Scarlett Vitamin C Serum Ingredients

Scarlett Vitamin C Serum diformukasikan dengan bahan aktif pilihan yaitu THD (Tetrahexyldecyl Ascorbate), Vitamin C 50x lebih kuat dari asam askorbat standar. Yang bermanfaat Membantu melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV, Membantu mencerahkan kulit, Membantu menyamarkan tampilan kerutan dan garis halus dan Menjaga kelembapan kulit. Diperkaya dengan 4D Hyaluronic Acid dan ekstrak botani yang Membantu menghidrasi kulit, merawat keremajaan kulit dan  Menyamarkan tampilan kerutan atau garis halus pada kulit.



Penjelasan Ingredients Scarlett Vitamin C Serum 

Ingredients: Aqua, glyserine, butylene Glycol, ascorbyl glucoside, Tetrahexyldecyl ascorbate, anona Cherimola fruit extract, portulaca Oleracea fruit extract, polyacrylamide crosspolymer 1, propanediol, allantoin, peg-40 hydrogenated Castor oil, aminomethyl propanol, lactobacillus/hydrolyzed Collagen ferment Filtrate extract, chamomilla Recutita flower extract, 1,2 hexanediol, caprylic/capric triglyceride, ferulic acid, dmdm Hydantoin, ethyl linoleate, hexylresorcinol, punica Granatum fruit extract, Camelia sinensis leaf extract, hydroxyethyl Cellulose, ethyldodecanol, disodium edta, Yeast ferment extract, allium Sativum bulan extract, caprylhydroxamic acid, Citrus Limon peel oil, titanium dioxide, sodium citrate, T-butyl alcohol, glyseryl acrylates/acrylic acid Copolymer, phenoxyethanol, pentylene Glycol, pogostemon cablin leaf extract, PVM/MA copolymer, oleth-10, polysorbate 60, phenylpropanol, sodium Dehydroacetate, 2-aminobutanol, aluminum hydroxide, citric acid, sodium acetylated hyaluronate, sodium hyaluronate, methyl Methacrylate crosspolymer, sodium hyaluronate crosspolymer, Triethoxycaprylylsilane, hydrolyzed sodium hyaluronate, simethicone, ethylhexylglycerin, arginine, phytic acid, silver oxide.




Key Ingredients 

ascorbyl glucoside, 

Vit C turunan. Lebih stabil, lebih mudah diformulasikan. Memiliki 3 kemampuan mejik. Antioksidan, Skin brightening, collagen booster.

Tetrahexyldecyl ascorbate, 

(THD ascorbate). Vit C derifatif yang sangat stabil, larut minyak, dan memiliki daya penetrasi yang lebih baik dari Ascorbic Acid. Memiliki kemampuan Antioksidan, skin brightening, dan Collagen Booster.  Vit C jenis ini diklaim 50x lebih powerful daripada Vit C jenis lainya.

anona Cherimola fruit extract, 

Ekstrak buah cerimoya (masih satu famili dengan buah srikaya). Berfungsi sebagai antioksidan. Dan mengandung vit C yang tinggi. Mencegah penuaan serta membantu meratakan warna kulit.

portulaca Oleracea fruit extract,  

Ekstrak krokot. Mengandung Vit A, C, dan E, mineral, asam amino, dan antioksidan yang potensial termasuk senyawa antioksidan seperti gluthatione yang dapat menutrisi kulit sekaligus bersifat anti inflamasi dan skin-soothing yang baik.

allantoin,  

Senyawa natural yang diperoleh dari tanaman Comfrey. Memiliki kemampuan skin Soothing, anti inflamasi, dan membantu proses pemulihan luka.

lactobacillus/hydrolyzed Collagen ferment Filtrate extract, 

A.k.a collagen water. Bertekstur seperti air yang mudah meresap ke dalam kulit. Membantu kulit mendapatkan kembali kelembapan alaminya, serta meningkatkan efektivitas skincare selanjutnya. Selain itu collagen water membantu meningkatkan Fibroblast Growth Factor (FGF) yang memiliki efek pembaruan sel kulit. Sekaligus menjaga kelembapan kulit sepanjang waktu.

chamomilla Recutita flower extract, 

ektrak bunga chamomile. Komponen utamanya adalah bisabolol yang bersifat anti-inflamasi, skin-soothing. Sangat baik untuk merawat kulit berjerawat, iritasi, dan sensitif. Juga mengandung senyawa antioksidan seperti matricine, apigenin, dan liteolin yang melindungi kulit dari radikal bebas.

ferulic acid, 

Senyawa natural yang terdapat pada dinding sel tanaman padi (rice), bran, wheat, Oat, eggplant, Citrus, dan Apple seed. Bersifat antioksidan kuat. Jika dikombinasikan dengan Vit C dan E, akan melipat gandakan kemampuan antioksidan, dan men-double photo-protection terhadap sinar UV. Selain itu juga memiliki efek anti aging dan skin brightening.

ethyl linoleate. 

A.k.a LipidSoft™ berbahan dasar linoleic acid (Vit F) membantu mem-balance skin moisture, mengurangi produksi sebum, serta  mengembalikan fungsi skin barrier. Ideal untuk kulit kering, pecah-pecah sekaligus kulit yang kelebihan produksi minyak.  

hexylresorcinol,

Merupakan senyawa yang bisa ditemukan pada bekatul gandum hitam (rye bran). Senyawa ini telah lama digunakan di bidang industri pangan sebagai "anti browning agent".
Ternyata, di bidang kosmetik, kemampuan
'anti-browning' ini juga bekerja pada kulit, yaitu mencegah noda kecoklatan muncul di kulit (depigmentasi). 

Penelitian menemukan kemampuan menghambat enzim tyrosinase cukup signifikan. 0,5% hexylresorcinol bisa dibandingkan dengan 2% hydroquinone.

Bahkan menurut uji placebo (metode untuk menguji efektivitas obat sebelum digunakan secara masal), pada 65 relawan, mengkonfirmasi ke-efektif-an bahan ini dalam meningkatkan level cerah pada kulit, yaitu sebesar 88% selama 12 minggu. Meskipun flek tidak sepenuhnya hilang, namun berkurang cukup visible dan signifikan.

punica Granatum fruit extract,

Ekstrak buah delima. Kaya akan kandungan vitamin, terutama Vit C, mineral, dan senyawa bioaktif seperti cathechin, quercetin, kaempherol yang berperan sebagai foto-protektif terhadap efek UVB, menetralisir radikal bebas, mencegah penuaan dini, serta membantu meratakan warna kulit. Juga memiliki properti skin Soothing dan anti inflamasi.

Camelia sinensis leaf extract,  

Ekstrak greentea. Mengandung Komponen utama polyphenol/chatecin. Yang memiliki kemampuan antioksidan, UV protectant, Anti karsinogenik dan antiinflamasi. Senyawa ini mampu menghambat kerusakan DNA dan dapat mengaktivasi enzym yang membantu memperbaiki kerusakan DNA. selain itu green Tea juga memiliki kemampuan anti bacterial dan astringent yang membantu merawat kulit oily dan berjerawat.

Yeast ferment extract,

A.k.a ekstrak saccaromyces cerevisae. Memgandung sugar, vitamin, asam amino, antioksidan dan Beta glucan. Memiliki properti skin Soothing yang baik, skin moisturizing, dan skin protecting.

allium Sativum bulb extract,  

Ekstrak garlic/bawang putih. Mengandung komponen aktif allicim, alliin, sulfur, dan volatil oil. Memiliki kemampuan anti bakteri, anti Fungal, meningkatkan aktivitas antioksidan, anti aging dan skin-smoothing.

Citrus Limon peel oil, 

Lemon Essential oil Juga Memiliki properti  anti septic, Toning, Clarifying, Cleansing, Circulation Boost (memicu sirkulasi darah dibawah kulit). Komponen aktif limonene sebenarnya bisa membantu penyerapan formula ke kulit (bersifat penetration enhancer)

pogostemon cablin leaf extract,

Ekstrak pachouli. Memiliki kemampuan astringent, anti inflamatory, anti bakterial, anti Fungal dan baik untuk membantu merawat kulit berminyak dan Berjerawat.

Mengandung 4x hyaluronic acid

  • sodium acetylated hyaluronate. (Molekul sedang)
  • sodium hyaluronate. (Molekul besar)
  • sodium hyaluronate crosspolymer. (Molekul besar)
  • hydrolyzed sodium hyaluronate. (Molekul kecil.)

Hyaluronic acid dengan ukuran molekul berbeda membantu menghidrasi secara menyeluruh di di semua lapisan kulit.

arginine.

Merupakan asam amino semi Essential. Dan skin identical Ingredients. Senyawa ini secara alami juga dapat ditemukan pada biji labu, daging, susu, dll. Arginin memiliki 3 manfaat utama, yaitu: powerful antioksidan, humektan, dan collagen booster.

 
silver oxide.

Mengandung ion perak yang dapat membunuh mikroorganisme bahkan dengan konsentrasi yang rendah. Bekerja dengan cara menembus sel bakteri kemudian mengikat DNA bakteri hingga akhirnya bakteri mati.





Bahan pelengkap 

  • Aqua
  • glyserine. Pelarut. Skin identical. Humektan. 
  • butylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan.
  •  polyacrylamide crosspolymer 1. Pengental Sintetis, 
  • propanediol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • peg-40 hydrogenated Castor oil. Pengemulsi 
  • aminomethyl propanol. pH adjuster. Bersifat basa.
  •  1,2 hexanediol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • caprylic/capric triglyceride. Natural based Emollient.
  • dmdm Hydantoin. Pengawet yang melepas formalin.  
  • hydroxyethyl Cellulose. Pengental alami penstabil Emulsi. 
  • ethyldodecanol.  Pelarut. Emollient. 
  • disodium edta. Chelating agen untuk menetralisir ion logam agar tidak menggangu kestabilan formula. 
  • caprylhydroxamic acid. Pengawet.  
  • titanium dioxide. Opacifyier agent (menutup warna agar tidak transparan) 
  • sodium citrate. Mengatur pH level formula. 
  • T-butyl alcohol. Pelarut. 
  • glyseryl acrylates/acrylic acid Copolymer. Emollient .
  • phenoxyethanol. Pengawet.  
  • pentylene Glycol. Pelarut. Preservatives booster. humektan. 
  • PVM/MA copolymer. Film former, menambah kekentalan formula, sekaligus penstabil emulsi dan masking (menyamarkan aroma yang kurang sedap). 
  • oleth-10. Pengemulsi, 
  • polysorbate 60. Pengemulsi .phenylpropanol.Komponen natural yang memiliki aroma harum. Berfungsi sebagai masking (menutupi aroma yang tidak enak). Dan memiliki properti anti mikroba (preservatives booster). 
  • sodium Dehydroacetate. Pengawet .
  • 2-aminobutanol. pH adjuster. Bersifat basa. 
  • aluminum hydroxide. pH adjuster. Bersifat basa. 
  • citric acid. pH adjuster. Bersifat asam, 
  • methyl Methacrylate crosspolymer. Film former, meningkatkan viskositas Formula, oil absorbent. 
  • Triethoxycaprylylsilane.  Sejenis silikon yang berfungsi sebagai "mineral/Pigment coating" pada produk kosmetik. Coating ini akan membantu menstabilkan pigmen/agen mineral Sunscreen agar mudah di baurkan dan diratakan, serta tidak menggumpal ketika diaplikasikan ke kulit. 
  • simethicone. Silicone. Emollient. Menghilangkan busa pada produk, ketika nggak diperlukan. Serta membantu agen Sunscreen mineral supaya lebih mudah diratakan.  
  • ethylhexylglycerin. Preservatives booster. Humektan. 
  • phytic acid. Natural Chelating agen untuk menetralisir ion logam agar tidak menggangu kestabilan formula.





Kesimpulan 

✔️Scarlett Vitamin C Serum mengandung 22 key Ingredients yang membantu mencerahkan warna kulit, Antioksidan, dan melembabkan kulit.

✔️Yang baik untuk skin Brightening: ascorbyl glucoside, THD Ascorbat, Cherimola, ferulic acid, hexylresorcinol.

✔️Banyak kandungan plant extract yang baik untuk Antioksidan, anti inflamatory, dan beberapa ada yang bersifat anti bakteri.

✔️Yang baik untuk skin barrier dan skin moisturizing: ethyl linoleate, collagen ferment, 4x hyaluronic acid, yeast ferment.

✔️No alcohol
✔️No fragrance
✔️No Paraben
✔️Oil free. Non comedogenic

❗Nggak Fungal acne safe. peg-40 hydrogenated Castor oil, ethyl linoleate, polysorbate 80. Khusus untuk kulit yang ada Fungal acne nya.

✔️Ideal untuk semua tipe kulit. Aman untuk kulit berjerawat berminyak, dan aman untuk kulit sensitif. Diklaim Aman untuk bumil trimester 2+

✔️Boleh digunakan mulai usia 13th.

✔️Produk lokal. Sudah BPOM. Halal

✔️ Diproduksi oleh: PT.Motto Beingin Abadi.

✔️Cek harga? 50-60 ribuan. 15ml

✔️Beli produk ORI di Official store

Scarlett Vit C serum Ingredients. Sumber: shopee

4 comments

  1. Saran serum VITamin c buat pemula atau kulit sensitif kak
  2. Pakai Scarlett ini bisa, atau pakai azarine Marvel Vit C yang 3%
  3. Kak klo ini sama bio beauty lab bagusmana kak ?
    1. Kalo aq cenderung pilih bio beauty lab, kadar Vit C nya 8%..
      Kalo di Scarlett tidak diketahui...
DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏