ,dan alpha terpinene. Memiliki properti anti bacterial, anti viral, dan anti Fungal. Penelitian menunjukkan 5% TTO gel bisa disandingkan dengan 5% benzoyl peroxide Lotion dalam hal mengatasi jerawat. Hanya saja, TTO memiliki efikasi yang lebih lambat namun lebih minim iritasi

 glycyrrhiza Glabra Licorice root extract,

Ektrak akar manis (Licorice). Populer sebagai bahan pencerah yang aman. Mengandung senyawa utama glabridin (yang membantu mencegah Pigmentasi) dan glycyrrhizin (membantu mengurangi peradangan kulit.

 agrimonia eupatoria extract,  

Ekstrak Agrimony mengandung antioxidant, anti-inflammatory dan bersifat analgesic. Mengandung komponen aktif tannins yang membantu meringkas pori-pori, mengontrol sebum, baik untuk kulit berminyak dan jerawat.

perilla frutescents leaf extract, 

Ekstrak Korean Perilla (masih kerabat dengan Miana). Mengandung antioksidan, anti allergic, anti inflamasi. Mengandung rosmarinic acid  yang dapat menenangkan kulit iritasi, kemerahan, dan gatal.

lactobionic acid, 

Salah satu golongan PHA. Yaitu versi gentle nya AHA. Lactobionic acid memiliki ukuran molekul 4x lipat lebih besar dari pada glycolic acid sehingga memberi efek exfoliasi yang lembut, tanpa iritasi, tanpa efek samping foto sensitif, dll. Selain itu, dia juga berfungsi sebagai humektan/skin-hydrator, menjaga pH kulit tetap stabil. Memiliki properti anti oksidan dan anti inflamasi.

silybum marianum seed extract, 

Ekstrak biji milk thistle. Mengandung komponen silymarin sebagai antioksidan dan skin calming. Membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Juga membantu menghambat proses pigmentasi.

propolis ekstrak

Mengandung properti Anti bakteri dan anti fungi. Membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Anti oksidan dan Antiinflamasi yang mengurangi peradangan akibat jerawat. Menenangkan kulit sensitif dan iritasi serta dapat mencegah gejala sun-burn. Mengontrol sebum sekaligus menghidrasi. Dan membantu mempercepat pemulihan luka akibat jerawat.

cimicifuga dahurica root extract,

Termasuk rimpang herbal, ada yang menyebutnya black cohosh. Mengandung antioksidan, anti inflamasi, skin Soothing dan anti bakteri.

 salix Alba bark extract, 

Mengandung komponen aktif seperti salicin, flavonoids, phenolic acid, yang memiliki kemampuan tonic, astringents, dan anti septic. Sehingga berperan merawat kulit berminyak dan berjerawat.

oenothera biennis flower extract, 

Evening primrose flower extract. Memiliki properti Anti-inflamasi dan skin soothing yang membantu mengurangi kemerahan dan iritasi ringan pada kulit 

madecassoside,

Komponen aktif cica. Memiliki aktivitas Antioksidan, anti inflamasi, membantu proses pemulihan luka dan sintetis kolagen. Menurut penelitian, 0.2% Madecassoside mampu mengurangi redness, kulit ngelupas pada penderita dermatitis atopik serta mengurangi rasa gatal pada kulit psoriasis-prone.

 Hydroxycinnamic Acid. 

a.k.a Ferulic acid. Senyawa natural yang terdapat pada dinding sel tanaman padi (rice), bran, wheat, Oat, eggplant, Citrus, dan Apple seed. Bersifat antioksidan kuat. Jika dikombinasikan dengan Vit C dan E, akan melipat gandakan kemampuan antioksidan, dan men-double photo-protection terhadap sinar UV. Selain itu juga memiliki efek anti aging dan skin brightening.

Rutin.

Adalah senyawa flavonoid yang memiliki aktivitas antioksidan powerful yang melindungi kulit dari stress oksidatif, radikal bebas dan penuaan dini. Membantu mempertahankan elastisitas kulit dan membantu meremajakan kulit. 





Bahan pelengkap 

  • butylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan.
  •  propanediol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • 1,2 hexanediol. Pelarut. Preservatives. Humektan.
  •  water
  • Polyglyceryl-10 Laurate. Pengemulsi. 
  • carbomer. Gelling agen untuk mengentalkan formula.
  •  glyserine. Pelarut. Skin identical . Humektan. 
  • ethylhexylglycerin. Preservatives booster. Humektan.
  •  Cellulose gum. Pengental alami penstabil emulsi.
  •  disodium edta. Chelating agen untuk menetralisir ion logam agar tidak menggangu kestabilan formula. 
  • pentylene Glycol. Pelarut. Preservatives booster. Humektan.
  •  citric acid. pH adjuster . Bersifat asam. 
  • sodium carbomer. Pengental sintetis . 
  • polyacrylate crosspolymer 6. Pengental sintetis.
  •  t-butyl alcohol. Pelarut. 





Kesimpulan 

✔️Some By Mi Red Tea Tree Cicassoside Derma Solution Serum mengandung 20 key Ingredients yang membantu menenangkan kulit kemerahan dan jerawat.

✔️Dengan kandungan utama Malaleuca alternifolia leaf extract 86%.

✔️Diklaim mengandung Red Tea Tree yang diklaim memiliki keunggulan yakni, efek shooting nya 30 kali lipat dari tea tree. Dengan kata lain Red Tea Tree lebih gentle dari Tea Tree biasa dan tingkat iritasinya lebih minim. Sehingga bagi kulit yang kurang toleran terhadap Tea Tree, kemungkinan besar akan lebih bersahabat dengan Red Tea tree. (Sumber: soco.id)

Tapi apapun namanya, mau Red Tea Tree atau Green Tea Tree, yang jelas di sini scintific name nya sama: Malaleuca alternifolia leaf. Jadi menurut saya, ya sama aja dengan Tea Tree yang biasa nya itu. Kalo memang dari spesies yang berbeda, seharusnya nama latin nya juga beda.

 FYI: Species Malaleuca ini ada sekitar 290an jenis Lo, (Sumber referensi ) dan nggak ada yang menamai dirinya sebagai Red Tea Tree.😅 #koreksi jika salah🙏

Jadi, maksudnya Some By Mi bo'ong nih?

Nggak juga sih...

Yang dimaksud lebih 'gentle' disini, kemungkinan karena yang dipakai sebagai Ingredients utama (86%) adalah extract nya. Dan ini jelas lebih gentle daripada versi Essential Oil nya. Kata incidekoder ekstrak Tea Tree memiliki komponen yang sama dengan Tea Tree Essential Oil (TTO) tapi in much-reduced concentrations, tapi konsentrasi nya jauh lebih sedikit, sehingga lebih tolerable.

 Kita semua tahu, yang namanya Essential Oil (apapun jenisnya, berapapun harganya, dan sebagus apapun dia) kulit kita tidak akan bisa mentoleransi jika konsentrasi nya tinggi apalagi sampe 86%. Lihat saja, dalam formula ini hanya berani ngasih 0,03% saja untuk TTO. 

Seandainya dibalik: 86% untuk TTO dan 0,03% Ekstrak Tea tree bisa-bisa ancur muka kita, hehe. Canda✌️

Jadi pernyataan "Red Tea Tree 30x lebih menenangkan dari pada Tea Tree" mungkin bisa diterjemahkan seperti ini "Ekstrak Tea Tree 30x lebih menenangkan daripada Tea Tree Oil". Sehingga akan lebih make sense dan lebih jujur. Tapi sayangnya dari segi marketing nggak menarik😅. 

Wallohualam...


Back to topic...

✔️ Didukung dengan 10 botanical extract yang hampir semua memiliki kemampuan anti inflamatory. 

✔️ Ada niacinamide si serba bisa.

✔️Untuk am-pm routine

✔️No alcohol

✔️No fragrance

✔️No Paraben

✔️PAO: 12M

✔️Oil free. Non comedogenic

❗Nggak Fungal acne safe. Ada polyglyceryl-10 Laurate. Khusus untuk kulit yang ada Fungal acne nya, harap di test patch dulu.

✔️Ideal untuk semua tipe kulit. Diklaim sudah lolos uji sensitivitas. Jadi insyaa Allah aman untuk kulit sensitif. Kecuali yang dari awal sudah nggak cocok sama Tea Tree, sebaiknya tetap di test patch dulu ❗

✔️ Diklaim Hypoallergenic 

✔️Secara umum tidak mengandung bahan yang perlu diwaspadai bumil busui 

✔️Produk Korea. Sudah BPOM. Manufactured for: Perennebel Co., Ltd. Seoul Korea.

✔️Cek harga? 129k. 50ml

❗ Menurut Official store-nya di shopee. Produk ini sudah discontinue. Tapi beberapa lapak masih ada yang jual.


Some By Mi Red Tea Tree Cicassoside Derma Solution Serum. Sumber: Shopee


Post a Comment

4 Comments

  1. Makasih Kak udah direview🙏

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Nah awalnya aku juga bingung, cari referensi apa itu red tea tree, tpi gk nemu. Ahh paling marketing sbm doang ini. Yang merah tuh packaging nya gaes bukan tea tree nya😂 Btw aku malah pertama kali ngira ini tuh sbm snail truecica, sama2 merah😂

    ReplyDelete

  4. Sebenarnya ada 'tea tree' lain selain malaleuca alternifolia, dan kemampuan nya juga mirip. Namanya: Scoparium Leptospermum
    Tapi di Ingredients list nya malaleuca alternifolia, jadi yang dipakai itu.

    Dan list Ingredients harusnya nggak bisa bohong.

    ReplyDelete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏