Mineral Botanica Ceramide Serum Ingredients

Mineral Botanica Ceramide Serum merupakan serum yang diperkaya dengan kandungan Creamide, Vitamin A dan Centellah Asiatica Leaf Extract yang dapat melembabkan, menyejukkan kulit, memperlambat timbulnya tanda penuaan dini dan menstimulasi perutmbuhan sel kulit baru sehingga kulit akan terasa lebih halus, lebih cerah dan lebih terawat.




Penjelasan Ingredients Mineral Botanica Ceramide Serum 

Ingredients overview
Aqua, Glycerin, Propanediol, Alcohol, Pentylene Glycol, Saccharide Isomerate, Bis-PEG-18 Methyl Ether Dimethyl Silane, Sodium Polyacryloyldimethyl Taurate, Vigna Aconitifolia Seed Extract, Centella Asiatica Leaf Extract, Hydrogenated Lecithin, Maltodextrin, Ceramide NP, Cholesterol, Butylene Glycol, Phenoxyethanol, Caprylic/​Capric Triglyceride, Hydroxyethylcellulose, Allantoin, Sodium Benzoate, Cetyl-PG Hydroxyethyl Palmitamide, Disodium EDTA, Ethylhexylglycerin, Citric Acid, Sodium Citrate.




Key Ingredients 

Saccharide Isomerate, 

Moisturizer yang 100% bersumber dari tanaman. Bahan ini mirip dengan karbohidrat yang ditemukan pada lapisan terluar kulit. Memiliki "magic power" menahan kelembapan lebih lama dari bahan Moisturizer lainya.

Vigna Aconitifolia Seed Extract, 

Ekstrak Moth Bean. Dikenal sebagai botanical retinol. Karena memiliki kemampuan menstimulasi kolagen, dan merangsang cell-turnover seperti retinol. Menurut uji in-vitro and in-vivo, ekstrak Moth Bean menunjukkan aktivitas pembaruan epidermis dan memperkuat jaringan epidermal via stimulasi kolagen oleh fibroblast. Dengan demikian ekstrak Moth Bean dapat berfungsi sebagai anti aging. Selain itu, juga mengandung senyawa fenolik, caffeic acid, cinnamic acid, ferulic acid, dan kaempferol yang memiliki kemampuan Antioksidan kuat dalam menangkal efek buruk radikal bebas.

Centella Asiatica Leaf Extract, 

Ekstrak Cica. Membantu menenangkan kulit iritasi, kemerahan, Sensitive. meningkatkan level kelembapan alami kulit. anti inflamasi, dan membantu proses pemulihan luka.

Ceramide NP, 

Berupa sel lemak didalam stratum corneum (lapisan paling atas) yang merupakan  bagian dari sistem skin barrier. Menurut penelitian, ceramide membantu memperbaiki fungsi skin barrier dan mencegah moisture-loss.

Cholesterol, 

Skin identical. Emollient. Merupakan salah satu penyusun skin barrier kita. Fungsinya melindungi kulit dari ancaman luar.

Allantoin, 

Senyawa natural yang diperoleh dari tanaman Comfrey. Memiliki kemampuan skin Soothing, anti inflamatory, dan membantu proses pemulihan luka.

Cetyl-PG Hydroxyethyl Palmitamide,

a.k.a pseudo ceramide. Skin identical Ingredients. Merupakan ceramide sintetis yang dibuat menyerupai ceramide alami. Mudah diformulasikan daripada ceramide asli. Bahan ini diklaim sama efektifnya dengan ceramide 3 dalam hal skin moisturizing dan membantu fungsi skin barrier.




Bahan pelengkap 

  • Aqua
  • Glycerin. Pelarut. Skin identical . Humektan. 
  • Propanediol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • Alcohol. Pelarut yang sangat baik. Membantu penyerapan formula dan bahan aktif. Oil control/astringent. Anti microbial. 
  • Pentylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • Bis-PEG-18 Methyl Ether Dimethyl Silane. Silicone larut air. Emollient. Skin moisturizing. Humektan. sekaligus pengemulsi. 
  • Sodium Polyacryloyldimethyl Taurate. Pengental sintetis . 
  • Hydrogenated Lecithin. Pengemulsi . Membantu penyerapan bahan aktif, Emollient, humektan. 
  • Maltodextrin. Pengental alami. 
  • Butylene Glycol. Pelarut. Penetration enhancer. Humektan. 
  • Phenoxyethanol. Pengawet. 
  • Caprylic/​Capric Triglyceride. Emollient. 
  • Hydroxyethylcellulose. Pengental alami. 
  • Sodium Benzoate. Pengawet .
  •  Disodium EDTA. Chelating agen untuk menetralisir ion logam agar tidak menggangu kestabilan formula.
  • Ethylhexylglycerin. Preservatives booster. Humektan.
  • Citric Acid. pH adjuster. Bersifat asam. 
  • Sodium Citrate. Mengatur pH level formula.




Kesimpulan 

✔️Mineral Botanica Ceramide Serum mengandung 7 key Ingredients yang membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dini.

✔️ Menurut deskripsi nya, serum ini mengandung Vit A. Tapi ternyata yang dimaksud adalah ekstrak Moth Bean yang memiliki kemampuan seperti retinol (Vit A). Dia bahkan dijuluki sebagai botanical retinol. Karena memiliki kemampuan pembaruan sel dan menstimulasi kolagen. Kabar baik nya, ekstrak Moth Bean ini jauh lebih gentle, aman dipakai untuk bumil busui,  dan boleh dipakai di siang hari tanpa khawatir foto sensitif. 

Menarik! Selama ini kita tahu nya alternatif retinol cuma bakuchiol, ternyata ada alternatif lain. Cuman bahan ini masih jarang dipakai, jadi mungkin pembuktian nya belum sebanyak bakuchiol atau retinol itu sendiri. Wallahu alam 

✔️ Saccharide isomerate, 2x ceramide, cholesterol membantu mempertahankan kelembaban serta melindungi skin barrier.

✔️ Centella Asiatica, Allantoin membantu menenangkan kulit.

✔️Untuk am-pm routine 

✔️No Paraben
✔️No fragrance
✔️No Sulfate
✔️Oil free. Non comedogenic

✔️Fungal acne safe.

❗Ada alcohol. Khusus yang anti alcohol. 

✔️Asli produk lokal. Sudah BPOM. Sudah bersertifikat halal MUI sejak tahun 2016.

Manufactured by :
PT. CONTINENTAL COSMETIC
Bandung Indonesia

Distributed by :
PT. MICA NATURA INDONESIA
Jalan Pantai Indah Selatan I Blok DB no. 6
Jakarta Utara-Indonesia


✔️Cek harga? 70 ribuan. 20ml

Mineral Botanica Ceramide Serum. Sumber: shopee



Post a Comment

4 Comments

  1. Min bahas serum brand OMG dan Marina dong, dua brand lokal ini kan produknya terkenal terjangkau selama ini, apakah serum nya juga terjangkau dan Ingredients nya seperti apa. (Saya blm nemu Ingredients Min wkwkw, kali aja mimin dluan yg nemu nanti)

    ReplyDelete
  2. Wardah lightening serum ampoule (2022)
    Ingredients overview
    Aqua, Butylene Glycol, Niacinamide, Cyclopentasiloxane, Glycerin, Biosaccharide Gum-1, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/​VP Copolymer, Phenoxyethanol, Bisabolol, Dimethicone, Chlorphenesin, Polyglyceryl-3 Methylglucose Distearate, Polysorbate 20, Disodium EDTA, Dimethicone/​Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Fragrance, Sodium Hydroxide
    Harganya terjangkau Min, apakah bahan bahan nya bagus juga?

    ReplyDelete
  3. Siap, nanti kalo udah ketemu, sementara masuk list dulu

    ReplyDelete
  4. Wardah lightning Ampoule itu sudah lama aq bahas dan aq review, di search aja😉

    ReplyDelete

DESCLAIMER: Saya bukan dokter, tapi seorang Skincare-Anthusiast yang telah lama mempelajari tentang kandungan skincare melalui jurnal dan berbagai sumber lain nya. Saya juga pernah mempunyai masalah kulit seperti: acne prone, oily, komedo, PIH, PIE, dermatitis atopik, alergi, sensitized, etc. Kondisi kulit saat ini: combination-to-dry, pori-pori besar, prone to eczema.

Semoga Skincapedia bisa membantu teman-teman dalam mencari referensi skincare 🙏