The Ordinary Multi Peptide Eye Serum


The Ordinary Multi Peptide Eye Serum adalah serum khusus mata/under eye, untuk membantu mengatasi kantung mata, mata panda, dan kerutan halus. Diformukasikan dengan kandungan niacinamide, peptide, caffeine yang gentle dan tidak perih di mata.  Diformulasikan tanpa kandungan alkohol, Paraben, phlalates, fragrance sehingga aman dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit, dan aman untuk kulit sensitif.



Penjelasan Ingredients The Oridinary Multi Peptide Eye Serum

Ingredients: Aqua (Water), Glycerin, Butylene Glycol, Propanediol, Dipropylene Glycol, Acetyl Glucosamine, Niacinamide, Palmitoyl Tripeptide-38, Acetyl Tetrapeptide-5, Myristoyl Nonapeptide-3, Dipeptide Diaminobutyroyl Benzylamide Diacetate, Caffeine, Epigallocatechin Gallatyl Glucoside, Gallyl Glucoside, Fraxinus Excelsior Bark Extract, Silanetriol, Arginine, Pentylene Glycol, Hydroxymethoxyphenyl Decanone, Propyl Gallate, Maltodextrin, Hydroxypropyl Cyclodextrin, Hydroxyethylcellulose, Xanthan Gum, Citric Acid, Glycolic Acid, Sodium Citrate, Polysorbate 20, Trisodium Ethylenediamine Disuccinate, Dehydroacetic Acid, Ethylhexylglycerin, Benzyl Alcohol, Phenoxyethanol, Chlorphenesin.



Key Ingredients 

Acetyl Glucosamine, 

Skin identical Ingredients. Skin Brightening. Berbahan dasar asam amino yang juga merupakan natural moisturizing faktor. Diklaim mampu menstimulasi produksi hyaluronic acid, dan kolagen. Serta membantu proses regenerasi sel sehingga memiliki manfaat anti aging.

Niacinamide, 

Skin Brightening. Ceramide Booster. Sebum regulator. Anti inflamasi. Membantu memperkuat kulit agar kulit mampu melindungi diri dari efek buruk sinar UV dan bluelight.

Palmitoyl Tripeptide-38, 

a.k.a matrixyl sinthe'6. Diklaim dapat meningkatkan produksi 6 komponen matrix kulit, yaitu: collagen tipe I, lll, lV, fibronectin, hyaluronic acid, dan laminin 5. Sehingga berdampak mengurangi kerutan halus.
Menurut uji klinis, 2% matrixyl sinthe'6 yang diaplikasikan setiap hari selama 2 bulan mampu mengurangi kerutan hingga 31%.

Acetyl Tetrapeptide-5, 

a.k.a Eyeseryl. Adalah peptide, terdiri dari 4 rantai asam amino yang diklaim dapat membantu mengurangi puffy eye (mata sembap) dan eye bag (kantung mata).

Myristoyl Nonapeptide-3, 

A.k.a Retinopeptide 189 adalah peptide yang cara kerjanya diklaim mirip retinol, yaitu meningkatkan aktivitas cell turnover dan menstimulasi collagen. Namun, tanpa sensasi stinging maupun iritasi. Klaim ini didasarkan pada uji in-vitro dan sayangnya belum ada hasil uji in-vivo sebab peptide ini masih tergolong pendatang baru.

Dipeptide Diaminobutyroyl Benzylamide Diacetate, 

A.k.a Syn-Ake. Merupakan cell-comunicator Ingredients. Terdiri dari 3 asam amino. Memiliki ukuran partikel yang kecil (small molecular weight) sehingga lebih mudah penetrasi ke dalam kulit.
Populer sebagai bahan aktif anti aging karna efek "botox-in-a-jar" yang menarget wrinkle terutama area smile line dan crow's feet (kerutan disekitar mata).

Caffeine, 

Komponen aktif yang terdapat pada biji kopi.  memiliki kemampuan improves the microcirculation of the blood vessels (menstimulasi peredaran darah). Karna kemampuanya ini, dia sering dipakai untuk mengurangi mata panda/ mata sembap.
Dia juga memiliki aktivitas antioksidan, dan anti-inflamasi.

propyl gallate, (dan) gallyl glucoside, (dan) epigallocatechin gallatyl glucoside,

Ketiga bahan diatas dikenal sebagai Unisooth EG-28. Merupakan senyawa natural complex yang dieksrak dari tanaman (greentea dan oaktree).  Menurut uji in-vivo 1-3% Unisooth dapat mengurangi gejala iritasi kulit seperti merah, bengkak, perih, dan gatal. Melancarkan mikrosirkulasi aliran darah di bawah mata, sehingga dapat memudarkan dan mencegah mata panda. Juga melindungi kulit dari environmental stressor.

Fraxinus Excelsior Bark Extract, 

Ekstrak Ash Tree. Mengandung komponen kimia: secoiridoids, phenylethanoids, flavonoids, coumarins, dan lignans. Memiliki aktivitas antioksidan, anti inflamasi, menghambat aktivitas enzym colagenase dan elastase yang dapat merusak jaringan kolagen dan elastin.

Arginine.

Merupakan asam amino semi Essential. Dan skin identical Ingredients. Senyawa ini secara alami juga dapat ditemukan pada biji labu, daging, susu, dll. Arginin memiliki 3 manfaat utama, yaitu: powerful antioksidan, humektan, dan collagen booster. Selain itu dapat membantu mengurangi efek tingling sensation dari lactic acid.




Bahan pelengkap 

  • Aqua (Water), 
  • Glycerin. Pelarut. Skin identical. Humektan. 
  • Butylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • Propanediol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • Dipropylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • Pentylene Glycol. Pelarut. Preservatives booster. Humektan.
  • Silanetriol. Silicone derivatif. Membantu meningkatkan skin hydration dan membantu meningkatkan nilai estetika pada formula.
  •  Hydroxymethoxyphenyl Decanone.Antioksidan sintetis tapi nature-identical. Yang sifatnya menyerupai senyawa aktif yang terdapat pada tanaman keluarga jahe. Menurut  uji in Vitro, bahan ini juga memiliki kemampuan anti  irritant, dan Hyaluronic acid booster.
  • Propyl Gallate. Antioksidan sintetis. Merupakan bentuk Ester dari gallic acid. Membantu melindungi formula agar tidak mudah teroksidasi. Sekaligus meningkatkan stabilitas formula. Konsentrasi maksimal yang direkomendasikan menurut CIR Expert yaitu 0,1%. 
  • Maltodextrin. Pengental alami. 
  • Hydroxypropyl Cyclodextrin.Terbuat dari Pati kentang. Membantu melarutkan dan meningkatkan penyerapan 'actives' (carrier), serta membantu menciptakan encapsulasi.  Dan melindungi Formula agar tidak mudah teroksidasi.   
  • Hydroxyethylcellulose. Pengental alami dan penstabil Emulsi. 
  • Xanthan Gum. Pengental alami. 
  • Citric Acid. pH adjuster. Bersifat asam. 
  • Glycolic Acid. pH adjuster. Bersifat asam. 
  • Sodium Citrate. pH adjuster   
  • Polysorbate 20. Pengemulsi. Trisodium 
  • Ethylenediamine Disuccinate. Chelating agen untuk menetralisir ion logam agar tidak menggangu kestabilan formula. 
  • Dehydroacetic Acid. Pengawet . 
  • Ethylhexylglycerin. Preservatives booster. Humektan. 
  • Benzyl Alcohol. Pengawet . 
  • Phenoxyethanol. Pengawet . 
  • Chlorphenesin. Pengawet.




Kesimpulan 

✔️The Ordinary Multi Peptide Eye Serum mengandung 10 key Ingredients yang membantu merawat kulit di sekitar mata.

✔️Yang baik untuk skin brightening/mata panda: acetyl glucosamine, niacinamide, caffeine, Unisooth EG-28.

✔️Mengandung 4x peptide sebagai anti aging yang menjaga elastisitas, kekencangan kulit di sekitar mata, dan mencegah kantung mata.

✔️Mengandung Cytobiol™ Lumin-Eye yang baik untuk eye-bag/puffy eyes.

Cytobiol™ Lumin-Eye, INCI Name:
Butylene Glycol (and) Aqua (and) Niacinamide (and) Fraxinus Excelsior Bark Extract (and) Silanetriol (and) Potassium Citrate. 

Formulasi ini didesign untuk menarget area mata, menstimulasi  microcirculation yang secara efektif mengurangi under-eye bags and puffiness, dan mengatasi tampilan mata lelah. Dan telah teruji secara in-vivo.

✔️No alcohol
✔️No Paraben
✔️No fragrance

✔️No other harsh Chemical.

✔️pH: 5,5 - 6,5

✔️Oil free. Non comedogenic.

Q: Apakah serum ini boleh digunakan untuk kulit wajah, selain mata? 

A: Boleh. Logikanya dipake di area mata yang notabene lebih sensitif aja aman, apalagi area kulit yang lain. Cuman sayangnya nanti jadi boros dan cepet habis. Jadi malah nggak aman buat kantong. Xixi.

✔️Hindari pemakaian pada area yang terinfeksi Fungal acne. Karena serum ini nggak Fungal acne safe. Ada Polysorbate-20 ❗

✔️Tidak mengandung bahan yang perlu dihindari bumil busui.

✔️Made in Canada.

✔️Cek harga? Sekitar 28-30 dolar. 15ml. Kenapa harganya bisa mahal? Menurut situsnya, serum ini pakai bahan aktif dengan high Concentrated tapi nggak transparan soal konsentrasi nya. 

Oiya, Sepertinya belum dijual di shopee Indonesia. Koreksi jika salah 🙏

The Ordinary Multi Peptide Eye Serum. Sumber: the Ordinary website.


5 comments

  1. Makasih kak review nya. Review Nature Republic Mild Green Tea Emulsion dong Kak :D
  2. Mau tanya kak, bedanya multi peptide sama caffein apa ya? Soalnya sama2 buat mata trus mengandung kafein jga.
  3. Bedanya kalo caffeine lebih fokus ke mata panda dan mata lelah,,,dengan cara menstimulasi microsirkulasi...

    Kalo peptide itu anti aging, untuk menstimulasi kolagen atau mengencangkan kulit , jadi lebih fokus ke kulit mata yang mulai kendur atau mencegah kulit mata makin kendur
  4. Berarti kalau buat saya yg berumur 24 tahun yg punya mata panda krena efek kurang tidur itu pke nya yg caffeine ya kak?
  5. Yups😉
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏